Human-Computer Interaction User Interface Design

Typography


Most people think typography is about fonts. Most designers think typography is about fonts. Typography is more than that, it’s expressing language through type. Placement, composition, type choice.

Mark Boulton

Topik bahasan:

  1. Istilah dalam tipografi
  2. Legibility & readability
  3. Display type & text type
  4. Font style
  5. Pemilihan font

Penjelasan Tipografi dalam bentuk video dapat diakses pada:


PENGANTAR

Sebelum membahas tentang tipografi, terdapat beberapa istilah yang perlu dipahami, sebagai berikut.

KARAKTER

Komponen terkecil dari bahasa tulisan. Huruf/ letter, angka-angka, tanda baca dan simbol-simbol lain termasuk dalam karakter.


HURUF

Satuan dalam alfabet (yang dalam bahasa Latin terdiri dari 26 buah).


TYPEFACE

Typeface refers to a family of fonts sharing the same name, like “Arial” or “Georgia.” Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. Karakter-karakter ini memiliki desain dan proporsi yang serupa dan konsisten. Istilah typeface lebih mengarah pada bentuk/ desain huruf yang digunakan.


FONT

A font is a choice of typeface and size and style, like roman, italic, oblique, boldface, etc. Font pada jaman dahulu adalah satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya. Satu set huruf untuk teks yang berukuran 9.4 point misalnya, adalah sebuah font. Satu set yang berukuran 20 point adalah font yang berbeda, walaupun keduanya tetap menggunakan desain typeface yang sama.


SERIF & SANS SERIF

Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak. Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).


TIPOGRAFI

Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf. Pada prakteknya, saat ini tipografi telah jauh berkolaborasi dengan bidang-bidang seperti multimedia dan animasi, web dan online media lainnya, sinematografi, interior, arsitektur, desain produk, dll. Topogarafi adalah seni dan ilmu menampilkan teks (atau “pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer).



LEGIBILITY & READABILITY

Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan. Satu jenis huruf dikatakan legible apabila masing-masing huruf atau karakter-karakternya mudah dikenali dan dibedakan dengan jelas satu sama lain.

Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca. Apabila legibility lebih membahas kejelasan karakter satu per satu, readability tidak lagi menyangkut huruf satu per satu, melainkan keseluruhan teks yang disusun dalam satu komposisi.

Legibility bisa menciptakan readability, karena biasanya jika kita mudah membedakan masing-masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca. Penilaian terhadap tipografi adalah melalui indera penglihatan, oleh karena itu diharapkan agar desainer benar-benar memahami hal ini agar pesan yang disampaikan dipahami secara tepat oleh pembaca.


Kombinasi Huruf dan Jaraknya

Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya. Pasangan huruf ini antara lain:
I + J = U
c + l = d
r + n = m
l + 3 = B
Kasus ini lebih sering terjadi pada jenis huruf sans serif.


Huruf Kapital dan Huruf Kecil

Bandingkan penggunaan huruf kapital pada keseluruhan teks di bawah ini:

TEKS YANG SELURUHNYA HURUF KAPITAL, LEBIH RENDAH LEGIBILITY DAN READABILITY-NYA DIBANDINGKAN HURUF KECIL ATAU VARIASI HURUF BESAR DAN KECIL. PADA TEKS YANG KESELURUHANNYA HURUF BESAR, TIDAK ADA PERBEDAAN TINGGI PADA TIAP HURUFNYA, SEHINGGA TERLIHAT SEPERTI GARIS HORIZONTAL YANG LURUS. INI MEMPERSULIT ORANG DALAM PENGENALAN KARAKTER.

dibandingkan dengan penggunaan teks kombinasi huruf kapital dan huruf kecil:

Teks yang seluruhnya huruf besar, lebih rendah legibility dan readability-nya dibandingkan huruf kecil atau variasi huruf besar-kecil. Pada teks yang keseluruhannya huruf besar, tidak ada perbedaan tinggi pada tiap hurufnya, sehingga terlihat seperti garis horizontal yang lurus. Ini mempersulit orang dalam pengenalan karakter.


Jarak Antarhuruf dan Antarkata

Jarak antar huruf dan antar kata memiliki pengaruh terutama bukan dalam hal legibility tetapi dalam hal readability. Mengatur jarak antar huruf dan antar kata artinya mengatur ruang negatif sebuah teks.

Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability. Pembaca jadi sulit mengenali karakter dan sulit menangkap kata per kata karena kurangnya ruang negatif dalam teks, padahal ruang negatif yang cukup adalah salah satu penunjang legibility.

Contoh jarak antarhuruf terlalu dekat

Jarak antar huruf yang terlalu renggang juga menyebabkan rendahnya readability. Pembaca jadi sulit menangkap kesatuan kata karena huruf-huruf yang saling berjauhan.

Contoh jarak antarhuruf yang terlalu renggang

Jarak antar kata yang terlalu sempit (kata-kata saling berdekatan) membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata. Walaupun mungkin legibility-nya cukup, tetapi hal ini menurunkan readability.

Contoh jarak antarkata yang terlalu sempit

Jarak antar kata yang terlalu lebar (kata-kata saling berjauhan) membuat mencari-cari kata berikutnya. Walaupun mungkin legibility-nya cukup, tetapi hal ini menurunkan readability.

Contoh jarak antarkata yang terlalu lebar

Jarak Antarbaris

Seperti jarak antar huruf dan kata, pengaturan jarak antar baris juga berpengaruh besar terhadap readability.

Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama. Kondisi seperti ini akan menurunkan readability.

Contoh jarak antarbaris terlalu besar

Teks Putih di Atas Background Hitam

Pilihan paling legible pada hal ini adalah teks hitam di atas background putih, namun sering kali orang membuat kebalikannya, teks putih di atas background hitam atau berwarna gelap.

Penggunaan teks putih di atas background hitam


DISPLAY TYPE & TEXT TYPE

Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type. Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan text type.

Perbandingan display type dengan text type dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat. Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.

Perbedaan penggunaan display type dengan text type dapat dilihat pada tambeel berikut.

DISPLAY TYPE
TEXT TYPE
Untuk menarik perhatian pembaca Fungsi Untuk isi naskah, penjabaran pesan
Berukuran besar (12pt ke atas) Ukuran Berukuran kecil (12pt ke bawah)
Semua jenis. Menggunakan typeface dengan desain yang menarik Jenis huruf dan desain Serif dan sans serif. Typeface dengan legibility tinggi
Sedikit/ singkat Jumlah kata Banyak/ panjang
Judul, subjudul, pull quote Penerapan Body text, caption
Legibility tidak harus tinggi Legibility Legibility harus tinggi


FONT STYLE

Berikut adalah beberapa gaya umum yang dapat Anda gunakan untuk membangun kontras.

Beberapa jenis font style
  • Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf. Beberapa tipografi tidak memiliki bentuk italic, dan sebagai gantinya adalah oblique yang merupakan vers miring dari normal roman style.
  • Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface (seringkali sedikit lebih lebar (wider) dan lebih ringan (lighter) dari huruf kapital) dan kadang-kadang hanya secara otomatis dihasilkan dengan menyusutkan font.


PEMILIHAN FONT

Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.

Simplicity & Contrast

Petunjuk untuk menerapkan simplicity dan contrast dalam pemilihan tipografi adalah:

  • Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface, misalnya satu untuk bodytext, satu untuk display text.Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama, misalnya hanya menggunakan sans serif.
  • Gunakan size, weight, style (misalnya italic/ small caps), hue untuk membentuk kontras, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup.

Serif vs Sans Serif

Jika ditanya, mana yang lebih baik: serif atau sans-serif? Jawabannya adalah semuanya tergantung penggunaan, mood dan proyek individual. Jawaban terbaik biasanya tidak terlalu clear – banyak proyek desain yang besar menggabungkan kedua style. Ini berlaku untuk proyek untuk versi cetak atau digital.

Serif dan sans-serif dapat bekerja di sejumlah aplikasi. Kuncinya, seperti halnya teknik atau tools desain lainnya, gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.


Tools

Beberapa tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font adalah:

  • Browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
  • Indentifont: http://www.identifont.com, untuk mengidentifikasi nama sebuah font.
  • WhatTheFont: http://myfonts.com/WhatTheFont, untuk menemukan nama font.

Beberapa contoh penggunaan tipografi dalam desain dapat dilihat pada gambar-gambar di bawah ini.



REFERENSI



62 thoughts on “Typography

  1. Nama : Malino Win Crisnando Sihotang
    NIM : 11419039
    Prodi : D4-TRPL-2

    Typography berbicara mengenai berbagai macam huruf.

    LEGIBILITY & READABILITY

    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks

    Jarak Antarhuruf dan Antarkata

    Jarak antar huruf dan antar kata memiliki pengaruh terutama bukan dalam hal legibility tetapi dalam hal readability. Mengatur jarak antar huruf dan antar kata artinya mengatur ruang negatif sebuah teks.

    Jarak Antarbaris

    Seperti jarak antar huruf dan kata, pengaturan jarak antar baris juga berpengaruh besar terhadap readability.

    Teks Putih di Atas Background Hitam

    Pilihan paling legible pada hal ini adalah teks hitam di atas background putih, namun sering kali orang membuat kebalikannya, teks putih di atas background hitam atau berwarna gelap.

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE

    DISPLAY TYPE

    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type

    TEXT TYPE

    Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan text type.

    FONT STYLE

    Gaya umum yang dapat Anda gunakan untuk membangun kontras.

    TOOLS

    Beberapa tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font adalah:

    ~ Browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
    ~ Indentifont: http://www.identifont.com, untuk mengidentifikasi nama sebuah font.
    ~ WhatTheFont: http://myfonts.com/WhatTheFont, untuk menemukan nama font.

  2. Nama : Josua Simbolon
    Nim : 11419032
    Kelas : 42 TRPL 1

    Karakter => komponen terkecil dari bahasa tulisan
    Huruf => satuan dalam alfabet(dalam bahasa latin 26 buah)
    Typeface => karakter-karakter khusus yang mempunyai proporsi dan bentuknya sama
    Font => satu jenis typeface yang membedakannya adalah ukuran dan style
    Serif => bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait
    Sans Serif => tidak memiliki kait

    Tipografi adalah seni dan ilmu yang menampilkan teks atau pengaturan type
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter
    Readability yaitu tingkat keterbacaan suatu teks
    Aspek Tipografi
    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    Legibility
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter yang dimana karakter atau huruf tersebut mudah dikenali dan dibedakan dengan jelas satu sama lain.

    Regibility
    Regibility berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu text. Test yang readable berate keseluruhannya mudah dibaca.

    Beberapa aspek yang perlu diperhatikan berkaitan dengan tipography :
    1. Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    2. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    3. Jarak Antarhuruf
    4. Jarak Antarkata
    5. Jarak Antarbaris

    Display Type : Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type
    Text Type : Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama

    Simplicity dan Contrast
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    – Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    – Gunakan size, weight, style(misalnya italic/small caps), hue untuk membentuk kontras

  3. Nama : Danuri Nainggolan
    NIM : 1149043
    Kelas : 42TRPL2

    Istilah dalam Tipografi ada 5 yaitu: karakter, huruf, typeface,font,serif dan sans serif.
    Tipografi adalah seni dan ilmu yang menampilkan teks (atau “pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer). Tipografi juga dimaknai dengan segala displin yang berkenaan dengan huruf.
    Legability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Readibility berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.
    Pentingnya legability dan readability adalah
    1. Legability bisa menciptakan readability: jika kita bisa membedakan masing masing karakter, maka secara keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.
    2. Pesan yang disampaikan dipahami secara tepat oleh pembaca
    Display Type adalah semua teks yang berfugsi sebagai penarik perhatian.
    Text Type adalah Teks-teks yang diluar display type yang fungsinya untuk dibaca.
    Perbedaan antara display type dan text type yaitu:
    1. Display type berfungi untuk menarik perhatian sedangkan Text type berfungi unutk isi naskah, penjabaran pesan.
    2. Display type berukuran besar (12 pt keatas) sedangkan Text type berukuran kecil (12 pt kebawah).
    3. Jumlah kata pada Display Text lebih sedikit/singkat dibandingkan Text type
    4. Display type diterapkan pada judul,subjudul,pull quote sedangkan Text type diterapkan pada body text dan caption.
    5. Legibility pada Display type tidak harus tinggi tetapi pada Text type legibility harus tinggi.
    Pemilihan font:
    1. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface.
    2. Jangan gunakan dua typeface dengan kategori yang sama
    3. Variasi font hanya 4-5
    4. Gunakan size, weight, style, dan hue untuk membentuk kontras.
    Tools :
    1. Gunakan browser developer tools
    2. WhatTheFont
    3. Identifont

  4. Nama : Sarah Susanty O. Tampubolon
    NIM : 11419007
    Kelas : 42TRPL1

    Istilah Typography:
    1.Karakter : Komponen terkecil dari bahasa tulisan
    2.Huruf : Satuan dalam alphabet (26 buah)
    3.Typeface : karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama
    4.Font : Satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    5.Serif dan Sans Serif : Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait
    6.Typografi : segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    Legibility adalah kemudahan dalam mengenali dan membedakan masing- masing huruf atau karakter. Readability adalah tingkat keterbacaan suatu teks.

    Aspek yang perlu diperhatikan dalam typography :
    1.Kombinasi huruf dan jaraknya
    2.Huruf capital dan huruf kecil
    3.Jarak antar huruf
    4.Jarak antar kata
    5.Jarak antar baris
    6.Teks putih diatas background hitam
    7. Display type
    Perbandingan display type dengan text type yaitu display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat sedangkan Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.
    8. Font Style
    9.Pemilihan Font

    Saat pemilihan font perlu diperhatikan aspek simplicity dan constrant dan pemilihan Serif, San Serif yang tergantung pada penggunaannya.

    Serif vs Sans Serif
    Serif dan sans-serif dapat bekerja di sejumlah aplikasi. Kuncinya adalah teknik atau tools desainnya. Gunakan juga tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.

    Tools Pemilihan Font :
    1.Browser developer tools
    2.Indentifont
    3.WhatTheFont

  5. Nama : Zico Andreas Aritonang
    NIM : 11419049
    Kelas : 42 TRPL2

    Istilah dalam Typography:
    – Karakter
    komponen terkecil dari bahasa tulisan
    – Huruf
    satuan dalam alphabet (26 buah)
    – Typeface
    lebih mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan sama dan familiar
    – Font
    satu set type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    – Serif (tambahan berupa semacam kait ) dan Sans Serif
    – Typografi
    seni dan ilmu menampilkan teks

    Legibility
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf
    atau karakter yang mudah dikenali dan dibedakan dengan jelas satu sama lain.

    Regibility
    Regibility berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu text.
    Test yang readable berarti eseluruhannya mudah dibaca.
    1. Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    huruf-huruf tertentu bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat,
    dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    2. Penggunaan huruf kapital pada keseluruhan teks
    3. Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    4. Jarak Antarbaris
    5. Teks Putih di Atas Background Hitam

    Display Type & Text Type
    – Display type
    semua teks yang berfungsi sebagi penarik perhatian, digolongkan dalam display type.
    – Text type
    teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama.

    FONT STYLE
    ◾ Italic dan boldface
    ◾ Small caps

    PEMILIHAN FONT
    ◾ Simplicity & Contrast
    1. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    2. Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup

    Serif vs Sans Serif
    semuanya tergantung penggunaan, mood dan proyek individual.

    Tools
    1. Browser developer tools untuk memeriksa CSS
    2. Indentifont
    3. WhatTheFont

  6. Nama : Jerikho Silaban
    Nim : 114190542
    Kelas : 42 TRPL2

    Typografi adalah seni dan ilmu menampilkan teks.

    1. Legibility berarti kemudahan dalam mengenali dan membedakan masing- masing huruf atau karakter.
    2. Readability berarti tingkat keterbacaan suatu teks

    Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat. Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.

    Perbedaan penggunaan display type dengan text type dapat dilihat pada tambeel berikut.

