Materi sebelumnya:
Innovation Engine: Habitat


RESOURCES

Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi.

Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Misalnya, semakin banyak Anda mengetahui tentang memancing, semakin banyak ikan yang dapat Anda tangkap; semakin banyak Anda mengetahui tentang tembaga, semakin banyak Anda dapat menambang; dan semakin banyak Anda tahu tentang venture capital, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan pendanaan.

Ketika berbicara tentang Resources, lihatlah pada sumber daya alam, pada proses yang dilakukan dan pada budaya (Culture) yang dibangun.

Gambar 1: Knowledge dan Resources pada Innovation Engine

Dengan demikian, Resources di lingkungan Anda memengaruhi Knowledge Anda, dan Knowledge Anda memungkinkan Anda untuk mengakses Resources. Inilah sebabnya mengapa Resources berada tepat di luar Knowledge pada Innovation Enginge seperti ditunjukkan pada Gambar 1.

Penting untuk diperhatikan bahwa beberapa Resources di lingkungan Anda mudah dikenali, sementara yang lain memerlukan penggalian lebih dalam. Perlu diperhatikan agar kondisi yang tidak baik ini tidak terjadi pada Anda: Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiri. Maka kembangkan Knowledge Anda untuk mengenali dan memanfaatkan Resources di hadapan Anda untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.


CULTURES

Gambar 2: Attitude dan Culture pada Innovation Engine

Setiap orang, keluarga, sekolah, dan organisasi berkontribusi pada budaya (Culture). Oleh karena itu, Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Inilah sebabnya mengapa Culture berada tepat di luar Attitude dalam Innovation Engine, seperti pada Gambar 2.

Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami. Pertimbangkan bagaimana norma budaya tentang membuang sampah ke tanah, mendaur ulang kaleng dan botol, merokok, dan menghemat energi telah berubah selama bertahun-tahun. Masing-masing gelombang perubahan ini dimulai ketika beberapa orang mengubah sikap dan perilaku mereka. Seiring waktu, ide-ide ini menjadi menular dan akhirnya didukung oleh undang-undang yang memperkuat sikap kolektif tersebut. Oleh karena itu, kita semua memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya di komunitas kita.


Innovation Engine dan Kreativitas

Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Apa pun itu dapat kita gunakan untuk memicu Innovation Engine, misalnya setiap kata, setiap objek, setiap keputusan, dan setiap tindakan.

Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:

  • mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
  • connecting and combining ideas,
  • reframing problems, dan
  • melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas Anda dengan:

  • membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
  • membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
  • berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

Referensi

  • InGenius: a Crash Course on Creativity, Tina Seelig, 2012.
  • http://www.huffingtonpost.com/screencraft/discover-what-its-like-to_b_9099188.html
  • https://officesnapshots.com/2012/07/16/pixar-headquarters-and-the-legacy-of-steve-jobs/
  • https://officesnapshots.com/2007/07/16/pixar-hq/
  • http://www.insidethemagic.net/2017/05/photos-visit-pixars-headquarters-emeryville-california/
  • Photo by Proxyclick Visitor Management System on Unsplash


55 thoughts on “Innovation Engine: Resources, Cultures

  1. RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita (semua aset di komunitas).
    Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang dimiliki, semakin banyak sumber daya yang dapat dimobilisasi.
    CULTURES
    Setiap orang, keluarga, sekolah, dan organisasi berkontribusi pada budaya (Culture). Oleh karena itu, Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana.
    Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami.
    Innovation Engine dan Kreativitas
    Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan diri sendiri untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar,
    • connecting and combining ideas,
    • reframing problems,
    • moving beyond the first right answers.
    Untuk dapat meningkatkan hasil kreativitas dengan:
    • membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    • membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi,
    • berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  2. Innovation Engine: Resources, Cultures
    RESOURCES : segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita
    Resources termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi. Resources di lingkungan Anda memengaruhi Knowledge Anda, dan Knowledge Anda memungkinkan Anda untuk mengakses Resources.

    CULTURES : budaya
    Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana

    Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    – Mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar
    – Connecting and combining ideas,
    – Reframing problems, dan
    – Melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).
    Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas Anda dengan:
    – Membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru
    – Membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi
    – Berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  3. Innovation engine :
    Resources
    Sumber daya adalah segala sesuatu yang bernilai di sekitar. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi. semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin banak sumber daya dapat anda mobilisasi. Resource lingkungan anda mempengaruhi pengetahuan dan pengetahuan memungkinkan anda untuk mengakses resource.

    Culture (budaya)
    Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Inilah sebabnya mengapa Culture berada tepat di luar Attitude dalam Innovation Engine. Culture dalam komunitas manapun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal disana.

