Human-Computer Interaction User Interface Design

Efficiency

When fixing problems, always do the least you can.

Steve Krug

Topik-topik bahasan:

  1. Definisi efisiensi
  2. Chunking
  3. Shortcut

Penjelasan Efficiency dalam bentuk video dapat diakses pada:


DEFINISI EFISIENSI

Dalam bentuk kata sifat, efisiensi berarti:

  • (khususnya pada sistem atau mesin) mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin: lampu neon efisien dalam mengubah listrik menjadi cahaya.
  • (seseorang) yang bekerja dengan cara yang terorganisir dan kompeten: administrator yang efisien.
  • (dalam kombinasi) mencegah pemborosan penggunaan sumber daya tertentu: sistem pemanas hemat energi.

Sebagai kata benda, efisiensi adalah:

  • keadaan atau kualitas menjadi efisien: efisiensi energi yang lebih besar.
  • tindakan yang dirancang untuk mencapai efisiensi: untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan pendapatan.
  • Teknis rasio pekerjaan yang berguna dilakukan oleh mesin atau dalam sebuah proses dengan total energi yang dikeluarkan atau panas yang diambil.

Dalam computer science, istilah efisiensi adalah:

  • Rasio pekerjaan yang berguna terhadap sumberdaya (prosessor dan storage) yang dihabiskan.
  • Dengan kata lain, rasio output terhadap input dari sistem yang diberikan.
  • Jika misalnya suatu algoritma dikatakan efisien, ia melakukan pekerjaan yang baik dalam menghemat sumber daya komputer untuk mencapai tujuannya.

Dalam istilah Human-Computer Interaction atau Usability (The Glossary of Human Computer Interaction, interaction-design.org), efisiensi diukur sebagai:

Sumberdaya yang dikeluarkan oleh user sehubungan dengan keakuratan dan kelengkapan tujuan yang dicapai (ISO standard 9241). Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumberdaya sesedikit mungkin sesuai standard ISO yang disebutkan. Namun definisi ini sangat berorientasi bisnis dan hanya berlaku sebagian untuk software seperti game.

Pada materi ini dijelaskan 2 cara untuk meningkatkan efisiensi pada User Interface, yaitu chunking dan shortcut.


CHUNKING

Bagaimanakah kita mengingat:

  • Nomor-nomor telepon?
  • Kode pos?
  • Nomor induk pada KTP?
  • ID mahasiswa?
  • Password pada beberapa email?
  • Security code untuk internet banking?

Sebagian orang mungkin sudah menonton filma animasi Inside Out yang dirilis tahun 2015.

Film Inside Out bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Riley Andersen lahir di Minnesota, dan dalam pikirannya ada lima manifestasi emosi yaitu Joy (riang), Sadness (kesedihan), Fear (ketakutan), Anger (kemarahan), dan Disgust (jijik). Emosi tersebut tinggal di Markas besar yang terletak di pikiran Riley, di mana mereka mengatur keadaan Riley dalam bertindak dan menjadikannya sebuah kenangan. Kenangan barunya disimpan di bola berwarna yang mewakilkan masing-masing emosi seperti Joy berwarna kuning, Sadness berwarna biru, Fear berwarna ungu, Anger berwarna merah, Disgust berwarna hijau.

Memori-memori yang telah diolah seharian penuh tersebut dikirim ke Long Term Memory (ingatan jangka panjang) pada tahap awal tidur yaitu REM (Rapid Eye Movement). Sedangkan memori yang paling penting atau disebut “inti memori” disimpan di hub Markas, inti memori berisikan kejadian yang terpenting dalam kehidupan Riley sehingga membentuk suatu kepribadian dirinya. Ingatan jangka panjang dapat diingat dengan membangkitkan kenangan atau memori masa lalu.

Selain dari jenis-jenis emosi dalam diri manusia, dan juga bagaimana kepribadian terbentuk dari emosi dan memori tersebut, film Inside Out memberi pengetahuan tentang kapasitas memori manusia yang terbatas. Pada satu waktu, beberapa memori menjadi tidak dapat diakses lagi agar ada ruang untuk pengisian memori-memori yang baru. Salah satu yang harus hilang aksesnya adalah memori tentang teman imaginatif masa kecil Riley bernama Bing Bong, dimasukkan ke Dump Memory.

Pengetahuan atas memori manusia yang terbatas, penting untuk peningkatan efisiensi dalam perancangan User Interface. Keterbatasan ini membuat konsep chunking menjadi penting.

Chunk (kata kerja [dengan obyek]) adalah membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan: potongan empat pon buah pir, (dalam psikologi atau analisis linguistik) kelompok bersama (item atau kata yang terhubung) sehingga mereka dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.

“Chunk” adalah sebuah unit memori atau persepsi. Di satu sisi, chunk (potongan) didefinisikan sebagai simbol; dalam arti lain, chunk mewakili aktivasi dari pengalaman masa lalu, tergantung pada presentasi dan apa yang sudah Anda ketahui.

Lalu, pada manusia terdapat yang disebut working memory. Working memory adalah tempat Anda berpikir yang dilakukan secara sadar. Working memory sebenarnya bukan tempat yang terpisah di otak, melainkan pola aktivasi unsur-unsur dalam ingatan jangka panjang.

Pada masa lampau, hasil menyatakan bahwa kapasitas working memory kira-kira 7 ± 2 chunk. Kapasitas short term memory (memori jangka pendek) adalah tujuh plus minus dua item informasi (beberapa orang hanya dapat menyimpan lima atau enam item, sementara yang lain dapat menampung delapan atau sembilan item). Sebuah analisis ulang untuk percobaan yang sama baru-baru ini mengubah perkiraan itu menjadi 4 ± 1 chunk (Parker, “Acta is a four-letter word,” Acta Psychiatrica Scandinavica, 2012).

Berapa pun itu, kapasitas working memory ini sangat kecil. Meskipun ukuran working memory dapat ditingkatkan dengan latihan (jika user secara sadar menerapkan teknik mnenomik yang mengubah data seolah-olah menjadi potongan yang lebih mudah diingat), bukanlah ide yang baik untuk mengharapkan user melakukan itu. Data yang dimasukkan pada working memory menghilang dalam waktu singkat – beberapa detik atau puluhan detik.

Sebuah interface yang baik tidak akan menuntut penggunaan banyak working memory user-nya.

Long-term memory (ingatan jangka panjang) mungkin adalah bagian paling sedikit dipahami dalam pengertian manusia. Long-term memory berisi banyak ingatan manusia. Kapasitasnya sangat besar, dan menunjukkan sedikit kerusakan. Long-term memory bukan tidak sengaja dihapus; sebenarnya mereka hanya menjadi tidak dapat diakses.

Teknik mnemonik seperti mengasosiasikan hal-hal yang perlu Anda ingat dengan tempat-tempat yang familiar, seperti kamar di rumah masa kecil Anda, dapat membantu melatih ingatan. Tetapi teknik ini membutuhkan kerja keras dan perhatian dari user.

Penjelasan tentang bagaimana emosi dan memori manusia bekerja sangat jelas digambarkan dalam film Inside Out tadi. Menontonnya mungkin dapat membantu Anda semakin memahami bagaimana memori pada manusia bekerja, dan selanjutnya bisa mendorong Anda untuk merancang UI dengan efisiensi yang baik ketika digunakan oleh user.

Salah satu kunci untuk learnability yang baik adalah membuat koneksi semudah mungkin; dan konsistensi adalah cara yang baik untuk melakukannya.

Lalu, bagaimana cari kita meningkatkan efisiensi output? Kemampuan kita untuk membentuk chunk-chunk dalam working memory sangat bergantung bagaimana informasi disajikan: urutan huruf tunggal cenderung diingat sebagai satu huruf (satu chunk), tetapi urutan kelompok tiga huruf cenderung dipotong sebagai satu grup (satu chunk). Hal ini juga bergantung pada apa yang sudah kita ketahui. Jika ketiga huruf tersebut adalah TLA (Three Letter Acronym) atau akronim tiga huruf dengan potongan yang sudah mapan dalam long-term memory, kita akan lebih mampu mempertahankannya dalam working memory.

Contoh gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana chunking dan termasuk akronim di dalamnya, membantu user mengingat dengan lebih mudah.

Keyword yang digunakan untuk membuktikan kupon akun adalah kata-kata yang lebih mudah diingat dan diketik (SHE MOON TONNE SHUT FUNK SLEEP) daripada 10 digit ID yang chunk-nya tidak dipotong-potong/ dipisahkan meskipun hanya satu jenis angkanya yaitu 9 (angka ID berjumlah 9, berbeda jika dituliskan misalnya 999 999 999).


SHORTCUT

Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Beberapa contoh dan hampir kita hadapi setiap hari dalam interaksi dengan perangkat teknologi, yaitu:

  1. Keyboard Commands & Menu Accelerators
  2. Default & Pending Delete
  3. History
  4. Autocomplete
  5. Aggregation
  6. Anticipation

Setiap jenis shortcut ini dapat Anda pilih dan gunakan dalam rancangan User Interface yang memberi penghematan waktu dan kecepatan kerja user lebih baik.


