PENGANTAR

Tugas perancangan ulang website IT Del dilakukan dengan berfokus pada:

  1. Penyajian informasi dengan struktur yang baik sehingga mudah diakses dan ditemukan.
  2. Perancangan halaman-halaman website dalam bentuk prototipe yang dapat menciptakan experience yang baik bagi pembaca.

INSTRUKSI TUGAS

Pengerjaan tugas dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu:

  1. Evaluasi
  2. Eksplorasi dan analisis
  3. Redesign informasi

Tahap 1: Evaluasi Website IT Del

  1. Lakukan evaluasi terhadap website Institut Teknologi Del (IT Del) untuk menemukan kondisi yang baik dan yang kurang baik untuk kemudian perlu diperbaiki. Evaluasi ini mengikuti proses Heuristic Evaluation. Silahkan baca artikel Heuristic Evaluation sebagai panduan melakukan evaluasi.
  2. Hasil evaluasi ditulikan dalam penjelasan pada artikel. Urutkan masalah yang ditemukan dengan prioritas perbaikan tertinggi di nomor 1, dan seterusnya. Praktek yang kurang baik tetap dituliskan dalam KALIMAT POSITIF. Lengkapi evaluasi dengan potongan-potongan gambar untuk memperjelas informasi.

Tahap 2: Eksplorasi dan Analisis

  1. Eksplorasi terhadap 4-5 website universitas di dalam dan luar Indonesia. Pelajari dan catat hal baik dan kurang baik dari desain, interaksi, flow dan cara menyajikan informasi.
  2. Tuliskan hasil eksplorasi dengan membagi pembahasan pada 2 hal, yaitu praktek konsep UI/UX yang baik dan praktek yang kurang baik. Praktek yang baik dapat dijadikan acuan untuk perancangan ulang website IT Del. Penjelasan mengandung istilah-istilah atau keyword terkait konsep UI/UX.

Tahap 3: Merancang Ulang Website IT Del

  1. Tuliskan daftar masalah dan rekomendasi untuk perancangan ulang website IT Del, berdasarkan tugas Tahap 1 dan Tahap 2.
  2. Tuliskan deskripsi ringkas beberapa paragraf tentang desain website IT Del baru yang akan dibuat.
  3. Rancangan UI dibangun untuk 2 fitur: Tentang Del dan Program Pendidikan. Lakukan restrukturisasi layout, informasi yang disajikan dan dapat juga menambahkan level halaman jika dibutuhkan untuk membuat informasi lebih mudah ditemukan.
  4. Rancangan yang dibuat mengikuti urutan:
    • Membuat Information Architecture (Site Map, Task Flow, User Flow) rancangan website IT Del yang baru berserta narasi penjelasannya. Gunakan aplikasi seperti Microsoft Visio, Omni Graffle dan sejenisnya untuk membuat Information Architecture. Anda juga dapat mengakses template-template yang tersedia di internet, tetapi tetap menyebutkannya dalam referensi.
    • Membuat prototipe halaman website IT Del yang baru, dalam bentuk high fidelity prototype, menggunakan aplikasi Adobe XD atau sejenisnya.
    • Melakukan Usability Testing sederhana.

PELAPORAN DAN OUTPUT

  1. Hasil kerja dituliskan pada akun Medium dalam bentuk beberapa artikel yang saling mengacu satu sama lain. Artikel dipecah untuk mempermudah membaca sesuai bagian kerjanya dan informasi tidak menumpuk di satu artikel panjang.
  2. Terapkan konsep User Research, Persona, Information Architecture, Wireframing, Prototyping, Usability Testing pada proses pengerjaan tugas dan dituliskan adalam laporan.
  3. Format pelaporan:
    • Judul (yang relevan dengan isi dan juga menarik perhatian untuk mengundang pembaca)
    • Daftar Isi
    • Isi yang dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu: evaluasi, evaluasi & analisis dan perancangan ulang. Setiap bagian isi dapat dipecah lagi menjadi subtopik dengan format Heading yang berjenjang.
    • Penjelasan dituliskan dalam bentuk narasi yang terstruktur, satu pokok bahasan tiap paragraf, penjelasan dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca.
  4. Format penulisan:
    • Gunakan fitur heading, pembuatan garis pembatas, bullet, numbering.
    • Batasi setiap bagian topik dan subtopik dengan garis pembatas.
    • Berikan caption dalam bentuk kalimat untuk setiap gambar.
    • Atur ukuran setiap gambar agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil, dapat dibaca dengan jelas.
    • Setiap gambar atau tabel harus diacu/disebut namanya dan diberi penjelasan. Gambar milik orang lain harus diacu link-nya pada caption (Caption dibuat menjadi hyperlink).
    • Tuliskan setiap referensi pada bagian akhir artikel mengikuti format penulisan referensi baku untuk buku, paper, artikel dari internet.
  5. Output dari tugas ini berupa beberapa artikel medium. Hasil perancangan ulang website mulai dari Information Architecture, prototype hingga hasil Usability Testing, dijabarkan dalam isi artikel.

Feature Image: Photo by Pankaj Patel on Unsplash