    Innovation engine dan kreativitas:
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    – Mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar.
    – Penyambung dan pengabung ideas,
    – Reframing masalah
    – Melampaui jawaban benar pertama.

  4. Sumber daya (resources) adalah segala segala sesuatu yang bernilai dilingkungan kita. Resources berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi.
    Cultures. Setiap orang, Keluarga, sekolah dan organisasi berkontribusi pada budaya. Oleh karena itu culture dalam komunitas manapun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal disana.
    Kreativias dapat ditingkatkan dengan:
    • Mengasah kemampuan anda untuk mengamati dan belajar
    • Connecting and combining ideas
    • Reframing problems
    • Melampui jawaban benar pertama
    Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas anda dengan:
    • Membangun habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru
    • Membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi dan
    • Berkontribusi pada culture yang mendorong eksperimen.

  5. Innovation Engine: Resources, Cultures

    Resource
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model.Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi.Maka kembangkan Knowledge Anda untuk mengenali dan memanfaatkan Resources di hadapan Anda untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.

    Cultures
    Setiap orang, keluarga, sekolah, dan organisasi berkontribusi pada budaya (Culture). Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Inilah sebabnya mengapa Culture berada tepat di luar Attitude dalam Innovation Engine.

  6. Resources ( sumber daya) merupakan segala sesuatu yang bernilai di lingkungan dan sumber daya yang dimaksud dapat berbagai bentuk yang berbeda beda. Apabila pengetahuan (Knowlegdge) yang kita miliki banyak, maka semakin banyak sumber daya yang dapat di mobilisasi. Dengan mengembangkan knowledge dapat membantu mengenali dan memanfaatkan resources di hadapan kita untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.

    Cultures (kebudayaan) adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di berbagai komunitas. Apabila sejumlah individu mengubah Attitude maka Culture dalam lingkungannya juga akan berubah secara alami.
    Innovation Engine dan Kreativitas

    Kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir yang diprakarsai oleh dorongan untuk mengatasi tantangan dan meraih meluang. Kreativitas dapat ditingkatkan dengan mengasah kemampuan, connecting and combining ideas, reframing problems dan melampaui jawaban benar pertama dan hasil kreativitas dapat ditingkatkan dengan membangun habitat dan tim yang baik serta berkontribusi pada culture yang mendorong eksperimen.

  7. Sumber daya (Resources): yaitu semua asset di komoditas. Terdapat dalam bentuk yang berbeda seperti modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan. Dapat juga seperti individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki maka sumber daya yang dimiliki atau dimobilisasi akan semakin banyak. Contoh apabila banyak orang mengetahui tentang memancing, maka ikan yang ditangkap akan semakin banyak, semakin banyak yang mengetahui tentang tembaga, maka akan semakin banyak orang yang menambang.

    Budaya (Cultures): kepercayaan, nilai, dan perilkau kolektif local dalam komoditas. Culture pada dasarnya adalah sifat kolektif dari semua orang yang tinggal. Culture dapat berubah seiring dengan bagaimana norma budaya yang ada di masyarakat

    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    1. Mengasah kemampuan dalam mengamati dan belajar
    2. Connecting dan combining ideas
    3. Reframing problems
    4. Melampaui jawaban benar pertama

  8. Innovation Engine: Resources, Cultures

    RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Knowledge Anda memungkinkan Anda untuk mengakses Resources.Maka kembangkan Knowledge Anda untuk mengenali dan memanfaatkan Resources di hadapan Anda untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.

    CULTURES
    Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Culture dalam lingkungannya berubah secara alami.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Apa pun itu dapat kita gunakan untuk memicu Innovation Engine.

  9. RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita.
    Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi.
    Penting untuk diperhatikan bahwa beberapa Resources di lingkungan Anda mudah dikenali, sementara yang lain memerlukan penggalian lebih dalam. Perlu diperhatikan agar kondisi yang tidak baik ini tidak terjadi pada Anda: Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiri. Maka kembangkan Knowledge Anda untuk mengenali dan memanfaatkan Resources di hadapan Anda untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.

    CULTURES
    Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana.
    Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami. Masing-masing gelombang perubahan ini dimulai ketika beberapa orang mengubah sikap dan perilaku mereka. Seiring waktu.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    connecting and combining ideas,
    reframing problems,
    danmelampaui jawaban benar .

  10. Nama : Kiki Ferawati Sianipar
    NIM : 11418030
    RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiri.
    CULTURES
    Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Oleh karena itu, kita semua memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya di komunitas kita.
    Innovation Engine dan Kreativitas
    kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    • connecting and combining ideas,
    • reframing problems, dan
    • melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).
    Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas Anda dengan:
    • membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    • membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    • berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  11. Nama : Saut Raja Marihot Tua Sihotang
    Nim : 11418055

    Resources  segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun.
    Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi.
    Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiri

    Cultures  Setiap orang, keluarga, sekolah, dan organisasi berkontribusi pada budaya (Culture)
    Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami. Pertimbangkan bagaimana norma budaya tentang membuang sampah ke tanah, mendaur ulang kaleng dan botol, merokok, dan menghemat energi telah berubah selama bertahun-tahun

    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    • connecting and combining ideas,
    • reframing problems, dan
    • melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).
    Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas Anda dengan:
    • membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    • membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    • berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  12. RESOURCES
    Resources atau Sumber daya adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Semakin banyak Knowledge yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiri.
    CULTURES
    Setiap orang, keluarga, sekolah, dan organisasi berkontribusi pada budaya (Culture). Culture adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Oleh karena itu, kita semua memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya di komunitas kita.
    Innovation Engine dan Kreativitas
    kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Kreativitas dapat ditingkatkan dengan mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar, connecting and combining ideas, reframing problems, danmelampaui jawaban benar pertama.

  13. Nama : Rince Septriana Parhusip
    NIM : 11418056

    *Ringkasan*
    Sumber daya (Resources) merupakan segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.

    *Rangkuman*
    RESOURCES
    Sumber daya adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi.

    CULTURES
    Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana.

    INNOVATION ENGINE dan KREATIVITAS
    kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    1. mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    2. connecting and combining ideas,
    3. reframing problems, dan
    4. melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

  14. Resources adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi yang mendorong inovasi. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi.

    Culture adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.

    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • Mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar,
    • Connecting and combining ideas,
    • Reframing problems, dan
    • Melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

    Meningkatkan hasil kreativitas dengan:
    • Membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan
    lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    • Membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    • Berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  15. Resources, Cultures
    • Recourse merupakan segala sesuatu yang bernilai dilingkungan. Sumber daya atau recourse ini ada dalam bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya lainnya. Resource merupakan individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model, dan mentor serta organisasi. Resources dilingkungan mempengaruhi Knowledge sehingga Resources berada tepat diluar Knowledge pada Innovation Engine. Semakin banyak pengetahuan atau knowledge yang dimiliki seseorang semakin banyak sumber daya yang dapat dijadikan mobilisasi. Sehingga knowledge perlu dikembangkan untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.
    • Cultures merupakan sikap kolektif dari semua orang yang tinggal disuatu tempat. Sehingga cultures berada tepat di luar Attitude dalam Innovation Engine. Jika jumlah individu mengubah Attitude maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami.
    • Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas adalah sumberdaya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Kreativitas ditingkat dengan mengasah kemampuan, connecting,reframing problem, jawaban.

  16. Innovation Engine: Resources, Cultures
    *Resources adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi.
    *Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Inilah sebabnya mengapa Culture berada tepat di luar Attitude dalam Innovation Engine. Pertimbangkan bagaimana norma budaya tentang membuang sampah ke tanah, mendaur ulang kaleng dan botol, merokok, dan menghemat energi telah berubah selama bertahun-tahun.
    Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    • connecting and combining ideas,
    • reframing problems, dan
    • moving beyond the first right answers.
    Untuk meningkatkan hasil kreativitas dapat dengan:
    • membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    • membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    • berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  17. Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu. Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Seiring waktu, ide-ide ini menjadi menular dan akhirnya didukung oleh undang-undang yang memperkuat sikap kolektif tersebut. Oleh karena itu, kita semua memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya di komunitas kita. Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Apa pun itu dapat kita gunakan untuk memicu Innovation Engine, misalnya setiap kata, setiap objek, setiap keputusan, dan setiap tindakan.

  18. Resources (sumber daya) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Resources ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana, pengetahuan, keahlian dan lain-lain. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge), semakin banyak sumber daya yang dapat dimobilisasi. Maka, kita perlu mengembangkan Knowledge untuk mengenali dan memanfaatkan sumber daya untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.