    DISPLAY TYPE (TEXT TYPE)
    Untuk menarik perhatian pembaca. Fungsi Untuk isi naskah, penjabaran pesan
    Berukuran besar (12pt ke atas) Ukuran Berukuran kecil (12pt ke bawah)
    Semua jenis. Menggunakan typeface dengan desain yang menarik Jenis huruf dan desain Serif dan sans serif.

    Istilah-istilah dalam Typography :
    1.Karakter : komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    2.Huruf : satuan dalam alphabet (26 buah).
    3.Typeface : mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan.
    4.Font : satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya.
    5.Serif : adalah bentuk tambahan berupa semacam kait.
    6.Sans serif : tidak ada tambahan kait.

    Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam typography yaitu:
    1.Kombinasi huruf dan jaraknya
    2.Huruf capital dan huruf kecil
    3.Jarak antar huruf
    4.Jarak antar kata
    5.Jarak antar baris
    6.Teks putih diatas background hitam

    Display type: semua text yang berfungsi sebagai penarik perhatian
    Text type : teks- teks diluar display type fungsinya untuk dibaca dengan seksama.

  7. Nama : Ivanowsky Fernandes Habeahan
    NIM : 11419030
    Kelas : 42 TRPL 1

    ISTILAH DALAM TYPOGRAPHY
    1. Karakter
    => Komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    2. Huruf
    => Satuan dalam alfabet.
    3. Typeface
    => Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. Istilah typeface lebih mengarah pada bentuk/ desain huruf yang digunakan. Typeface sendiri merefer ke font family, yaitu yang memiliki nama font yang sama. Contohnya ‘Arial Narrow’ dengan ‘Arial Unicode MS’.
    4. Font
    => Font pada jaman dahulu adalah satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya. Font sendiri adalah pilihan jenis, ukuran, dan gaya huruf, contohnya italic, bold, dengan ukuran 10 px.
    5. SERIF & SANS SERIF
    => Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak. Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).

    LEGIBILITY & READABILITY
    – Satu jenis huruf dikatakan legible apabila masing-masing huruf atau karakter– karakternya mudah dikenali dan dibedakan dengan jelas satu sama lain.
    – Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.
    – Legibility bisa menciptakan readability, karena biasanya jika kita mudah membedakan masing-masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.
    Legibility & Readability mencakup :
    -> Kombinasi huruf dan jaraknya
    -> Huruf kapital dan huruf kecil
    -> Jarak antarhuruf dan antarkata
    -> Jarak antarbaris
    -> Teks putih di atas background hitam

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type. Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan text type.
    Perbedaan Display Type dengan Text Type :
    -> Secara fungsinya, display text digunakan untuk menarik perhatian pembaca. Sedangkan text type digunakan untuk isi naskah, penjabaran pesan.
    -> Dari segi ukuran, display text berukuran besar (12pt ke atas). Sedangkan text type berukuran kecil (12pt ke bawah).
    -> Dari segi jenis huruf dan desain, display text menggunakan semua jenis, menggunakan typeface dengan desain yang menarik. Sedangkan text type menggunakan serif dan sans serif. Typeface dengan legibility tinggi.
    -> Dari segi jumlah kata, display text menggunakan sedikit/ singkat kata. Sedangkan text type menggunakan banyak/ panjang kata.
    -> Dari segi penerapan, display text diterapkan pada judul, subjudul, pull quote. Sedangkan text type diterapkan pada body text, caption.
    -> Dari segi legibility, display text legibilitynya tidak harus tinggi. Sedangkan text type legibilitynya harus tinggi.

    FONT STYLE
    Beberapa gaya umum yang dapat digunakan untuk membangun kontras adalah Italic dan boldface serta Small caps. Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf. Small caps adalah style berguna yang lain.

    PEMILIHAN FONT
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.
    1. Simplicity dan Contrast
    2. Serif vs Sans Serif
    3. Tools

  8. Nama : Martuani Sitohang
    NIM : 11419051
    Prodi : 42 TRPL 2

    Karakter => komponen terkecil dari bahasa tulisan
    Huruf => satuan dalam alfabet(dalam bahasa latin 26 buah)
    Typeface => karakter-karakter khusus yang mempunyai proporsi dan bentuknya sama
    Font => satu jenis typeface yang membedakannya adalah ukuran dan style
    Serif => bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait
    Sans Serif => tidak memiliki kait

    Topogarafi adalah seni dan ilmu menampilkan teks (atau “pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer).
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.
    Apabila legibility lebih membahas kejelasan karakter satu per satu, readability tidak lagi menyangkut huruf satu per satu,
    melainkan keseluruhan teks yang disusun dalam satu komposisi.

    Ada aspek yang perlu diperhatikan dalam typography, yaitu:
    a. Kombinasi huruf dan jaraknya
    b. Huruf capital dan huruf kecil
    c. Jarak antar huruf
    d. Jarak antar kata
    e. Jarak antar baris
    f. Teks putih diatas background hitam

    Dispaly Type & Text Type
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam Display Type.
    Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan Text Type.

    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.

    1. Simplicity dan Contrast
    a. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    b. Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    c. Gunakan size, weight, style(misalnya italic/small caps), hue untuk membentuk kontras.

    2. Serif dan sans-serif dapat bekerja di sejumlah aplikasi.
    Kuncinya, seperti halnya teknik atau tools desain lainnya, gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.

    3. Tools => browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.

  9. Nama : Irvandi Pransena Htapea
    NIM : 11419008
    Kelas : 42 TRPL 1
    Typography

    1. Istilah dalam tipografi
    A. KARAKTER
    Komponen terkecil dari bahasa tulisan
    B. HURUF
    Satuan dalam alfabet (yang dalam bahasa Latin terdiri dari 26 buah).
    C. TYPEFACE
    Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama.
    D. FONT
    Font pada jaman dahulu adalah satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya.
    E. SERIF & SANS SERIF
    Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak.
    Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).
    TIPOGRAFI
    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.
    2. Legibility & readability
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca. Apabila legibility lebih membahas kejelasan karakter
    satu per satu, readability tidak lagi menyangkut huruf satu per satu, melainkan keseluruhan teks yang disusun dalam satu komposisi.
    Legibility bisa menciptakan readability, karena biasanya jika kita mudah membedakan masing-masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.
    A. Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya. Pasangan huruf ini antara lain:
    I + J = U
    c + l = d
    r + n = m
    l + 3 = B
    Kasus ini lebih sering terjadi pada jenis huruf sans serif.
    B. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    penggunaan teks kombinasi huruf kapital dan huruf kecil
    C. Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Jarak antar huruf dan antar kata memiliki pengaruh terutama bukan dalam hal legibility tetapi dalam hal readability. Mengatur jarak antar huruf dan antar kata artinya mengatur ruang negatif sebuah teks.
    D. Jarak Antarbaris
    Seperti jarak antar huruf dan kata, pengaturan jarak antar baris juga berpengaruh besar terhadap readability.
    Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris
    E. Teks Putih di Atas Background Hitam
    Pilihan paling legible pada hal ini adalah teks hitam di atas background putih, namun sering kali orang membuat kebalikannya, teks putih di atas background hitam atau berwarna gelap.
    3. Display type & text type
    Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat. Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.
    4. Font style
    Berikut adalah beberapa gaya umum yang dapat Anda gunakan untuk membangun kontras.
    Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf. Beberapa tipografi tidak memiliki bentuk italic, dan sebagai gantinya adalah oblique yang merupakan vers miring dari normal roman style.
    Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface (seringkali sedikit lebih lebar (wider) dan lebih ringan (lighter) dari huruf kapital) dan kadang-kadang hanya secara otomatis dihasilkan dengan menyusutkan font.
    5. Pemilihan font
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.

    Simplicity & Contrast
    Petunjuk untuk menerapkan simplicity dan contrast dalam pemilihan tipografi adalah:

    Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface, misalnya satu untuk bodytext, satu untuk display text.Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama, misalnya hanya menggunakan sans serif.
    Gunakan size, weight, style (misalnya italic/ small caps), hue untuk membentuk kontras, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup.
    Serif vs Sans Serif
    Jika ditanya, mana yang lebih baik: serif atau sans-serif? Jawabannya adalah semuanya tergantung penggunaan, mood dan proyek individual. Jawaban terbaik biasanya tidak terlalu clear – banyak proyek desain yang besar menggabungkan kedua style. Ini berlaku untuk proyek untuk versi cetak atau digital.
    Tools
    Beberapa tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font adalah:

    Browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
    Indentifont: http://www.identifont.com, untuk mengidentifikasi nama sebuah font.
    WhatTheFont: http://myfonts.com/WhatTheFont, untuk menemukan nama font.

  10. Nama : Hilman Sijabat
    NIM : 11419025
    Kelas : 42TRPL 1

    Typography
    1. KARAKTER
    Komponen terkecil dari bahasa tulisan. Huruf/ letter, angka-angka, tanda baca dan simbol-simbol lain termasuk dalam karakter.
    2. HURUF
    Satuan dalam alfabet (yang dalam bahasa Latin terdiri dari 26 buah).
    3. TYPEFACE
    Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. Karakter-karakter ini memiliki desain dan proporsi yang serupa dan konsisten. Istilah typeface lebih mengarah pada bentuk/ desain huruf yang digunakan.
    4. FONT
    Font pada jaman dahulu adalah satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya. Satu set huruf untuk teks yang berukuran 9.4 point misalnya, adalah sebuah font. Satu set yang berukuran 20 point adalah font yang berbeda, walaupun keduanya tetap menggunakan desain typeface yang sama.
    5. SERIF & SANS SERIF
    Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak. Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).

    TIPOGRAFI
    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf. Pada prakteknya, saat ini tipografi telah jauh berkolaborasi dengan bidang-bidang seperti multimedia dan animasi, web dan online media lainnya, sinematografi, interior, arsitektur, desain produk.

    LEGIBILITY & READABILITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter, Sedangkan Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.
    -Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    -Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    -Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    -Jarak Antarbaris
    -Teks Putih di Atas Background Hitam

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat. Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.

    PEMILIHAN FONT
    -Simplicity & Contrast
    1. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface, misalnya satu untuk bodytext, satu
    untuk display text.Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama,
    misalnya hanya menggunakan sans serif.
    2. Gunakan size, weight, style (misalnya italic/ small caps), hue untuk membentuk
    kontras, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup.
    -Serif vs Sans Serif
    Serif dan sans-serif dapat bekerja di sejumlah aplikasi. Kuncinya, seperti halnya teknik atau tools desain lainnya, gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.

  11. Nama : Santo L Harianja
    Nim : 11419027
    Kelas : 42 TRPL 1

    Typography
    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    => Istilah dalam tipografi
    1.KARAKTER
    Komponen terkecil dari bahasa tulisan. Conotohnya huruf dan angka
    2.HURUF
    Satuan dalam alfabet (terdiri dari 26 buah)
    3.Typeface
    Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama.
    4. FONT
    Satu set huruf untuk teks yang berukuran 9 point misalnya, adalah sebuah font.
    5.SERIF & SANS SERIF
    Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait.

    => Legibility & readability
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.
    – Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    – Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    – Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    – Jarak Antarbaris
    – Teks Putih di Atas Background Hitam

    => Display type & text type
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type. Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan text type.Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat. Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.

    => Pemilihan font
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.
    -Simplicity & Contrast
    Petunjuk:
    — Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    — Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    — Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras

    -Serif vs Sans Serif
    Serif dan sans-serif dapat bekerja di sejumlah aplikasi. Kuncinya, seperti halnya teknik atau tools desain lainnya, gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.

    Tools
    Beberapa tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font adalah:

    – Browser developer tools
    – Indentifont: http://www.identifont.com.
    – WhatTheFont: http://myfonts.com/WhatTheFont

  12. Nama : Daniel Naibaho
    NIM : 11419047
    Prodi : 42TRPL2

    TIPOGRAFI
    Tipografi yaitu segala disiplin yang berkenaan dengan huruf

    Ada beberapa istilah dalam Typography yaitu:
    -Karakter = Komponen terkecil dari bahasa tulisan
    -Huruf = Satuan dalam alfabet ( 26 buah)
    -Typeface = Bentuk atau desain huruf yang digunakan
    -Font = suatu jenis typeface yang membedakanya adalah ukuran dan style
    -Serif = Tambahan pada huruf berupa semacam kait
    -Sans Serif = Tidak memiliki kait

    LEGIBILITY & READABILITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.

    Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam tipography yaitu:
    – Kombinasi huruf dan jaraknya
    – Huruf kapital dan huruf kecil
    – Jarak antar huruf
    – Jarak antar kata
    – Jarak antar baris
    – Teks putih diatas background hitam

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    Display type yaitu semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    Text type yaitu teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama

    Simplicity & Contrast
    Petunjuk untuk menerapkan simplicity dan contrast yaitu:
    -Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    -Gunakan size, weight, style (misalnya italic/ small caps), hue untuk membentuk kontras, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup.

    Tools
    Beberapa tools dalam pemilihan font yaitu:
    -Browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
    -Indentifont: http://www.identifont.com
    -WhatTheFont: http://myfonts.com/WhatTheFont

  13. NAMA : FRETTY L M SILALAHI
    NIM: 11419057
    KELAS: 42 TRPL 2

    Typography
    KARAKTER
    Komponen terkecil dari bahasa tulisan. Huruf/ letter, angka-angka, tanda baca dan simbol-simbol lain termasuk dalam karakter.

    HURUF
    Satuan dalam alfabet (yang dalam bahasa Latin terdiri dari 26 buah).

    TYPEFACE
    Typeface refers to a family of fonts sharing the same name, like “Arial” or “Georgia.” Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. Karakter-karakter ini memiliki desain dan proporsi yang serupa dan konsisten. Istilah typeface lebih mengarah pada bentuk/ desain huruf yang digunakan.

    FONT
    A font is a choice of typeface and size and style, like roman, italic, oblique, boldface, etc. Satu set yang berukuran 20 point adalah font yang berbeda, walaupun keduanya tetap menggunakan desain typeface yang sama.

    SERIF & SANS SERIF
    Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak. Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).

    TIPOGRAFI
    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf. Topogarafi adalah seni dan ilmu menampilkan teks (atau “pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer).

    LEGIBILITY & READABILITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.

    Legibility bisa menciptakan readability, karena biasanya jika kita mudah membedakan masing-masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.

    Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya. Pasangan huruf ini antara lain:
    I + J = U
    c + l = d
    r + n = m
    l + 3 = B
    Kasus ini lebih sering terjadi pada jenis huruf sans serif.
    Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Teks yang seluruhnya huruf besar, lebih rendah legibility dan readability-nya dibandingkan huruf kecil atau variasi huruf besar-kecil. Pada teks yang keseluruhannya huruf besar, tidak ada perbedaan tinggi pada tiap hurufnya, sehingga terlihat seperti garis horizontal yang lurus. Ini mempersulit orang dalam pengenalan karakter.

    Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Jarak antar huruf dan antar kata memiliki pengaruh terutama bukan dalam hal legibility tetapi dalam hal readability.
    Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability.

    Jarak antar huruf yang terlalu renggang juga menyebabkan rendahnya readability.

    Jarak antar kata yang terlalu sempit (kata-kata saling berdekatan) membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata.

    Jarak antar kata yang terlalu lebar (kata-kata saling berjauhan) membuat mencari-cari kata berikutnya.

    Jarak Antarbaris
    Seperti jarak antar huruf dan kata, pengaturan jarak antar baris juga berpengaruh besar terhadap readability.

    Teks Putih di Atas Background Hitam
    Pilihan paling legible pada hal ini adalah teks hitam di atas background putih, namun sering kali orang membuat kebalikannya, teks putih di atas background hitam atau berwarna gelap.

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type. Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan text type.

    Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat.
    Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.

    PEMILIHAN FONT
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.
    Simplicity & Contrast
    Petunjuk untuk menerapkan simplicity dan contrast dalam pemilihan tipografi adalah:

    1.Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface, misalnya satu untuk bodytext, satu untuk display text.
    jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama, misalnya hanya menggunakan sans serif.
    2.Gunakan size, weight, style (misalnya italic/ small caps), hue untuk membentuk kontras, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup.

