Topik-topik bahasan:

  1. Human Error
  2. Error Prevention
  3. Error Messages

Penjelasan Safety dalam bentuk video dapat diakses pada:


HUMAN ERROR

Human error umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja (Reason 1990).

Jenis error dapat dibedakan menjadi: Slips & lapses dan mistakes. Perbedaan keduanya ditunjukkan pada tabel di bawah ini.

SLIPS & LAPSESMISTAKES
Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar.Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.
Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori.
Biasanya ditemukan pada /skilled behavior.
Biasanya ditemukan pada rule-based behavior atau problem-solving behavior.

Satu framework untuk mengklasifikasikan perilaku kognitif membagi perilaku menjadi:

  • berbasis keterampilan/ skilled-based (prosedur yang dipelajari),
  • berbasis aturan/ rule-based (penerapan aturan if-then yang dipelajari),
  • berbasis pengetahuan/ knowledge-based (pemecahan masalah, logika, eksperimen, dll).
  1. Skill-based performance: kinerja seseorang atas suatu kondisi rutin. Kegiatan yang dilakukan secara rutin menjadikannya biasa berada pada level terbaiknya karena sudah terprogram dan dilakukan secara terus menerus.
  2. Rule-besed performance: kinerja seseorang seseorang atas suatu kondisi yang berada pada situasi antara rutin dan tidak. Di sini seseorang terkadang harus berahadapan pada situasi yang mengharuskannya mengacu pada panduan-panduan yang ada. Dalam menghadapi situasi ini seseorang akan melakukan suatu tindakan berdasarkan kondisi yang dialaminya yang disesuaikan dengan panduan yang ada.
  3. Knowledge-based performance: kinerja seseorang atas suatu kondisi nonrutin dan tidak ada panduan mengatasinya. Kondisi ini menjadikan seseorang harus melakukan tindakan yang dia tidak punya referensi sehingga berada bukan pada level terbaik kinerjanya.

Slips & Lapses

Slips & Lapses adalah error dalam kategori keterampilan (skilled-based), biasanya terjadi pada situasi rutin namun tindakan yang diambil tidak sesuai prosedur. Kegagalan pada jenis error ini terjadi pada working memory. Penyebabnya adalah melakukan sesuatu yang sudah familiar tetapi melupakan beberapa langkah.

Perbedaan Slips dengan Lapses adalah:

  • Slips berhubungan dengan observasi, dimana biasanya akan terjadi kesalahan pengamatan atau persepsi.
  • Lapses disebabkan oleh kondisi yang lebih pada internal seseorang, yakni berhubungan dengan memori atau ingatannya yang menyebabkan jenis error yang “tak disengaja” karena “lupa” tentang sesuatu atau tindakan.

Mistakes

Mistakes adalah error karena menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai satu tujuan. Pada mistakes, user menerapkan aturan pada situasi yang salah dan user mungkin tidak menyadari mistake tersebut. Hal ini bisa jadi sebuah masalah learnability atau isu terkait memori. Contoh:

  • Mengirimkan foto berukuran sangat besar melalui email
  • Menghapus file dengan cara menghapus shortcut dari Desktop
  • Lupa mengubah mode telepon menjadi vibration.

Mistakes adalah error pada perilaku rule-based atau knowledge-based, misalnya menerapkan aturan dalam situasi yang seharusnya tidak boleh diterapkan, atau menggunakan alasan yang salah. Kondisi ini terjadi karena berada dalam situasi tidak sepenuhnya mengetahui solusi dari apa yang terjadi karena di luar rutinitas sehingga seseorang harus mengambil tindakan berdasarkan keadaan yang ditemui dan panduan yang dimiliki.

Perbandingan slip dengan lapse dan dengan mistake adalah:

SLIPLAPSEMISTAKE
SLIP adalah kegagalan dari eksekusi atau kontrol – misalnya, mengganti satu tindakan dengan tindakan lain dalam prosedur.LAPSE adalah kegagalan pada memori – misalnya, melupakan tujuan keseluruhan, atau lupa di mana posisi Anda dalam sebuah rangkaian prosedur.MISTAKE adalah kesalahan (error) yang dilakukan sejak dalam perencanaan atau aturan aplikasi.

Secara keseluruhan error dapat dipetakan seperti pada gambar di bawah ini.


Slips: Capture Error

Capture error terjadi ketika seseorang mulai mengeksekusi satu rangkaian aksi, tetapi kemudian beralih ke urutan lain (biasanya lebih familiar) yang terjadi untuk memulai cara yang sama. Contohnya:

  • Meninggalkan rumah dan menyadiri bahwa kita berjalan menuju sekolah, bukan ke tempat yang seharusnya dituju.
  • Pada text editor TextEdit, cara untuk keluar dari aplikasi biasanya adalah dengan shortcut “Command + S + Q”, untuk menyimpan file (S) sekaligus keluar (Q). Jika user hanya perlu menyimpan file (Command + S) tetapi tidak sengaja menekan Command + S + Q, ini disebut capture error.

Slips: Description Error

Description Error terjadi ketika dua aksi sangat mirip. User bermaksud melakukan satu aksi, tetapi tidak sengaja menggantinya dengan satu aksi lainnya yang mirip. Contoh sederhana sebuah description error adalah ketika mengambil minuman di kulkas, yang bentuknya adalah kotak karton, seharusnya mengambil kotak susu untuk dituangkan ke sereal, malah mengambil kotak jus dan menuangkan ke mangkuk sereal. Aksi menuangkan susu pada sereal dan menuangkan jus pada gelas hampir identik – buka kulkas, ambil satu kotak karton, buka – tetapi deskripsi mental user tentang tindakan yang dilakukan telah mengganti susu dengan jus.

Kiri: jus, Kanan: susu

Beberapa bentuk obyek lain yang mungkin rentan terhadap description error dapat dilihat pada tampilan Gmail di bawah ini. Pada tampilan Gmail di bagian kanan, tiga icon – checkbox, star dan important – terlihat sangat sama ketika tidak dicentang, membuka kemungkinan untuk mengalami description error. Misalnya ingin mengklik checkbox tetapi memilih star karena tahapan dan cara kerja memilih yang sama.

Slips: Mode Error

Mode error terjadi ketika user mencoba memanggil sebuah aksi yang tidak memiliki efek yang diinginkan pada mode saat ini. Misalnya, jika user bermaksud mengetikkan huruf kecil tetapi tidak menyadari bahwa Caps Lock sedang aktif, maka terjadi mode error. Contoh lain: Menghapus semua file di folder yang salah. Mode error biasanya adalah slip, sebuah error pada eksekusi sebuah prosedur yang dipelajari, disebabkan oleh kegagalan untuk mengevaluasi keadaan interface dengan benar.

Setelah mengetahui jenis-jenis error dan penyebabnya, maka kita perlu mengetahui cara menghindari error tersebut terjadi.


ERROR PREVENTION

Berikut adalah cara untuk menghidari terjadinya kesalahan pada berbagai jenis error.

Menghindari Capture Errors

  • Hindari urutan dengan awalan yang identik. Pada interface komputer, Anda dapat menghindari capture error dengan menghindari urutan tindakan yang sangat umum yang memiliki awalan yang identik.
  • Hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip. Jauhkan perintah-perintah yang berbahaya dari perintah-perintah yang umum.

Menghindari Mode Errors

Sebisa mungkin hilangkan mode, meskipun tidak selalu memungkinkan, karena mode memang memiliki beberapa kegunaan, misalnya membuat rangkaian perintah menjadi lebih sedikit. Ketika perlu, buatkan mode menjadi terlihat, misalnya membuat lampu indikator aktif pada Caps Lock di komputer ketika huruf kapital diaktifkan. Namun, ketika mode error terjadi, user tidak melihat kepada mode tetapi pada kontrol. Jadi, indikator status sebuah mode harus dapat dilihat oleh user. Inilah yang menyebabkan lampu Caps Lock sebenarnya tidak terlalu berfungsi baik.

Solusi lain untuk mengatasi error mode adalah dengan membuat temporary mode atau disebut spring-loaded. Dengan spring-loaded, user harus melakukan sebuah tindakan secara aktif untuk tetap pada mode tersebut, sehingga mengurangi kemungkinan user lupa pada mode apa dia berada. Contoh: Menekan tombol Shift ketika ingin mengaktifkan huruf kapital sebuah teks yang ingin diketikkan. Drag and drop adalah contoh lain spring-loaded; kita hanya men-drag sepanjang tombol mouse ditekan.


Membuat Confirmation Dialog

Confirmation dialog dapat secara substansial mengurangi efisiensi sebuah interface. Pada beberapa contoh di bawah ini, confirmation dialog muncul setiap kali user menghapus sesuatu, memaksa user untuk melakukan dua penekanan tombol untuk setiap proses penghapusan, bukan satu.

Confirmation Dialog yang muncul ketika ingin menghapus satu item

Perintah yang sudah sering dilakukan harus menghindari konfirmasi ini. Secara umum, reversibility/ hal yang dapat dikembalikan (i.e. undo) adalah solusi yang lebih baik dibandingkan konfirmasi. Bahkan interface web saat ini dapat memberikan setidaknya undo satu tingkat (membatalkan operasi terakhir).