    Culture (budaya) memiliki peranan penting dalam membentuk attitude seseorang. Oleh karena itu, kita semua memiliki peranan penting dalam menumbuhkan budaya yang baik di komunitad kita.
    Kretivitas dapat ditingkatkan dengan :
    • Mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar
    • Connecting dan combining ideas
    • Reframing problems
    • Melampaui jawaban benar pertama
    Meningkatkan hasil kreativitas dengan :
    • Membangun habitat yang mendorong penyelesaian maslah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru
    • Mebangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi
    • Berkontribusi pada culture yang mendorong eksperimen

  19. Innovation Engine: Resources, Cultures

    RESOURCES
    Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Dengan demikian, Resources di lingkungan Anda memengaruhi Knowledge Anda, dan Knowledge Anda memungkinkan Anda untuk mengakses Resources. Penting untuk diperhatikan bahwa beberapa Resources di lingkungan Anda mudah dikenali, sementara yang lain memerlukan penggalian lebih dalam. Maka kembangkan Knowledge Anda untuk mengenali dan memanfaatkan Resources di hadapan Anda untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.

    CULTURES
    Setiap orang, keluarga, sekolah, dan organisasi berkontribusi pada budaya . Oleh karena itu, Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Inilah sebabnya mengapa Culture berada tepat di luar Attitude dalam Innovation Engine, seperti pada Gambar 2. Seiring waktu, ide-ide ini menjadi menular dan akhirnya didukung oleh undang-undang yang memperkuat sikap kolektif tersebut.

    Innovation Engine dan Kreativitas

    Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Apa pun itu dapat kita gunakan untuk memicu Innovation Engine, misalnya setiap kata, setiap objek, setiap keputusan, dan setiap tindakan.

    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:

    • mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar
    • connecting and combining ideas
    • reframing problems
    • melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

    Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas Anda dengan:
    • membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah
    • menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru
    • membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi
    • berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  20. Innovation Engine: Resources, Cultures

    Sumber daya (Resources) merupakan segala sesuatu yang bernilai di lingkungan, terbagi dalam berbagai bentuk yang berbeda. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi.
    Resources di lingkungan memengaruhi Knowledge, dan Knowledge memungkinkan untuk mengakses Resources.
    Cultures merupakan sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di lingkungan.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    – mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar,
    – connecting and combining ideas,
    – reframing problems, dan
    – melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).
    Meningkatkan kreativitas dapat digunakan dengan:
    – membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    – membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    – berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen

  21. Innovation Engine: Resources, Cultures
    Resources (sumber daya) merupakan segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Resource juga termasuk dalam individu dengan pengetahuan dan keahlian yang berfungsi sebagai pemandu, role model, dan mentor serta organisasi. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang dimiliki, maka semakin banyak juga sumber daya yang dapat dimobilisasi. Sehingga dengan mengembangkan pengetahuan kita dapat mengenali dan memanfaatkan resources di hadapan kita untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.
    Culture (budaya) merupakan sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di tempatnya. Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami.
    Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar, connecting and combining ideas, reframing problems, dan moving beyond the first right answers.

  22. Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam.
    Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi.
    Resources yang ada didalam linkungan kita akan memungkinkan untuk memengaruhi knowledge kita.
    Penting untuk menjadi bahan perhatian bahwa beberapa resources di lingkungan kita
    akan mudah dikenali dengan penggalian yang lebih dalam.
    Cultures merupakan budaya yang memiliki kontribusi dari orang orang seperti keluarga
    sekolah dan organisasi lainnya.
    Oleh karena itu, Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana.
    Inilah sebabnya mengapa Culture berada tepat di luar Attitude dalam Innovation Engine,
    Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir atapun tanpa batasan , yang diprakarsai oleh
    dorongan dari dalam diri untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang yang masih mungkin.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    – mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar,
    – connecting and combining ideas,
    – reframing problems,
    – melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).
    Untuk dapat meningkatkan hasil kreativitas dapat dengan:
    – membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah,
    – menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    – membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    -berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  23. RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, dan lain-lain. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Misalnya, semakin banyak Anda mengetahui tentang memancing, semakin banyak ikan yang dapat Anda tangkap.

    CULTURES
    Setiap orang, keluarga, sekolah, dan organisasi berkontribusi pada budaya (Culture). Oleh karena itu, Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal disana. Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • Mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar
    • Connecting and combining ideas
    • Reframing problems
    • Melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

    Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas Anda dengan:
    • Membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru
    • Membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi
    • Berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  24. Faktor external lainnya dalam innovation engine adalah:
    • Resources (Sumber Daya) merupakan segala sesuatu yang bernilai atau berguna di lingkungan kita. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang berguna sebagai pemandu, role model, dan mentor serta organisasi yang mendorong inovasi. Resources mempengaruhi pengetahuan, dan pengetahuan yang kita miliki mengakses resources
    • Cultures (Budaya) merupakan sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di daerah mereka. Budaya dapat mempengaruhi lingkungan sekitar kita. Oleh karena itu kita harus mampu membuat ide-ide yang kreatif sehingga ide tersebut dapat menular terhadap orang lain yang didukung oleh undang-undang yang memperkuat sikap kolektif tersebut.