    Serif vs Sans Serif
    semuanya tergantung penggunaan, mood dan proyek individual.

    Serif dan sans-serif dapat bekerja di sejumlah aplikasi. Kuncinya, seperti halnya teknik atau tools desain lainnya, gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.

    Tools
    Beberapa tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font adalah:
    1.Browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
    2.Indentifont: http://www.identifont.com, untuk mengidentifikasi nama sebuah font.
    3.WhatTheFont: http://myfonts.com/WhatTheFont, untuk menemukan nama font.

  14. Nama : Meyliza Veronica Siregar
    NIM : 11419058

    Dalam Tipography terdapat beberapa istilah, yaitu :
    1. Karakter adalah komponen terkecil dari bahasa tulisan. Seperti huruf, tanda baca, dan symbol lain.
    2. Huruf adalah satuan dalam alphabet.
    3. Typeface adalah bentuk/desain huruf yang digunakan.
    4. Font adalah jenis typeface yang ditambah dengan ukuran dan style.
    5. Serif & Sans Serif : Serif adalah tambahan pada huruf berupa semacam kait.

    Legibility dan Readability
    – Legibility : kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    – Readability : tingkat keterbacaan suatu teks.

    Hal yang perlu dipahami dalam Tipography :
    – Kombinasi huruf dan jaraknya
    – Huruf kapital dan huruf kecil
    – Jarak antarhuruf dan antarkata
    – Jarak antarbaris
    – Teks putih di atas background hitam

    Display Type & Text Type
    – Display Type : Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian. Cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat.
    – Text Type : Semua teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama. Berukuran kecil dan panjang.

    Font Style :
    – Italic dan boldface
    – Small caps

    Pemilihan Font
    1. Simplicity dan Contrast
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    – Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras.

    2. Serif dan Sans Serif

    Tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font adalah browser developer tools, Indentifont, dan WhatTheFont.

  15. Nama : Timothy
    NIM : 11419053
    Kelas: 42TRPL2
    Typography
    Tipografi dimaknai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.Pada prakteknya ,tipografi
    berkolaborasi dengan bidang seperti multimedia dan animasi, web, dan media online lainnya
    ,sinematografi ,interior ,arsitek ,desain produk,dll.Tipografi adalah seni dan ilmu menampilkan
    teks(atau “pengaturan tipe” seperti yang disbeut oleh print designer)

    Legibity & Readability
    Legibity berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter,sedangkan
    Readability berhubungan dengan keterbacaan suatu teks.Legibity bisa menciptakan readability,karena biasanya
    jika kita mudah membedakan masing masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca

    Pentingnya Legibity & Readability
    1)Legibility bisa menciptakan readability:jika kita mudah membedakan masing-masing
    karakter ,maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca
    2)Pesan yang disampaikan dipahami secara tepat oleh pembaca

    Aspek yang dipilih tentang Tipografi
    1)Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Teks yang seluruhnya huruf kapital,akan lebih rendah legibity dan readability nya
    dibandingkan huruf kecil atau variasi dari huruf kecil dan huruf besar,dikarenakan
    jika sebuah teks yang teks keseluruhannya adalah huruf besartidak ada perbedaan tinggi
    pada setiap hurufnya yang akan memudahkan sebuah teks untuk dibaca,
    2)Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Jarak antar huruf dan antar kata memiliki pengaruh terutama bukan dalam hal
    legibility tetapi dalam hal readability. Mengatur jarak antar huruf dan
    antar kata artinya mengatur ruang negatif sebuah teks
    3)Jarak Antar baris
    Seperti jarak antar huruf dan kata, pengaturan jarak antar baris juga berpengaruh
    besar terhadap readability.Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang
    terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris
    pertama. Kondisi seperti ini akan menurunkan readability
    4)Teks putih di atas background hitam/gelap
    Pilihan yang pas pada hal ini ialah teks hitam di atas background putih,namun kebanyakan
    orang membuat kebalikannya yaitu teks putih di atas background hitam atau gelap.Jika background
    membuat mata silau kecepatan membaca menjadi semakin lambat sehingga hal ini tentunya akan menurunkan
    Legibity dan Readability

    Display Type & Text Type
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian ,digolongkan dalam display type.
    Teks teks diluar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut
    dengan text type

    Font Style
    Pemilihan Font
    1)Simplicity & Contrast
    -Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    -Gunakan size, weight, style
    2)Serif vs Sans Serif
    3)Tools

  16. Nama : Gahasa Timothius B.P Purba
    NIM : 11419048
    Prodi : 42TRPL2

    Karakter
    Komponen terkecil dari bahasa tulisan

    Huruf
    Satuan dalam alfabet(dalam bahasa latin 26 buah)

    Typeface
    Karakter-karakter khusus yang mempunyai proporsi dan bentuknya sama

    Font
    Satu jenis typeface yang membedakannya adalah ukuran dan style

    Serif -> Tambahan pada huruf berupa semacam kait
    Sans Serif -> Tidak memiliki kait

    Tipografi adalah seni atau ilmu yang mempelajari tentang teks atau pengaturan type
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter
    Readability berarti tingkat keterbacaan suatu teks

    Beberapa aspek yang perlu diperhatikan berkaitan dengan tipography :
    1. Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya. Pasangan huruf ini antara lain:
    I + J = U
    c + l = d
    r + n = m
    l + 3 = B
    Kasus ini lebih sering terjadi pada jenis huruf sans serif.

    2. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Teks yang seluruhnya huruf besar, lebih rendah legibility dan readability-nya dibandingkan huruf kecil atau variasi huruf besar-kecil.

    3. Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Jarak antar huruf dan antar kata memiliki pengaruh terutama bukan dalam hal legibility tetapi dalam hal readability. Mengatur jarak antar huruf dan antar kata artinya mengatur ruang negatif sebuah teks.

    4. Jarak Antarbaris
    Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama. Kondisi seperti ini akan menurunkan readability.

    Display Type : Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type
    Text Type : Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama

    Simplicity dan Contrast
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    – Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    – Gunakan size, weight, style(misalnya italic/small caps), hue untuk membentuk kontras

  17. Nama : Revi Angeli Siahaan
    NIM : 11419054

    Ada beberapa istilah yang perlu dipahami tentang typography yaitu : karakter, huruf, typeface, font, serif dan sans serif, dan tipografi.
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf/ karakter, sedangkan readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Legibility bisa menciptakan readability. Ada beberapa aspek dalam typography yaitu :
    – Kombinasi huruf dan jaraknya
    – Huruf kapital dan huruf kecil
    – Jarak antarhuruf dan antarkata
    – Jarak antarbaris
    – Teks putih di atas background hitam
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian digolongkan dalam display text sedangkan teks- teks diluar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan text type. Display text lebih mudah terlihat karena berukuran besar sedangkan typeface lebih memerukan konsentrasi membaca dan berukuran kecil dan panjang.
    Ada beberapa jenis font style yaitu italic dan boldface serta small caps. Prinsip- prinsip dalam proses pemilihan font yaitu simplicity dan constrant, serif vs sans serif. Tools yang digunakan dalam pemilihan font yaitu :
    – Browser developer tools
    – Indentifont
    – WhatTheFont

  18. Nama : Andree Panjaitan
    NIM : 11419014
    Kelas : 42TPRL 1

    TIPOGRAFI
    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    LEGIBILITY & READABILITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Sedangkan leadability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.

    Perlu diingat bahwa legibility bisa menciptakan readability, karena biasanya jika kita mudah membedakan masing-masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.

    Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.

    Ada beberapa pasangan huruf yang sulit dibedakan terutama pada tulisan Sans Serif yaitu :
    I + J = U
    c + l = d
    r + n = m
    l + 3 = B

    Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Teks yang seluruhnya huruf besar, lebih rendah legibility dan readability-nya dibandingkan huruf kecil atau variasi huruf besar-kecil.

    Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Jarak antar huruf dan antar kata memiliki pengaruh terutama bukan dalam hal legibility tetapi dalam hal readability.
    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

    1. Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability
    2. Jarak antar huruf yang terlalu renggang juga menyebabkan rendahnya readability.
    3. Jarak antar kata yang terlalu sempit (kata-kata saling berdekatan) membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata.
    4. Jarak antar kata yang terlalu lebar (kata-kata saling berjauhan) membuat mencari-cari kata berikutnya.

    Jarak Antarbaris
    Seperti jarak antar huruf dan kata, pengaturan jarak antar baris juga berpengaruh besar terhadap readability.

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type. Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan text type.

  19. Nama : Jerry Andrianto Pangaribuan
    NIM : 11419046
    Kelas : 42TRPL2

    Ada beberapa istilah yang perlu kita pahami untuk membahas tentang tipografi
    1. Karakter = Komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    2. Huruf = Satuan dalam alfabet
    3. Typeface = Karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. Istilah typeface lebih mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan.
    4. Font = karakter yang memiliki typeface yang sama dengan pembeda yaitu size dan style-style lainnya.
    5. Serif & Sans Serif = Serif merupakan bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait sedangkan Sans serif tidak.
    6. Tipografi = segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    LEGIBILITY & READABILITY
    1. Legibility = berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    2. Readability = berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu text.

    Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf-huruf tertentu, bila diletakkan bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya. contohnya I + J akan kelihatan seperti huruf U. kasus ini sering terjadi pada jenis huruf sans serif.

    Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Teks yang seluruhnya menggunakan huruf kapital, lebih rendah legibility dan readibility nya dibandingkan huruf kecil atau variasi antara huruf kapital dan huruf kecil. Pada teks yang menggunakan huruf kapital seluruhnya, tidak ada perbedaan tinggi pada tiap hurufnya sehingga terlihat seperti garis horizontal.

    Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Jarak antarhuruf yang terlalu dekat menyebabkan rendahnya legibility dan readability. Pembaca sulit mengenali karakter dan sulit menangkap kata per kata karena kurangnya ruang negatif dalam teks.
    Jarak antarkata yang terlalu sempit membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir sebuah kata.

    Jarak Antarbaris
    Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertamanya.

    Teks Putih di Atas Background Hitam
    Pilihan paling legible pada hal ini adalah teks hitam di atas background putih, namun sering sekali orang membalikkannya yaitu membuat teks putih diatas background dengan warna gelap, padahal ini dapat menyebabkan mata pembaca cepat lelah.

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    1. Display type = cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat.
    Display type biasanya digunakan untuk menarik perhatian pembaca, untuk judul.

    2. Text Type = lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.
    Text type biasanya digunakan untuk isi naskah/paragraf.

    FONT STYLE
    ada beberapa jenis font style antara lain:
    – italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substansial mengubah bentuk huruf.
    – Small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface.

    PEMILIHAN FONT

    1. Simplicity & Contrast
    Petunjuk untuk menerapkan simplicity dan contrast dalam pemilihan tipografi:
    – Jangan menggunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    – gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk contrast, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup.

    2. Serif & Sans Serif

  20. Nama : John Ryan Siallagan
    NIM : 11419013
    Kelas : 42 TRPL 1

    Istilah dalam Typography:
    – Karakter > Komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    – Huruf => Satuan dalam alphabet.
    – Typeface => Karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama..
    – Font => Satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya.
    – Serif => Bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait.
    – Sans Serif => Tidak memiliki kait.
    – Typografi => Ilmu yang berkenaan dengan huruf.

    Legibility => Berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    Readability => Tingkat keterbacaan suatu teks.
    Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam typography yaitu:
    – Kombinasi huruf dan jaraknya
    – Huruf capital dan huruf kecil
    – Jarak antar huruf
    – Jarak antar kata
    – Jarak antar baris
    – Teks putih diatas background hitam / kesesuaian agar mudah dan nyaman dibaca.

    Display type => Semua text yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    Text type= > Teks- teks diluar display type fungsinya untuk dibaca dengan seksama.

    Pemilihan font:
    – Simplicity & Contrast
    Petunjuk untuk menerapkannya:
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface.
    – Gunakan size, weight, style, dan hue untuk membentuk kontras.

    Serif dan sans-serif dapat bekerja di sejumlah aplikasi. Gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.

  21. Nama : Dwiky F. N. Sitorus
    NIM : 11419004
    Kelas : 42 TRPL 1
    Istilah dalam tipografi
    1. Karakter : Komponen terkecil dari bahasa tulisan. Ex : Huruf, letter, dll.
    2. Huruf : Satuan dalam alfabet
    3. Typface : karakter yang mempunyai desain khusus untuk digunakan bersama
    4. Font : satu set metal type dari suatu typeface yang berukuran sama dan stylenya sama.
    5. Serif dan Sans Serif : bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait.
    Tipografi adalah segala disiplin yang berkenaan yang berkenaan dengan huruf. Tipografi juga bisa berarti seni dan ilmu menampilkan teks.
    Legability dan Readability
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Legability berhubungan dengan desain dan bentuk huruf yang digunakan.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.
    Aspek aspek :
    1. Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    2. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    3. Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    4. Jarak Antarbaris
    5. Teks Putih di Atas Background Hitam
    Display type & text type
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type. Sedangkan teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan text type.
    Prinsip pemilihan Font
    1. Simplicity & Contrast
    Petunjuk:
    – Jangan menggunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    – Jangan mengggunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    – Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras
    2. Serif vs Sans Serif
    Serif dan sans-serif dapat bekerja di sejumlah aplikasi. Kuncinya, seperti halnya teknik atau tools desain lainnya, gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.
    3. Tools
    Beberapa tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font adalah:
    – Browser developer tools
    – Indentifont: http://www.identifont.com.
    – WhatTheFont: http://myfonts.com/WhatTheFont

  22. Nama :Tantri H.Silaen
    NIM :11419059
    Kelas :42 TRPL 2

    Istilah dalam tipografi
    1.Karakter
    -Komponen terkecil dari bahasa tulisan
    -Huruf/letter, angka-angka, tanda baca dan simbol-simbol lain termasuk dalam karakter
    2.Huruf
    Satuan dalam alfabet(dalam bahasa latin terdiri dari 26 buah).
    3.Typeface
    Karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama, yang
    memiliki desain dan proporsi yang serupa dan konsistensi. Istilah typeface lebih mengarah pada bentuk/ desain huruf yang digunakan.
    4.Font
    Jenis typeface yang ditambah pembedanya dengan ukuran dan style.
    Satu set huruf untuk teks yang berukuran 9.4 point misalnya, adalah sebuah
    font. Satu set yang berukuran 20 point adalah font yang berbeda, walaupun
    keduanya tetap menggunakan desain typeface yang sama.
    5.Serif & Sans Serif
    -Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait
    -Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak.
    -Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif(tanpa serif).

    Tipografi
    *Tipografi dimaknai sebagai segala diiplin yang berkeknan dengan huruf.
    *tipografi telah jauh berkolaborasi dengan bidang-bidang seperti multimedia
    dan animasi, web dan online media lainnya, sinematografi, interior, arsitektur, desain produk, dll
    *Tipografi adalah seni dan ilmu menampilkan teks(atau “pengaturan type”
    seperti yang sering disebut oleh print designer).

    Legibility & Readability
    1.Legibility
    *Berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf
    atau karakter.
    *menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.
    *Satu jenis huruf dikatakan legible apabila masing-masing huruf atau karakter-karakternya mudah dikenali dan dibedakan
    dengan jelas satu sama lain.
    2.Readability
    *Berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.
    *Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.
    *Apabila legibility lebih membahas kejelasan karakter satu per satu, readability
    tidak lagi menyangkut huruf satu per satu, melainkan keseluruhan teks yang disusun dalam satu komposisi.

    Pentingnya Legibility & Readability
    1.Legibility bisa menciptakan readibility:jika kita mudah membedakan masing-masing
    karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.
    2.Pesan yang disampaikan dipahami secara tepat oleh pembaca.