1. Keyboard Shortcut

Shortcut pada keyboard dapat dibagi menjadi:

  • Keyboard commands
  • Menu accelerators
Keyboard Command di sistem operasi Microsoft Windows, contoh Save: Ctrl + S. Menu Accelerator contohnya untuk perintah membuka menu File: Alt + F.
Keyboard Command di sistem operasi MacOS, contoh untuk Save: Commang + S

Cara umum untuk meningkatkan efisiensi sebuah interface adalah dengan menambahkan shortcut melalui keyboard. Shortcut di keyboard adalah kombinasi button yang mudah diingat. Ada teknik konvensional untuk menampilkan keyboard shortcut pada menu bar, misalnya Ctrl+N dan Ctrl+O.

Menu bar dan button sering memiliki akselerator (alat mempercepat) misalnya huruf yang digarisbawahi, yang biasanya dipanggil dengan menahan button Alt untuk memberikan fokus keyboard ke menu, kemudian menekan huruf yang digarisbawahi.


2. Default & Pending Delete

Shortcut dalam bentuk Default berupa sebuah form dengan sebuah isi default. Default adalah jawaban umum yang sudah diisi ke dalam sebuah form. Default membantu dalam hal:

  • Menyediakan shortcut untuk pemula dan user yang sudah terbiasa menggunakan form;
  • Membantu user untuk mempelajari interface dengan menunjukkan contoh pengisian yang benar.
Contoh shortcut dalam bentuk Default untuk penyimpanan file

Default harus fragile. Ketika Anda mengklik atau tab ke bidang yang berisi nilai default, isinya harus sepenuhnya dipilih/ disorot sehingga user yang terbiasa menggunakan langsung dapat menggantinya dengan hanya langsung mengetikkan isi yang baru. Teknik dimana pengetikan menggantikan isi yang diseleksi, disebut PENDING DELETE.

Pending Delete untuk penamaan file

3. History

Shotcut berupa History, menawarkan pilihan untuk ”recently-used” (terakhir kali digunakan) atau pilihan yang “frequently-used” (sering digunakan).

Recent Font

Pada pengeditan file sering kali membuat penempatan file sementara, inilah sebabnya ”Recently Used Files” pada menu File sangat membantu untuk membuka file lebih efisien.

Open Recent File

Simpan history (riwayat) pilihan-pilihan sebelumnya dari user, bukan hanya file-nya tetapi semua nilai apapun yang mungkin berguna.
Ketika Anda menampilkan dialog Print kembali misalnya, ingat dan sajikan pengaturan default yang disediakan/digunakan sebelumnya.


4. Autocomplete

Shortcut autocomplete ditujukan untuk meminimalisir pengetikan. Autocomplete membantu dalam efisiensi, lebih sedikit waktu yang digunakan untuk mengetik karena ada bantuan melengkapi kata.


5. Aggregation

Shortcut ini dipakai untuk memilih banyak sekaligus untuk satu aksi/tugas. Contohnya: melakukan drag & drop sekaligus (banyak).

Aggregation dengan membuat pilihan sekaligus lebih dari satu
Drag file lebih dari satu

Agregasi (pengumpulan) adalah cara terbaik untuk menambah efisiensi pada sebuah interface. Pikirkan cara-cara user dapat mengumpulkan sejumlah item seperti obyek data, keputusan, obyek grafis atau apapun itu, dan menanganinya sekaligus, sebagai kelompok.

  • Multiple selection (pilihan sekaligus banyak) adalah pola desain yang baik untuk agregasi dan ada banyak idiom saat ini untuk melakukan multiple selection pada mouse dan keyboard:
  • drag (menyeret) sebuah outline di sekitar item-item yang akan dipilih
  • shift-click untuk memilih sebuah range (rentang) pilihan, dll.

6. Anticipation

Antisipasi bebrarti bahwa desain yang baik harus meletakkan semua informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu dalam jangkauan yang mudah bagi user. Jika sebuah tugas memerlukan fitur dari sebuah interface yang tidak segera tersedia pada current mode, maka user mungkin akan mundur dari apa yang sedang mereka kerjakan, dan ini mempengaruhi efisiensi.


REFERENSI

  • MIT Open Courseware, User Interface Design and Implementation, Efficiency.
  • Designing The User Interface: Stategies for Effective Human-Computer Interaction (Sixth Edition), Ben Shneiderman.
  • https://forums.palace.network/topic/525-inside-out-opinions/
  • https://www.wayfair.com/furniture/pdx/advanced-graphics-disney-pixar-inside-out-bing-bong-life-size-cardboard-cutout-adv2511.html
  • https://www.staples.ca/products/783481-en-microsoft-wired-keyboard-600-english
  • https://www.pngfuel.com/free-png/cokaz
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Inside_Out_(film)
  • https://insideout.fandom.com/wiki/Long_Term_Memory
  • Photo by Daniel Korpai on Unsplash


67 thoughts on “Efficiency

  1. Setelah saya membaca Lecture Note yang ibu buat, Saya jadi mengerti apa itu Chunking dan Shortcut.
    Dimana Chunking itu adalah Potongan-Potongan kecil yang saling berkaitan dan disimpan dalam suatu konsep tunggal.
    dan Shortcut adalah Bagaimana cara kita dalam meningkatkan efisiensi dalam berinteraksi dengan Interface.

    dimana ada setiap jenis shortcut yang dapat Anda pilih dan gunakan dalam rancangan User Interface yang memberi penghematan waktu dan kecepatan kerja user lebih baik.
    diantaranya :
    1.Keyboard Commands & Menu Accelerators
    2.Default & Pending Delete
    3.History
    4.Autocomplete
    5.Aggregation
    6.Anticipation

  2. Nama : Berliana Laurenza Simamora
    NIM : 11419016
    EFISIENSI
    Efisiensi merupakan ukuran keberhasilan dari sebuah kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan dengan sumber daya yang dikeluarkan sesedikit mungkin sesuai dengan standard ISO.
    2 teknik untuk meningkatkan efisiensi yaitu:
    1. Chunking
    Chunking merupakan kegiatan mempermudah dalam desain antarmuka pengguna dengan membagi sesuatu kedalam potongan yang lebih kecil sehingga dapat disimpan sebagai konsep tunggal.
    2. shortcut
    Shortcut merupakan cara untuk mengakses sebuah interface yang dikembangkan.
    Jenis dari shortcut antara lain: keyboard shortcut, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.
    Cara meningkatkan efisiensi output yaitu:
    1. Menyajikan informasi dalam bentuk karakter atau angaka yang tidak dibeda-bedakan.
    2. Membagi karakter atau angka tersebut kedalam 2 atau 4 kelompok karakter.

  3. Nama : Geby W P Lumban Gaol
    NIM : 11419068

    Efficiency merupakan tingkat kecepatan user dalam menyelesaikan sebuah tugas setelah mempelajari desain.
    2 cara untuk meningkatkan efisiensi pada User Interface, yaitu chunking dan shortcut.
    1. Chunking adalah membagi sesuatu menjadi potongan-potongan. Working memory adalah tempat Anda berpikir yang dilakukan secara sadar. Sebuah interface yang baik tidak akan membuat user harus menggunakan banyak working memory.
    2. Shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Ada beberapa jenis shortcut, yaitu
    – Keyboard Shortcut
    Keyboard command adalah pintasan keyboard.
    Menu accelerators adalah kunci untuk mengaktifkan perintah menu.
    – Default & Pending Delete
    – History berguna untuk melihat dan mengakses apa yang telah dilakukan dalam suatu sistem.
    – Autocomplete berguna untuk menyarankan.
    – Aggregation berguna untuk memilih banyak dalam satu aksi
    – Anticipation, meletakkan informasi dan tools dalam jangkauan user.

  4. Nama : Mikhael Hutapea
    NIM: 11419037

    Efficiency
    Efisiensi diukur sebagai sumberdaya yang dikeluarkan oleh pengguna sehubungan dengan keakuratan dan kelengkapan tujuan yang dicapai. Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumberdaya sesedikit mungkin.

    Cara membuat efisiensi yang baik pada UI:
    1. Chunking
    Chungking adalah sebuah unit memory atau persepsi artinya membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan,sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.
    Pada manusia, terdapat yang disebut working memory, yaitu tempat kita melakukan pemikiran yang dilakukan secara sadar. Working memory memiliki kapasitas yang kecil. Lalu ada yang disebut sebagai long term memory, dimana long term memory ini memmiliki kapasitas yang lebih besar. Sebuah interface yang baik tidak menuntut penggunaan yang banyak pada working memory usernya. Salah satu kunci untuk learnability yang baik adalah membuat koneksi semudah mungkin; dan konsistensi adalah cara yang baik untuk melakukannya.
    2. Shortcut
    Contoh shortcut yang sering kita jumpai dalam interaksi dengan perangkat teknologi, yaitu:
    1. Keyboard Commands & Menu Accelerators
    2. Default & Pending Delete
    3. History
    4. Autocomplete
    5. Aggregation
    6. Anticipation

  5. Nama : Oriza Sitanggang
    NIM : 11419018

    Efficiency adalah Mencapai produktivitas maksimum dengan pengeluaran biaya dengann seminim minimnya.
    Cara meningkatkan efficiency pada User Interface yaitu
    1. Chunking adalah membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan,sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.Selanjutnya pada manusia terdapat working memory. Working Memory adalah tempat dimana manusia berpikir dengan sadar
    2. Shortcut adalah cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.
    Contoh shortcut dalam interaksi dengan perangkat teknologi yaitu keyboards commands and menu accelerators, default and pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation. Dengan adanya jenis shortcut tersebut user diberikan penghematan waktu dan kecepaan kerja user menjadi lebih baik atau dapat dikatakan lebih efisien.

  6. Hepniwer Nur Aisah Purba_11419019
    Efisiensi merupakan suatu keadaan untuk mencapai produktivitas maksimum dengan pengeluaran sumber daya yang minimum. Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumberdaya yang sedikit.
    Ada 2 teknik untuk meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking : membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga item tersebut dapat disimpan sebagai konsep tunggal. -Working memori merupakan tempat kita melakukan pemikiran secara sadar. -Sebuah interface dikatakan baik bila tidak menuntut banyak pada working memori usernya.
    2. Shortcut : salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface
    Contoh shortcut: -Keyboard Commands & Menu Accelerators, dengan menambahkan shortcut pada keyboard sudah dapat meningkatkan efisiensi sebuah interface. -Default & Pending Delete -History -Autocomplete, dapat meminimalisir pengetikan. -Aggregation, memilih banyak aksi sekaligus. -Anticipation, meletakkan informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu yang dapat dengan mudah dijangkau oleh user.

  7. efisiensi adalah suatu ukuran keberhasilan sebuah kegiatan yang dinilai berdasarkan besarnya biaya/ sumber daya yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
    Ada 2 teknik untuk meningkatkan efisiensi yaitu yang pertama. chunking adalah sebuah cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Masalah tesebut adalah kerja otak manusia dalam hal mengingat. yang kedua. shortcut adalah sebuah fitur yang disediakan oleh komputer terhadap pengguna untuk memberikan cara cepat guna mengurangi proses-proses atau langkah-langkah dalam suatu task

  8. Nama : Maristella Sitanggang
    NIM : 11419064
    Kelas : 42TRPL 2

    Efisiensi adalah: mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin. Dalam istilah Human-Computer Interaction atau Usability, efisiensi ialah sumberdaya yang dikeluarkan oleh user sehubungan dengan keakuratan dan kelengkapan tujuan yang dicapai.
    Ada 2 teknik untuk meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking
    Membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga mereka dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal
    2. Shortcut
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Beberapa contoh dan hampir kita hadapi setiap hari dalam interaksi dengan perangkat teknologi, yaitu:

    Keyboard Commands & Menu Accelerators
    Default & Pending Delete
    History
    Autocomplete
    Aggregation
    Anticipation
    Setiap jenis shortcut ini dapat Anda pilih dan gunakan dalam rancangan User Interface yang memberi penghematan waktu dan kecepatan kerja user lebih baik.

  9. Nama : Clarita Butarbutar
    NIM : 11419067

    Efficiency adalah suatu tujuan yang tercapai dengan mengeluarkan sumber daya seminimum mungkin.
    Teknik dalam meningkatkan efficiency pada UI ada 2 cara:
    a. Chunking, yaitu membagi sesuatu menjadi potongan potongan. Potongan tersebut didefinisikan sebagai simbol. Setelah dipecah maka potongan tersebut dikelompokan menjadi sesuatu yang familiar dan mudah diingat.
    b. Shortcut, yaitu cara menghemat waktu dan kecepatan user jauh lebih baik. Ada contoh yang kita hadapi dalam interaksi dengan perangkat teknologi, yaitu:
    1. Keyboard commands & Menu Accelators, meningkatkan efisiensi dengan menggunakan keyboard.
    2. Default & Pending delete
    3. History (riwayat yang sering kita buka dan baru kita buka )
    4. Autocomplete (meminimalisir pengetikan)
    5. Aggregation (mengumpulkan sejumlah item dan melakukan aksi sekaligus)
    6. Anticipation (meletakkan informasi dan alat yang diperlukan dalam jangkauan yang mudah bagi user)

  10. Efficiency adalah pencapaian produktivitas maksimum dengan pengeluaran sekecil mungkin. Suatu algoritma dapat dikatakan efisien jika dapat melakukan suatu pekerjaan yang baik dan menghemat sumber daya computer untuk mencapai tujuannya.
    Ada 2 teknik untuk meningkatkan efisiensi yaitu:
    1. Chuncking yaitu suatu unit memory yang membagi sesuatu menjadi potongan- potongan sehingga dapat disimpan sebagai konsep tunggal. Di dalam otak manusia, terdapat working memory yaitu tempat melakukan pemikiran yang dilakukan secara sadar.
    2. Shortcut, memiliki 6 aspek yaitu :
    – Keyboard Shortcut yang terdiri dari keyboard command dan menu accelelator
    – Default dan pending delete
    – History
    – Autocomplete digunakan untuk membantu waktu pengetikan
    – Aggregation : memilih sekaligus dalam satu aksi
    – Anticipation

  11. Nama : Meyliza Veronica Siregar
    NIM : 11419058

    Efisiensi adalah keadaan untuk mencapai produktivitas maksimum dengan pengeluaran sumber daya yang minimum.

    Ada 2 teknik untuk meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking, adalah membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga item tersebut dapat disimpan sebagai konsep tunggal.
    • Working memori merupakan tempat kita melakukan pemikiran secara sadar.
    • Sebuah interface dikatakan baik bila tidak menuntut banyak pada working memori usernya.
    2. Shortcut.
    Contoh shortcut:
    • Keyboard Commands & Menu Accelerators, dengan menambahkan shortcut pada keyboard sudah dapat meningkatkan efisiensi sebuah interface.
    • Default & Pending Delete
    • History
    • Autocomplete, dapat meminimalisir pengetikan.
    • Aggregation, memilih banyak aksi sekaligus.
    • Anticipation, meletakkan informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu yang dapat dengan mudah dijangkau oleh user.

  12. Nama:Nazir Manahan Manurung
    NIM:11419020
    Kelas:42TRPL1

    Efficiency adalah tindakan yang dirancang untuk mencapai efisiensi untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan pendapatan.

    2 cara untuk meningkatkan efisiensi pada user interface, yaitu:
    1.Chunking
    Merupakan aktivasi dari pengalaman masa lalu, tergantung pada presentasi dan apa yang sudah kita ketahui. Pada manusia terdapat yang disebut working memory, dimana working memory adalah tempat kita berpikir yang dilakukan secara sadar.

    2.Shortcut
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Beberapa contoh dalam interaksi dengan perangkat teknologi, yaitu:
    1.Keyboard Commands dan Menu Accelerators
    2.Default dan Pending Delete
    3.History
    4.Autocomplete
    5.Aggregation
    6.Anticipation.

  13. Nama : Naldo Tua Samosir
    NIM : 11419024
    Kelas : 42 TRPL 1

    Sumberdaya yang dikeluarkan oleh user sehubungan dengan keakuratan dan kelengkapan tujuan yang dicapai. Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumberdaya sesedikit mungkin sesuai standard ISO yang disebutkan. Namun definisi ini sangat berorientasi bisnis dan hanya berlaku sebagian untuk software seperti game.

    Chunking
    Chunk adalah membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan. Di satu sisi, chunk (potongan) didefinisikan sebagai symbol. Dalam arti lain, chunk mewakili aktivasi dari pengalaman masa lalu, tergantung pada presentasi dan apa yang sudah user ketahui.

    Shortcut
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Beberapa contoh shortcut ialah:
    • Keyboard Commands & Menu Accelerators
    • Default & Pending Delete
    • History
    • Autocomplete
    • Aggregation
    • Anticipation

  14. Nama : Ervina Sipahutar
    NIM : 11419066
    Kelas : 42 TRPL 2

    Efficiency diukur sebagai sumberdaya yang dikeluarkan oleh user sehubungan dengan keakuratan dan kelengkapan tujuan yang dicapai. Efisiensi tinggi diperoleh ketika user mencapai tujuannya dengan mengeluarkan sumberdaya sesedikit mungkin sesuai standard ISO yang disebutkan.

    Untuk meningkatkan efisiensi maka dilakukan :
    a. Chunking : berasal dari kata “Chunk” yang berarti unit memori atau persepsi dengan kata lain dapat membagi sesuatu menjadi potongan-potongan. Manusia memiliki working memory yang merupakan tempat berpikir yang dilakukan secara sadar. Long-term memory (ingatan jangka panjang) berisikan ingatan manusia dengan kapasitasnya sangat besar.

    b. Shortcut : cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Contohnya :
    1. Keyboard Commands & Menu Accelerators
    2. Default & Pending Delete
    3. History
    4. Autocomplete
    5. Aggregation
    6. Anticipation

  15. Nama : Irvandi Pransena Hutapea
    Kelas : 42 TRPL 1
    NIM : 11419008

    1. Definisi efisiensi

    – Dalam bentuk kata sifat, efisiensi berarti:

    A. (khususnya pada sistem atau mesin) mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin: lampu neon efisien dalam mengubah listrik menjadi cahaya.
    B. (seseorang) yang bekerja dengan cara yang terorganisir dan kompeten: administrator yang efisien.
    C. (dalam kombinasi) mencegah pemborosan penggunaan sumber daya tertentu: sistem pemanas hemat energi.

    Sebagai kata benda, efisiensi adalah:

    A. keadaan atau kualitas menjadi efisien: efisiensi energi yang lebih besar.

    B. tindakan yang dirancang untuk mencapai efisiensi: untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan pendapatan.
    C. Teknis rasio pekerjaan yang berguna dilakukan oleh mesin atau dalam sebuah proses dengan total energi yang dikeluarkan atau panas yang diambil.