    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • Mengasah kemampuan untuk belajar
    • Ide-ide yang diberikan dihubungkan dan dikombinasikan
    • Reframing problems
    • Melampaui jawaban benar pertama

  25. Innovation Engine: Resources, Cultures
    a. Resources
    Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin banyak sumber daya yang dapat mobilisasi. Resources di lingkungan akan memengaruhi Knowledge dan memungkinkan untuk mengakses Resources. Maka kembangkan Knowledge untuk mengenali dan memanfaatkan Resources untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.
    b. Cultures
    Culture dalam komunitas pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Inilah sebabnya mengapa Culture berada tepat di luar Attitude dalam Innovation Engine,. Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami. Oleh karena itu, kita semua memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya di komunitas kita.

    kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Apa pun itu dapat kita gunakan untuk memicu Innovation Engine, misalnya setiap kata, setiap objek, setiap keputusan, dan setiap tindakan

  26. • Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita.Sumber daya yang dimaksud disini termasuk dana ataupun sumber daya alam. emakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang kita miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat kita mobilisasi. Jika kita memiliki pengetahuan maka kita bisa mengembangkan sumber daya yang ada disekitar kita yang tidak terpikirkan orang lain sebelumnya. Seringkali orang lain lebih terfokus pada sumber daya yang ada didaerah lain sehingga tidak melihat nilai sumber dayanya sendiri. Culture atau budaya mengikut pada attitude setiap orang. Jika sikap orang berubah maka akan mempengaruhi pada culture mereka. Oleh sebab itu, kita semua memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya di komunitas kita. Pada dasarnya kreativitas adalah sumber daya tanpa batas. Untuk menumbuhkan kreativitas dapat ditingkatkan dengan: mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,mconnecting and combining ideas, reframing problems, dan melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

  27. Topik:Innovation Engine: Resources, Cultures

    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    1.mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar,
    2.connecting and combining ideas,
    3.reframing problems, dan
    4.melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

    Kita dapat meningkatkan hasil kreativitas dengan:
    1. membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    2. membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    3. berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  28. Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun.
    kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    • connecting and combining ideas,
    • reframing problems, dan
    • melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).
    Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas Anda dengan:
    • membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    • membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    • berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  29. RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Resources di lingkungan Anda memengaruhi Knowledge Anda, dan Knowledge Anda memungkinkan Anda untuk mengakses Resources.

    CULTURES
    Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    1. mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    2. connecting and combining ideas,
    3. reframing problems, dan
    4. melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

    Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas Anda dengan:
    1. membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    2. membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    3. berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  30. Resources adalah segala sesuatu yang bernilai dilingkungan kita. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi yang mendorong inovasi. Semakin banyak knowledge maka semakin banyak sumber daya yang dapat dimobilisasi. Resources dilingkungan mempengaruhi knowledge, dan knowledge memungkinkan untuk mengakses resources.
    Culture adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal disuatu komunitas. Jika sejumlah individu mengubah attitude mereka, maka culture dalam lingkungannya berubah secara alami. Semua orang memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya dikomunitasnya.
    Innovation engine dan kreativitas
    Kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir yang diprakarsai oleh dorongan untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Cara untuk mengingkatkan hasil kreativitas:
    1. membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    2. membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi
    3. berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen

  31. Topik: Innovation Engine: Resources, Cultures

    Resources
    Resources merupakan segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Individu yang memiliki pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model, dan mentor, dapat juga disebut sebagai Resources. Semakin banyak Knowledge yang dimiliki, makan akan semakin banyak sumber daya yang dapat dimobilisasi. Resources di lingkungan sekitar memengaruhi Knowledge yang dimiliki, dan Knowledge memungkinkan untuk mengakses Resources.

