Ini kali pertama saya melakukan perjalanan ke Bakara dan beberapa daerah tujuan wisata lainnya di kabupaten Humbang Hasundutan. Rasa pertama yang hadir adalah kedamaian, ketenangan dalam keheningan. Sungguh saya tak melebih-lebihkan. Sepanjang perjalanan, saya menemukan orang-orang yang ramah, tempat-tempat wisata yang tenang, bersih, tanpa hiruk pikuk.

Ada beberapa tempat yang sukses saya kunjungi dan tentu saja nikmati di Bakara dan sekitarnya. Pertama adalah Aek Sipangolu yang konon adalah tempat pemandian Raja Sisimangaraja XII. Tempat ini berlokasi di Desa Bakti Raja, dan menghadap ke Danau Toba. Menurut informasi dan saya saksinya sendiri, masih banyak orang yang datang untuk memanjatkan doa ke tempat ini dan membawa pulang airnya untuk dikonsumsi.

Selepas dari Aek Sipangolu di Bakti Raja, saya meneruskan perjalanan ke Air Terjun Janji. Oh ya, satu hal yang sangat saya kagumi dari awal hingga berakhirnya perjalanan saya di kabupaten Humbang Hasundutan adalah akses jalannya yang benar-benar baik, termasuk akses ke berbagai obyek wisata yang sangat mudah. Air Terjun Janji berlokasi di daerah Tipang. Airnya deras, bersih dengan jajaran batu-batu besar di sekitar air terjun. Selain warung makan, tersedia pula tempat pemandian dan lokasi parkir yang baik. Saat saya berkunjung, tempat ini masih terus dalam tahap pembenahan seperti penyediaan jembatan kecil dan patung ikan yang dapat mengeluarkan air di jalan masuk ke lokasi Air Terjun Janji.

Mendekati jam makan siang, saatnya bergerak dari Air Terjun Janji menuju Rumah Makan dan Hotel “Tipang Mas” yang masih berada di daerah Tipang. Tak sulit menemukan tempat ini, jika hampir kehilangan arah, bertanya saja kepada penduduk setempat yang akan dijawab dan dipandu dengan ramah. Tipang Mas, terletak persis di tepi Danau Toba, dengan restoran terapungnya. Di sekitar restoran terdapat kolam ikan air tawar, dan wowww…terdapat beberapa ikan mas yang beratnya mencapai 17 kg per ekor, kerennnnn… View dari restoran langsung ke arah perbukitan dengan beberapa air terjunnya dan tentu saja Danau Toba yang indah.

Jangan ditanya soal makanannya, di tempat ini kita akan dilayani dengan ramah, disajikan makanan enak, berbagai jenis lauk dari ikan air tawar yang masih segar, sayuran dan jus buah-buahan khas humbang hasundutan. Serius, makanannya enak đŸ™‚

Tidak sah rasanya jika mengunjungi Bakara namun tidak mengabadikan keindahan lembahnya dari ketinggian. Takjub, dengan suasana Bakara.. Benar-benar negri dengan kesunyian yang damai. Perlu dicatat, ini bukan perjalanan terakhir saya, ini baru pertama, dan saya jatuh cinta pada tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *