Creativity & Innovation

DESKRIPSI

Pada dasarnya, (1) semua orang secara alami kreatif; (2) kemampuan kreatif semua orang dapat ditingkatkan melalui belajar dan berlatih keterampilan dan teknik tertentu. Tujuan perkuliahan ini adalah untuk menyediakan berbagai metode, alat, dan pengalaman yang berfokus pada pengembangan kemampuan kreatif mahasiswa dan bagaimana menerapkannya dalam tim dan di dalam organisasi.

Perkuliahan Kreativitas dan Inovasi difokuskan pada pembimbingan mahasiswa untuk menggabungkan pemikiran, pengetahuan, keterampilan dan nilai mereka dengan cara imajinatif untuk bekerja di dalam lingkungan yang kompleks dan memecahkan berbagai masalah. Sangat penting bagi individu dan organisasi untuk mengamankan keunggulan kompetitif sehingga mahasiswa dituntut menjadi kreatif dalam pendekatan terhadap berbagai situasi dan tindakan-tindakan yang lakukan. Perkuliahan ini akan menantang mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas pribadi dan profesionalnya.

Perkuliahan akan dilakukan dalam bentuk kombinasi ceramah, aktivitas proyek berkelompok yang dilakukan dalam cara-cara kreatif untuk melihat masalah dan peluang dengan lebih jelas, dan mengembangkan solusi yang tidak terlihat dan tidak terbayangkan oleh orang lain. Setiap kelompok akan disebar untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat atau organisasi dan membantu membuat solusi kreatif dan menciptakan produk atau pemikiran inovatif untuk pemecahan persoalan di masyarakat. Solusi dari diskusi akan dipresentasikan pada akhir semester, dan dilengkapi dengan sebuah proposal yang akan diajukan ke salah satu kompetisi berbasis kreativitas, inovasi dan kewirausahaan.


CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Mempelajari cara menunjukkan potensi kreatif (membuka, mengekspresikan dan mengembangkan kreativitas).
  2. Menemukan berbagai persoalan dan menciptakan ide-ide untuk menjadi solusi dengan konsep-konsep berpikir kreatif dan inovatif.
  3. Memahami dan mempraktikkan proses berpikir divergen dan konvergen dalam menciptakan solusi inovatif.
  4. Mendapatkan pengalaman penggunaan tools berpikir kreatif untuk menyelesaikan permasalah dan menciptakan inovasi produk, layanan atau proses baru.

MATERI

  1. Introduction to Creativity & Innovation
  2. Innovation Engine
  3. Creative Process
  4. Introduction to Entrepreneurship: Invention Cycle

REFERENSI

  1. Referensi Utama
    • InGenius: a Crash Course on Creativity, Tina Seelig, 2012.
    • Creative Confidence – Unleashing the Creative Potential Within Us All, Tom Kelley & David Kelley, 2013.
  2. Referensi Pendukung
    • Insight Out: Get Ideas Out of Your Head and Into the World, Tina Seelig, 2015.