    Cultures
    Culture dalam pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Oleh karena itu, setiap orang memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya di komunitas masing-masing.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas merupakan sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan untuk untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar,
    • connecting and combining ideas,
    • reframing problems, dan
    • melampaui jawaban benar pertama

  32. Resources adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiri. Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Kreativitas dapat ditingkatkan dengan mengasah kemampuan kita, connecting dan combining ideas, reframing problems, melampaui jawaban benar pertama. Kita dapat meningkatkan hasil kreativitas kita dengan membangun habitat yang mendorong penyelesaian masalah, membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan berkontribusi pada culture yang mendorong eksperimen

  33. Resources adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi. Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Misalnya, semakin banyak Anda mengetahui tentang memancing, semakin banyak ikan yang dapat Anda tangkap. Kreativitas dapat ditingkatkan dengan mengasah kemampuan kita, connecting dan combining ideas, reframing problems, melampaui jawaban benar pertama. Kita dapat meningkatkan hasil kreativitas kita dengan membangun habitat yang mendorong penyelesaian masalah, membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan berkontribusi pada culture yang mendorong eksperimen

  34. RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi.
    Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi.
    CULTURES
    Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Inilah sebabnya mengapa Culture berada tepat di luar Attitude dalam Innovation Engine.
    ika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami
    Innovation Engine dan Kreativitas
    Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Apa pun itu dapat kita gunakan untuk memicu Innovation Engine, misalnya setiap kata, setiap objek, setiap keputusan, dan setiap tindakan.

  35. RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    • connecting and combining ideas,
    • reframing problems, dan
    • melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).
    Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas Anda dengan:
    • membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    • membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    • berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  36. Sumber daya (Resource) merupakan hal yang memiliki nilai yang berada di sekitar lingkungan hidup. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun. Budaya (Cultures) merupakan sikap kolektif yang terdapat pada lingkungan hidup. Sikap kolektif tersebut muncul dari kebiasaan yang terjadi pada lingkungan. Kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kreativitas, yaitu mengasah kemampuan untuk mengamati, menghubungkan ide-ide, memetakan masalah, melampaui jawaban benar pertama.

  37. Innovation Engine: Resources, Cultures
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang kita miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat kita mobilisasi. Dengan demikian, Resources di lingkungan memengaruhi Knowledge kita, dan Knowledge kita memungkinkan untuk mengakses Resources. Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami. Oleh karena itu, kita semua memiliki peran penting dalam menumbuhkan budaya di komunitas kita.

  38. Resources (sumber daya) adalah semua aset dikomunitas yang bernilai di lingkungan dalam berbagai bentuk yang berbeda. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi. Resources dilingkungan mempengaruhi knowledge, sehingga knowledge memungkinkan untuk mengakses resources (alasan resources berada tepat diluar knowledge innovation engine). Sehingga perlu dikembangkan knowledge untuk mengenali dan memanfaatkan resources untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.
    Sedangkan cultures merupakan sikap kolektif dari semua orang yang tinggal/berkontribusi pada budaya.. Contohnya: budaya membuang sampah ke tanah, mendaur ulang kaleng dan botol, merokok, dan menghemat energi telah berubah selama bertahun-tahun. Kita dapat menggunakan setiap kata, setiap objek, setiap keputusan dari setiap tindakan untuk mendorong kreativitas, Selain itu kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    – mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar,
    – connecting and combining ideas,
    – reframing problems, dan
    – melampaui jawaban benar pertama.

  39. RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi. Ketika berbicara tentang Resources, lihatlah pada sumber daya alam, pada proses yang dilakukan dan pada budaya (Culture) yang dibangun.

    Setiap orang, keluarga, sekolah, dan organisasi berkontribusi pada budaya (Culture). Oleh karena itu, Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • Mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    • Connecting and combining ideas,
    • Reframing problems, dan
    • Melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).
    Anda dapat meningkatkan hasil kreativitas Anda dengan:
    • Membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    • Membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    • Berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  40. RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun.
    Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi.

    CULTURES
    Culture adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Masing-masing gelombang perubahan dimulai ketika beberapa orang mengubah sikap dan perilaku mereka. Seiring waktu, ide-ide ini menjadi menular dan akhirnya didukung oleh undang-undang yang memperkuat sikap kolektif tersebut.

    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    • mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    • connecting and combining ideas,
    • reframing problems, dan
    • melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

    Meningkatkan hasil kreativitas dengan:
    • membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan
    lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    • membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    • berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  41. Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi.Penting untuk diperhatikan bahwa beberapa Resources di lingkungan Anda mudah dikenali, sementara yang lain memerlukan penggalian lebih dalam. Perlu diperhatikan agar kondisi yang tidak baik ini tidak terjadi pada Anda: Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiriorganisasi berkontribusi pada budaya (Culture). Oleh karena itu, Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana.Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.Apa pun itu dapat kita gunakan untuk memicu Innovation Engine, misalnya setiap kata, setiap objek, setiap keputusan, dan setiap tindakan.

