Kami beruntung sekali, punya teman di tempat yang jauh, dan bersedia menjadi guide keren sepanjang perjalanan. Tak terbayangkan sebelumnya bisa sampai di tempat ini. Dalam rangka meninggalkan hiruk pikuknya Bandung, kami berangkat ke Jawa Timur menggunakan kereta. 12 jam perjalanan menuju Surabaya, plus sekitar 3-4 jam menuju Jember, plus sekian perjalanan menuju Baluran menggunakan mobil (tak bisa menghitung durasi dengan tepat karena tertidur kelelahan di perjalanan), akhirnya bertemu matahari pagi. Sungguh tak sia-sia. Bangun subuh sebelum pukul 5, menunggu matahari perlahan-lahan muncul, hingga hari terang.

Selain pantai yang spot sunrise-nya keren, di lokasi ini juga terdapat hutan bakau yang pemandangannya tak kalah cantik.

Di sekitar lokasi terdapat banyak monyet. Berhati-hatilah terhadap barang bawaan, termasuk untuk selalu menutup kaca kendaraan. Selain berhati-hati, jangan lupa memperhatikan tingkah-tingkah lucu mereka yah ­čśë

Saat matahari telah terbit, kita bisa menyaksikan laut luas, terang, biru.

Lokasi cantik ini, biarlah terus menjadi cantik, tempat para petualang melepas lelah, menjemput semangat, mengabadikan karya Tuhan. Pesan: Tetaplah menjaga kebersihan ke setiap tempat yang kamu singgahi.

 Situbondo, Jawa Timur.