    Dalam computer science, istilah efisiensi adalah:

    A. Rasio pekerjaan yang berguna terhadap sumberdaya (prosessor dan storage) yang dihabiskan.
    B. Dengan kata lain, rasio output terhadap input dari sistem yang diberikan.
    C, Jika misalnya suatu algoritma dikatakan efisien, ia melakukan pekerjaan yang baik dalam menghemat sumber daya komputer untuk mencapai tujuannya.
    2. Chunking
    “Chunk” adalah sebuah unit memori atau persepsi. Di satu sisi, chunk (potongan) didefinisikan sebagai simbol; dalam arti lain, chunk mewakili aktivasi dari pengalaman masa lalu, tergantung pada presentasi dan apa yang sudah Anda ketahui.
    3. Shortcut
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Beberapa contoh dan hampir kita hadapi setiap hari dalam interaksi dengan perangkat teknologi, yaitu:

    1. Keyboard Commands & Menu Accelerators
    2. Default & Pending Delete
    3. History
    4. Autocomplete
    5. Aggregation
    6. Anticipation

  16. Nama : Mei Pane
    NIM : 11419006

    Efficiency merupakan upaya untuk mencapai suatu tujuan dengan hasil yang baik tanpa mengeluarkan sumber daya yang banyak.
    Berikut cara untuk meningkatkan efficiency yaitu:
    1. Chunking merupakan kegiatan yang dibagi menjadi potongan potongan yang kecil sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.
    2. Shortcut.
    Terdapat beberapa contoh dari shortcut yaitu:
    1. Keyboard Commands & Menu Accelerators =>
    cara cepat untuk melakukan tindakan atau perintah pada keyboard
    2. Default & Pending Delete
    =>jawaban umum yang diisi pada form
    3. History
    => menampilkan fitur terakhir/sering yang digunakan
    4. Autocomplete
    =>tidak harus mengetikkan semua pencarian atau meminimalisir pengetikan
    5. Aggregation=>dengan satu aksi dapat melakukan banyak tugas
    6. Anticipation=>user dapat menggunakan tools yang mudah

  17. Nama : Fretty L M Silalahi
    NIM : 11419057

    effisiensi adalah keadan atau kualitas yang mencapai produktivitas maksimum dengan usaha dan pengeluaran biaya seminimum mungkin yang bekerja dengan cara yang terorganisir dan kompeten.

    1.Chunking adalah suatu unit memory yang membagi sesuatu menjadi potongan- potongan sehingga dapat disimpan sebagai konsep tunggal. Di dalam otak manusia, terdapat working memory yaitu tempat melakukan pemikiran yang dilakukan secara sadar.

    2. Shortcut adalah cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.
    Contohnya adalah :
    1.keyboard shortcut
    a)keybboard commands
    b)menu accelators
    2.default & pending delete
    3.history
    4.autocomplete -> meminimalisir pengetikan
    5.aggregation
    6.anticipation.
    Setiap jenis shortcut ini dapat Anda pilih dan gunakan dalam rancangan User Interface yang memberi penghematan waktu dan kecepatan kerja user lebih baik.

  18. Nama : Ivanowsky Fernandes Habeahan
    NIM : 11419030
    Kelas : 41 TRPL 1

    Efisiensi adalah mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimal mungkin.
    Efisiensi adalah keadaan atau kualitas menjadi efisien.
    Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumber daya sesedikit mungkin.

    2 Teknik untuk meningkatkan efisiensi pada User Interface :
    1. Chunking
    -> Chunking adalah proses membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan kelompok bersama sehingga mereka dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.
    2. Shortcut
    -> Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.
    Contohnya:
    – Keyboard Commands & Menu Accelerators
    – Default & Pending Delete
    – History
    – Autocomplete
    – Aggregation
    – Anticipation

  19. Nama: Evelin Sinurat
    NIM: 11419056
    Kelas: 42 TRPL 2

    Efficiency
    Efisiensi adalah ukuran sumberdaya yang dikeluarkan oleh user dengan akurat dan kelengkapan tujuan yang ingin dicapai. Efisiensi yang tinggi diperoleh ketika user mencapai tujuan dan mengeluarkan sumberdaya seminimal mungkin, sesuai dengan standard ISO.

    Cara meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking
    “Chunk” yang berarti sebuah unit memori/persepsi, dapat membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga dapat disimpan/diproses sebagai konsep tunggal.
    Pada manusia terdapat working memory yang berarti tempat melakukan pemikiran yang dilakukan secara sadar, juga memiliki kapasitas yang sangat kecil
    Ada juga long-term memory yang berisi banyak ingatan manusia, memiliki kapasitas yang besar.

    Sebuah interface yang baik, tidak akan menuntut banyak pada working memory usernya.
    Learnability yang baik adalah memungkinkan sebuah koneksi menjadi mudah, dan konsistensi adalah cara baik untuk melakukannya.

    2. Shortcut adalah cara yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi.
    a. Keyboard Commands & Menu Accelerators
    b. Default & Pending Delete
    c. History
    d. Autocomplete
    e. Aggregation
    f. Anticipation

    Terimakasih bu.

  20. Nama : agus rokyanto siaban
    NIM : 11419045
    Kelas: 42TRPL2

    Efficiency : memberikan usaha minimum dengan hasil maksimum
    > Chunking : membagi seuatu menjadi beberapa bagian agar bisa di proses pada proses tunggal, seperti manusia yang mempunyai short term memory dan long term memory

    Jangan membuat user sulit dan banyak mengingat suatu interface
    Buatlah semua interface terkoneksi dengan baik, caranya adalah dengan konsistensi sebelumnya

    >Shortcut : cara yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi dengan membuat tindakan singkat untuk melakukan sebuah perintah
    1. Keyboard Commands & Menu Accelerators (kombinasi tombol keyboard membuat semua perintah tidak perlu dilakukan melalui toolbar)
    2. Default & Pending Delete (memberikan sebuah nilai default pada sebuah isian)
    3. History (menunjukkan hal-hal yang baru saja atau yang sudah dilakukan/ diakses)
    4. Autocomplete (memberikan sebuah pilihan-pilihan inputan rekomendasi sesuai dengan inputan yang baru saja kita masukkan)
    5. Aggregation (memilih secara banyak, drag and drop, shift click)
    6. Anticipation (membuat informasi atau perintah yang mungkin akan diperlukan pada suatu fitur)

  21. Nama :Daniel Naibaho
    Nim:11419047

    Efisiensi adalah suatu ukuran sumberdaya yang dikeluarkan oleh user dengan akurat dan kelengkapan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.
    Cara meningkatkan efisiensi:

    1.Chunk
    Chunk adalah membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan atau sebuah unit memori atau persepsi.Chunk didefinisikan sebagai simbol; dalam arti lain, chunk mewakili aktivasi dari pengalaman masa lalu, tergantung pada presentasi dan apa yang sudah user ketahui.
    Pada manusia terdapat yang disebut working memory. Working memory ialah tempat berpikir yang dilakukan secara sadar. Working memory sebenarnya bukan tempat yang terpisah di otak, melainkan pola aktivasi unsur-unsur dalam ingatan jangka panjang.

    2.Shortcut
    Shortcut adalah kombinasi dari beberapa tombol yang bila ditekan secara bersamaan mampu bereaksi melakukan perintah yang diinginkan, atau lebih jelasnya shortcut ialah tombol cepat untuk melakukan suatu perintah pada system. Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface
    Contoh shortcut yakni, Keyboard Commands & Menu Accelerators, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.

  22. Nama: Santo L Harianja
    Nim : 11419027

    Efisiensi

    Efisiensi merupakan mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin.Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumberdaya sesedikit mungkin

    CHUNKING
    chunking adalah membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan,sehingga mereka dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.Sebuah interface yang baik tidak akan menuntut penggunaan banyak working memory user-nya.Salah satu kunci untuk learnability yang baik adalah membuat koneksi semudah mungkin; dan konsistensi adalah cara yang baik untuk melakukannya

    SHORTCUT
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Beberapa contoh dan hampir kita hadapi setiap hari dalam interaksi dengan perangkat teknologi yaitu : Keyboard Commands,Default & Pending Delete,History,Autocomplete,Aggregation ,Anticipation Dll

  23. Nama : Dwiky Sitorus
    NIM : 11419004

    Efisiensi adalah produktivitas maksimum yang ingin dicapai oleh user untuk mencapai tujuannya dengan sumber daya seminimial mungkin. Ada 2 teknik untuk meningkatkan efisiensi pada interface yaitu :
    1. Chunking. Chunking adalah membagi sesuatu menjadi beberapa bagian sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal. Chunk didefanisikan sebagai symbol.
    Working memory tempat Anda melakukan pemikiran yang dilakukan secara sadar. Working memory sebenarnya bukan tempat yang terpisah di otak, melainkan pola aktivasi unsur-unsur dalam ingatan jangka panjang .
    Sebuah interface yang baik tidak akan menuntut pada working memory user-nya. Salah satu kunci untuk learnability yang baik adalah membuat koneksi semudah mungkin; dan konsistensi adalah cara yang baik untuk melakukannya.
    2. Shortcut. Shortcut adalah pintasan yang memudahkan akses. Contohnya adalah keyboard shortcut, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.