  42. Innovation Engine: Resources, Cultures
    Resources adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Maka kembangkan Knowledge Anda untuk mengenali dan memanfaatkan Resources di hadapan Anda untuk meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.
    Culture adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di suatu tempat. Tetapi, jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami.
    Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    -Mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar.
    -Connecting and combining ideas.
    -Reframing problems.
    -Melampaui jawaban benar pertama.
    Meningkatkan hasil kreativitas dengan:
    -Membangun habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru.
    -Membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi.
    -Berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  43. Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan sekitar kita termasuk individu serta wawasan, pengetahuan, keahlian yang dia miliki yang mendorong inovasi. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang dimiliki seseorang, semakin banyak sumber daya yang dapat dimobilisasi olehnya. Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiri. Culture adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di suatu lingkungan atau wilayah. Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami. hakikatnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, dimana kreativitas sendiri diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Ada berbagai cara untuk meningkatkan kreativitas diantaranya mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar, connecting and combining ideas, reframing problems, dan melampaui jawaban benar pertama. Sedangkan untuk dapat meningkatkan hasil kreativitas individu dilakukan dengan membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru, membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  44. 1. Resources
    Semakin banyak knowledge yang kita miliki, semakin banyak resource yang dapat kita mobilisasi. Resource juga temasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi yang mendorong inovasi. Resource di lingkungan akan mempengaruhi orangnya, dan knowledge seseorang kemungkinan untuk mengakses resource.

    2. Cultures
    Cultur dalam komunitas pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal disebuah komunitas. Jika sejumlah individu mengubah attitude mereka, maka culture dalam lingkungannya berubah secara alami.

    3. Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir yang diprakarsai oleh dorongan seseorang untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Cara meningkatkan kreativitas:
    – Mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar
    – Connecting and combining ideas
    – Reframing problem
    – Melampaui jawaban benar pertama.
    Cara meningkatkan hasil kreativitas:
    – Membangun habitat yang mendorong penyelesaian masalah
    – Membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi
    – Berkontribusi pada culture yang mendorong eksperimen.

  45. Resouce merupakan sumber daya yang ada dilingkungan kita. Baik dalam bentuk manusia, modal dan dana dan yang tidak kalah penting pengetahuan dan wawasan. Dimana pengetahuan dan wawasan inilah yang membuat nilai anda bukan dalam maksud nilai dalam pelajaran melainkan bobot, menjadi lebih tinggi. Dengan pengetahuan mumpuni tentang memancing dapat membuat anda memancing ikan dibanding orang yang baru belajar memancing. Resource mempengaruhi knowledge dan knowledge mempengaruhi untuk akses Resource sendiri.

    Cultures merupakan budaya dimana budaya juga dipengaruhi langsung oleh Attitude. Attitude yang bagus dan dilakukan scara berulang ulang memungkinkan membentuk orang yang berbudaya. Jadi baiknya untuk mengubah budaya adalah dengan mengubah attitude dahulu karna attitude lah yang menjalankan budaya.

  46. Nama : Martin Simanjuntak
    Nim : 11418045

    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun

    Innovation Engine dan Kreativitas
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:

    mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    connecting and combining ideas,
    reframing problems, dan
    melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

  47. Resources
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita dan memiliki bentuk yang berbeda. Resources juga bisa berupa individu dengan pengetahuan dan keahlian. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat dimobilisasi. Dapat dikatakan resources yang ada di lingkungan kita dapat memengaruhi Knowledge dan memungkinkan kita untuk mengakses Resources.

    Cultures
    Setiap orang, keluarga, sekolah, dan organisasi berkontribusi pada budaya (Culture). Sehingga Culture dalam komunitas pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang ada.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.

    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    – mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    – connecting and combining ideas,
    – reframing problems, dan melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

    Kita dapat meningkatkan hasil kreativitas dengan:
    – membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah
    – menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru
    – membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi.
    – Berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  48. Resources adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun.
    Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Perlu kita perhatikan agar kondisi yang tidak baik ini tidak terjadi pada Anda: “Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiri.”

    Kita sekarang berbicara mengenai kreativitas. Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:

    mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar, connecting and combining ideas, reframing problems, dan melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

  49. Topik:Innovation Engine: Resources, Cultures

    Sumber daya (Resources) adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan dan segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    – Mengasah kemampuan untuk mengamati dan belajar,
    – Menyambung dan mengkombinasikan ide,
    – Mengubah sudut pandang masalah, dan
    – Melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

    Kita dapat meningkatkan hasil kreativitas dengan:
    – Membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    – Membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    – Berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  50. Resources adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun.
    Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang Anda miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat Anda mobilisasi. Perlu kita perhatikan agar kondisi yang tidak baik ini tidak terjadi pada Anda: “Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiri.”