Namun, operasi yang sangat sulit untuk dibatalkan mungkin perlu konfirmasi. Misalnya, berhenti dari aplikasi dengan pekerjaan yang belum disimpan adalah sulit untuk dibatalkan (undo), tetapi aplikasi yang dirancang dengan baik membuat hal ini bahkan dapat dibatalkan (undoable), dengan cara menggunakan automatic save atau menyimpan unsaved draft pada sebuah direktori khusus.

Pada dasarnya error dalam sebuah aplikasi yang dihindari atau diminimalisir. Namun, jika error tidak dapat dihindari, kita harus dapat menyampaikan pesan atas error yang terjadi dengan bahasa yang dapat dimengerti user, tidak membuat panik dan dapat membantu user memperbaiki kesalahan yang dihadapi.


ERROR MESSAGES

Menuliskan Pesan error

Pesan error adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem – kegagalan untuk mencegah sebuah error atau menyerapnya tanpa kelihat. Jadi cobalah untuk menghilangkan kesalahan terlebih dahulu.

Beberapa error tidak perlu menampilkan pesan error. Contohnya:

  • Ketika pengguna mengetikkan “abc” pada sebuah textbox untuk mengisi font size, tidak perlu menampilkan pesan pop-up bertuliskan “entri tidak valid”, cukup abaikan dan segera ganti dengan font size saat ini.
  • Jika user menggeser scrollbar terlalu jauh, Anda tidak perlu menampilkan pesan error “Too far! Too far!”. Cukup berhenti saja pada batas scrollbar bisa di-drag.

Jika efek dari tindakan sangat mudah terlihat, Anda tidak perlu menampilkan pesan error berlebihan.

Contoh pesan error yang seharusnya tidak terjadim misalnya melarang user menggunakan tanda penghubung atau spasi pada nomor yang harus diketikkan user seperti pada nomor akun atau nomor kartu kredit adalah cara yang berbahaya untuk usability.


Pesan Tepat dan Mudah Dipahami

Pesan kesalahan dapat dikatakan sebagai pesan yang tepat dan mudah dipahami, ketika dituliskan dengan:

  • Tepat
  • Nyatakan ulang input dari user
  • Berbicaralah dengan bahasa user
  • Sarankan alasan dan solusi

Pesan kesalahan dikatakan tepat, ketika:

  • Jangan gabungkan beberapa kondisi error menjadi satu pesan.
  • Cari tahu apa yang sebenarnya salah dan tampilkan pesan yang ditargetkan.
  • Jika error terjadi karena keterbatasan sistem seperti size atau karakter yang diizinkan, maka tampilkan pesan yang spesifik terkait keterbatasan tersebut, sehingga user dapat menyesuaikan (Lalu tanyakan dirimu mengapa batasan ini harus ada pada sistem).

Sering berikan bantuan dengan menyatakan kembali input dari user, sehingga mereka dapat menghubungkan apa yang mereka lakukan dengan pesan error, dan mungkin bahkan bisa mendeteksi masalah dengan segera (“Oh, maksud saya bukan paper.doc…”). Dalam pesan error, sangat penting untuk berbicara dengan bahasa user, dan menghindarkan menggunakan istilah atau detail teknis.


Sarankan Alasan dan Solusi

Pada pesan kesalahan, berikan bantuan konstruktif, yaitu mengapa kesalahan terjadi dan bagaimana cara memperbaiki atau mengatasi kesalahan tersebut. Berikan beberapa alasan untuk kesalahan yang terjadi dan tawarkan beberapa cara untuk memperbaikinya, idealnya dalam pesan dialog itu sendiri.

Contoh error message yang baik

Bersikap Sopan

Pesan harus diucapkan dengan sesedikit mungkin menyatakan kesalahan user dan timpakan kesahan pada sistem. Save the user’s face; jangan kuatir tentang komputer. Komputer tidak punya perasaan jikapun disalahkan, dan dalam banyak kasus, kesalahan interface adalah karena tidak menemukan cara untuk mencegah kesalahan sejak awal.


Hindari Pesan Terlalu Banyak

Banyak kata-kata yang sayangnya umum dibuat dalam pesan error secara teknis memiliki makna bermuatan emosional dalam bahasa biasa, contohnya fatal, ilegal, batalkan, dll.

Hindarkan penggunaan kata ini. Gunakan bahasa yang netral. Penggunaan bahasa dan simbol yang bermuatan emosional menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap kecerdasan manusia. Sikap ini sangat salah untuk desain user interface.


REFERENSI

  • Errors and Human Control. MIT Open Courseware. User Interface Design and Implementation. https://ocw.mit.edu/courses/electrical-engineering-and-computer-science/6-831-user-interface-design-and-implementation-spring-2011/lecture-notes/MIT6_831S11_lec05.pdf
  • Understanding Human Failure, http://www.hse.gov.uk/construction/lwit/assets/downloads/human-failure.pdf
  • Errors. Introduction to Human-Computer Interaction. University of Maryland. https://wiki.cs.umd.edu/cmsc434_s10/images/9/96/L12-Errors.pdf
  • Sekelumit Tentang Human Errors, https://tni-au.mil.id/rubrik-lambangja-sekelumit-tentang-human-errors/
  • Photo by Romson Preechawit on Unsplash


65 thoughts on “Safety

  1. Nama : Berliana Laurenza Simamora
    NIM : 11419016

    SAFETY
    Jenis error:
    1. slips & lapses
    a. Slips merupakan kegagalan yang berhubungan dengan observasi pada saat eksekusi. Jenis slips error antara lain:
    • capture error (tidak melakukan serangkaian aksi secara berurutan).
    • Description error (user salah melakukan aksi lain yang mirip).
    • Mode error (user melakukan aksi yang tidak diinginkan secara tidak sadar).
    b. lapses merupakan kondisi dimana seseorang melakukan kegagalan dibagian memori.
    2. Mistakes
    Merupakan prosedur yang salah dalam mencapai tujuan, karena berada dalam situasi yang tidak mengetahui solusi dari apa yang terjadi.

    ERROR PREVENTION
    1. Menghindari capture error:
    Dapat dilakukan dengan cara menghindari:
    • urutan yang memiliki awalan yang identic
    • aksi yang memiliki deskripsi yang mirip
    • perintah yang berbahaya dari perintah yang umum
    2. Menghindari from mode error
    • hilangkan mode
    • buat mode terlihat
    • membuat temporary mode
    3. Membuat Confirmation Dialog

    ERROR MESSAGES
    • Menuliskan Pesan error
    • Pesan Tepat dan Mudah Dipahami
    • Sarankan Alasan dan Solusi
    • Bersikap Sopan
    • Hindari Pesan Terlalu Banyak

  2. Nama : Geby W P Lumban Gaol
    NIM : 11419068

    Human Error adalah peristiwa dimana ururtan kegiatan yang direncanakan tidak mendapat pencapaian sesuai dengan apa yang diharapkan.
    Jenis error dapat dibedakan menjadi :
    1. Slip & Lapses
    Slip adalah kegagalan dalam eksekusi.
    Lapse adalah kegagalan pada memori.
    2. Mistakes merupakan menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.
    Error Prevention
    1. Menghindari Capture Errors
    Hindari urutan yang awalannya identik dan hindari aksi yang deskripsinya mirip.
    2. Menghindari Mode Errors
    Jika memungkinkan hilangkan mode dan membuat temporary mode/Spring-loaded
    3. Membuat Confirmation Dialog
    Confirmation dialog dapat digunakan jika error tidak dapat dihindari.

    Error Messages
    1. Menuliskan Pesan Error
    2. Pesan Tepat dan Mudah Dipahami
    3. Sarankan Alasan dan Solusi
    4. Bersikap Sopan
    5. Hindari Pesan Terlalu Banyak

  3. Nama : Mikhael Hutapea
    NIM: 11419037

    Human error didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    Jenis-jenis error
    1. Slips dan Lapses, kegagalan dalam menjalankan prosedur yang benar.
    Slips dan lapses termasuk error dalam kategori keterampilan (skills).
    Perbedaaan antara slips dan lapses:
    -Slips berhubungan dengan kesalahan dalam observasi.
    -Lapses disebabkan oleh kondisi internal.

    2. Mistake, menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan, menerapkan aturan pada situasi yang salah.
    Mistake adalah error pada perilaku rule-based atau knowledge-based.

    Jenis-jenis slips error
    a. Capture error
    b. Description error
    c. Mode error,

    Cara menghindari error (Error Prevention)
    1. Hindari urutan dengan awalan yang identik serta aksi dengan deskripsin yang mirip.
    2. Usahakan menghilangkan mode dan membuat temporary mode atau spring-loaded
    3. Jika error tidak dapat dihindari, pesan atas error yang terjadi disampaikan dengan bahasa yang dapat dimengerti user,
    tidak membuat panik dan dapat membantu user memperbaiki kesalahan yang dihadapi.

    Error Messages sebaiknya tepat dan mudah dipahami, menyarankan alasan dan solusi, bersikap sopan dan hindari pesan terlalu banyak.