  24. Nama : Ares J. M. Pardosi
    NIM : 11419062
    Kelas : 42TRPL2

    EFFICIENCY
    Efisiensi adalah suatu keadaan untuk mencapai produktivitas maksimum dengan pengeluaran sumber daya yang minimum. Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumberdaya yang sedikit.
    Ada 2 tehnik meningkatkan efisiensi pada user interface, yaitu :
    1.CHUNKING
    Chunking berate embagi sesuatu menjadi potongan-potongan kelompok bersama sehingga potongan-potongan itu dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.
    Pada manusia ada yang dikatakan dengan workingmemory, diaman kapasitasnya sangat kecil. Maka dari itu, sebuah interface yang baik tidak akan menuntut banyak pada working memory usenya.
    2.SHORTCUT
    Dengan adanya pembuatan shortcut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.
    Berikut ada beberapa contoh shortcut:
    – Keyboard Commands & Menu Accelerators
    – Default & Pending Delete
    – History
    – Autocomplete
    – Aggregation
    – Anticipation

  25. Nama : Lastri Rohani Nababan
    NIM : 11419060
    Kelas : 42 TRPL 2

    Efficiency adalah suatu pencapaian produktivitas yang maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin.
    Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuan nya sambal mengeluarkan submerdaya yang sesedikit mingkin.
    1. Chunking adalah suatu unit memori atau persepsi yang membagi sesuatu menjadi beberapa bagian, sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai suatu konsep tunggal.
    Working memory adalah tempat kita melakukan pemikiran yang dilakukan secara sadar. Kapasitas pada working memory sangat kecil dan data yang dimasukkan menghilang dalam waktu singkat.
    2. Shortcut adalah cara yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi.
    Contoh :
    a. Keyboard Commands dan Menu Accelerators
    b. Default dan Pending Delete
    c. History
    d. Autocomplete
    e. Aggregation
    f. Anticipation

  26. Nama : Tantri H.Silaen
    NIM : 11419059
    Kelas : 42 TRPL 2

    Efficiency merupakan suatu keadaan yang dilakukan ataupun digunakan untuk mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin.

    2 cara untuk meningkatkan efisiensi pada User Interface, yaitu:
    1.CHUNKING
    –>Membagi sesuatu menjadi potongan-potongan kelompok bersama sehingga mereka dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.
    Working memory adalah tempat berpikir yang dilakukan secara sadar.Kapasitas working memory kira-kira 7 ± 2 chunk.
    2.SHORTCUT
    Dengan adanya pembuatan shortcut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.
    Ada beberapa contoh shortcut:Keyboard Commands & Menu Accelerators
    ,Default & Pending Delete, History,Autocomplete,Aggregation, Anticipation.
    Setiap jenis shortcut digunakan dalam rancangan User Interfacebertujuan untuk penghematan waktu dan kecepatan kerja user lebih baik.

  27. Nama : John Ryan Siallagan
    NIM : 11419013
    Kelas : 42TRPL1

    Efisiensi memiliki beberapa arti.

    Pada kata sifat, efisiensi berarti, mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin.
    Pada kata benda, efisiensi adalah keadaan atau kualitas menjadi efisien jika memiliki efisiensi energi yang lebih besar.
    Pada computer science, efisiensi adalah Rasio pekerjaan yang berguna terhadap sumberdaya (prosessor dan storage) yang dihabiskan.

    2 cara untuk meningkatkan efisiensi pada User Interface:
    – Chunking => Sesuatu sistem yang membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan.
    – Shortcut => Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface seperti dengan menambahkan shortcut melalui keyboard, kombinasi button yang mudah diingat.

  28. Nama : Hotnida Siagian
    NIM : 11419023
    Kelas : 42 TRPL 1

    Efficiency merupakan kemampuan sistem untuk mendukung pengguna dalam melakukan tugasnya dengan waktu yang relatif singkat dan sederhana. Pengukuran efisiensi dapat dilakukan dengan menggunakan seberapa banyak waktu yang digunakan untuk melakukan sebuah tugas, menyelesaikan error pada waktu yang ditentukan dan menampilkan presentasi error.
    Cara meningkatkan efficiency pada User Interface yaitu :
    1. Chunking adalah membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan,sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.Selanjutnya pada manusia terdapat working memory. Working Memory adalah tempat dimana manusia berpikir dengan sadar
    2. Shortcut adalah cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.
    Contoh shortcut:
    -Keyboard Commands & Menu Accelerators, dengan menambahkan shortcut pada keyboard sudah dapat meningkatkan efisiensi sebuah interface.
    -Default & Pending Delete -History
    -Autocomplete, dapat meminimalisir pengetikan.
    -Aggregation, memilih banyak aksi sekaligus.
    -Anticipation, meletakkan informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu yang dapat dengan mudah dijangkau oleh user.

  29. Nama : Febryanti Melati

    NIM : 11419061

    Kelas : 42TRPL2

    Efficiency adalah produktivitas maksimum keinginan user agar mencapai tujuannya dengan namun memerlukan biaya yang minim.

    Teknik untuk meningkatkan efisiensi yaitu :

    1.Chunking adalah membagi sesuatu menjadi beberapa bagian sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal. Working memory tempat melakukan pemikiran yang dilakukan secara sadar. .

    2. Shortcut adalah pintasan yang memudahkan akses. Contohnya adalah keyboard shortcut, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.

  30. Nama : Hilman Sijabat
    NIM : 11419025
    Kelas : 42TRPL 1

    Efficiency adalah produktivitas maksimum keinginan user agar mencapai tujuannya dengan namun memerlukan biaya yang minim.
    Teknik untuk meningkatkan efisiensi yaitu :

    1.Chunking
    Chunking adalah membagi sesuatu menjadi beberapa bagian sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal. Working memory tempat melakukan pemikiran yang dilakukan secara sadar. .

    2. Shortcut
    Shortcut adalah pintasan yang memudahkan akses. Contohnya adalah keyboard shortcut, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.

  31. Nama : Hilman Sijabat
    NIM : 11419025
    Kelas : 42TRPL 1

    Efficiency adalah produktivitas maksimum keinginan user agar mencapai tujuannya dengan namun memerlukan biaya yang minim.
    Teknik untuk meningkatkan efisiensi yaitu :

    1.Chunking
    Chunking adalah membagi sesuatu menjadi beberapa bagian sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal. Working memory tempat melakukan pemikiran yang dilakukan secara sadar. .

    2. Shortcut
    Shortcut adalah pintasan yang memudahkan akses. Contohnya adalah keyboard shortcut, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation

  32. Nama : Edwin Immanuel Damanik
    NIM : 11419011
    Kelas : 42 TRPL 1

    Efisiensi adalah suatu keberhasilan yang dilakukan oleh user yang diukur berdasarkan besarnya sumber daya yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
    Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumber daya sedikit mungkin sesuai standart ISO yang disebutkan.

    Ada 2 cara meningkatkan efisiensi pada user interface, yaitu :
    1. Chunking, adalah membagi sesuatu menjadi beberapa bagian sehingga dapat disimpan dan diproses sebagai konsep tunggal.
    2. Shortcut, adalah cara cepat untuk menjalankan suatu program. Beberapa contoh :
    > Keyboard Commands & Menu Accelerators
    > Default & Pending Delete
    > History
    > Autocomplete
    > Aggregation
    > Anticipation

  33. Nama : Arijona Purba
    NIM : 11419034
    Kelas : 42TRPL1

    Efisiensi adalah keadaan untuk mencapai produktivitas maksimum dengan pengeluaran sumber daya yang minimum.Efisiensi yang tinggi diperoleh ketika user mencapai tujuan dan mengeluarkan sumberdaya seminimal mungkin, sesuai dengan standard ISO.

    Cara meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking
    “Chunk” yang berarti sebuah unit memori/persepsi, dapat membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga dapat disimpan/diproses sebagai konsep tunggal.

    2. Shortcut
    Shortcut adalah pintasan yang memudahkan akses. Contohnya adalah keyboard shortcut, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.

  34. Nama : Riris Lasmarito Malau
    Nim : 11419022
    Kelas : 42 TRPL 1

    Efficiency adalah ukuran sejauh mana input digunaka dengan baik untuk tugas atau fungsi yang diinginkan atau output.
    Chunking adalah membagi sesuatu mejadi potongan-potongan.
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Beberapa contoh dan hampir kita hadapi setiap hari dalam interaksi dengan perangkat teknologi, yaitu:
    1. Keyboard Commands & Menu Accelerators
    Menu bar dan button sering memiliki akselerator (alat mempercepat) misalnya huruf yang digarisbawahi, yang biasanya dipanggil dengan menahan button Alt untuk memberikan fokus keyboard ke menu, kemudian menekan huruf yang digarisbawahi.
    2. Default & Pending Delete
    Ketika Anda mengklik atau tab ke bidang yang berisi nilai default, isinya harus sepenuhnya dipilih/ disorot sehingga user yang terbiasa menggunakan langsung dapat menggantinya dengan hanya langsung mengetikkan isi yang baru.
    3. History
    Ketika Anda menampilkan dialog Print kembali misalnya, ingat dan sajikan pengaturan default yang disediakan/digunakan sebelumnya.
    4. Autocomplete
    Shortcut autocomplete ditujukan untuk meminimalisir pengetikan. Autocomplete membantu dalam efisiensi, lebih sedikit waktu yang digunakan untuk mengetik karena ada bantuan melengkapi kata.
    5. Aggregation
    Shortcut ini dipakai untuk memilih banyak sekaligus untuk satu aksi/tugas. Contohnya: melakukan drag & drop sekaligus (banyak).
    Anticipation
    bahwa desain yang baik harus meletakkan semua informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu dalam jangkauan yang mudah bagi user

  35. Nama : Zico Andreas Aritonang
    Kelas : 42TRPL2
    NIM : 11419049

    Effisiensi adalah
    ◾ mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin
    ◾ bekerja dengan cara yang terorganisir dan kompeten:
    ◾ mencegah pemborosan penggunaan sumber daya tertentu sesuai standart ISO

    Ada 2 teknik untuk meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking
    Membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga mereka dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal
    2. Shortcut
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.