    Beberapa aspek yang perlu diperhatikan berkaitan dengan tipography :
    1. Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Untuk huruf-huruf tertentu bila diletakkan bersebelahan dalam jarak yang sangat
    dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    Berikut pasangan huruf tersebut:
    I + J = U
    c + l = d
    r + n = m
    l + 3 = B
    Kasus seperti ini akan lebih sering terjadi pada jenis huruf sans serif.
    2. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Penggunaan huruf kapital dan huruf kecil juga harus sesuai, jika semua huruf kapital
    maka tidak ada perbedaan tinggi pada tiap hurufnya, sehingga terlihat seperti garis horizontal yang lurus. Ini mempersulit orang dalam pengenalan karakter.
    Harus ada kombinasi penggunaan huruf krcil dan kapital.
    3. Jarak Antarhuruf
    Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya
    legibility dan readability. Pembaca jadi sulit mengenali karakter dan
    sulit menangkap kata per kata karena kurangnya ruang negatif dalam teks,
    padahal ruang negatif yang cukup adalah salah satu penunjang legibility.
    Jarak antar huruf yang terlalu renggang juga menyebabkan rendahnya readability. Pembaca jadi sulit menangkap kesatuan kata karena huruf-huruf yang saling berjauhan.
    4. Jarak Antarkata
    Jarak antar kata yang terlalu sempit (kata-kata saling berdekatan) membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata.
    Hal ini dapat menurunkan readability.
    Jarak antar kata yang terlalu lebar (kata-kata saling berjauhan) membuat mencari-cari kata berikutnya.
    Hal ini juga dapat menurunkan readability.
    5. Jarak Antarbaris
    Kita akan mengalami kesulitan membaca teks dengan jarak antar baris yang
    terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh
    dari baris pertama. Kondisi seperti ini akan menurunkan readability.
    6. Teks Putih di Atas Background Hitam
    Lebih baik membuat teks hitam diatas background putih, hal ini akan memenuhi legible.
    sedangkan jika membuat teks putih diatas background hitam kecepatan membaca semakin lambat
    karena mata merasa cepat lelah akibat silau dan ini tentunya mebgurangi legibility dan readability.

    Display Type & Text Type
    1.Display type:Semua texs yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan
    dalam display type.
    2.Text type: Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan
    seksama.

    FONT STYLE
    Beberapa gaya umum yang dapat Anda gunakan untuk membangun kontras.
    – Roman style
    – Italic style
    – Italic simulated by oblique
    – Bold style
    – Small caps

    Beberapa jenis font style
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    – Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface.

    PEMILIHAN FONT
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.
    1. Simplicity & Contrast
    Petunjuk penggunaan :
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface. Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama.
    – Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras.
    2. Serif vs Sans Serif
    Penggunaan font Serif dan sans serif semuanya tergantung penggunaan, mood dan proyek individual.
    3. Tools
    Tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font:
    – Browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
    – Indentifont, untuk mengidentifikasi nama sebuah font.
    – WhatTheFont, untuk menemukan nama font.

  23. Nama: Anjelina Sihombing
    NIM:11419063
    Kelas: 42 TRPL 2

    KARAKTER adalah Komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    HURUF adalah Satuan dalam alfabet.
    TYPEFACE adalah Karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama.
    FONT adalah Font pada jaman dahulu adalah satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya.
    SERIF & SANS SERIF
    Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak. ).

    TIPOGRAFI
    Pengertian tipografi adalah sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    LEGIBILITY & READABILITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.

    Beberapa aspek yang perlu diperhatikan berkaitan dengan tipography :
    1. Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    2. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Teks yang seluruhnya huruf besar, lebih rendah legibility dan readability-nya dibandingkan huruf kecil atau variasi huruf besar-kecil.
    3. Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability.
    4. Jarak Antarbaris
    Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama.
    5. Teks Putih di Atas Background Hitam

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    – Display type
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    – Text type
    Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama

    FONT STYLE
    Beberapa gaya umum yang dapat Anda gunakan untuk membangun kontras.
    – Roman style
    – Italic style
    – Italic simulated by oblique
    – Bold style
    – Small caps

    Beberapa jenis font style
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    – Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface.

    PEMILIHAN FONT
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.
    1. Simplicity & Contrast
    2. Serif vs Sans Serif
    3. Tools

  24. Nama : Naldo Tua Samosir
    NIM : 11419024
    Kelas : 42 TRPL 1

    Istilah-istilah dalam tipografi:
    1. Karakter
    Komponen terkecil dari bahasa tulisan. Conotohnya huruf, angka, tanda baca dan simbol-simbol.
    2. Huruf
    Satuan dalam alfabet (terdiri dari 26 buah)
    3. Typeface
    Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama.
    4. Font
    Satu set huruf untuk teks yang berukuran 9 point misalnya, adalah sebuah font.
    5. Serif & Sans Serif
    Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).
    6. Tipografi
    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf. Tipogarafi adalah seni dan ilmu menampilkan teks.

    Legibility & Readability
    1. Legibility
    Berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.

    2. Readability
    Berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.

    a. Kombinasi Huruf & Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    b. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Pada teks yang keseluruhannya huruf besar, tidak ada perbedaan tinggi pada tiap hurufnya, sehingga terlihat seperti garis horizontal yang lurus. Ini mempersulit orang dalam pengenalan karakter.
    c. Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability. Pembaca jadi sulit mengenali karakter dan sulit menangkap kata per kata karena kurangnya ruang negatif dalam teks.
    d. Jarak Antarbaris
    Mata pembaca akan sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama.
    e. Teks Putih di Atas Background Hitam
    Teks putih di atas background hitam atau berwarna gelap membuat pembaca sulit membaca teks.

    Display Type & Text Type
    Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat. Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.

    Pemilihan Font
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.
    a. Simplicity & Contrast
    Petunjuk:
    -Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    -Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    -Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras.
    b. Serif vs Sans Serif
    Serif dan sans-serif dapat bekerja di sejumlah aplikasi. Kuncinya, seperti halnya teknik atau tools desain lainnya, gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.
    c. Tools

  25. Nama : Hotnida Siagian
    NIM : 11419023
    Kelas : 42TRPL1

    – KARAKTER
    Komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    – HURUF
    Satuan dalam alfabet.
    – TYPEFACE
    Karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. Istilah typeface lebih mengarah pada bentuk/ desain huruf yang digunakan.
    – FONT
    Font pada jaman dahulu adalah satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya.
    – SERIF & SANS SERIF
    Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak. Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).

    TIPOGRAFI merupakan pengaturan type yang mengatur disiplin huruf.
    LEGIBILITY & READABILITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.

    Beberapa aspek yang perlu diperhatikan berkaitan dengan tipography :
    1. Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    2. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Teks yang seluruhnya huruf besar, lebih rendah legibility dan readability-nya dibandingkan huruf kecil atau variasi huruf besar-kecil.
    3. Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability.
    4. Jarak Antarbaris
    Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama.
    5. Teks Putih di Atas Background Hitam

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    – Display type
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    – Text type
    Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama

    FONT STYLE
    Beberapa gaya umum yang dapat Anda gunakan untuk membangun kontras.
    – Roman style
    – Italic style
    – Italic simulated by oblique
    – Bold style
    – Small caps

    Beberapa jenis font style
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    – Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface.

    PEMILIHAN FONT
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.
    1. Simplicity & Contrast
    2. Serif vs Sans Serif
    3. Tools

  26. Nama : Geby W P Lumban Gaol
    NIM : 11419068
    Kelas : 42 TRPL 2

    Istilah dalam tipografi :
    – Karakter adalah komponen terkecil dari bahasa tulisan, seperti huruf/ letter, angka-angka, tanda baca dan simbol-simbol lain
    – Huruf adalah satuan dalam alfabet (dalam bahasa latin ada 26)
    – Typeface adalah mengacu pada keluarga font yang memiliki nama yang sama, seperti “Arial” atau “Georgia”.
    – Font adalah pilihan jenis huruf, ukuran, dan gaya, seperti roman, italic, oblique, boldface, dll.
    – Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacan kait.
    Sans Serif adalah tidak mempunyai bentuk tambahan semacam kait.

    Tipografi adalah disiplin yang berkenaan dengan huruf.
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter dan Readability adalah tingkat keterbacaan suatu teks.

    Aspek yang perlu diperhatikan ketika memilih tipografi:
    1. Kombinasi Huruf dan jaraknya
    Beberapa huruf apabila diletakkan bersebelahan dengan jarak yang sangat dekat dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    2. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    teks dengan seluruhnya huruf kapital lebih rendah legibility dan readabilitynya dibandingkan huruf kecil atau variasi huruf besar dan kecil.
    3. Jarak Antarhuruf
    Jarak antar huruf yang terlalu dekat menyebabkan rendahnya legibility dan readabilitynya. Jarak antar huruf yang terlalu renggang juga menyebabkan rendahnya readability.
    4. Jarak Antarkata
    Jarak antar kata yang terlalu sempit atau terlalu lebar akan menurunkan readabilitynya.
    5. Jarak Antarbaris
    pengaturan jarak antar baris juga berpengaruh besar terhadap readability.
    6. Teks Putih di Atas Background Hitam
    Pilihan paling legible adalah teks hitam di atas background putih.

    Display Type & Text Type
    – Display Type -> cenderung lebih mudah dibaca.
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    – Text Type -> memerlukan konsentrasi untuk membacanya.
    Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama.

    Beberapa jenis font style :
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    – Small caps seringkali sedikit lebih lebar (wider) dan lebih ringan (lighter) dari huruf kapital dan kadang-kadang dihasilkan dengan menyusutkan font.

    Prinsip pemilihan font:
    1. Simplicity & Contrast
    – Jangan menggunakan lebih dari dua atau 3 typeface dan jangan menggunakan dua typeface dari kategori font yang sama.
    – Gunakan size, weight, style, hue, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup.
    2. Serif vs Sans Serif
    Tergantung penggunaan, mood, dan proyek individual. Gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.

  27. Nama : Febryanti Melati
    NIM : 11419061
    Kelas : 42TRPL2

    KARAKTER = Komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    HURUF = Satuan dalam alfabet.
    TYPEFACE = Karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. Karakter-karakter ini memiliki desain dan proporsi yang serupa dan konsisten. Istilah typeface lebih mengarah pada bentuk/ desain huruf yang digunakan.
    FONT = Font pada jaman dahulu adalah satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya.
    SERIF & SANS SERIF = Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak. Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).

    TIPOGRAFI
    Pengertian tipografi adalah sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    LEGIBILITY & READABILITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.

    Beberapa aspek yang perlu diperhatikan berkaitan dengan tipography :
    1. Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    contoh :
    I + J = U
    c + l = d
    2. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Teks yang seluruhnya huruf besar, lebih rendah legibility dan readability-nya dibandingkan huruf kecil atau variasi huruf besar-kecil.
    3. Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    – Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability.
    – Jarak antar kata yang terlalu lebar (kata-kata saling berjauhan) membuat mencari-cari kata berikutnya.
    – Jarak antar kata yang terlalu sempit (kata-kata saling berdekatan) membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata.
    4. Jarak Antarbaris
    Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama.
    5. Teks Putih di Atas Background Hitam

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    – Display type
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    – Text type
    Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama

    FONT STYLE
    Beberapa gaya umum yang dapat Anda gunakan untuk membangun kontras.
    – Roman style
    – Italic style
    – Italic simulated by oblique
    – Bold style
    – Small caps

    Beberapa jenis font style
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    – Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface.

    PEMILIHAN FONT
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.
    1. Simplicity & Contrast
    Petunjuk penggunaan :
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface. Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama.
    – Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras.
    2. Serif vs Sans Serif
    Penggunaan font Serif dan sans serif semuanya tergantung penggunaan, mood dan proyek individual.
    3. Tools
    Tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font:
    – Browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
    – Indentifont, untuk mengidentifikasi nama sebuah font.
    – WhatTheFont, untuk menemukan nama font.

  28. Nama : Mikhael Hutapea
    NIM : 11419037
    Kelas : 42TRPL 2

    Typography
    Istilah dalam typography
    1. Karakter = Komponen terkecil dari Bahasa tulisan
    2. Huruf = satuan dalam alphabet
    3. Typeface = karakter-larakter yang didesain khusus, punya proporsi yang sama dan konsisten
    4. Font = satu jenis typeface yang ditambah pembedanya dengan ukuran dan style
    5. Serif dan sans serif
    Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Sedangkan sans serif tidak memiliki kait.
    6. Typography = dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf. Typography adalah seni dan ilmu menampilkan teks

    Legibility = berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Legibility lebih membahas kejelasan karakter satu per satu.
    Readability =berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.
    Legibility bisa menciptakan readability, karena biasanya jika kita mudah membedakan masing-masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.

    Aspek yang perlu diperhatikan dalam typography
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya
    Ada huruf huruf yang jika diletakkan terlalu berdekatan akan mengakibatkan kesalahan dalam memgenali huruf tersebut
    2. Huruf capital dan huruf kecil
    Teks yang seluruhnya huruf besar, lebih rendah legibility dan readability-nya dibandingkan huruf kecil atau variasi huruf besar-kecil.
    3. Jarak antar huruf dan antarkata
    Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability.
    Jarak antar kata yang terlalu sempit membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata (readability rendah)
    4. Jarak antar baris
    Jarak antar baris yang terlalu besar akan menurunkan readability.
    5. Teks putih diatas background hitam
    Sebaiknya menggunakan teks hitam diatas teks putih karna lebih legible.

    Display type = semua teks yang berfungsi sebgai penarik perhatian, cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat. Biasanya menggunakan semua jenis desain huruf.
    Text type = teks-teks diluar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama, berukuran kecil dan panjang. Biasanya menggunakan typeface dengan legibility tinggi.

    Font style:
    1. Italic dan boldface
    2. Small caps

    Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilhan Font
    1. Simplicity dan contrast
    Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface. Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras
    2. Serif dan sans serif
    Serif dan sans serif tergantung dari penggunana. Gunakan typography yang baik dengan tujuan sesuai konten.

    Tools yang dapat digunakan untuk pemilihan font
    1. Browser developer tools
    2. Indentifont
    3. WhatTheFont

  29. Nama : Lastri Rohani Nababan
    NIM : 11419060
    Kelas : 42 TRPL 2

    Istilah dalam tipography, yaitu :
    – Karakter, komponen terkecil dari Bahasa tulisan, seperti huruf, angka-angka, tanda baca, dan simbol-simbol.
    – Huruf, satuan yang ada dalam alfabet.
    – Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. Istilah typeface lebih mengarah pada bentuk / desain huruf yang digunakan.
    – Font adalah satu set metal type dari suatu typeface yang ukuran dan stylenya sama.
    – Serif & San Serif
    Typeface jenis serif lebih muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif.
    Tipografi adalah seni dan ilmu yang menampilkan teks
    Legibility & Readability
    – Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.
    – Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Readability menyangkut keseluruhan teks yang disusun satu komposisi.
    Legibility dapat menciptakan readability, karena biasanya kita mudah membedakan masing-masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.
    1. Kombinasi Huruf dan Jarak
    Untuk huruf-huruf tertentu bila diletakkan bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    2. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Penggunaan huruf kapital dan huruf kecil harus sesuai. Harus ada kombinasi pengguna huruf kecil dan kapital.
    3. Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    – Jarak antar huruf yang terlalu dekat dapat mengakibatkan rendahnya legibility dan readability, karena kurangnya ruang negative.
    – Jarak anatr huruf yang terlalu renggang akan mengakibatkan rendahnya legibility dan readability karena pembaca sulit menangkap kesatuan kata.
    – Jarak antar huruf terlalu sempit akan membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata.
    – Jarak antar kata yang terlalu lebar membuat pembaca mencari-cari kata yang berikutnya.
    4. Jarak Antarbaris
    Mata sulit membaca teks dengan jarak antarbaris yang terlalu besar, karena harus mencari abris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama.
    5. Teks Putih di Atas Background Hitam
    Lebih baik membuat teks hitam diatas background putih, hal ini akan memenuhi legible. Sedangkan jika membuat teks putih diatas background hitam kecepatan membaca semakin lambat karena mata merasa cepat lelah akibat silau dan ini tentunya mengurangi legibility dan readability.