    Kita sekarang berbicara mengenai kreativitas. Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:

    mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar, connecting and combining ideas, reframing problems, dan melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).
    Terkadang orang tidak mengenali aset di lingkungan mereka. Mereka begitu fokus dalam mencoba mereplikasi aset di bagian lain dunia sehingga mereka tidak melihat nilainya di Resources mereka sendiri.

  51. Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang kita miliki, semakin banyak sumber daya yang dapat kita mobilisasi. Misalnya, semakin banyak Kita mengetahui tentang memancing, semakin banyak ikan yang dapat Kita tangkap; semakin banyak kita mengetahui tentang tembaga, semakin banyak kita dapat menambang; dan semakin banyak kita tahu tentang venture capital, semakin besar kemungkinan kita mendapatkan pendanaan.

    Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Kita untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang. Apa pun itu dapat kita gunakan untuk memicu Innovation Engine, misalnya setiap kata, setiap objek, setiap keputusan, dan setiap tindakan.
    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan, mengasah kemampuan kitauntuk mengamati dan belajar,connecting and combining ideas,reframing problems, dan melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

  52. INNOVATION ENGINE: RESOURCES, CULTURES

    Bukan hanya habitat saja, tapi Resource dan Cultures juga merupakan bagian luar dari Innovation Engine.

    RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai atau sebagai panduan di lingkungan kita . Sumber daya ini ada dalam berbagai bentuk yang berbeda, termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun.
    Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi. Semakin banyak pengetahuan (Knowledge) yang dimiliki, semakin banyak sumber daya yang dapat dimobilisasi.

    CULTURES
    Culture adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Masing-masing gelombang perubahan dimulai ketika beberapa orang mengubah sikap dan perilaku mereka. Seiring waktu, ide-ide ini menjadi menular dan akhirnya didukung oleh undang-undang yang memperkuat sikap kolektif tersebut.

    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    – Mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    – Connecting and combining ideas,
    – Reframing problems, dan
    – Melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

    Meningkatkan hasil kreativitas dengan:
    – Membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan
    lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    – Membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan

  53. Innovation Engine: Resource and culture
    1. Resource adalah segala sesuatu yang dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan pengerjaan proyek. Kita harus melakukan pengembangan terhadap pegetahuan kita untuk mengenali dan memanfaatkan resource di hadapan kita sehingga meningkatkan kreativitas dan menciptakan produk inovatif.

    2. Cultures adalah perbedaan dalam sebuah tim yang dapat kita lihat sebagai hal yang positif. culture dapat membawa variasi yang khas sehingga membuat sesuatu lebih menarik apabila variasi tersebut dapat dikombinasikan. culture dapat berubah seiring perubahan atitude seseorang.

    Kreativitas dapat ditingkatkan dengan:
    -mengasah kemampuan Anda untuk mengamati dan belajar,
    -connecting and combining ideas,
    -reframing problems, dan
    -melampaui jawaban benar pertama (moving beyond the first right answers).

    Kita dapat meningkatkan hasil kreativitas dengan:
    -membangun Habitat yang mendorong penyelesaian masalah, menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan ide-ide baru,
    -membangun tim yang dioptimalkan untuk inovasi, dan
    -berkontribusi pada Culture yang mendorong eksperimen.

  54. Innovation Engine: Resources, Cultures
    RESOURCES
    Sumber daya (Resources) adalah segala sesuatu yang bernilai di lingkungan kita. termasuk modal dana yang dapat diinvestasikan ke perusahaan baru dan sumber daya alam seperti ikan, bunga-bunga, tembaga, berlian, pantai, dan air terjun. Resources juga termasuk individu dengan pengetahuan dan keahlian yang dapat berfungsi sebagai pemandu, role model dan mentor serta organisasi seperti universitas dan perusahaan lokal yang mendorong inovasi. Penting untuk diperhatikan bahwa beberapa Resources di lingkungan Anda mudah dikenali, sementara yang lain memerlukan penggalian lebih dalam. Maka membangkan Knowledge adalah cara terbaik untuk mengenali dan memanfaatkan Resources di hadapan kita.
    CULTURES
    Culture dalam komunitas mana pun pada dasarnya adalah sikap kolektif dari semua orang yang tinggal di sana. Jika sejumlah individu mengubah Attitude mereka, maka Culture dalam lingkungannya berubah secara alami. gelombang perubahan dimulai ketika beberapa orang mengubah sikap dan perilaku mereka.

    Innovation Engine dan Kreativitas
    Pada dasarnya, kreativitas adalah sumber daya tanpa akhir, yang diprakarsai oleh dorongan Anda untuk mengatasi tantangan dan meraih peluang.

Comments are closed.