  36. Nama : Yonatan A.P.L Tobing
    Kelas : 42 TRPL-2
    NIM : 11419038

    Efficiency merupakan ukuran keberhasilan dari sebuah kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan dengan sumber daya yang dikeluarkan sesedikit mungkin sesuai dengan standard ISO.
    Efficiency tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumberdaya yang sedikit.

    Teknik untuk meningkatkan efficiency yaitu:
    1. Chunking
    Chunking merupakan kegiatan mempermudah dalam desain antarmuka pengguna dengan membagi sesuatu kedalam potongan yang lebih kecil sehingga dapat disimpan sebagai konsep tunggal.
    2. shortcut
    Shortcut merupakan cara untuk mengakses sebuah interface yang dikembangkan.
    Jenis dari shortcut antara lain: keyboard shortcut, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.

    Cara meningkatkan efisiensi output yaitu:
    1. Menyajikan informasi dalam bentuk karakter atau angaka yang tidak dibeda-bedakan.
    2. Membagi karakter atau angka tersebut kedalam 2 atau 4 kelompok karakter.

  37. Nama : Andree Panjaitan
    NIM : 11419014
    Kelas : 42TRPL1

    Efisiensi adalah:
    Rasio pekerjaan yang berguna terhadap sumberdaya (prosessor dan storage) yang dihabiskan.
    CHUNKING
    Chunk (kata kerja [dengan obyek]) adalah membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan: potongan empat pon buah pir, (dalam psikologi atau analisis linguistik) kelompok bersama (item atau kata yang terhubung) sehingga mereka dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.
    Salah satu kunci untuk learnability yang baik adalah membuat koneksi semudah mungkin; dan konsistensi adalah cara yang baik untuk melakukannya.
    SHORTCUT
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.

  38. Nama : Lilis Marito Pardosi
    NIM : 11419015
    Kelas : 42TRPL1

    Efficiency adalah suatu cara atau tujuan yang tercapai dengan mengeluarkan sumber daya seminimum mungkin atau diukur sebagai sumberdaya yang dikeluarkan oleh user sehubungan dengan keakuratan dan kelengkapan tujuan yang dicapai.
    Untuk meningkatkan efisiensi maka dilakukan:
    1. Chunking, adalah sebuah unit memori atau persepsi dimana disatu sisi, chunk (potongan) didefinisikan sebagai simbol; dalam arti lain, chunk mewakili aktivasi dari pengalaman masa lalu, tergantung pada presentasi dan apa yang sudah user ketahui.
    2. Shortcut, addalah alah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Beberapa contohnya yaitu:
    1. Keyboard Commands & Menu Accelerators
    2. Default & Pending Delete
    3. History
    4. Autocomplete
    5. Aggregation
    6. Anticipation

  39. Nama : Anjelina Sihombing
    NIM : 11419063
    Kelas : 42 TRPL 2

    Efficiency berarti mencapai produktifitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin.

    Teknik untuk meningkatkan efisiensi adalah
    Chunking yaitu membagi sesuatu menjadi bagian bagian
    Kemampuan kita untuk membentuk chunk-chunk dalam working sangat bergantung bagaimana informasi disajikan

    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.

    Anticipation berarti bahwa desain yang baik harus meletakkan semua informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu dalam jangkauan yang mudah bagi user.

  40. Nama : Yohana Sihombing
    NIM : 11419055
    Kelas : 42 TRPL-2

    Efficiency
    Efficiency adalah pencapaian produktivitas maksimum dengan pengeluaran sekecil mungkin. Suatu algoritma dapat dikatakan efisien jika dapat melakukan suatu pekerjaan yang baik dan menghemat sumber daya computer untuk mencapai tujuannya.

    Ada 2 teknik untuk meningkatkan efisiensi:

    1. Chunking
    Membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga mereka dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal

    2. Shortcut
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Beberapa contoh dan hampir kita hadapi setiap hari dalam interaksi dengan perangkat teknolog:
    contoh shortcut yaitu,Keyboard Commands & Menu Accelerators,Default & Pending Delete,History,Autocomplete,Aggregation,Anticipation,Setiap jenis shortcut ini dapat dipilih dan gunakan dalam rancangan User Interface yang memberi penghematan waktu dan kecepatan kerja user lebih baik.

    Terimakasih bu

  41. Nama : Cyntia Evelin Simamora
    NIM : 11419065
    Kelas : 42TRPL2

    Efficiency adalah suatu sistem yang mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin.

    Ada 2 cara meningkatkan efisiensi:
    1. CHUNK merupakan sebuah unit memori atau persepsi.
    Disisi lain, chunk juga memiliki definisi sebagai simbol; dalam artian chunk mewakili aktivitas dari pengalaman masa lalu. Tergantung pada presentasi dan apa yang sudah diketahui.
    2. SHORTCUT merupakan Cara umum untuk meningkatkan efisiensi sebuah interface adalah dengan menambahkan shortcut melalui keyboard — kombinasi button yang mudah diingat.

  42. Nama : Samuel Halomoan Manalu
    NIM : 11419041
    Kelas : 42TRPL2

    Efisiensi adalah suatu upaya untuk mencapai produktivitas maksimum dengan pengeluaran sumber daya yang seminimum mungkin sesuai dengan standard ISO.

    Cara meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking
    “Chunk” yang berarti sebuah unit memori/persepsi, dapat membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga dapat disimpan/diproses sebagai konsep tunggal.

    2. Shortcut
    Shortcut adalah pintasan yang memudahkan akses. Contohnya adalah keyboard shortcut, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.

  43. Nama : Nathan F L Tobing
    NIM : 11419003
    Kelas : 42 TRPL 1

    Efisiensi adalah suatu keberhasilan dimana kebutuhan user terpenuhi dengan baik dengan sumber daya seminim mungkin.

    Ada 2 cara meningkatkan efisiensi pada user interface, yaitu :

    1. Chunking yaitu membagi sesuatu menjadi beberapa bagian sehingga dapat disimpan dan diproses sebagai konsep tunggal.

    2. Shortcut yaitu cara cepat / pintasan untuk menjalankan suatu program
    Seperti : keyboard shortcut, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.

  44. Nama:Thumphak Adhitio Aritonang
    NIM:11419035
    Kelas:42 TRPL 1

    Eficiency adalah ketika user mempelajari suatu interface berapa cepat mereka dapat melakukan tugas-tugasnya.
    Chunking Chunk” adalah sebuah unit memori atau persepsi. Di satu sisi, chunk (potongan) didefinisikan sebagai simbol; dalam arti lain, chunk mewakili aktivasi dari pengalaman masa lalu, tergantung pada presentasi dan apa yang sudah Anda ketahui.Salah satu kunci untuk learnability yang baik adalah membuat koneksi semudah mungkin; dan konsistensi adalah cara yang baik untuk melakukannya.
    Shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface. Beberapa contoh dan hampir kita hadapi setiap hari dalam interaksi dengan perangkat teknologi.
    Jenis-Jenis tipe Shorcut:
    Keyboard Commands & Menu Accelerators
    Default & Pending Delete
    History
    Autocomplete
    Aggregation
    Anticipation

  45. Nama : Kevin Johanes Pakpahan
    NIM : 11419042
    Kelas : 42 TRPL 2

    Efficiency adalah rasio pekerjaan yang berguna terhadap sumberdaya
    (processor dan storage) yang dihabiskan. Dengan kata lain, rasio output
    terhadap input dari sistem yang diberikan. .Efficiency diukur sebagai sumber daya yang dikeluarkan oleh pengguna
    sehubungan dengan keakuratan dan kelengkapan tujuan yang dicapai.

    Pembagian efficiency diantarnya :

    1. Keyboard Commands & Menu Accelerators
    2 .Default & Pending Delete
    3. History
    4. Autocomplete
    5. Aggregation
    6. Anticipation

    2 cara untuk meningkatkan efisiensi pada User Interface:
    – Chunking => Sesuatu sistem yang membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan.
    – Shortcut => Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface seperti dengan menambahkan shortcut melalui keyboard, kombinasi button yang mudah diingat.

  46. Nama : Daniel A.C Simamora
    Nim : 11419001
    Kelas : 42 TRPL 1

    Efficiency
    defenisi efficiency :
    Dalam Kata Sifat => Efisiensi adalah mencapai produktivitas maksimum dengan usaha
    atau pengeluaran biaya seminimum mungkin
    Dalam Computer Science => Efisiensi adalah rasio pekerjaan yang berguna terhadap sumberdaya
    (Prosessor dan storage) yang dihabiskan

    Cara membuat efisiensi yang baik pada user interface :
    *Chungking
    chunk dalam kata kerja (dengan objek) => Membagi sesuatu menjadi potongan-potongan
    chunk dalam psikologi atau analisis linguistik => Kelompok bersama (item yang terhubung)
    sehingga mereka dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.