  4. Nama : Oriza Sitanggang
    NIM : 11419018

    Safety : Seberapa banyak kesalahan yang dilakukan oleh user, seberapa parah kesalahan yang telah dilakukan oleh user dan seberapa mudah user memperbaiki kesalahan.
    1. Human Error : Peristiwa dimana urutan kegiatan mental ataupun fisik yang direncanakan gagal mencapai hasil yang diinginkan.
    Jenis Error :
    – Slips Lapses adalah Error dalam kategori skilled-based tindakan yang dilakukan tidak sesuai prosedur.
    – Mistakes adalah Error pada knowledge-based dengan menggunakan alasan yang salah.
    2. Error Prevention
    Cara menghindari kesalahan pada jenis error:
    – Menghindari Capture Errors
    – Menghindari Mode Errors
    – Membuat Confirmation Dialaog
    3. Error Messages
    – Menuliskan pesan error
    – Pesan tepat dan mudah dipahami
    – Sarankan alasan dan solusi
    – Bersikap Sopan
    – Hindari pesan terlalu banyak

  5. A. HUMAN ERROR
    Human error umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja

    B. ERROR PREVENTION => Pencegahan Error pada UI
    Berikut adalah cara untuk menghidari terjadinya kesalahan pada berbagai jenis error.

    1. Menghindari Capture Errors
    2. Menghindari Mode Errors
    3. Membuat Confirmation Dialog

    C. ERROR MESSAGES => Pesan Errors
    digolongkan menjadi 5 tahap, diantaranya :
    1.Menuliskan Pesan error
    2.Pesan Tepat dan Mudah Dipahami
    3.Sarankan Alasan dan Solusi
    4.Bersikap Sopan
    5.Hindari Pesan Terlalu Banyak

    Nama : Malino Sihotang
    NIM : 11419039

  6. Hepniwer Nur Aisah Purba (11419019)
    Safety merupakan keamanan yang berguna untuk melindungi user atau data dari situasi yang serius seperti kehilangan data.
    1. Human Error adalah peristiwa dimana ururtan kegiatan yang direncanakan tidak mendapat pencapaian sesuai dengan apa yang diharapkan. Jenis error dapat dibedakan menjadi :
    • Slip & Lapses Slip adalah kegagalan dalam eksekusi. Lapse adalah kegagalan pada memori.
    • Mistakes merupakan menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.
    2. Error Prevention
    • Menghindari Capture Errors Hindari urutan yang awalannya identik dan hindari aksi yang deskripsinya mirip.
    • Menghindari Mode Errors Jika memungkinkan hilangkan mode dan membuat temporary mode/Spring-loaded
    • Membuat Confirmation Dialog Confirmation dialog dapat digunakan jika error tidak dapat dihindari.
    3. Error Messages
    • Menuliskan Pesan Error
    • Pesan Tepat dan Mudah Dipahami
    • Sarankan Alasan dan Solusi
    • Bersikap Sopan
    • Hindari Pesan Terlalu Banyak

  7. Human error didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    Error prevention merupakan bentuk pencegahan kesalahan yang mungkin saja dilakukan oleh user. Error prevention disini merupakan pencegahan kesalahan yang dilakukan pada sistem. Dengan adanya error prevention ini maka akan memperkecil kemungkinan kesalahan oleh user pemula hingga expert.

    Error Messages adalah tampilan informasi yang menunjukkan informasi mengenai error yang terjadi, sehingga kita mampu mendapatkan solusi untuk menghindari error ataupun menyelesaikan error.

  8. Nama : Maristella Sitanggang
    NIM : 11419064
    Kelas : 42TRPL 2

    1. Human Error
    Human error umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja. Ada 3 jenis error yaitu:
    – Slip yaitu kegagalan dari eksekusi
    – Lapse yaitu kegagalan pada memory
    – Mistake : error yang dilakukan sejak dalam perencanaan aplikasi.

    2. Error Prevention
    Berikut adalah cara untuk menghidari terjadinya kesalahan pada berbagai jenis error.
    – Menghindari Capture Errors
    – Menghindari Mode Errors
    – Membuat Confirmation Dialog

    3. Error Messages
    – Menuliskan Pesan error
    – Pesan Tepat dan Mudah Dipahami
    – Sarankan Alasan dan Solusi
    – Bersikap Sopan
    – Hindari Pesan Terlalu Banyak

  9. SAFETY
    1. Human Error yaitu urutan kegiatan yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan. Ada 3 jenis error yaitu:
    – Slip yaitu kegagalan dari eksekusi
    – Lapse yaitu kegagalan pada memory
    – Mistake : error yang dilakukan sejak dalam perencanaan aplikasi.
    2. Error Prevention yaitu cara menghindari kesalahan pada berbagai jenis error.
    – Menghindari Capture Error dengan menghindari urutan dengan awalan yang identic
    – Menghindari Mode Error dengan sebisa mungkin menghilangkan mode, ataupun membuat mode menjadi lebih terlihat.
    – Mengkonfirmasi dialog dapat mengurangi efisiensi sebuah interface.
    3. Errors Message
    – Menuliskan pesan errors
    – Pesan tepat dan mudah dipahami
    – Selalu memberikan saran dan solusi
    – Bersikap sopan
    – Menghindari pesan yang terlalu banyak.

  10. Nama : Meyliza Veronica Siregar
    NIM : 11419058

    1. Human Error adalah keadaan saat urutan kegiatan yang direncanakan gagal dalam mencapai hasil yang diinginkan.
    Jenis-jenis error:
    • Slips & Lapses. Slip adalah kegagalan dalam eksekusi dan lapse adalah kegagalan pada memori.
    • Mistakes, adalah kesalahan dalam menggunakan prosedur demi mencapai tujuan. Mistakes merupakan error pada perilaku rule-based atau knowledge-based.
    2. Error Prevention
    • Menghindari capture error. Capture error dapat diatasi dengan menghindari aksi yang mirip dan menghindari perintah yang berbahaya dari perintah umum.
    • Menghindari error mode. Untuk menghindari error mode dapat membuat temporary mode/spring-loaded.
    • Mengkonfirmasi dialog, dapat mengurangi efisiensi interface.
    3. Error Messages
    • Menuliskan pesan error
    • Pesan yang dikirimkan harus tepat dan mudah dipahami,
    • Memberikan saran, alasan dan solusi
    • Bersikap sopan
    • Menghindari pesan terlalu banyak .

  11. Nama:Nazir Manahan Manurung
    NIM:11419020
    Kelas:42TRPL1

    Safety meliputi 3 aspek, yaitu:
    1.Human Error
    Merupakan sebagai peristiwa-peristiwa dimana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan. Jenis error dapat dibedakan menjadi:
    A.Slips dan Lapses
    B. Mistakes

    2.Error Prevention
    Cara untul menghindari terjadinya kesalahan pada berbagai jenia error yaitu:
    1.Menghindari Capture Errors
    2.Menghindari Mode Errors
    3.Membuat Confirmation Dialog

    4.Error Messages
    A. Menuliskan pesan error
    Pesan error adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem.
    B. Pesan tepat dan mudah dipahami
    Pesan kesalahan dapat dikatakan sebagai pesan yang tepat dan mudah dipahami, ketika dituliskan dengan tepat, nyatakan ulang input dari user, berbicaralah dengan bahas user dan sarankan alasan dan solusi
    C. Bersikap Sopan
    D. Hindari pesan terlalu banyak.

  12. Nama : Naldo Tua Samosir
    NIM : 11419024
    Kelas : 42 TRPL 1

    A. Human Error
    Didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan.
    Jenis error dapat dibedakan menjadi Slips & lapses dan mistakes.
    1. Slips & lapses
    adalah error dalam kategori keterampilan (skilled-based), biasanya terjadi pada situasi rutin namun tindakan yang diambil tidak sesuai prosedur. Kegagalan pada jenis error ini terjadi pada working memory. Mistakes
    adalah error karena menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai satu tujuan. Pada mistakes, user menerapkan aturan pada situasi yang salah dan user mungkin tidak menyadari mistake tersebut. Hal ini bisa jadi sebuah masalah learnability atau isu terkait memori.

    B. Error Prevention
    Cara untuk menghindarinya:
    1. Menghindari Capture Errors
    2. Menghindari Mode Errors
    3. Membuat Confirmation Dialog

    C. Error Messages
    esan error adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem – kegagalan untuk mencegah sebuah error atau menyerapnya tanpa kelihat.

  13. Nama : Ervina Sipahutar
    NIM : 11419066
    Kelas : 42 TRPL 2

    Human Error merupakan serangkaian peristiwa dengan urutan kegiatan mental atau fisik, yang kegagalan dalam pencapaian hasilnya telah direncanakan dan kegagalan tersebut tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari aksi yang tidak sengaja.

    Error dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
    a. Slips & Lapses : merupakan error dalam kategori keterampilan (skilled-based) terjadi pada situasi rutin namun tidak dilakukan sesuai prosedur.
    – Slips berhubungan dengan obeservasi (kesalahan pengamatan / persepsi)
    – Lapses disebabkan oleh kondisi internal (berhubungan dengan memori / ingatan).

    b. Mistakes : merupakan error karena salah penggunaan prosedur untuk mencapai satu tujuan. Mistakes berkaitan dengan perilaku rule-based atau knowledge-based, dimana aturan ditetapkan pada situasi yang seharusnya tidak boleh diterapkan, atau menggunakan alasan yang salah.

    Jenis slips :
    1. Capture error
    2. Description error
    3. Mode error

    Error Prevention :
    Menghindari Capture Errors
    a. Hindari urutan dengan awalan yang identik.
    b. Hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip.

  14. Nama : Irvandi Pransena Hutapea
    NIM : 11419008
    Kelas : 42TRPL1

    1. Human Error
    adalah peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Jenis error dapat dibedakan menjadi: Slips & lapses dan mistakes. Perbedaan keduanya ditunjukkan pada tabel di bawah ini.

    A. SLIPS & LAPSES
    Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar. Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori. Biasanya ditemukan pada /skilled behavior.

    Slips & Lapses adalah error dalam kategori keterampilan (skilled-based), biasanya terjadi pada situasi rutin namun tindakan yang diambil tidak sesuai prosedur. Kegagalan pada jenis error ini terjadi pada working memory. Penyebabnya adalah melakukan sesuatu yang sudah familiar tetapi melupakan beberapa langkah.

    Perbedaan Slips dengan Lapses adalah:

    —- Slips berhubungan dengan observasi, dimana biasanya akan terjadi kesalahan pengamatan atau persepsi.
    —– Lapses disebabkan oleh kondisi yang lebih pada internal seseorang, yakni berhubungan dengan memori atau ingatannya yang menyebabkan jenis error yang “tak disengaja” karena “lupa” tentang sesuatu atau tindakan.

    B. MISTAKES

    Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.
    Biasanya ditemukan pada rule-based behavior atau problem-solving behavior.
    Mistakes adalah error karena menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai satu tujuan. Pada mistakes, user menerapkan aturan pada situasi yang salah dan user mungkin tidak menyadari mistake tersebut. Hal ini bisa jadi sebuah masalah learnability atau isu terkait memori. Contoh:

    1. Mengirimkan foto berukuran sangat besar melalui email
    2. Menghapus file dengan cara menghapus shortcut dari Desktop
    3. Lupa mengubah mode telepon menjadi vibration.
    2. Error Prevention
    Menghindari Capture Errors
    A. Hindari urutan dengan awalan yang identik. Pada interface komputer, Anda dapat menghindari capture error dengan menghindari urutan tindakan yang sangat umum yang memiliki awalan yang identik.
    B. Hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip. Jauhkan perintah-perintah yang berbahaya dari perintah-perintah yang umum.
    3, Error Messages

    Menuliskan Pesan error
    Pesan error adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem – kegagalan untuk mencegah sebuah error atau menyerapnya tanpa kelihat. Jadi cobalah untuk menghilangkan kesalahan terlebih dahulu.

    Beberapa error tidak perlu menampilkan pesan error. Contohnya:

    A. Ketika pengguna mengetikkan “abc” pada sebuah textbox untuk mengisi font size, tidak perlu menampilkan pesan pop-up bertuliskan “entri tidak valid”, cukup abaikan dan segera ganti dengan font size saat ini.
    B. Jika user menggeser scrollbar terlalu jauh, Anda tidak perlu menampilkan pesan error “Too far! Too far!”. Cukup berhenti saja pada batas scrollbar bisa di-drag.

  15. Nama : Mei Pane
    NIM : 11419006

    Safety merupakan keamanan dan kenyamanan yang didapat oleh user.
    1. Human Error merupakan peristiwa dengan urutan kegiatan mental/fisik yang direncanakan gagal sehingga tidak dapat mencapai hasil yang diinginkan. Kegagalan ini biasanya terjadi akibat intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Jenis-jenis error sebagai berikut:
    1. Slips dan lapses => Gagal dalam menjalankan prosedur dengan benar yang biasanya ditemukan dalam skilled behavior.
    2. Mistake => menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan dan biasanya ditemukan pada rule bassed behavior

    2. Error prevention
    Cara untuk menghindari error
    1. Capture error => menghindari urutan awalan yang sama, menghindari aksi yang mirip, menjauhkan perintah-perintah yang bahaya.
    2. Mode errors => menghilangkan mode, membuat mode menjadi terlihat,membuat temporary mode.
    3. Confirmation dialog=> dengan mengembalikan aksi yang dilakukan oleh user

    3. Error message merupakan kurangnya fleksibilitas pada sebuah sistem.
    1. Menuliskan pesan error
    2.Pesan tepat dan mudah dipahami
    3.Sarankan alasan dan solusi
    4.Bersikap sopan
    5.Hindari pesan terlalu banyak

  16. Nama : Fretty L M Silalahi
    NIM : 11419057

    HUMAN ERROR => adalah peristiwa dimana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai target yang diharapkan.

    a)slips dan lapses
    yaitu kegagalan pada saat menjalankan prosedur dengan benar.
    adalah kegagalan dalam proses eksekusi.
    adalah kegagalan pada memori
    umumnya slips dan lapses ditemukan pada skilled behaviour
    b)mistakes
    yaitu kegagalan pada saat menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai target yang diharapkan.
    umumnya ditemukan pada rule based

    ERROR PREVENTION
    1.Menghindari capture error. Capture error dapat diatasi dengan menghindari aksi yang mirip dan menghindari perintah yang berbahaya dari perintah umum.
    2.Menghindari error mode. Untuk menghindari error mode dapat membuat temporary mode/spring-loaded.
    3.Mengkonfirmasi dialog, dapat mengurangi efisiensi interface.

    ERROR MESSAGES
    1.Menuliskan pesan error
    2.Pesan yang dikirimkan harus tepat dan mudah dipahami,
    3.Memberikan saran, alasan dan solusi
    4.Bersikap sopan

  17. Nama : Ivanowsky Fernandes Habeahan
    NIM : 11419030
    Kelas : 41 TRPL 1

    Human error umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    Jenis Error dapat dibedakan menjadi 2:
    1. Slips and Lapses
    -> Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori.
    2. Mistakes
    -> Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.

    Cara menghindari error:
    – Hindari capture errors
    – Hindari mode errors
    – Membuat confirmation dialog

    Error Messages
    -> Pesan error adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem – kegagalan untuk mencegah sebuah error atau menyerapnya tanpa kelihat.

  18. Nama : Clarita Butarbutar
    NIM : 11419067

    1. Human Error adalah peristiwa dimana urutan kegiatan fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan dan tidak dikaitkan dengan intervensi aksi yang tidak sengaja
    Jenis error dapat dibedakan menjadi slips & lapses dan mistakes.
    • Slips and lapses
    – Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar
    – Slip adalah kegagalan dalam eksekusi
    – Lapse adalah kegagalan pada memori
    – Biasanya ditemukan pada skilled behavior
    • Mistakes
    – Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan
    – Biasanya ditemukan pada rule-based behaviour atau problem-solving behaviour
    2. Error Prevention adalah cara yang dilakukan untuk mencegah user melakukan kesalahan daripada menampilkan pesan error, seperti membuat confirmation dialog.
    3. Error Messages, adalah suatu informasi mengenai kesalahan kita. Dalam menulis pesan error seharusnya tepat dan mudah dipahami, memberi alasan dan solusi, bersikap sopan, menghindari pesan terlalu banyak.

  19. Nama: Evelin Sinurat
    NIM: 11419056
    Kelas: 42 TRPL 2

    Safety
    1. Human Error, menurut (Reason 1990) adalah kegiatan mental/fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan. Kegagalan tidak berhubungan dengan intervensi beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Jenis Error:
    a. Slips & Lapes adalah error dalam skilled-based yang tidak dilakukan sesuai dengan prosedur, rutin terjadi.
    Slips = berhubungan dengan observasi, terjadi kesalahan mengeksekusi, pengamatan, atau persepsi.
    Lapse = kegagalan pada memori, disebabkan oleh kondisi seseorang lupa tentang suatu tindakan.

    Contoh slips:
    – Capture error
    – Description error
    – Mode error

    b. Mistakes adalah cara yang digunakan untuk mencapai tujuan, tetapi menggunakan prosedur yang salah. Berkaitan dengan perilaku rule-based / knowledge-based, menggunakan alasan yang salah, dan aturan diterapkan tidak sesuai.

    2. Error Prevention
    a. Menghindari awalan urutan yang identik.
    b. Menghindari deskripsi yang sangat mirip.
    c. Menghindari perintah berbahaya.

    3. Error Messages
    a. Pesan yang tepat, mudah dipahami.
    b. Menyarankan alasan, solusi.
    c. Bersikap sopan.
    d. Menghindari pesan yang banyak.

    Terimakasih bu.