    6. Display Type & Text Type
    – Display Type adalah semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    Cenderung mudah terlihat, dan berukuran besar dan dan jumlah kata sedikit atau singkat

    – Text type adalah teks-teks display type yang berfungsi untuk dibaca dengan seksama.
    Lebih memerlukan konsentrasi dalam membaca karena berukuran kecil dan dan jumlah kata banyak atau panjang
    Beberapa jenis font style, yaitu :
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    – Small caps adalah style berguna yang lain.
    Pemilihan Font, yaitu :
    1. Simplicity & Contrast
    – Jangan menggunakan lebih ari 2 atau 3 typeface.
    – Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup.
    2. Serif vc Sans Serif
    Tergantung pada pengguna, mood dan proyek individual.
    3. Tools
    Beberapa tools, yaitu :
    – Browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
    – Indentifont untuk mengidentifikasi nama sebuah font.
    – WhatTheFont untuk menemukan nama font.

  30. Nama : Nathan F L Tobing
    NIM : 11419003
    Kelas : 42 TRPl 1

    KARAKTER
    Komponen terkecil dari bahasa tulisan.

    HURUF
    Satuan dalam alfabet.

    TYPEFACE
    karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama.

    FONT
    Satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya

    LEGIBLITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf

    REGIBILITY
    Regibility berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu text.

    Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Mengatur jarak antar huruf dan antar kata artinya mengatur ruang negatif / space sebuah teks.

    Jarak Antarbaris
    Berbeda dengan antarhuruf dan antarkata , antarbaris berarti ruang negatif / space dalam setiap baris

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    Display type : Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian
    Text type : Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama

    Istilah dalam Typography:
    1. Karakter : komponen terkecil dari bahasa tulisan
    2. Huruf : satuan dalam alphabet
    3. Typeface : lebih mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan sama dan familiar
    4. Font : satu set type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    5. Serif (tambahan berupa semacam kait ) dan Sans Serif
    6. Typografi : seni dan ilmu menampilkan teks

    PEMILIHAN FONT
    1. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    2. Penggunaan Size , weight , style , hue untuk membentuk kontras dengan cukup

  31. Nama : Jovan Imanuel Sigalingging
    NIM : 11419021
    Kelas : 42TRPL1

    Istilah dalam Typography:
    1. Karakter -> komponen terkecil dari bahasa tulisan
    2. Huruf -> satuan dalam alphabet (26 buah)
    3. Typeface -> mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    4. Font -> satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    5. Serif dan Sans Serif
    6. Typografi -> seni dan ilmu menampilkan teks

    TIPOGRAFI
    Typogarafi adalah seni dan ilmu menampilkan teks (atau “pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer).

    LEGIBILITY & READABILITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.

    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.

    Apabila legibility lebih membahas kejelasan karakter satu per satu, readability tidak lagi menyangkut huruf satu per satu, melainkan keseluruhan teks yang disusun dalam satu komposisi.

    Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam typography yaitu:
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya
    2. Huruf capital dan huruf kecil
    3. Jarak antar huruf
    4. Jarak antar kata
    5. Jarak antar baris
    6. Teks putih diatas background hitam

    Display dan Text Type
    Display type -> semua text yang berfungsi sebagai penarik perhatian
    Text type -> teks teks diluar display type fungsinya untuk dibaca dengan seksama.

    Gunakan typography yang baik dengan tujuan sesuai konten.
    FONT STYLE
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    -Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface

    Dalam pemilihan font perlu diperhatikan aspek simplicity dan constrant serta pemilihan Serif dan San Serif tergantung pada penggunaan.
    Simplicity dan Contrast
    1. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    2. Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    3. Gunakan size, weight, style(misalnya italic/small caps), hue untuk membentuk kontras

    Serif vs Sans Serif
    Mana yang lebih baik ? Jawabannya tergantung pada penggunaan, mood dan proyek individual.

  32. Nama : Kevin Johanes Pakpahan
    NIM : 11419042
    Kelas : 42 TRPL 2

    Tipografi adalah seni/ilmu/karya dalam bentuk tulisan.

    Istilah dalam Tipografi:

    – Karakter: Komponen terkecil dari bahasa tulisan
    – Huruf: Satuan dalam alphabet
    – Typeface: Mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    – Font: Satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    – Serif & Sans Serif: Tambahan pada huruf berupa semacam kait & Tidak memiliki kait

    Legibility : Berhubungan denga kemudahan dalam mengenali serta membedakan masing-masing huruf/karakter.
    Readability : Berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks yang disusun dalam suatu komposisi.

    Aspek yang perlu diperhatikan dalam typography :

    1. Kombinasi huruf dan jaraknya.
    2. Penggunaan huruf kapital dan huruf kecil.
    3. Mengatur jarak antarhuruf.
    4. Mengatur jarak antarkata.
    5. Mengatur jarak antarbaris.
    6. Teks putih diatas background hitam

    Simplicity & Contrast
    -. Tidak menggunakan terlalu banyak typeface ( 2 – 3 sudah cukup)
    -. Tidak menggunakan 2 typeface dari kategori font yang sama.
    -. Menggunakan warna, size, weight, style yang berbeda, dan tidak terlalu banyak jenisnya.

  33. Nama : Nathan F L Tobing
    NIM : 11419003
    Kelas : 42 TRPl 1

    KARAKTER
    Komponen terkecil dari bahasa tulisan.

    HURUF
    Satuan dalam alfabet.

    TYPEFACE
    karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama.

    FONT
    Satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya

    LEGIBLITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf

    Readiblity
    Readiblity berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu text.

    Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Mengatur jarak antar huruf dan antar kata artinya mengatur ruang negatif / space sebuah teks.

    Jarak Antarbaris
    Berbeda dengan antarhuruf dan antarkata , antarbaris berarti ruang negatif / space dalam setiap baris

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    Display type : Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian
    Text type : Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama

    Istilah dalam Typography:
    1. Karakter : komponen terkecil dari bahasa tulisan
    2. Huruf : satuan dalam alphabet
    3. Typeface : lebih mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan sama dan familiar
    4. Font : satu set type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    5. Serif (tambahan berupa semacam kait ) dan Sans Serif
    6. Typografi : seni dan ilmu menampilkan teks

    PEMILIHAN FONT
    1. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    2. Penggunaan Size , weight , style , hue untuk membentuk kontras dengan cukup

  34. Nama : Edwin Immanuel Damanik
    NIM : 11419011
    Kelas : 42TRPL1

    Istilah dalam tipografi :
    – Karakter, komponen terkecil dari bahasa tulisan,
    – Huruf, satuan dalam alfabet,
    – Typeface, karakter yang didesain khusus bersama secara konsisten,
    – Font, sejenis typeface dan dibedakan berdasarkan ukuran dan font style,
    – Serif dan sans serif , serif memiliki sirip pada ujung karater sedangkat sans serif tidak,
    – Tipografi, dimaknai dengan dispilin tentang huruf, seni dan ilmu untuk menampilkan teks.

    Aspek Legibility dan readability
    Legibility :
    – Kemudahan mengenali dan membedakan huruf dan karakter.
    – Masing masing huruf dan karater bisa dibedakan antara satu sama lain.

    Readability :
    – Tingkat keterbacaan suatu teks.
    – Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah untuk dibaca.

    Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    Contoh :
    I + J = U
    c + l = d
    r + n = m
    l + 3 = B

    Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Teks dengan font yang besar keseluruhan membuat pembaca akan kebingungan dalam membaca teks. Sedangkan yang gabungan font yang besar dan kecil akan memberikan kenyamanan pada pembaca.

    Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    – Jarak antar huruf dan antar kata memiliki pengaruh terutama bukan dalam hal legibility tetapi dalam hal readability.
    – Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability.
    – Jarak antar huruf yang terlalu renggang juga menyebabkan rendahnya readability. Pembaca jadi sulit menangkap kesatuan kata karena huruf-huruf yang saling berjauhan.
    – Jarak antar kata yang terlalu sempit (kata-kata saling berdekatan) membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata.
    – Jarak antar kata yang terlalu lebar (kata-kata saling berjauhan) membuat mencari-cari kata berikutnya.

    Jarak Antarbaris
    Seperti jarak antar huruf dan kata, pengaturan jarak antar baris juga berpengaruh besar terhadap readability.

    Teks Putih di Atas Background Hitam
    Pilihan paling legible pada hal ini adalah teks hitam di atas background putih, namun sering kali orang membuat kebalikannya, teks putih di atas background hitam atau berwarna gelap.

    Display type & text type
    – Display type : Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    – Text type : Teks yang di luar display type yang fungsinya dibaca dengan seksama.

    Pemilihan font:
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface,
    – Jangan gunakan dua typeface dengan kategori yang sama,
    – Variasi font hanya 4-5,
    – Gunakan size, weight, style, dan hue untuk membentuk kontras.

    Tools :
    – Browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
    – WhatTheFont, untuk menemukan nama font.
    – Identifont, untuk mengidentifikasi nama sebuah font.

  35. SAHAT HUTAURUK
    11419010 / 42TRPL1

    Istilah dalam tipografi:
    — Karakter : komponen terkecil dari bahasa tulisan
    — Huruf : satuan dalam alphabet (26 buah)
    — Typeface : mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    — Font : satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya

    — Serif dan Sans Serif -> adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait.
    Kedua jenis font tersebut sama-sama bagus tergantung penggunaan, mood dan proyek individual.

    Tipografi adalah seni atau ilmu yang mempelajari tentang teks atau pengaturan type.

    Legibility berarti kemudahan dalam mengenali dan membedakan masing- masing huruf atau karakter sedangkan readability berarti keseluruhan teks yang mudah dibaca. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.
    Legibility bisa menciptakan readability, karena biasanya jika kita mudah membedakan masing-masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.

    Aspek yang perlu diperhatikan dalam tipografi yaitu:
    — Kombinasi huruf dan jaraknya -> Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    contoh : I + J = U ; l + 3 = B
    — Huruf capital dan huruf kecil -> Pada teks yang keseluruhannya huruf besar, tidak ada perbedaan tinggi pada tiap hurufnya, sehingga terlihat seperti garis horizontal yang lurus. Ini mempersulit orang dalam pengenalan karakter.
    — Jarak antar huruf -> Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability. Jarak antar huruf yang terlalu renggang juga menyebabkan rendahnya readability.
    — Jarak antar kata -> Jarak antar kata yang terlalu sempit membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata. Jarak antar kata yang terlalu lebar (kata-kata saling berjauhan) membuat mencari-cari kata berikutnya.
    — Jarak antar baris -> Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama. Kondisi seperti ini akan menurunkan readability.
    — Teks putih diatas background hitam

    Display type merupakan semua text yang berfungsi sebagai penarik perhatian
    Text type merupakan teks- teks diluar display type fungsinya untuk dibaca dengan seksama.
    Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat. Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.

    Simplicity dan Contrast
    Petunjuk untuk menerapkan simplicity dan contrast dalam pemilihan tipografi:
    — Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    — Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    — Gunakan size, weight, style(misalnya italic/small caps), hue untuk membentuk kontras

  36. Nama : Agus Rokyanto S
    NIM : 11419045
    Kelas : 42TRPL2

    Tipografi adalah teknik atau kemampuan membuat sebuah tulisan atau karya menjadi bagus dan mudah di pahami oleh pengguna atau penikmat.
    Istilah dalam Tipografi:
    – Karakter
    – Huruf
    – Typeface: Mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    – Font
    – Serif & Sans Serif: Tambahan pada huruf berupa semacam kait & Tidak memiliki kait

    Legibility = pembeda masing masing teks
    Readability = kemapuan suatu teks untuk dibaca

    Aspek yang perlu diperhatikan dengan Tipografi:
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya.
    2. Penggunaan huruf kapital, dan huruf kecil.
    3. Mengatur jarak antarhuruf.
    4. Mengatur jarak antarkata.
    5. Mengatur jarak antarbaris.

    Display Type = visualisasi teks
    Text Type = teks yang fungsinya untuk dibaca.

    Gunakan typography yang baik dengan tujuan sesuai konten.
    FONT STYLE
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    -Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface

    Simplicity & Contrast
    – Tidak menggunakan terlalu banyak typeface ( 2 – 3 sudah cukup)
    – Tidak menggunakan 2 typeface dari kategori font yang sama.
    – Menggunakan warna, size, weight, style yang berbeda, dan tidak terlalu banyak jenisnya.

    Serif vs Sans Serif
    Mana yang lebih baik ? Jawabannya tergantung pada penggunaan, mood dan proyek individual.

  37. Nama : Denny Abraham Sinaga
    NIM : 11419036
    Kelas : 42TRPL2

    Tipografi : gaya, penampilan atau bentuk dari suatu font yang tujuannya memberikan estetika pada pembaca.
    Melalui tipografi, setiap orang dapat menyampaikan atau mengekspresikan perasaannya dengan menggunakan tipografi sebagai bahasa.

    Dalam tipografi terdapat beberapa istilah yaitu:
    1. Karakter, komponen terkecil dari suatu tulisan.
    2. Huruf sebagai satuan dalam alfabet.
    3. Typeface, karakter dari sekumpulan huruf (visual) yang merujuk sebagai ‘family’ dari sebuah fonts dan memiliki desain dan proporsi yang serupa dan konsisten.
    4. Font, kumpulan lengkap dari suatu karakter yang memiliki ukuran dan ciri tertentu.
    5. Serif & Sans Serif adalah bentuk tambahan pada huruf.

    Legibility : kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf dan karakter.
    Readability : kemudahan untuk membaca suatu teks.

    Semakin mudah mengenali dan membedakan masing-masing huruf dan karakter maka akan membentuk readability yang baik. Sehingga, ruang jangkau dari legibility dan readability sudah jelas berbeda yang dimana legibility memiliki scope dalam masing-masing huruf sedangkan readability pada keseluruhan teks.

    Hal-hal yang mempengaruhi legibility dan readability dalam suatu teks:
    1. Kombinasi antar huruf dan jaraknya.
    2. Penggunaan huruf kapital.
    3. Jarak antarhuruf.
    4. Jarak antarkata.
    5. Jarak antarbaris.

    Display type : semua teks yang berfungsi menarik perhatian.
    Text type: semua teks yang yang berfungsi untuk mempermudah keterbacaan.
    Ruang negatif dalam teks mengacu kepada suatu bentuk/ruang yang terbuka.

    Dalam proses pemilihan font terdapat prinsip yang perlu diperhatikan :
    1. Simplicity dan Contrast, tidak menggunakan lebih dari 2/3 typeface, tidak menggunakan 2 typeface dari kategori font yang sama, menggunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras.
    2. Serif dan Sans Serif.

  38. Oriza Sitanggang_11419018
    Istilah dalam Tipografi yaitu
    1. Karakter: Komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    2.Huruf: Satuan dalam alfabet
    3.Typeface: Mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan seperti arial atau Georgia
    4.Font: Satu jenis typeface yang membedakannya adalah ukuran dan style seperti roman, italic, boldface.
    5.Serif dan Sans Serif: Bentuk tambahan huruf semacam kait.
    6. Tipografi: Seni dan ilmu yang menampilkan teks.
    Legibility adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kemudahan mengenali ddan membedakan masing-masing huruf/karakter dan Readability adalah sesuatu yang berhubungan dengan tingkat keterbatassan suatu teks.
    Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam tipograpi yaitu:
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya
    2. Huruf kapital dan huruf kecil
    3. Jarak antarhuruf
    4. Jarak antarkata
    5. Jarak antarbaris
    6. Teks putih diatas background hitam
    Display adalah semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, berukuran 12pt keatas, jumlah kata yang singkat atau sedikit sedangkan Text Type yang berfungsi untuk dibaca dengan seksama, dengan ukuran 12pt kebawah, jenis ukuran dan desain yaitu serif dan sans serif, jumlah kata yang banyak.