    *Shortcut
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan
    efisiensi dalam interaksi user dengan interface.
    contohnya : *Keyboard Shortcut
    *Default & pending delete
    *history
    *autocomplete
    *aggregation
    *anticipation

  47. SAHAT HUTAURUK
    11419010/42TRPL1

    Efisiensi merupakan cara untuk mencapai produktivitas maksimum dengan pengeluaran sumber daya yang minimum.
    Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumberdaya yang sedikit.

    Ada 2 teknik untuk meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking : membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga item tersebut dapat disimpan sebagai konsep tunggal. -Working memori merupakan tempat kita melakukan pemikiran secara sadar. -Sebuah interface dikatakan baik bila tidak menuntut banyak pada working memori usernya.
    2. Shortcut : salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface
    Contoh shortcut:
    -Keyboard Commands & Menu Accelerators, dengan menambahkan shortcut pada keyboard sudah dapat meningkatkan efisiensi sebuah interface.
    -Aggregation, memilih banyak aksi sekaligus.
    -Anticipation, meletakkan informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu yang dapat dengan mudah dijangkau oleh user.

  48. Nama : Darwin Sibarani
    NIM : 11419029
    Kelas : 42TRPL1

    EFFICIENCY
    Efficiency merupakan sebagai ukuran keberhasilan dari sebuah kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan dengan sumber daya yang dikeluarkan sesedikit mungkin sesuai dengan standard ISO.
    Ada 2 hal teknik untuk meningkatkan efficiency, yaitu:
    1. Chunking
    Chunking merupakan kegiatan mempermudah dalam desain antarmuka pengguna dengan membagi sesuatu kedalam potongan yang lebih kecil sehingga dapat disimpan sebagai konsep tunggal.
    2. shortcut
    Shortcut merupakan cara untuk mengakses sebuah interface yang dikembangkan.
    Jenis dari shortcut antara lain: keyboard shortcut, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.
    Untuk cara meningkatkan efisiensi output yaitu:
    1. Menyajikan informasi dalam bentuk karakter atau angaka yang tidak dibeda-bedakan.
    2. Membagi karakter atau angka tersebut kedalam 2 atau 4 kelompok karakter.

  49. Nama : Jerry Andrianto Pangaribuan
    NIM : 11419046
    Kelas : 42TRPL2

    Efisiensi berarti sebuah interface harus dapat memenuhi kebutuhan user dengan baik, dimana user hanya mengeluarkan sedikit sumber daya.

    Terdapat dua Teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi pada user interface yaitu:
    1. Chunking, metode chunking merupakan metode yang sering kita gunakan dalam mengubah huruf-huruf menjadi unit-unit kata yang bermakna. Metode ini dapat membantu kita dalam memproses informasi dalam jumlah banyak tanpa menyebabkan kemacetan dalam rangkaian pemrosesan informasi.
    2. Shortcut, shortcut merupakan jalan pintas yang memudahkan user dalam menyelesaikan tugas-tugas pada suatu sistem sehingga user dapat menyelesaikan tugasnya dengan waktu yang singkat.
    contoh shortcut yaitu, keyboard shortcut atau keyboard command, default & pending delete, history, autocomplete, aggregation, anticipation.

  50. Nama : Denny Abraham Sinaga
    NIM : 11419036
    Kelas : 42TRPL2

    Efficiency adalah dapat diartikan bagaimana memberikan usaha minimum dengan hasil maksimum. Untuk meningkatkan efisiensi pada sebuah interface terdapat 2 teknik yaitu:

    1. Chunking adalah membagi sesuatu menjadi beberapa potongan agar dapat disimpan pada konsep tunggal.
    2. Shortcut adalah cara yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi dengan membuat tindakan singkat untuk melakukan sebuah perintah dalam sebuah user interface.

    Efficiency dibagi menjadi:

    1. Keyboard Commands & Menu Accelerators adalah kombinasi tombol keyboard yang memiliki fungsi membuat perintah dan akselerator dalam melakukan sebuah perintah.
    2. Default & Pending Delete adalah memberikan sebuah nilai umum pada sebuah isian yang membantu user mempelajari interface dengan menyediakan shortcut.
    3. History adalah merujuk pada aktivitas yang baru saja atau yang sudah dilakukan oleh user.
    4. Autocomplete adalah memberikan perkiraan berupa pilihan kepada user berdasarkan rekomendasi yang diinginkan.
    5. Aggregation adalah bagaimana beberapa item atau objek dikumpulkan.
    6. Anticipation adalah mempersiapkan informasi sebelum user melakukan sebuah aksi.

  51. Sarah Susanty Olyvia Tampubolon (11419007) says:

    Nama : Sarah Susanty Olyvia Tampubolon
    NIM : 11419007
    Kelas : 42 TRPL 1

    Efficiency merupakan kemampuan sistem untuk mendukung pengguna dalam melakukan tugasnya dengan waktu yang relatif singkat dan sederhana. Pengukuran efisiensi dapat dilakukan dengan menggunakan seberapa banyak waktu yang digunakan untuk melakukan sebuah tugas, menyelesaikan error pada waktu yang ditentukan dan menampilkan presentasi error.

    Ada 2 cara meningkatkan efficiency pada User Interface, yaitu :
    1) Chunking adalah membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan,sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.Selanjutnya pada manusia terdapat working memory. Working Memory adalah tempat dimana manusia berpikir dengan sadar

    2) Shortcut adalah cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.
    Contoh shortcut :
    * Keyboard Commands & Menu Accelerators : Menambahkan shortcut pada keyboard sudah dapat meningkatkan efisiensi sebuah interface.
    * Default & Pending Delete -History
    * Autocomplete : Meminimalisir pengetikan.
    * Aggregation : Memilih banyak aksi sekaligus.
    * Anticipation : Meletakkan informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu yang dapat dengan mudah dijangkau oleh user.

  52. Nama : Sarah O.Y Simorangkir
    NIM : 11419017
    Kelas : 42TRPL1

    Efficiency = apakah aplikasi bekerja secara terorganisir dan kompeten pada interface.
    Teknik dalam efficiecy:
    1. Chunking, yaitu membagi sesuatu menjadi potogan-potongan guna mempermudah dalam desain interface .
    2. Shortcut, yaitu mengakses suatu interface dengan melakukan shortcut yang berguna mempermudah user dalam melakukan suatu tugas.
    contoh penggunann ctrl +n & ctrl + o dalam Keyboard shortcut,
    Default and pending delete yaitu pengetikan menggantikan isi yang diseleksi( dialog print kembali yaitu pengaturan default penggunaan sebelumnya.
    Autocomplete, untuk meminimalisir pengetikan guna membantu melengkapi data
    Aggregation, untuk memilih banyak/ sekaligus. cth: drag and drop
    Anticipation, menyediakan semua informasi pada jangkauan yag mudah bagi user.

    Terima kasih.

  53. Nama : Martuani Sitohang
    Kelas : 42 TRPL 2
    NIM : 11419051

    Efisiensi adalah seberapa cepat user dapat melakukan tugas-tugasnya setelah user mempelajari desain dan berinteraksi dengan desain.

    Cara meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking, tindakan menyusun ulang suatu informasi ke dalam potongan yang lebih besar atau dalam potongan-potongan yang lebih kecil.
    2. Shortcut adalah pintasan yang memudahkan akses.

  54. Nama : Kevin Yoyada Tambunan
    NIM : 11419033

    Efisiensi merupakan suatu keadaan untuk mencapai produktivitas maksimum dengan pengeluaran sumber daya yang minimum. Efisiensi tinggi dicapai ketika user mendapatkan tujuan yang user inginkan dengan sumber daya yang minim.
    2 teknik untuk meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking adalah membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga item tersebut dapat disimpan sebagai konsep tunggal.
    “Sebuah interface yang baik, tidak akan menuntut banyak pada working memory user nya”
    2. Shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface

  55. Nama : Jovan Imanuel Sigalingging
    NIM : 11419021
    Kelas : 42 TRPL 1

    Efisiensi merupakan suatu keadaan untuk mencapai produktivitas maksimum dengan pengeluaran sumber daya yang minimum. Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya sambil mengeluarkan sumberdaya yang sedikit.
    Ada 2 teknik untuk meningkatkan efisiensi:
    1. Chunking kegiatan membagi sesuatu menjadi potongan-potongan sehingga item tersebut dapat disimpan sebagai konsep tunggal. -Working memori merupakan tempat kita melakukan pemikiran secara sadar. -Sebuah interface dikatakan baik bila tidak menuntut banyak pada working memori usernya.
    2. Shortcut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface
    Contoh shortcut:
    — Keyboard Commands & Menu Accelerators, dengan menambahkan shortcut pada keyboard sudah dapat meningkatkan efisiensi sebuah interface.
    — Default & Pending Delete,
    — History, Riwayat penjelajahan
    — Autocomplete, dapat meminimalisir pengetikan.
    — Aggregation, memilih banyak aksi sekaligus.
    — Anticipation, meletakkan informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu yang dapat dengan mudah dijangkau oleh user.

  56. Nama : Edwin G Hutagalung
    NIM : 11419009
    Kelas : 42 TRPL 1

    >>Efficiency
    Orang yang dapat bekerja demgan Hasil yang efesien dengan interface MF membutuhkn shortcut yang baik
    ~~2 tehnik dalam meningkatkan Efficiency
    1. Chunking
    yang memiliki artian membagi sesuatu menjadi satu bagian menjadi potongan-potongan kelompok bersama sehingga potongan-potongan itu dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal
    2. Shortcut
    salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.
    beberapa di antaranya:
    a. Keyboard Commands & Menu Accelerators
    b. Default & Pending Delete
    c. History
    d. Autocomplete
    e. Aggregation
    f. Anticipation

  57. Nama : Timothy
    Kelas : 42TRPL2
    NIM : 11419053

    Efficiency
    Efisiensi dapat berarti mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran
    biaya seminimum mungkin.Efisiensi tinggi dicapai ketika user mencapai tujuannya
    sambil mengeluarkan sumberdaya sesedikit mungkin,namun definisi ini sangat berorientasi
    bisnis dan hanya berlaku sebagian untuk software atau game.