  20. Nama : agus rokyanto siaban
    NIM : 11419045
    Kelas: 42TRPL2

    Safety : keamanan
    1. Human Error : keadaan mental atau fisik yang disengaja salah
    Error:
    > slips & lapse
    Slips = kesalahan observasi.
    Lapse = kesalahan memori.
    Contoh slips:
    – Capture error
    – Description error
    – Mode error
    > mistakes = kesalahan yang disebabkan oleh prosedur yang salah.

    2. Error Prevention
    >menggunakan urutan yang tidak identik disetiap proses
    >jangan memberikan perintah yang berbahaya
    >berikandeskripsi yang jelas berbeda

    3. Error Messages
    > pesan singkat padat jelas
    > menghindari pesan yang banyak.

  21. Nama :Daniel Naibaho
    Nim:11419047
    Kelas:42TRPL2

    1. Human Error
    Human error ialah peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan,dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja
    .
    Jenis Error:
    a.Slips & Lapes ialah error dalam skilled-based yang tidak dilakukan sesuai dengan prosedur.
    Perbedaan Slips dengan Lapses yaitu:
    Slips = berhubungan dengan observasi, terjadi kesalahan mengeksekusi, pengamatan, atau persepsi.
    Lapse = kegagalan pada memori, disebabkan oleh kondisi seseorang lupa tentang suatu tindakan.

    Contoh slips: Capture error, Description error ,Mode error

    b.Mistakes ialah error karena menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai satu tujuan. Mistakes adalah error pada perilaku rule-based atau knowledge-based, misalnya menerapkan aturan dalam situasi yang seharusnya tidak boleh diterapkan, atau menggunakan alasan yang salah

    2. Error Prevention
    Cara untuk menghidari terjadinya kesalahan pada berbagai jenis error yaitu:
    – Menghindari Capture Errors
    – Menghindari Mode Errors.
    – Membuat Confirmation Dialog

    3.Error Messages
    Pesan error adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem – kegagalan untuk mencegah sebuah error atau menyerapnya tanpa kelihat.
    Error massages harus menyarankan alasan dan solusi,sopan, dan pesan tidak terlalu banyak

  22. Nama : Santo L harianja
    Nim : 11419027

    Safety/Error

    1.HUMAN ERROR
    Human error umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan.
    Dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
    1. slips dan lapses
    Slips & Lapses adalah error dalam kategori keterampilan (skilled-based), biasanya terjadi pada situasi rutin namun tindakan yang diambil tidak sesuai prosedur.
    2. mistakes
    Mistakes adalah error karena menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai satu tujuan.

    2. ERROR PREVENTION
    Pada interface komputer, Anda dapat menghindari capture error dengan menghindari urutan tindakan yang sangat umum yang memiliki awalan yang identik.

    3.ERROR MESSAGES
    Pesan error adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem – kegagalan untuk mencegah sebuah error atau menyerapnya tanpa kelihat. Jadi cobalah untuk menghilangkan kesalahan terlebih dahulu.

  23. Nama : Dwiky Sitorus
    NIM : 11419004

    Safety/Error
    1. Human Error dapat di defenisikan sebagai peritstiwa yang dimana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencaptai hasil yang diinginkan. Jenis Error dapat dibedakan menjadi:
    1. slips dan lapses yaitu kegagalan menjalankan prosedur dengan benar atau kegagalan dalam eksekusi.
    2. Mistakes yaitu menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan. Mistake adalah error pada perilaku rule-based atau knowledge-based.
    2. Error Prevention, cara menghindari error, yakni :
    – Menghindari capture error:
    1. Hindari urutan dengan awalan yang identic
    2. Hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip
    3. Jauhkan perintah-perintah yang berbahaya dari perintah-perintah yang umum.
    – Menghindari Mode error :
    1. Menghilangkan mode sebisa mungkin. Namun jika diperlukan, mode itu harus terlihat.
    2. Membuat temporary mode.
    – Confirmation Dialog
    User diberikan pilihan untuk mengembalikan ke kondisi sebelumnya sebelum melanjutkan .
    – Error Massages
    Pesan error adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem. Sebaiknya error massages harus sopan, mudah dipahami, dan menyarankan solusi.

  24. Nama : Ares J. M. Pardosi
    NIM : 11419062
    Kelas : 42TRPL2

    Human Error didefenisikan sebagi peristiwa dimana urutan kegiatan fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan dan tidak dikaitkan dengan intervensi aksi yang tidak sengaja
    Berikut ada 2 jenis error:
    1. slips & lapses
    Slips merupakan kegagalan yang berhubungan dengan observasi pada saat eksekusi.
    Jenis slips error yaitu : capture error (tidak melakukan serangkaian aksi secara berurutan), Description error (salah melakukan aksi lain yang mirip) dan , Mode error (melakukan aksi yang tidak diinginkan secara tidak sadar).
    lapses merupakan kondisi dimana seseorang melakukan kegagalan dibagian memori.
    2. Mistakes Merupakan prosedur yang salah dalam mencapai tujuan.
    Berikut ada 3 cara menghindari error (Error Prevention) :
    1. Hindari urutan dengan awalan yang identik serta aksi dengan deskripsin yang mirip.
    2. Usahakan menghilangkan mode dan membuat temporary mode atau spring-loaded
    3. Jika error tidak dapat dihindari, pesan atas error yang terjadi disampaikan dengan bahasa yang dapat dimengerti user, tidak membuat panik dan dapat membantu user memperbaiki kesalahan yang dihadapi.

  25. Nama : Lastri Rohani Nababan
    NIM : 11419060
    Kelas : 42 TRPL 2

    1. Human Error adalah peristiwa-peristiwa yang dimana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan.
    Jenis error, yaitu :
    a. Slips & Lapses, yaitu kegagalan dalam menjalankan prosedur dengan benar.
    Slips adalah kegagalan dalam mengeksekusi.
    Lapse adalah kegagalan dalam memori.
    b. Mistakes, yaitu menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.
    Mistake adalah error pada perilaku rule based atau knowledge based.
    Contoh : Menghapus file dengan cara shortcut dari Dekstop.

    2. Error Prevention
    a. Menghindari capture error, menghindari urutan dengan awalan yang identic.
    b. Menghindari error mode, sebisa mungkin menghilangkan mode, meskipun tidak memungkinkan.
    c. Mengkonfirmasi dialog, dapat secara substansi untuk mengurangi efisiensi sebuah interface.

    3. Error Messages adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem.
    a. Menuliskan pesan Error.
    b. Pesan harus tepat dan mudah dipahami.
    c. Memberikan saran yang berupa alas an dan solusi.
    d. Bersikap sopan.
    e. Menghindari pesan yang terlalu banyak.

  26. Nama : Tantri H.Silaen
    NIM : 11419059
    Kelas : 42 TRPL 2

    1.HUMAN ERROR
    Merupakan peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Jenis error dapat dibedakan menjadi:
    -SLIPS & LAPSES
    –>Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar.
    Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori.
    Biasanya ditemukan pada /skilled behavior.
    -MISTAKES
    –>Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.Biasanya ditemukan pada rule-based behavior atau
    problem-solving behavior.
    2.ERROR PREVENTION
    Cara untuk menghidari terjadinya kesalahan pada berbagai jenis error.
    -Menghindari Capture Errors:Hindari urutan dengan awalan yang identik,hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip
    -Menghindari Mode Errors:Solusi lain untuk mengatasi error mode adalah dengan membuat temporary mode atau disebut spring-loaded
    -Membuat Confirmation Dialog:Confirmation dialog dapat secara substansial mengurangi efisiensi sebuah interface.
    3.ERROR MESSAGES
    Berfungsi untuk mencegah sebuah error atau menyerapnya tanpa terlihat.
    -Pesan Tepat dan Mudah Dipahami
    -Sarankan Alasan dan Solusi
    -Bersikap Sopan
    -Hindari Pesan Terlalu Banyak

  27. Nama : John Ryan Siallagan
    NIM : 11419013
    Kelas : 42TRPL1

    – HUMAN ERROR => Human error merupakan peristiwa, yang di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    – Mistake => Kesalahan yang terjadi ketika user berpikir bahwa sudah melakukan hal yang benar, namun sebenarnya yang terjadi adalah user sedang melakukan kesalahan.
    – Slip => Kesalahan yang terjadi akibat kesalahan di luar keinginan atau kehendak user. Yang sebenarnya user tahu hal yang benar, namun tidak sengaja salah dibeberapa tahap.
    – Lapse => Kesalahan yang terjadi secara tidak sengaja yang disebabkan kemungkinan karena user lupa akan langkah langkah pengerjaannya.
    – ERROR PREVENTION => Hal ini bertujuan untuk mencegah kesalahan user sehingga skala kesalahan user dapat diminimalisir agar tidak terjadi error yang lebih fatal di suatu sistem.
    – ERROR MESSAGES => Bukti dari keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas yang dimiliki sistem.

  28. Nama : Febryanti Melati
    NIM : 11419061
    Kelas : 42TRPL2

    1. Human error adalah peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    Jenis error dapat dibedakan menjadi:

    >>Slips & lapses
    Slip adalah kegagalan dalam eksekusi.
    Lapse adalah kegagalan pada memori.

    >> Mistakes merupakan menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.