  39. Nama : Berliana Laurenza Simamora
    NIM : 11419016
    Kelas : 42 TRPL 1

    TYPOGRAPHY
    • Karakter: komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    • Huruf: satuan dalam alphabet.
    • Typeface: karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama.
    • Font: satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya.
    • SERIF & SANS SERIF:
    Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Sans serif sebaliknya.
    • Tipografi =segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    Legibility & Readability
    o Legibility = kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf/karakter.
    o Readability = tingkat keterbacaan suatu teks.

    Aspek tipografi:
    1. Kombinasi huruf dan jarak
    2. Huruf capital dan huruf kecil
    3. Jarak antar huruf
    4. Jarak antar kata
    5. Jarak antar baris
    6. Teks putih diatas background hitam

    Display Type & Text Type
     Display Type = semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
     Text type = teks-teks diluar display type yang berfungsi untuk dibaca dengan seksama.

    Font Style
    • Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    • Small caps adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface dan kadang-kadang hanya secara otomatis dihasilkan dengan menyusutkan font.

    Prinsip pemilihan font:
    1. Simpicity & contrast
    o Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface.
    o Jangan gunakan 2 typeface dari kategori font yang sama.
    o Gunakan size, weight, style dan hue untuk membentuk kontras.
    2. Serif vs sans serif
    Gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten
    3. Tools
     Browser developer tools untuk memeriksa css style.
     Indentifont untuk mengidentifikasi nama sebuah font.
     WhatTheFont untuk menemukan nama font.

  40. Nama : Mario Wira Pratama Purba
    NIM : 11419050
    Kelas : 42TRPL2

    Tipografi adalah teknik atau kemampuan membuat sebuah tulisan atau karya menjadi bagus dan mudah di pahami oleh pengguna atau penikmat.
    Istilah dalam Tipografi:
    – Karakter
    – Huruf
    – Typeface: Mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    – Font
    – Serif & Sans Serif: Tambahan pada huruf berupa semacam kait & Tidak memiliki kait

    Legibility = pembeda masing masing teks
    Readability = kemapuan suatu teks untuk dibaca

    Aspek yang perlu diperhatikan dengan Tipografi:
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya.
    2. Penggunaan huruf kapital, dan huruf kecil.
    3. Mengatur jarak antarhuruf.
    4. Mengatur jarak antarkata.
    5. Mengatur jarak antarbaris.

    Display Type = visualisasi teks
    Text Type = teks yang fungsinya untuk dibac…
    [21:15, 11/17/2020] Agus Silaban Del: asli cuma copas
    [21:15, 11/17/2020] Kevin Jo: Nama : Agus Rokyanto S
    NIM : 11419045
    Kelas : 42TRPL2

    Tipografi adalah teknik atau kemampuan membuat sebuah tulisan atau karya menjadi bagus dan mudah di pahami oleh pengguna atau penikmat.
    Istilah dalam Tipografi:
    – Karakter
    – Huruf
    – Typeface: Mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    – Font
    – Serif & Sans Serif: Tambahan pada huruf berupa semacam kait & Tidak memiliki kait

    Legibility = pembeda masing masing teks
    Readability = kemapuan suatu teks untuk dibaca

    Aspek yang perlu diperhatikan dengan Tipografi:
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya.
    2. Penggunaan huruf kapital, dan huruf kecil.
    3. Mengatur jarak antarhuruf.
    4. Mengatur jarak antarkata.
    5. Mengatur jarak antarbaris.

    Display Type = visualisasi teks
    Text Type = teks yang fungsinya untuk dibaca.

    Gunakan typography yang baik dengan tujuan sesuai konten.
    FONT STYLE
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    -Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface

    Simplicity & Contrast
    – Tidak menggunakan terlalu banyak typeface ( 2 – 3 sudah cukup)
    – Tidak menggunakan 2 typeface dari kategori font yang sama.
    – Menggunakan warna, size, weight, style yang berbeda, dan tidak terlalu banyak jenisnya.

  41. Nama : Darwin Sibarani
    Nim : 11419029
    Kelas : 42 TRPL1

    Istilah dalam Typography:
    1 Karakter adalah komponen terkecil dari bahasa tulisan
    2 Huruf adalah satuan dalam alphabet (26 buah)
    3 Typeface adalah mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    4 Font adalah satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    5 Serif dan Sans Serif bentuk tambahan pada hurufberupa semacam kait.
    6 Typografi adalah seni dan ilmu menampilkan teks.

    Legibility berarti kemudahan dalam mengenali dan membedakan masing- masing huruf atau
    karakter.
    Readability berarti keseluruhan teks yang mudah dibaca.

    Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam typography yaitu:
    1 Kombinasi huruf dan jaraknya
    2 Huruf capital dan huruf kecil
    3 Jarak antarhuruf
    4 Jarak antarkata
    5 Jarak antarbaris
    6 Teks putih diatas background hitam

    Display type adalah semua text yang berfungsi sebagai penarik perhatian
    Text type adalah teks- teks diluar display type fungsinya untuk dibaca dengan seksama.

    Simplicity dan Contrast
    1.Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    2.Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    3.Gunakan size, weight, style(misalnya italic/small caps), hue untuk membentuk
    kontras

  42. Nama : Mei Pane
    NIM : 11419006
    Kelas : 42 TRPL 1

    Typography
    1.Istilah dalam Tipografi
    – Karakter adalah komponen terkecil dari bahasa tulisan seperti huruf, angka, tanda baca dan simbol lainnya.
    – Huruf adalah satuan dalam alfabet yang terdiri dari 26 buah dalam bahasa latin
    – Typeface adalah karakter yang didesain secara khusus dan digunakan bersama yang lebih mengarah pada bentuk huruf yang digunakan.
    – Font adalah satu set metal type dari typeface yang dibedakan ukuran dan style.
    – Serif & sans serif : serif memiliki semacam kait sedangkan sans serif sebaliknya.
    – Tipografi adalah disiplin yang berkenaan dengan huruf.
    2.Legibility & Readability
    Legibilty adalah kemudahan untuk mengenali dan membedakan masing-masing dari huruf/karakter.
    Readability adalah tingkat keterbacaan suatu teks.
    – Kombinasi Huruf dan Jarak => ketika suatu huruf tertentu diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang dekat akan mengakibatkan orang salah mengenali saat membaca
    – Huruf kapital dan Huruf kecil => orang akan sulit mengenali huruf ketika teks yang disediakan selurufnya huruf besar yang dapat terlihat seperti garis horizontal.
    – Jarak antarhuruf dan antarkata => orang akan kesulitan mengenali huruf akibat kurangnya ruang negatif maupun terlalu renggang dalam sebuah teks.
    – Jarak antarbaris => mata akan sulit membaca teks yang jarak antarbarisnya terlalu besar untuk mencari baris selanjutnya.
    – Teks putih di atas background hitam
    3.Dsiplay type & Text type
    Display type => semua teks yang memiliki untuk menarik perhatian.
    Text type => semua teks diluar dispay type yang berfungsi untuk dibaca dengan seksama.
    4.Font style
    Italic dan boldface merupakan font untuk membuat kontras dalam orientasi dan nilai
    Small caps merupakan style berguna yang lain.
    5.Pemilihan font
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface. Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama.
    – Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras.
    6.Tools
    Bebrapa tools yang dapat digunakan untuk pemilihan font sebagai berikut:
    Browser developer tools, indentifont dan whatTheFont.

  43. Nama : Mario Wira Pratama Purba
    NIM : 11419050
    Kelas : 42TRPL2

    Tipografi adalah teknik atau kemampuan membuat sebuah tulisan atau karya menjadi bagus dan mudah di pahami oleh pengguna atau penikmat.
    Istilah dalam Tipografi:
    – Karakter
    – Huruf
    – Typeface: Mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    – Font
    – Serif & Sans Serif: Tambahan pada huruf berupa semacam kait & Tidak memiliki kait

    Legibility = pembeda masing masing teks
    Readability = kemapuan suatu teks untuk dibaca

    Aspek yang perlu diperhatikan dengan Tipografi:
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya.
    2. Penggunaan huruf kapital, dan huruf kecil.
    3. Mengatur jarak antarhuruf.
    4. Mengatur jarak antarkata.
    5. Mengatur jarak antarbaris.

    Display Type = visualisasi teks
    Text Type = teks yang fungsinya untuk dibaca.

    Gunakan typography yang baik dengan tujuan sesuai konten.
    FONT STYLE
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    -Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface

    Simplicity & Contrast
    – Tidak menggunakan terlalu banyak typeface ( 2 – 3 sudah cukup)
    – Tidak menggunakan 2 typeface dari kategori font yang sama.
    – Menggunakan warna, size, weight, style yang berbeda, dan tidak terlalu banyak jenisnya.

  44. Nama : Hepniwer Nur Aisah Purba
    NIM : 11419019
    Kelas : 42 TRPL 1
    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.
    Istilah dalam Tipografi yaitu
    1. Karakter: Komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    2.Huruf: Satuan dalam alfabet
    3.Typeface: Mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan seperti arial atau Georgia
    4.Font: Satu jenis typeface yang membedakannya adalah ukuran dan style seperti roman, italic, boldface.
    5.Serif dan Sans Serif: Bentuk tambahan huruf semacam kait.
    6. Tipografi: Seni dan ilmu yang menampilkan teks.
    Legibility adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kemudahan mengenali ddan membedakan masing-masing huruf/karakter dan Readability adalah sesuatu yang berhubungan dengan tingkat keterbatassan suatu teks.
    Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam tipograpi yaitu:
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya
    2. Huruf kapital dan huruf kecil
    3. Jarak antarhuruf
    4. Jarak antarkata
    5. Jarak antarbaris
    6. Teks putih diatas background hitam
    Display adalah semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, berukuran 12pt keatas, jumlah kata yang singkat atau sedikit sedangkan Text Type yang berfungsi untuk dibaca dengan seksama, dengan ukuran 12pt kebawah, jenis ukuran dan desain yaitu serif dan sans serif, jumlah kata yang banyak.
    Prinsip-prinsip desain dalam proses pemilihan font :
    1. Simplicity & Contrast
    Simpel dan warnanya sesuai dengan jenis informasinya.Misalnya warna untuk warning digunakan warna merah.
    2. Serif vs Sans Serif
    3. Tools

  45. Nama : Clarita Butarbutar
    NIM : 11419067

    Istilah dalam Tipografi ada 5 yaitu:
    1. Karakter
    Yaitu komponen terkecil dari bahsa tulisan. Karakter dapat berupa angka, huruf, tanda baca dan simbol.
    2. Huruf
    Yaitu satuan dalam alphabet (a-z)
    3. Typeface
    Yaitu karakter karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama dan memiliki proporsi yang serupa dan konsitensi. Typeface mempunyai family yang sama.
    4. Font
    Yaitu satu typeface yang ditambahkan pembeda dengan ukuran, style dan warna.
    5. Serif dan sans serif.
    Serif yaitu bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait.
    Tipografi adalah seni dan ilmu yang menampilkan teks (atau “pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer). Tipografi juga dimaknai dengan segala displin yang berkenaan dengan huruf. Banyak aspke yang berkenaan dengan tipografi seperti urusan perfilman, arsitektur, desain produk, website, animasi, dan perangkat mobile.
    Legability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Suatua jenis hurud dikatakan legible jika mudah dikenali dan dibedakan satu sama lain. Readibility berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.
    Pentingnya legability dan readability adalah
    1. Legability bisa menciptakan readability: jika kita bisa membedakan masing masing karakter, maka secara keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.
    2. Pesan yang disampaikan dipahami secara tepat oleh pembaca.
    Kombinasi huruf dan jaraknya
    Huruf huruf tertentu apabila slaing bersebelahan dalam jarka yang dekat akan mengakibatkan seseorang salah dalam mengenalinya. Hal ini sering terjadi pada jenis huruf sans serif.
    Huruf kapital dan huruf kecil
    Teks yang menggunakan huruf capital secara keseluruhan memiliki legability dan readibility yang rendah karena tidak ada perbedaan tinggi dari tiap huruf sehingga sulit untuk mengenal karakter dibandingkan huruf Kapital di mix dengan huruf kecil.
    Jarak antarhuruf dan antarkata
    Jarak antar huruf yang terlalu dekat akan menyebabkan rendahnya legibility dan readability karena pembaca akan sulit dalam mengenali akrakter dan sulit mengangkap kata perkata karena ruang negative yang terlalu sedikit. Ruang negative yang cukup akan membuat legibility menjadi lebih baik.
    Jarak antar huruf yang terlalu jauh menyebabkan rendahnya readability yang membuat pembaca sulit untuk menangkap kesatuan kata.
    Jarak antar kata yang terlalu dekat membuat pembaca sulit untuk mengenali awald an akhir sebuah kata. Hal ini mungkin membuat legibility cukup tetapi readability yang rendah.
    Jarak antar kata yang terlalu jauh membuat sulit mencari kata berikutnya. Hal ini mengakibatkan legibility yang cukup tetapi readability yang rendah.
    Jarak antarbaris
    Jarak antar baris yang berjauhan membuat mata sulit membaca teks dan mecari baris selanjutnya.
    Teks putih diatas background hitam.
    Hal ini membuat mata tidak cepat lelah sehingga mengurangi legibility dan readability.

    Display Type adalah semua teks yang berfugsi sebagai penarik perhatian.
    Text Type adalah Teks-teks yang diluar display type yang fungsinya untuk dibaca.
    Perbedaan antara display type dan text type yaitu:
    1. Display type berfungi untuk menarik perhatian sedangkan Text type berfungi unutk isi naskah, penjabaran pesan.
    2. Display type berukuran besar (12 pt keatas) sedangkan Text type berukuran kecil (12 pt kebawah).
    3. Jumlah kata pada Display Text lebih sedikit/singkat dibandingkan Text type
    4. Display type diterapkan pada judul,subjudul,pull quote sedangkan Text type diterapkan pada body text dan caption.
    5. Legibility pada Display type tidak harus tinggi tetapi pada Text type legibility harus tinggi.

    Pemilihan font:
    1. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface.
    2. Jangan gunakan dua typeface dengan kategori yang sama
    3. Variasi font hanya 4-5
    4. Gunakan size, weight, style, dan hue untuk membentuk kontras.
    Tools :
    1. Gunakan browser developer tools
    2. WhatTheFont
    3. Identifont

  46. Nama : Ervina Sipahutar
    NIM : 11419066
    Kelas : 42 TRPL 2

    – Karakter : Komponen terkecil dari bahasa tulisan. Contoh : huruf/letter, angka-angka, tanda baca, serta simbol-simbol lainnya.
    – Huruf : Satuan dalam alfabet (terdiri dari 26 buah pada Bahasa Latin).
    – Typeface : Karakter- karakter yang didesain khusus dan mempunyai proporsi yang serupa dan konsisten. Contoh : “Arial”.
    – Font : Merupakan salah satu jenis typeface namun yang membedakan adalah pada ukuran dan style.
    – Serif & Sans Serif : Serif merupakan bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Typeface jenis Serif muncul lebih dahulu dibandingkan jenis Sans Serif (tanpa serif).

    Tipografi :
    Merupakan seni dan ilmu menampilkan teks (“pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer). Tipografi merupakan segala jenis disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    Legibility & Readability :
    a. Legibility : berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.
    b. Readability : berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.

    Pentingnya Legibility & Readability :
    – Legibility bisa menciptakan Readability : jika kita mudah membedakan masing-masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.
    – Pesan yang disampaikan dipahami secara tepat oleh pembaca.