    2 Teknik meningkatkan Efisiensi dalam UI:
    1)Chunking adalah proses membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan kelompok bersama
    sehingga mereka dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.
    -Chunk adalah sebuah unit memori atau persepsi
    -Chunk(potongan) didefinisikan sebagai simbol
    -Chunk juga mewakili aktivasi dari pengalaman masa lalu

    2)Shortcut adalah sebuah fitur yang disediakan oleh komputer terhadap pengguna untuk memberikan
    cara cepat guna mengurangi proses-proses atau langkah-langkah dalam suatu task

  58. Nama : Michael Binsar Tua Sinaga
    NIM : 11419012
    Kelas : 42 TRPL 1

    Efficiency merupakan ukuran keberhasilan dari sebuah kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan dengan sumber daya yang dikeluarkan sesedikit mungkin sesuai dengan standard ISO.

    Hal yang dapat membuat interface kita menjadi lebih efisien yaitu :
    1. Chunking
    Chunk merupakan kata kerja yang artinya membagi sesuatu menjadi potongan-potongan. Ketika informasi memasuki memori, itu dapat dikodekan ulang sehingga konsep terkait dikelompokkan bersama menjadi satu potongan tersebut.
    2. Working Memory
    Working memory merupakan tempat anda melakukan pemikiran yang dilakukan secara sadar.
    3. Shortcut
    Shortcut merupakan kombinasi dari beberapa tombol yang ditekan secara bersamaan mampu melakukan perintah yang diinginkan. Adanya shortcut tentu akan mempermudah pekerjaan user karena akan lebih mempersingkat waktu dan efisien.

  59. Nama : Daniel Napitupulu
    NIM : 11419044
    Kelas : 42 TRPL2

    Efficiency adalah keberhasilan suat kegiatan dengan sumber daya yang minimum.

    Chunking menggabungkan item yang terpisah dari informasi ke unit besar, atau potongan, dan kemudian mengingat potongan informasi dari item individu.
    Shortcurt adalah cara cepat melakukan perintah pada user interface.

  60. Nama : Danuri Nainggolan
    NIM : 11419043
    Kelas : 42TRPL2

    Efisiensi diukur sebagai sumberdaya yang dikeluarkan oleh user sehubungan dengan keakuratan dan kelengkapan tujuan yang dicapai. Efisiensi tinggi diperoleh ketika user mencapai tujuannya dengan mengeluarkan sumberdaya sesedikit mungkin sesuai standard ISO yang disebutkan.

    Ada 2 Teknik untuk meningkatkan efisiensi pada user interface yaitu:
    1. Chunking adalah sebuah cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Metode ini dapat membantu kita dalam memproses informasi dalam jumlah banyak tanpa menyebabkan kemacetan dalam rangkaian pemrosesan informasi.
    2. Shortcut, memungkinkan user untuk menjalankan operasi yang sering dipakai dengan cepat.

  61. Nama : Gahasa Timothius B.P Purba
    NIM : 11419048
    Prodi : 42TRPL2

    Efficiency merupakan kemampuan sistem untuk mendukung pengguna dalam melakukan tugasnya dengan waktu yang relatif singkat dan sederhana. Pengukuran efisiensi dapat dilakukan dengan menggunakan seberapa banyak waktu yang digunakan untuk melakukan sebuah tugas, menyelesaikan error pada waktu yang ditentukan dan menampilkan presentasi error.
    Cara meningkatkan efficiency pada User Interface yaitu :
    1. Chunking adalah membagi (sesuatu) menjadi potongan-potongan,sehingga dapat disimpan atau diproses sebagai konsep tunggal.Selanjutnya pada manusia terdapat working memory. Working Memory adalah tempat dimana manusia berpikir dengan sadar
    2. Shortcut adalah cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.
    Contoh shortcut:
    -Keyboard Commands & Menu Accelerators, dengan menambahkan shortcut pada keyboard sudah dapat meningkatkan efisiensi sebuah interface.
    -Default & Pending Delete -History
    -Autocomplete, dapat meminimalisir pengetikan.
    -Aggregation, memilih banyak aksi sekaligus.
    -Anticipation, meletakkan informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu yang dapat dengan mudah dijangkau oleh user.

  62. Nama : Timothy J F Henan
    NIM : 114190628
    Kelas : 42TRPL21

    Efficiency adalah suatu sistem yang mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin.

    Ada 2 cara meningkatkan efisiensi:
    1. CHUNK merupakan sebuah unit memori atau persepsi.
    Disisi lain, chunk juga memiliki definisi sebagai simbol; dalam artian chunk mewakili aktivitas dari pengalaman masa lalu. Tergantung pada presentasi dan apa yang sudah diketahui.
    2. SHORTCUT merupakan Cara umum untuk meningkatkan efisiensi sebuah interface adalah dengan menambahkan shortcut melalui keyboard — kombinasi button yang mudah diingat.

  63. Nama : Mario Wira Pratama Purba
    NIM : 11419050
    Kelas : 42TRPL2

    EFFICIENCY
    Efisiensi adalah suatu peristiwa produktivitas maksimum dengan pengeluaran sumber daya yang minimum. Efisiensi tinggi dapat dicapai ketika user mencapai tujuannya.
    ¬¬ 2 tehnik yang dapat meningkatkan efisiensi pada user interface, yaitu :
    – Chunking =Suatu sistem yang dapat memecah (sesuatu) menjadi potongan-potongan.
    – Shortcut => Suatu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam suatu interaksi user seperti contoh menambahkan shortcut melalui keyboard dan gabungan button yang mudah diingat.

    ¬¬Berikut contoh shortcut:
    – Keyboard Commands & Menu Accelerators
    – Default & Pending Delete
    – History
    – Autocomplete
    – Aggregation
    – Anticipation

  64. Nama: Josua Simbolon
    Nim : 11419032
    Efficiency merupakan suatu keadaan yang dilakukan ataupun digunakan untuk mencapai produktivitas maksimum dengan usaha atau pengeluaran biaya seminimum mungkin.
    Ada 2 Teknik untuk meningkatkan efisiensi pada user interface yaitu:
    1. Chunking adalah sebuah cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Metode ini dapat membantu kita dalam memproses informasi dalam jumlah banyak tanpa menyebabkan kemacetan dalam rangkaian pemrosesan informasi.
    2. Shortcut, memungkinkan user untuk menjalankan operasi yang sering dipakai dengan cepat.

  65. 11419005 Michael Joseph Christian Situmorang says:

    Nama:Michael Situmorang
    Nim: 11419005
    Kelas: 42 TRPL 1

    Efficiency adalah ukuran sejauh mana input digunakan dengan baik untuk tugas atau fungsi yang diinginkan atau output.
    Chunking adalah membagi sesuatu mejadi potongan-potongan.
    Pembuatan shortcut adalah salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dalam interaksi user dengan interface.

    Beberapa contoh dan hampir kita hadapi setiap hari dalam interaksi dengan perangkat, yaitu:
    1. Keyboard Commands & Menu Accelerators
    Menu bar dan button sering memiliki akselerator (alat mempercepat) misalnya huruf yang digarisbawahi, yang biasanya dipanggil dengan menahan button Alt untuk memberikan fokus keyboard ke menu, kemudian menekan huruf yang digarisbawahi.

    2 .Default & Pending Delete
    Ketika Anda mengklik atau tab ke bidang yang berisi nilai default, isinya harus sepenuhnya dipilih/ disorot sehingga user yang terbiasa menggunakan langsung dapat menggantinya dengan hanya langsung mengetikkan isi yang baru.

    3. History
    Ketika Anda menampilkan dialog Print kembali misalnya, ingat dan sajikan pengaturan default yang disediakan/digunakan sebelumnya.

    4. Autocomplete
    Shortcut autocomplete ditujukan untuk meminimalisir pengetikan. Autocomplete membantu dalam efisiensi, lebih sedikit waktu yang digunakan untuk mengetik karena ada bantuan melengkapi kata.

    5. Aggregation
    Shortcut ini dipakai untuk memilih banyak sekaligus untuk satu aksi/tugas. Contohnya melakukan “drag & drop” sekaligus.

    6. Anticipation
    Bahwa desain yang baik harus meletakkan semua informasi dan alat yang diperlukan untuk tugas tertentu dalam jangkauan yang mudah bagi user

  66. Nama : Jerikho Silaban
    NIM : 11419052
    Kelas : 42TRPL2

    Efisiensi secara umum adalah mencapai hassil maksimum dengan usaha yang minimum.

    2 Teknik untuk meningkatkan efisiensi pada user interface yaitu:
    1. Chunking adalah sebuah cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Metode ini dapat membantu kita dalam memproses informasi dalam jumlah banyak tanpa menyebabkan kemacetan dalam rangkaian pemrosesan informasi.
    2. Shortcut, memungkinkan user untuk menjalankan operasi yang sering dipakai dengan cepat.

Comments are closed.