    2. Error Prevention
    – Menghindari capture error.
    Dapat diatasi dengan menghindari aksi yang mirip dan kedua menghindari perintah yang berbahaya dari perintah umum.
    – Menghindari error mode.
    Dapat membuat temporary mode/spring-loaded.

    3. Error Messages
    Error Messages harus tepat dan mudah dipahami user agar user tidak bingung, menyarankan alasan dan solusi agar error dapat segera diatasi, dan bersikap rapi dan hindari terlalu banyak pesan.

  29. Nama : Hotnida Siagian
    NIM : 11419023
    Kelas : 42 TRPL 1

    1.Human error
    adalah peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Jenis error dapat dibedakan menjadi:
    -Slips & lapses
    Slip adalah kegagalan dalam eksekusi.
    Lapse adalah kegagalan pada memori.
    -Mistakes merupakan menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.

    2. Error Prevention
    Error Prevention mebentuk pencegahan kesalahan yang mungkin saja dilakukan oleh user. Error prevention disini merupakan pencegahan kesalahan yang dilakukan pada sistem. Dengan adanya error prevention ini maka akan memperkecil kemungkinan kesalahan oleh user pemula hingga expert.
    Dapat diatasi dengan menghindari aksi yang mirip dan kedua menghindari perintah yang berbahaya dari perintah umum.
    – Menghindari error mode. Dapat membuat temporary mode/spring-loaded.

    3. Error Messages
    Error Messages harus tepat dan mudah dipahami user , agar kesalahan dapat di perbaiki dan mendapatkan solusi agar error dapat segera diatasi sehingga tidak terlalu banyak pesan yang diberikan.

  30. Nama : Jerikho Silaban
    NIM : 11419052
    Kelas : 42TRPL2

    A.Human Error adalah kesalahan yang diakibatkan oleh lalainya sumber daya manusia baik secara sengaja maupun tidak sengaja. berjalan tidak seperti apa yang kita inginkan sehingga kita gagal mencapai target yang diharapkan.
    Ada kesalahan yang dapat dibedakan menjadi 3 kategori (slip dan lapse saya bedakan) :
    1. Slip, terjadi kesalahan di luar keinginan atau kehendak user. Contoh : terjadi kesalahan pengetikan atau salah meng-klik menu yang diinginkan.
    2. Lapse, terjadi secara tidak sengaja, ada part yang missing. kesalahan dilakukan oleh orang yang punya skill
    3. Mistakes, kesalahan ini terjadi ketika user berpikir bahwa sudah melakukan hal yang benar, namun sebenarnya yang terjadi adalah user sedang melakukan kesalahan. Contoh yang sering terjadi adalah user membuka file yang doesn’t exist dan user salah mengartikan suatu icon atau menu.

    B. Error Prevention adalah Merupakan tingkat dimana suatu sistem melindungi pengguna dari melakukan kesalahan pada desain

    C. Error Messages adalah pesan yang diberikan kepada user ketika kondisi tidak terduga terjadi.

  31. Nama : Hilman Sijabat
    NIM : 11419025
    Kelas : 42TRPL 1

    Safety
    1. Human Error adalah keadaan saat urutan kegiatan yang direncanakan gagal dalam mencapai hasil yang diinginkan.
    Jenis-jenis error:
    =>Slips & Lapses.
    Slip adalah kegagalan dalam eksekusi dan lapse adalah kegagalan pada memori.
    =>Mistakes
    Mistakes adalah kesalahan dalam menggunakan prosedur demi mencapai tujuan. Mistakes merupakan error pada perilaku rule-based atau knowledge-based.

    2. Error Prevention
    =>Menghindari capture error. Capture error dapat diatasi dengan menghindari aksi yang mirip dan menghindari perintah yang berbahaya dari perintah umum.
    =>Menghindari error mode. Untuk menghindari error mode dapat membuat temporary mode/spring-loaded.
    =>Mengkonfirmasi dialog, dapat mengurangi efisiensi interface.

    3. Error Messages
    =>Menuliskan pesan error
    =>Pesan yang dikirimkan harus tepat dan mudah dipahami,
    =>Memberikan saran, alasan dan solusi
    =>Bersikap sopan
    =>Menghindari pesan terlalu banyak.

  32. Nama : Arijona Purba
    NIM : 11419034
    Kelas : 42TRPL1
    1. Human Error adalah keadaan saat urutan kegiatan yang direncanakan gagal dalam mencapai hasil yang diinginkan.
    Jenis-jenis error:
    o>Slips & Lapses.
    Slip adalah kegagalan dalam eksekusi dan lapse adalah kegagalan pada memori.
    o>Mistakes
    Mistakes adalah kesalahan dalam menggunakan prosedur demi mencapai tujuan. Mistakes merupakan error pada perilaku rule-based atau knowledge-based.

    2. Error Prevention yaitu cara menghindari kesalahan pada berbagai jenis error.
    -> Menghindari Capture Error dengan menghindari urutan dengan awalan yang identic
    -> Menghindari Mode Error dengan sebisa mungkin menghilangkan mode, ataupun membuat mode menjadi lebih terlihat.
    -> Mengkonfirmasi dialog dapat mengurangi efisiensi sebuah interface.

    3. Error Messages, adalah suatu informasi mengenai kesalahan kita. Dalam menulis pesan error seharusnya tepat dan mudah dipahami, memberi alasan dan solusi, bersikap sopan, menghindari pesan terlalu banyak

  33. Nama : Riris Lasmarito Malau
    Nim : 11419022
    Kelas : 42 TRPL 1

    Human error didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Mistakes adalah error karena menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai satu tujuan. Pada mistakes, user menerapkan aturan pada situasi yang salah dan user mungkin tidak menyadari mistake tersebut. Hal ini bisa jadi sebuah masalah learnability atau isu terkait memori. Contoh:
    A. Mengirimkan foto berukuran sangat besar melalui email
    B. Menghapus file dengan cara menghapus shortcut dari Desktop
    C. Lupa mengubah mode telepon menjadi vibration.

    Cara untuk Menghindari Capture Errors
    A. Hindari urutan dengan awalan yang identik. Pada interface komputer, Anda dapat menghindari capture error dengan menghindari urutan tindakan yang sangat umum yang memiliki awalan yang identik.
    B. Hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip. Jauhkan perintah-perintah yang berbahaya dari perintah-perintah yang umum.

  34. Nama : Edwin Immanuel Damanik
    NIM : 11419011
    Kelas : 42 TRPL 1

    Human Error diartikan sebagai peristiwa dimana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan dan kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Jenis error dibedakan menjadi :
    1. Slips & Lapses, kegagalan menjalankan eksekusi, Lapses adalah kegagalan pada memori.
    2. Mistakes, menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.

    Suatu framework untuk mengklarifikasikan perilaku kognitif membagi perilaku menjadi :
    1. Berbasis keterampilan
    2. Berbasis aturan
    3. Berbasis Pengetahuan

    Error prevention, adalah cara pencegahan error
    Berikut beberapa cara mencegah terjadinya error :
    1. Menghindari Capture Errors, menghindari tindakan yang sama namun dilakuakan dengan cara yang berbeda.
    2. Menghindari Mode Errors, membuat rangkaian perintah menjadi lebih sedikit.
    3. Membuat Confirmation Dialog, ada aksi ketika user ingin melakuakan sesuatu. Semisal menghapus akan ada konfirmasi atau alert.

    Error Messages, adalah menuliskan pesan error
    Beberapa error tidak perlu menampilkan pesan error, contoh :
    1. Ketika user mengetikkan sesuatu dalam menentukan ukuran fontsize, tidak perlu diberikan pesan error.
    2. Jika menggeser scroll bar terlalu jauh tidak perlu diberikan pesan error.

    Pesan error mudah dipahami, dimana bahasa berisi bahasa user dan berisi alasan dan solusi.
    Berikan alasan dan juga solusi agar user tahu apa yang harus dilakukan dalam menghadapi error tersebut, dan juga gunakan bahasa yang sopan serta menghindari pesan yang bertele tele atau terlalu banyak.

  35. Nama : Zico Andreas Aritonang
    Kelas : 42TRPL2
    NIM : 11419049

    ◾ Human Error
    Pada umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan,
    ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja

    Jenis error dapat dibedakan menjadi: Slips & lapses dan mistakes.
    ▪ Slips & Lapses
    1. Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar.
    2. Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori.
    3. Biasanya ditemukan pada /skilled behavior.
    ▪ Mistakes
    1. Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.
    2. Biasanya ditemukan pada rule-based behavior atau problem-solving behavior.

    ◾ Error Prevention yaitu cara menghindari kesalahan pada berbagai jenis error.
    ▪ Menghindari Capture Error dengan menghindari urutan dengan awalan yang identic dan perintah perintah yang umum
    ▪ Menghindari Mode Error dengan sebisa mungkin menghilangkan mode, ataupun membuat mode menjadi lebih terlihat.
    ▪ Mengkonfirmasi dialog dapat mengurangi efisiensi sebuah interface.

    ◾ Error Messages
    Error Messages harus tepat dan mudah dipahami user agar user tidak bingung, menyarankan alasan dan solusi agar error dapat segera diatasi,
    dan bersikap rapi dan hindari terlalu banyak pesan.