    Aspek yang perlu diperhatikan ketika memilih tipografi berkaitan dengan Legibility & Readability :
    – Kombinasi Huruf dan Jaraknya : huruf tertentu apabila diletakkan bersebelahan dalam jarak dekat, dapat mengakibatkan pembaca salah mengenalinya.
    – Huruf kapital dan huruf kecil : pesan yang terdiri dari huruf kapital secara keseluruhan tidak ada perbedaan tinggi setiap hurufnya, sehingga menyulitkan pengenalan karakter.
    – Jarak antarhuruf dan antarkata : jarak antarhuruf akan memengaruhi pembaca untuk mengenali karakter karena kurangnya ruang negatif dalam teks. Jarak antarkata menjadikan pembaca sulit menangkap satu kesatuan kata karena huruf-huruf saling berjauhan dan jika terlalu sempit pembaca akan sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata.
    – Jarak antarbaris : mata akan sulit membaca teks karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama.
    – Teks putih di atas background hitam

    Display Type & Text Type :
    a. Display Type : semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    Contoh : Lucida Handwriting, Rockwell Extra Bold, Bauhaus 93, Futura Black, Homestead Display.
    b. Text Type : teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk diaca dengan saksama.
    Contoh : Georgia, Cambria, Times New Roman, Garamond, Myriad Pro.

    Font Style :
    1. Italic dan Boldface : membuat kontras dalam orientasi dan nilai dan tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf. Tipografi yang tidak memiliki bentik italic dapat diganti dengan obilique yang merupakan versi miring dari roman style.
    2. Small Caps : small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface (seringkali sedikit lebih lebar (wider) dan lebih ringan (lighter) dari huruf kapital) dan kadang-kadang hanya secara otomatis dihasilkan dengan menyusutkan font.

    Pemilihan Font :
    a. Simplicity & Contrast :
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface. Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama.
    – Gunakan size, weight, style (missal italic/small caps), hue untuk membentuk kontras.
    b. Serif vs Sans Serif :
    Pemilihan ini bergantung pada penggunaan, mood, dan proyek individual.

    Tools :
    – Browser developer tools
    – Identifont
    – WhatTheFont

  47. Nama : Riris Lasmarito Malau
    Nim : 11419022
    Kelas : 42 TRPL 1

    Istilah dalam tipografi
    1. Karakter:Komponen terkecil dari bahan tulisan dan Huruf/letter, angka-angka, tanda baca dan symbol-simbol lain termasuk dalam karakter
    2. Huruf:Satuan dalam alphabet(yang dalam bahasa latin terdiri dari 26 buah)
    3. Typeface: Type, ukuran dan style seperti Seperti arial dan Georgia, Font pada jaman dahulu adalah satu set metal type dari suatu typeface,
    yang sama ukuran dan style-nya
    4. Serif dan sans serif: Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait dan Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan
    jenis sans serif (tanpa serif)
    5. tipografi:Tipografi dimaknai sebagai salah segala disiplin yang berkenaan dengan huruf dan Tipografi adalah
    seni dan ilmu menampilkan teks (atau pengaturan type seperti yag disebut oleh print desainer)

    Legibility dan readalibity
    1. Legibility: Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter dan Masing-masing huruf
    atau karakternya mudah dikenali dan dibedakan dengan jelas satu sama lain.
    2. Readability: Berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks dan Teks yang readable bererti keseluruhannya mudah dibaca

    Display Type dan Text Type
    Display Type: Text yang berfungsi sebagai penarik perhatian
    Text Type: Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama

  48. Nama : Daniel A.C Simamora
    Nim : 11419001
    Kelas : 42 TRPL 1

    Beberapa istilah dalam Typography :
    1.KARAKTER
    =>Komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    2.HURUF
    =>Satuan dalam alfabet (yang dalam bahasa Latin terdiri dari 26 buah).
    3.TYPEFACE
    =>Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama.
    4.FONT
    =>Font pada jaman dahulu adalah satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya.
    5.SERIF & SANS SERIF
    =>Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak.
    Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).
    6.TIPOGRAFI
    =>Topogarafi adalah seni dan ilmu menampilkan teks (atau “pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer).

    LEGIBILITY & READABILITY
    LEGIBILITY
    =>Satu jenis huruf dikatakan legible apabila masing-masing huruf atau karakter-karakternya mudah dikenali dan dibedakan dengan jelas satu sama lain.
    READABILITY
    =>Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.

    Aspek yang harus diperhatikan berkaitan dengan typography :
    1.Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    =>Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    2.Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    3.Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    =>Mengatur jarak antar huruf dan antar kata artinya mengatur ruang negatif sebuah teks.
    Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya legibility dan readability.
    4.Jarak Antarbaris
    =>Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama.
    Kondisi seperti ini akan menurunkan readability.
    5.Teks Putih di Atas Background Hitam
    =>Pilihan paling legible pada hal ini adalah teks hitam di atas background putih, namun sering kali orang membuat kebalikannya,
    teks putih di atas background hitam atau berwarna gelap.
    6.DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    =>Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type.
    Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan text type.
    7.FONT STYLE

  49. Nama : Sarah O.Y Simorangkir
    NIM : 11419017
    Kelas: 42TRPL1

    Tipografi

    ISTILAH
    Karakter : Komponen terkecil dalam bahasa tulisan
    Huruf : Satuan dalam alfabet
    Typeface : Karakter yang didesain khusus untuk digunakan secara konsisten
    Font : Jenis typeface yg dibedakan dengan ukuran dan stylenya
    Serif dan Sans Serif : Serif Memiliki sirip disetiap ujung, Sans-Serif sebaliknya
    Tipografi : Seni yang mengurus tentang pengaturan tentang type

    LEGIBILITY DAN READIBILITY

    a. Legibility= Kemudahan dalam mengenali dan membedakan setiap karakter/huruf
    b. Readibility= Kemudahan dalam membaca keseluruhan teks

    DISPLAY TYPE DAN TEXT TYPE
    Dislay type : seluruh teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian (biasanya berukuran besar)
    Text type : teks diluar display yang fugsinya untuk dibaca dengan seksama (berukuran kecil dan panjang)

    PEMILIHAN FONT
    -Simplicity & contrast
    Jangan menggunakan 2 atau 3 type face dan menggunakan typeface dengan kategori font yg sama, Melainkan membentuk variasi size,weight,style untuk membentuk kontras
    -Serif vs Sans Serif
    Pemakaian Tergaantung penggunaannya, atau sesuai dengan tujuan konten
    -Tools:
    Browser developer tools, identifont, WhatTheFont.

  50. Nama : Cyntia Evelin Simamora
    Kelas : D4TRPL2
    NIM : 11419065

    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf, berkolaborasi dengan bidang-bidang seperti multimedia dan animasi, web dan online media lainnya, sinematografi, interior, arsitektur, desain produk, dll. Topogarafi adalah seni dan ilmu menampilkan teks (atau “pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer).

    LEGIBILITY & READABILITY
    -Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    -Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.

    Penilaian terhadap tipografi adalah melalui indera penglihatan, oleh karena itu diharapkan agar desainer benar-benar memahami hal ini agar pesan yang disampaikan dipahami secara tepat oleh pembaca.

    Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya..

    Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Teks yang seluruhnya huruf besar, lebih rendah legibility dan readability-nya dibandingkan huruf kecil atau variasi huruf besar-kecil.

    Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Mengatur jarak antar huruf dan antar kata artinya mengatur ruang negatif sebuah teks.

    Jarak Antarbaris
    Seperti jarak antar huruf dan kata, pengaturan jarak antar baris juga berpengaruh besar terhadap readability.

    Teks Putih di Atas Background Hitam
    Pilihan paling legible pada hal ini adalah teks hitam di atas background putih, namun sering kali orang membuat kebalikannya, teks putih di atas background hitam atau berwarna gelap.

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type. Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama disebut dengan text type. Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat. Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.

    Font Style
    Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf. Beberapa tipografi tidak memiliki bentuk italic, dan sebagai gantinya adalah oblique yang merupakan vers miring dari normal roman style.

    PEMILIHAN FONT
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.

  51. Nama : Kevin Yoyada Tambunan
    Nim : 11419033
    Kelas : 42 TRPL 1

    Istilah dalam Typography:
    – Karakter => komponen terkecil dari bahasa tulisan
    – Huruf => satuan dalam alphabet (26 buah)
    – Typeface => mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    – Font => satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    – Serif => Tambahan pada huruf berupa semacam kait
    – Sans Serif => Tidak memiliki kait
    – Tipografi => Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf. Typografi adalah seni dan ilmu menampilkan teks.

    Legibility dan readability
    Legibility => kemudahan dalam mengenali dan membedakan masing- masing huruf atau
    karakter
    Readability => kemudahan dalam mengenali keseluruhan teks.

    Aspek yang perlu diperhatikan dalam typography yaitu:
    – Kombinasi huruf dan jaraknya
    – Huruf capital dan huruf kecil
    – Jarak antar huruf dan antar kata
    – Jarak antar baris
    – Teks putih diatas background hitam

    Display type dan Text type
    Display Type => Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    Text Type => Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca secara detail

    Font Style
    Beberapa jenis Font style :
    – Italic dan boldface
    – Small caps

    Pemilihan Font
    Simplicity dan Contrast
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    – Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    – Gunakan size, weight, style(misalnya italic/small caps), hue untuk membentuk kontras

  52. Nama :Thumphak Adhitio Aritonang
    NIM :11419035
    Kelas :42 TRPL 1

    Istilah-Istilah yang terdapat di dalam tipography yaitu:
    1.Karakter adalah komponen terkecil dari bahasa tulisan
    Contohnya:Huruf/letter, angka-angka, tanda baca dan simbol-simbol lain termasuk dalam karakter.
    2.Huruf adalah satuan dalam alfabet(dalam bahasa latin terdiri dari 26 buah).
    3.Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama, yang memiliki desain dan proporsi yang serupa dan konsistensi. Istilah typeface lebih mengarah pada bentuk/ desain huruf yang digunakan.
    4.Font adalah typeface yang ditambah pembedanya dengan ukuran dan style.
    Satu set huruf untuk teks yang berukuran 9.4 point misalnya, adalah sebuah font. Satu set yang berukuran 20 point adalah font yang berbeda, walaupunkeduanya tetap menggunakan desain typeface yang sama.
    5.Serif & Sans Serif
    -Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait
    -Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak.
    -Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif(tanpa serif).

    Tipography
    Tipography dimaknai sebagai segala diiplin yang berkeknan dengan huruf.
    Tipografi telah jauh berkolaborasi dengan bidang-bidang seperti multimedia dan animasi, web dan online media lainnya, sinematografi, interior, arsitektur, desain produk, dll.Tipografi adalah seni dan ilmu menampilkan teks(atau “pengaturan type” seperti yang sering disebut oleh print designer).

    Legibility & Readability
    1.Legibility
    Berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    2.Readability
    Berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.Apabila legibility lebih membahas kejelasan karakter satu per satu, readability tidak lagi menyangkut huruf satu per satu, melainkan keseluruhan teks yang disusun dalam satu komposisi.

    Mengapa Legibility & Readability itu Penting?
    1.Legibility itu penting karena bisa menciptakan readibility:jika kita mudah membedakan masing-masing karakter, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca.Sehingga pesan yang disampaikan dipahami secara tepat oleh pembaca.

    Beberapa aspek yang perlu diperhatikan berkaitan dengan tipography :
    1. Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Untuk huruf-huruf tertentu bila diletakkan bersebelahan dalam jarak yang sangat
    dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    Berikut pasangan huruf tersebut:
    I + J = U
    c + l = d
    r + n = m
    l + 3 = B
    2. Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    Penggunaan huruf kapital dan huruf kecil juga harus sesuai, jika semua huruf kapital
    maka tidak ada perbedaan tinggi pada tiap hurufnya, sehingga terlihat seperti garis horizontal yang lurus. Ini mempersulit orang dalam pengenalan karakter.
    Harus ada kombinasi penggunaan huruf krcil dan kapital.
    3. Jarak Antarhuruf
    Jarak antar huruf yang terlalu dekat atau dempet menyebabkan rendahnya
    legibility dan readability. Pembaca jadi sulit mengenali karakter dan
    sulit menangkap kata per kata karena kurangnya ruang negatif dalam teks,
    padahal ruang negatif yang cukup adalah salah satu penunjang legibility.
    Jarak antar huruf yang terlalu renggang juga menyebabkan rendahnya readability. Pembaca jadi sulit menangkap kesatuan kata karena huruf-huruf yang saling berjauhan.
    4. Jarak Antarkata
    Jarak antar kata yang terlalu sempit (kata-kata saling berdekatan) membuat pembaca sulit menangkap awal dan akhir dari sebuah kata.Hal ini dapat menurunkan readability.
    Jarak antar kata yang terlalu lebar (kata-kata saling berjauhan) membuat mencari-cari kata berikutnya.
    5. Jarak Antarbaris
    Kita akan mengalami kesulitan membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama. Kondisi seperti ini akan menurunkan readability.
    6. Teks Putih di Atas Background Hitam
    Lebih baik membuat teks hitam diatas background putih, hal ini akan memenuhi legible.
    sedangkan jika membuat teks putih diatas background hitam kecepatan membaca semakin lambat
    karena mata merasa cepat lelah akibat silau dan ini tentunya mebgurangi legibility dan readability.

    Display Type & Text Type
    1.Display type:Semua texs yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type.
    2.Text type: Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama.
    FONT STYLE
    Beberapa gaya umum yang dapat Anda gunakan untuk membangun kontras.
    – Roman style
    – Italic style
    – Italic simulated by oblique
    – Bold style
    – Small caps

    Cara memilih Font yang baik:
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.
    1. Simplicity & Contrast
    Petunjuk penggunaan :
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface. Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama.
    – Gunakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras.
    2. Serif vs Sans Serif
    Penggunaan font Serif dan sans serif semuanya tergantung penggunaan, mood dan proyek individual.

  53. Nama:Nazir Manahan Manurung
    NIM:11419020
    Kelas:42TRPL1

    Tipografi merupakan sebagai suatu segala disiplin yang berkenaan dengan huruf atau dengan kata lain merupakan seni dan ilmu menampilkan teks.

    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.
    sedangkan Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.

    display type merupakan Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian sedangkan text type merupakan Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama.
    Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat. Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.

    Adapun petunjuk yang dimana untuk menerapkan simplicity dan contrast dalam pemilihan tipografi adalah:

    1. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface, misalnya satu untuk bodytext, satu untuk display text.Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama, misalnya hanya menggunakan sans serif.
    2. Gunakan size, weight, style (misalnya italic/ small caps), hue untuk membentuk kontras, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup.

    Ada beberapa tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font adalah:

    1. Browser developer tools untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
    2. Indentifont: http://www.identifont.com, untuk mengidentifikasi nama sebuah font.
    3. WhatTheFont: http://myfonts.com/WhatTheFont, untuk menemukan nama font.

  54. Nama : Suryanto Ray S Panjaitan
    NIM : 11419031
    Prodi : 42 TRPL 1

    Istilah dalam Typography:
    – Karakter : komponen terkecil dari bahasa tulisan
    – Huruf : satuan dalam alphabet (26 buah)
    – Typeface : mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    – Font : satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    – Serif dan Sans Serif
    – Typografi : seni dan ilmu menampilkan teks

    Legibility berarti kemudahan dalam mengenali dan membedakan masing- masing huruf atau
    karakter sedangkan readability berarti keseluruhan teks yang mudah dibaca.
    Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam typography yaitu:
    – Kombinasi huruf dan jaraknya
    – Huruf capital dan huruf kecil
    – Jarak antar huruf
    – Jarak antar kata
    – Jarak antar baris
    – Teks putih diatas background hitam

    Display Type : Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type
    Text Type : Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama

    Simplicity dan Contrast
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    – Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    – Gunakan size, weight, style(misalnya italic/small caps), hue untuk membentuk kontra

  55. ama: Maristella Sitanggang
    NIM: 11419064
    Kelas: 42TRPL 2

    Tipografi adalah seni/ilmu yang menampilkan/mengurus teks atau pengaturan type.
    Istilah dalam Tipografi:
    – Karakter: Komponen terkecil dari bahasa tulisan
    – Huruf: Satuan dalam alphabet
    – Typeface: Mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    – Font: Satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    – Serif & Sans Serif: Tambahan pada huruf berupa semacam kait & Tidak memiliki kait

    Legibility = Berhubungan denga kemudahan dalam mengenali serta membedakan masing-masing huruf/karakter. Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan. Satu jenis huruf dikatakan legible apabila masing-masing huruf atau karakter-karakternya mudah dikenali dan dibedakan dengan jelas satu sama lain.
    Readability = Berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks, dengan kata lain teks yang readable secara menyuluruh mudah dibaca. Apabila legibility lebih membahas kejelasan karakter satu per satu, readability tidak lagi menyangkut huruf satu per satu, melainkan keseluruhan teks yang disusun dalam satu komposisi.