  36. Nama : Yonatan A.P.L Tobing
    Kelas : 42 TRPL-2
    NIM : 11419031

    Human error didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    Error prevention merupakan bentuk pencegahan kesalahan yang mungkin saja dilakukan oleh user. Error prevention disini merupakan pencegahan kesalahan yang dilakukan pada sistem. Dengan adanya error prevention ini maka akan memperkecil kemungkinan kesalahan oleh user pemula hingga expert.

    Error Messages adalah tampilan informasi yang menunjukkan informasi mengenai error yang terjadi, sehingga kita mampu mendapatkan solusi untuk menghindari error ataupun menyelesaikan error.

  37. Namq : Yohana Sihombing
    NIM : 11419055
    Kelas : 42 TRPL-2

    SAFETY

    -Human Error
    Pada umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan,
    ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja

    Jenis error dapat dibedakan menjadi:
    Slips & lapses dan mistakes.
    *Slips & Lapses
    1. Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar.
    2. Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori.
    3. Biasanya ditemukan pada /skilled behavior.
    *Mistakes
    1. Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.
    2. Biasanya ditemukan pada rule-based behavior atau problem-solving behavior.

    -Error Prevention yaitu cara menghindari kesalahan pada berbagai jenis error.
    1 Menghindari Capture Error dengan menghindari urutan dengan awalan yang identic dan perintah perintah yang umum
    2Menghindari Mode Error dengan sebisa mungkin menghilangkan mode, ataupun membuat mode menjadi lebih terlihat.
    3 Mengkonfirmasi dialog dapat mengurangi efisiensi sebuah interface.

    -Error Messages
    Error Messages harus tepat dan mudah dipahami user agar user tidak bingung, menyarankan alasan dan solusi agar error dapat segera diatasi,
    dan bersikap rapi dan hindari terlalu banyak pesan.

    Terimakasih bu

  38. Nama : Lilis Marito Pardosi
    Nim : 11419015
    Kelas : 42 TRPL 1

    Human error didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.Mistakes adalah error karena menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai satu tujuan. Pada mistakes, user menerapkan aturan pada situasi yang salah dan user mungkin tidak menyadari mistake tersebut. Hal ini bisa jadi sebuah masalah learnability atau isu terkait memori. Contoh:
    1. Mengirimkan foto berukuran sangat besar melalui email
    2. Menghapus file dengan cara menghapus shortcut dari Desktop
    3. Lupa mengubah mode telepon menjadi vibration.
    Cara untuk Menghindari Capture Errors
    A. Hindari urutan dengan awalan yang identik. Pada interface komputer, Anda dapat menghindari capture error dengan menghindari urutan tindakan yang sangat umum yang memiliki awalan yang identik.
    B. Hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip. Jauhkan perintah-perintah yang berbahaya dari perintah-perintah yang umum.

  39. Nama : Andree Panjaitan
    NIM : 11419014
    Kelas : 42TRPL 1

    HUMAN ERROR
    Human error umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja

    Slips & Lapses
    Slips dan Lapses adalah error dalam kategori keterampilan (skilled-based), biasanya terjadi pada situasi rutin namun tindakan yang diambil tidak sesuai prosedur.
    Slips berhubungan dengan observasi, dimana biasanya akan terjadi kesalahan pengamatan atau persepsi.
    Lapses disebabkan oleh kondisi yang lebih pada internal seseorang, yakni berhubungan dengan memori atau ingatannya yang menyebabkan jenis error yang “tak disengaja” karena “lupa” tentang sesuatu atau tindakan.

    Mistakes
    Mistakes adalah error karena menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai satu tujuan.
    Mistakes adalah error pada perilaku rule-based atau knowledge-based

    ERROR PREVENTION
    -Menghindari Capture Errors
    -Menghindari Mode Errors
    Sebisa mungkin hilangkan mode, meskipun tidak selalu memungkinkan, karena mode memang memiliki beberapa kegunaan, misalnya membuat rangkaian perintah menjadi lebih sedikit.
    – Membuat Confirmation Dialog

    ERROR MESSAGES
    – Menuliskan Pesan error
    – Pesan Tepat dan Mudah Dipahami
    – Sarankan Alasan dan Solusi
    – Bersikap Sopan
    – Hindari Pesan Terlalu Banyak

  40. Nama: Anjelina Sihombing
    Kelas: 42 TRPL2
    NIM 11419063

    Human Error merupakan peristiwa peristiwa dimana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak disengaja.

    Jenis- jenis error
    Slip dan lapses
    Slip adalah kegagalan eksekusi
    sedangkan lapsa adalah kegagalan pada memory

    mistakes
    Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai satu tujuan.

    Error Prevention yaitu cara menghindari kesalahan pada berbagai jenis error.
    Menghindari Capture Error dengan menghindari urutan dengan awalan yang identic dan perintah perintah yang umum
    Menghindari Mode Error sebisa mungkin menghilangkan mode, ataupun membuat mode menjadi lebih terlihat.

    Error Messages harus tepat dan mudah dipahami user , agar kesalahan dapat di perbaiki dan mendapatkan solusi agar error dapat segera diatasi sehingga tidak terlalu banyak pesan yang diberikan.

  41. Nama : Samuel Halomoan Manalu
    NIM : 11419041
    Kelas : 42TRPL2

    1. Human Error
    Human Error adalah peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketia kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja..
    Jenis error dapat dibedakan menjadi:
    -Slips & lapses
    Slip adalah kegagalan dalam eksekusi.
    Lapse adalah kegagalan pada memori.

    -Mistakes merupakan menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.

    2. Error Prevention
    – Menghindari capture error.
    Dapat diatasi dengan menghindari aksi yang mirip dan kedua menghindari perintah yang berbahaya dari perintah umum.
    – Menghindari error mode.
    Dapat membuat temporary mode/spring-loaded.

    3. Error Messages
    Error Messages harus tepat dan mudah dipahami user agar user tidak bingung, menyarankan alasan dan solusi agar error dapat segera diatasi, dan bersikap rapi dan hindari terlalu banyak pesan.

  42. Nama : Cyntia Evelin Simamora
    NIM : 11419065
    Kelas : 42TRPL2

    1. Human Error merupakan kesalahan dalam pekerjaan yang disebabkan oleh ketidaksesuaian atas pencapaian dengan apa yang diharapkan. Atau peristiwa-peristiwa dimana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakn gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan.
    Ada kesalahan yang dapat dibedakan menjadi 2 kategori :
    1. Slip and Lapse dianggap sebagai tindakan yang tidak dilakukan sebagaimana dimaksud atau direncanakan atau tindakan dan kelalaian yang terlewatkan, yaitu ketika seseorang gagal melakukan sesuatu karena penyimpangan ingatan dan / atau perhatian atau karena mereka telah melupakan sesuatu.
    2. Mistakes merupakan jenis kesalahan spesifik yang disebabkan oleh rencana / niat yang salah, yaitu seseorang melakukan sesuatu yang meyakini bahwa kesalahan itu benar, padahal, salah, misalnya mematikan mesin yang salah

    2. Error Prevention adalah heuristic evaluation yang berfokus pada meminimalkan user membuat kesalahan (error). Kecenderungan pengguna untuk berbuat kesalahan harus dibuat seminimal mungkin. Hal tersebut kadang tidak cukup dengan peringatan, melainkan harus dibuat dengan desain atau kode program yang sesuai, yang mendukung pencegahan kesalahan.

    3. Error Messages adalah informasi yang ditampilkan ketika tak terduga kondisi terjadi, biasanya pada komputer atau perangkat lain. Pada sistem operasi modern dengan antarmuka pengguna grafis , pesan kesalahan sering ditampilkan menggunakan kotak dialog .

    ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menampilkan pesan error :
    a. Jangan menggunakan kata-kata yang terkesan menyalahkan user.
    b. Hindari kalimat perintah sehingga user merasa sistem yang dibuat sudah menyediakan apa yang dibutuhkan oleh user.

    c. Gunakan bahasa yang mudah dipahami.
    d. Penampilan pesan salah yang tepat dan sesuai dengan kesalahan yang terjadi pada waktu itu.

  43. Nama:ThumphakAdhitio Ariotnang
    NIM:11419035
    Kelas:42 TRPL 1

    Human Error adalah peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja .Jenis error dapat dibedakan menjadi:
    1.Slips & Lapses
    Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar.Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori,biasanya ditemukan pada /skilled behavior.
    2.Slips & Lapses
    Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.Biasanya ditemukan pada rule-based behavior atau problem-solving behavior.

    Cara untuk menghidari terjadinya kesalahan pada berbagai jenis error(Error Prevention):
    -Menghindari Capture Errors
    -Menghindari Mode Errors
    -Membuat Confirmation Dialog
    Nama:Thumphak Adhitio Ariotnang
    NIM:11419035
    Kelas:42TRPL1

    ERROR MESSAGES
    -Menuliskan Pesan error
    Pesan error adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem – kegagalan untuk mencegah sebuah error atau menyerapnya tanpa kelihat.
    -Pesan Tepat dan Mudah Dipahami
    -Sarankan Alasan dan Solusi
    -Bersikap Sopan
    -Hindari Pesan Terlalu Banyak.