    Aspek yang perlu diperhatikan dengan Tipografi:
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya.
    2. Penggunaan huruf kapital, dan huruf kecil.
    3. Mengatur jarak antarhuruf.
    4. Mengatur jarak antarkata.
    5. Mengatur jarak antarbaris.

    Display Type = Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian.
    Text Type = Teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama.

    Simplicity & Contrast
    – Tidak menggunakan terlalu banyak typeface ( 2 – 3 sudah cukup)
    – Tidak menggunakan 2 typeface dari kategori font yang sama.
    – Menggunakan warna, size, weight, style yang berbeda, dan tidak terlalu banyak jenisnya.

    Beberapa tools yang dapat digunakan dalam pemilihan font adalah:
    – Browser developer tools: Untuk memeriksa CSS style untuk melihat jenis font yang digunakan dalam sebuah website.
    – Indentifont: Untuk mengidentifikasi nama sebuah font.
    – WhatTheFont: Untuk menemukan nama font.

  56. Nama : Ares J. M. Pardosi
    NIM : 11419062
    Kelas : 42 TRPL 2

    ———— TIPOGRAFI ————
    Istilah dalam Tipografi
    – Karakter
    Karakter adalah komponen terkecil dari Bahasa tulisan. Misalnya huruf/letter, angka-angka, tanda baca dan symbol-simbol lain termasuk dalam karakter.
    – Huruf
    Huruf adalah satuan dalam alphabet(yang dalam bahasa Latin terdiri dari 26 buah).
    – Typeface
    Typeface bisa dikatakan karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama, yang memiliki desain dan proporsi yang serupa dan konsisten.
    – Font
    Font adalah suatu jenis typeface yang membedakanya adalah ukuran dan style.
    – SERIF & SANS SERIF
    Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak. Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).

    Aspek Tipografi
    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf. Topogarafi adalah seni dan ilmu menampilkan teks (atau “pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer).

    Legibility
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter yang dimana karakter atau huruf tersebut mudah dikenali dan dibedakan dengan jelas satu sama lain.

    Regibility
    Regibility berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu text. Test yang readable berate keseluruhannya mudah dibaca.

    – Kombinasi Huruf dan Jaraknya
    Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    – Huruf Kapital dan Huruf Kecil
    – Jarak Antarhuruf dan Antarkata
    Jarak antar huruf dan antar kata memiliki pengaruh terutama bukan dalam hal legibility tetapi dalam hal readability. Mengatur jarak antar huruf dan antar kata artinya mengatur ruang negatif sebuah teks.
    – Jarak Antarbaris
    Seperti jarak antar huruf dan kata, pengaturan jarak antar baris juga berpengaruh besar terhadap readability.
    – Teks Putih di Atas Background Hitam
    Pilihan paling legible pada hal ini adalah teks hitam di atas background putih, namun sering kali orang membuat kebalikannya, teks putih di atas background hitam atau berwarna gelap.

    Display Type & Text Type
    – Display type : semua teks yang berfungsi sebagi penarik perhatian, digolongkan dalam display type.
    – Text type : teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama.

    PEMILIHAN FONT
    Prinsip-prinsip desain dapat digunakan dalam proses pemilihan font.
    Simplicity & Contrast
    Petunjuk untuk menerapkan simplicity dan contrast dalam pemilihan tipografi adalah:
    – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    – Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    – Gubakan size, weight, style, hue untuk membentuk kontras.

    Serif vs Sans Serif
    Jika ditanya, mana yang lebih baik: serif atau sans-serif? Jawabannya adalah semuanya tergantung penggunaan, mood dan proyek individual.Serif dan sans-serif dapat bekerja di sejumlah aplikasi. Kuncinya, seperti halnya teknik atau tools desain lainnya, gunakan tipografi yang baik dengan tujuan sesuai konten.

  57. Nama : Yohana Sihombing
    NIM :11419055
    Kelas : 42 TRPL-2

    Tipografi
    Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf. Pada prakteknya, saat ini tipografi telah jauh berkolaborasi dengan bidang-bidang seperti multimedia dan animasi, web dan online media lainnya, sinematografi, interior, arsitektur, desain produk dan lain sebagainya

    LEGIBILITY & READABILITY
    Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.
    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks.
    Istilah dalam tipografi:
    -Karakter = Komponen terkecil dari bahasa tulisan
    – Huruf = Satuan dalam alphabet (26 buah)
    – Typeface = Mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    -Font = Satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    -Serif dan Sans Serif

    Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam tipograpi yaitu:
    1.Kombinasi huruf dan jaraknya
    2.Huruf kapital dan huruf kecil
    3.Jarak antarhuruf
    4.Jarak antarkata
    5.Jarak antarbaris
    6.Teks putih diatas background hitam

    Display Text & Display Type
    Display Type artinya semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian, digolongkan dalam display type.
    sedangkan Text Type yaitu teks-teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama.

    Simplicity & Contrast
    1.Tidak menggunakan terlalu banyak typeface,2 – 3 sudah cukup
    2.Tidak menggunakan 2 typeface dari kategori font yang sama
    3.Menggunakan warna, size, weight, style yang berbeda, dan tidak terlalu banyak jenisnya

    Serif vs Sans Serif
    Semuanya tergantung penggunaan, mood dan proyek individualBanyak proyek desain yang besar menggabungkan kedua style. Ini berlaku untuk proyek untuk versi cetak atau digital.

  58. Nama : Samuel Halomoan Manalu
    NIM : 11419041

    TIPOGRAFI
    Typogarafi adalah seni dan ilmu menampilkan teks (atau “pengaturan type” seperti yang disebut oleh print designer).
    Pada prakteknya, saat ini tipografi telah jauh berkolaborasi dengan bidang-bidang seperti multimedia dan animasi, web dan online media lainnya, sinematografi, interior, arsitektur, desain produk, dll.

    Istilah dalam Typography:
    1. Karakter = komponen terkecil dari bahasa tulisan
    2. Huruf = satuan dalam alphabet (26 buah)
    3. Typeface = mengarah pada bentuk/desain huruf yang digunakan
    4. Font = satu set metal type dari suatu typeface yang sama ukuran dan typenya
    5. Serif dan Sans Serif = serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak. Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).
    6. Typografi = seni dan ilmu menampilkan teks

    LEGIBILITY & READABILITY
    Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter.Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.

    Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.

    Apabila legibility lebih membahas kejelasan karakter satu per satu, readability tidak lagi menyangkut huruf satu per satu, melainkan keseluruhan teks yang disusun dalam satu komposisi.

    Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam typography yaitu:
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya
    2. Huruf capital dan huruf kecil
    3. Jarak antar huruf
    4. Jarak antar kata
    5. Jarak antar baris
    6. Teks putih diatas background hitam

    Display dan Text Type
    Display type -> semua text yang berfungsi sebagai penarik perhatian
    Text type -> teks teks diluar display type fungsinya untuk dibaca dengan seksama.

    Gunakan typography yang baik dengan tujuan sesuai konten.
    FONT STYLE
    – Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    -Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface

    Dalam pemilihan font perlu diperhatikan aspek simplicity dan constrant serta pemilihan Serif dan San Serif tergantung pada penggunaan.
    Simplicity dan Contrast
    1. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface
    2. Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama
    3. Gunakan size, weight, style(misalnya italic/small caps), hue untuk membentuk kontras

  59. Nama : Evelin Sinurat
    NIM : 11419056
    Kelas : 42TRPL 2

    Typography

    Tipografi adalah seni/ilmu yang menampilkan teks atau pengaturan type.

    A. Istilah
    – Karakter, adalah komponen terkecil dari bahasa tulisan seperti angka, tanda baca, dan simbol.
    – Huruf, yaitu satuan yang ada pada alfabet, terdiri dari 26 buah.
    – Typeface, adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk dapat digunakan bersama-sama, lebih mengarah pada bentuk desain huruf yang digunakan.
    – Font, adalah satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan style-nya.
    – Serif & Sans Serif. Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Beberapa typeface ada yang memiliki serif, dan tidak memiliki serif.

    B. Legibility & Readibility
    1. Legibility
    => Berhubungan dengan kemudahan dalam mengenali, membedakan masing-masing pada huruf/karakter. Lebih mengarah kepada desain/bentuk huruf yang digunakan.

    2. Readibility
    => Berhubungan dengan tingkat keterbacaan pada suatu teks. Atau dengan kata lain secara keseluruhan mudah dibaca.

    – Kombinasi huruf dan jarak.
    – Huruf kapital dan huruf kecil.
    – Jarak antar huruf dan antar kata.
    – Jarak antar baris.
    – Teks putih di atas background hitam.

    C. Display Type & Text Type
    1. Display Type
    => Adalah semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian. Seperti, cenderung mudah dilihat, memiliki ukuran yang besar dan singkat.
    2. Text Type
    => Adalah teks-teks di luar display type yang befungsi untuk dibaca dengan seksama. Biasanya membutuhkan konsentrasi untuk membaca, karena berukuran kecil dan panjang.

    D. Font Style
    Prinsip-prinsip desain dalam pemilihan font:
    1. Simplicity & Contrast
    => – Tidak menggunakan lebih dari 2/3 typeface.
    – Menggunakan size, weight, style, hue, untuk membentuk kontras.

    2. Serif & Sans Serif
    => Digunakan tergantung pada penggunaan, mood, dan proyek indivual.

    3. Tools
    => – Identifont
    – WhatTheFont

  60. Nama : Michael Binsar Tua Sinaga
    NIM : 11419012
    Kelas : 42 TRPL 1

    Typography
    Istilah dalam Typography :
    1. Karakter -> komponen terkecil dari bahasa tulisan.
    2. Huruf -> satuan dalam alfabet(yang dalam bahasa Latin terdiri dari 26 buah).
    3. Typeface -> Typeface adalah karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama.
    4. Font -> Font pada jaman dahulu adalah satu set metal type dari suatu typeface, yang sama ukuran dan sama style-nya.
    5. Serif -> bentuk tambahan pada huruf berupa semacan kait.
    Sans Serif -> tidak mempunyai bentuk tambahan semacam kait.
    6. TIPOGRAFI -> Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    LEGIBILITY & READABILITY
    LEGIBILITY -> Legibility berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter. Legibility menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.
    READABILITY -> Readability berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Teks yang readable berarti keseluruhannya mudah dibaca.

    Aspek yang perlu diperhatikan dalam typography :
    1. Kombinasi huruf dan jaraknya.
    -> Huruf- huruf tertentu, bila diletakkan saling bersebelahan dalam jarak yang sangat dekat, dapat mengakibatkan orang salah mengenalinya.
    2. Penggunaan huruf kapital dan huruf kecil.
    3. Mengatur jarak antarhuruf dan Antarkata
    -> Jarak antar huruf dan antar kata memiliki pengaruh terutama bukan dalam hal legibility tetapi dalam hal readability. Mengatur jarak antar huruf dan antar kata artinya mengatur ruang negatif sebuah teks.
    4. Mengatur jarak antarbaris.
    -> Mata sulit membaca teks dengan jarak antar baris yang terlalu besar, karena harus mencari baris selanjutnya yang letaknya jauh dari baris pertama. Kondisi seperti ini akan menurunkan readability.
    5. Teks Putih di Atas Background Hitam
    -> Pilihan paling legible pada hal ini adalah teks hitam di atas background putih, namun sering kali orang membuat kebalikannya, teks putih di atas background hitam atau berwarna gelap.

    DISPLAY TYPE & TEXT TYPE
    Display type cenderung mudah terlihat, berukuran besar dan singkat
    Text type lebih memerlukan konsentrasi untuk membacanya, berukuran kecil dan panjang.

    FONT STYLE
    Berikut adalah beberapa gaya umum yang dapat Anda gunakan untuk membangun kontras.
    1. Italic dan boldface membuat kontras dalam orientasi dan nilai, masing-masing, tanpa secara substransial mengubah bentuk huruf.
    2. Small caps adalah style berguna yang lain. Seperti italic, small caps terkadang adalah font yang dirancang tangan yang disertakan pada keluarga typeface (seringkali sedikit lebih lebar (wider)

    Simplicity & Contrast
    Petunjuk untuk menerapkan simplicity dan contrast dalam pemilihan tipografi adalah:
    1. Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface, misalnya satu untuk bodytext, satu untuk display text.Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama, misalnya hanya menggunakan sans serif.
    2. Gunakan size, weight, style (misalnya italic/ small caps), hue untuk membentuk kontras, tetapi 4-5 jenis variasi font harus cukup.

  61. Nama : Michael Situmorang
    NIM : 11419005
    Kelas: 42TRPL1

    KARAKTER: Komponen terkecil dari bahasa tulisan. Huruf/ letter, angka-angka, tanda baca dan simbol-simbol lain termasuk dalam karakter.

    HURUF: Satuan dalam alfabet.

    TYPEFACE: karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. Karakter-karakter ini memiliki desain dan proporsi yang serupa dan konsisten.

    FONT: Font adalah pilihan jenis huruf dan ukuran dan gaya, seperti roman, italic, oblique, boldface, dll.

    SERIF & SANS SERIF: Serif adalah bentuk tambahan pada huruf berupa semacam kait. Ada typeface yang memiliki serif, ada juga yang tidak. Typeface jenis serif muncul lebih dulu dibandingkan jenis sans serif (tanpa serif).

    TIPOGRAFI: Tipografi dimaknai sebagai segala disiplin yang berkenaan dengan huruf.

    LEGIBILITY: berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter, menyangkut desain atau bentuk huruf yang digunakan.

    READABILITY: berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks, menyangkut kejelasan suatu bacaan.

    DALAM PEMILIHAN FONT, TERDAPAT PRINSIP PRINSIP BERIKUT.
    1. Simplicity & Contrast=> jangan melakukan lebih dari 2 atau 3 typeface
    2. Serif vs Sans Serif=> jika ditanya mana lebih baik, semuanya baik, tergantuung mood atau suasana pada interface.
    3. Tools=> dapat digunakan dalam pemilihan font seperti bootstrap pada CSS dan lain lain

  62. Nama : Timothy J F Henan NIM : 11419028 Kelas : 42 TRPL 1 Istilah dalam Tipography 1. Karakter : Komponen terkecil dari bahasa tulisan. 2. Huruf : Satuan dalam alfabet. 3. Typeface : Karakter-karakter yang didesain khusus untuk digunakan bersama-sama. 4. Font : Jenis typeface yang ditambah pembedanya dengan ukuran dan style. 5. Serif & Sans Serif : Serif adalah tambahan pada huruf berupa semacam kait . Tipografi : seni atau ilmu yang menampilkan teks atau pengaturan type. Legibility : berhubungan dengan kemudahan mengenali dan membedakan masing-masing huruf atau karakter . Readability : berhubungan dengan tingkat keterbacaan suatu teks. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan berkaitan dengan tipography : 1. Kombinasi huruf dan jaraknya 2. Huruf kapital dan huruf kecil 3. Jarak antarhuruf 4. Jarak antarkata 5. Jarak antarbaris Display Type & Text Type – Display Type : Semua teks yang berfungsi sebagai penarik perhatian . – Text Type : Semua teks di luar display type yang fungsinya untuk dibaca dengan seksama . Simplicity dan Contrast – Jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 typeface. – Jangan gunakan dua typeface dari kategori font yang sama. – Gunakan size, weight, style(misalnya italic/small caps), hue untuk membentuk kontras.

Comments are closed.