  44. Nama : Nathan F L Tobing
    NIM : 11419003
    Kelas : 42 TRPL 1

    Human Error diartikan sebagai peristiwa dimana urutan kegiatan fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan dan tidak dikaitkan dengan intervensi aksi yang tidak sengaja

    Jenis error dibedakan menjadi :

    1. Slips & Lapses adalah kegagalan menjalankan eksekusi
    Sedangkan Lapses adalah kegagalan pada memori.
    2. Mistakes adalah menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.

    Error Prevention yaitu cara menghindari kesalahan pada berbagai jenis error.

    Error Messages / Pesan error harus mudah dipahami dan akurat
    Serta memberikan alasan error dan solusi yang seharusnya diambil user untuk memperbaiki isu tersebut.

  45. Nama : Kevin Johanes Pakpahan
    NIM : 11419042
    Kelas : 42 TRPL 2

    Safety merupakan hal yang penting karena tak ada yang bisa menghindari
    dari yang disebut error. Setiap sistem pasti memiliki kelemahan
    tersendiri baik dari berbagai faktor, maka dari itulah diperlukan Saftey
    untuk menghindari adanya eror yang tidak dapat diatasi dan terlindung
    dari akses yang tidak diinginkan.

    1. Human Error

    adalah suatu penyimpangan dari standar performansi yang telah ditentukan
    sebelumnya sehingga menyebabkan adanya penundaan akibat dari kesulitan,
    masalah, insiden, dan kegagalan.

    Kesalahan dapat dibedakan secara luas dalam dua kategori :-[Slip and Lapse]Slip and Lapse dapat dianggap sebagai tindakan yang tidak dilakukan sebagaimana dimaksud atau direncanakan atau tindakan dan kelalaian yang terlewatkan.

    -[Mistakes]Mistakes merupakan jenis kesalahan spesifik yang disebabkan oleh rencana / niat yang salah, yaitu seseorang melakukan sesuatu yang meyakini bahwa kesalahan itu benar, padahal, salah, misalnya mematikan mesin yang salah.

    2. Error Prevention (Pencegahan Error)Error Prevention adalah heuristic evaluation yang berfokus pada meminimalkan user membuat kesalahan (error).

    3. Error Messages (Pesan Error)Error Messages adalah informasi yang ditampilkan ketika tak terduga kondisi terjadi, biasanya pada komputer atau perangkat lain.

  46. Nama : Daniel A.C Simamora
    Nim : 11419001
    Kelas : 42 TRPL 1

    1.Human Error
    =>peristiwa-peristiwa dimana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan
    gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan dan ketika kegagalan ini tidak dapat
    dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    Jenis eror dapat dibedakan 2 yaitu :
    *Slips &Lapses
    =>-Kegagalan menajalankan prosedur dengan benar
    -Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori
    -Biasanya ditemukan pada skilled behavior
    SEDANGKAN
    *Mistakes
    =>-menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan
    -Biasanya ditemukan pada rulebased behavior atau problemsolving behavior
    2.Error Prevention
    =>Cara untuk menghindari kesalahan pada berbagai jenis error
    cara menghindari menghidari kesalahan pada berbagai jenis error :
    *Safety from Capture Errors
    Solusinya =>-Hindari urutan dengan awalan yang identik
    -Hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip
    -jauhkan perintah-perintah yang berbahaya dari perintah yang umum
    *Safety from Mode Errors
    Solusinya =>-Sebisa mungkin menghilangkan mode, meskipun tidak selalu memungkinkan
    -Ketika perlu, buatkan mode menjadi terlihat
    -membuat temporary mode atau disebut spring-loaded
    3.Error Messages
    =>bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem
    solusinya =>*Cobalah untuk menghilangkan kesalahan terlebih dahulu
    *beberapa error tidak perlu menampilkan pesan error

  47. 11419010/42TRPL1

    –Human Error
    adalah peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    –Error Prevention
    adalah Pencegahan Error pada UI.
    cara untuk menghidari terjadinya kesalahan pada berbagai jenis error.
    1. Menghindari Capture Errors
    2. Menghindari Mode Errors
    3. Membuat Confirmation Dialog

    –Error Messages
    adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem – kegagalan untuk mencegah sebuah error atau menyerapnya tanpa kelihat.

  48. Nama : Darwin Sibarani
    NIM : 11419029
    Kelas : 42TRPL1

    1. Human error didefenisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    Jenis error dapat dibedakan menjadi:

    – Slips & lapses
    Slip adalah kegagalan dalam eksekusi.
    Lapse adalah kegagalan dalam kaitannya dengan memori.

    – Mistakes merupakan menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.

    2.Error Prevention
    – Menghindari capture error.
    Dapat diatasi dengan menghindari aksi yang mirip dan kedua menghindari perintah yang berbahaya dari perintah umum.
    – Menghindari error mode.
    Dapat membuat temporary mode/spring-loaded.

    3.Error Messages
    Error Messages harus tepat dan mudah dipahami user agar user tidak bingung, menyarankan alasan dan solusi agar error dapat segera diatasi, dan bersikap rapi dan hindari terlalu banyak pesan.

  49. Sarah Susanty Olyvia Tampubolon (11419007) says:

    Nama : Sarah Susanty Olyvia Tampubolon
    NIM : 11419007
    Kelas : 42 TRPL 1

    1. Human error adalah peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, [dan] ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Ada 2 jenis error, yaitu :
    1 ) Slips & Lapses
    * Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar.
    * Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori.
    * Biasanya ditemukan pada /skilled behavior.
    2) Mistakes
    * Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.
    * Biasanya ditemukan pada rule-based behavior atau problem-solving behavior.

    2. Error Prevention
    yaitu cara menghindari kesalahan pada berbagai jenis error.
    – Menghindari Capture Error dengan menghindari urutan dengan awalan yang identic dan perintah perintah yang umum
    – Menghindari Mode Error dengan sebisa mungkin menghilangkan mode, ataupun membuat mode menjadi lebih terlihat.
    – Mengkonfirmasi dialog dapat mengurangi efisiensi sebuah interface.

    3. Error Messages harus tepat dan mudah dipahami user , agar kesalahan dapat di perbaiki dan mendapatkan solusi agar error dapat segera diatasi sehingga tidak terlalu banyak pesan yang diberikan.

  50. Nama : Jerry Andrianto Pangaribuan
    NIM : 11419046
    Kelas : 42TRPL2

    *HUMAN ERROR
    Human error umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    Jenis error dapat dibedakan menjadi, Slips & lapses dan mistakes.

    1. Slip & lapses
    Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar. Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori.
    2. Mistakes
    Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.

    Terdapat beberapa cara untuk menghindari terjadinya kesalahan pada berbagai jenis error.
    1. Menghindari Capture Errors
    2. Menghindari Mode Errors
    3. Membuat Confirmation Dialog

    untuk menampilkan pesan error (Error Messages) ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu, pesan error tepat dan mudah dipahami, Sarankan Alasan dan Solusi, Bersikap Sopan, Hindari Pesan Terlalu Banyak.

  51. Nama : Denny Abraham Sinaga
    NIM : 11419036
    Kelas : 42TRPL2

    Human error adalah hasil dari peristiwa yang tidak diinginkan dan kegagalan ini berasal dari aksi yang dilakukan secara sengaja ataupun tidak sengaja. Human error yang terjadi ketika seorang user memiliki daya ingat terbatas dan melupakan sesuatu yang pernah ia masukkan maka dikategorikan dalam jenis error lapse.
    Sedangkan slip adalah kegagalan dari eksekusi suatu tindakan yang berbeda dengan prosedur.

    Jenis error lainnya adalah ketika seorang user melakukan sebuah kesalahan akibat tidak memiliki kompetensi yang cukup dalam menjalankan sebuah prosedur dan jenis error ini disebut mistake.

    Letak perbedaan keduanya adalah aksi dan pengetahuan dari user tersebut.
    Untuk mencegah hal tersebut dilakukan Error Prevention. Beberapa implementasi dari Error Prevention yaitu menghindari capture errors, mode errors dan membuat confirmation dialog.

    Sehingga dalam meningkatkan safety dalam sebuah interface diperlukan Error Prevention yang jika tampil harus memberikan sebuah Error Message yang tepat, mudah dipahami dan juga memberikan solusi pada user.

  52. Nama : Edwin G Hutagalung
    Kelas : 42TRPL1
    NIM : 11419009

    >> Human Error
    kesalahan yang diakibatkan oleh lalainya sumber daya manusia baik secara sengaja maupun tidak sengaja
    >>Error Preventation
    tingkat di mana sistem melindungi pengguna terhadap membuat kesalahan, dengan kata lain, merancang sebuah sistem dengan cara yang baik akan membuat sulit bagi pengguna untuk melakukan kesalahan
    >>Error Massage
    bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian dari sistem ( kegagalan untuk mencegah kesalahan atau menyerapnya tanpa keluhan)

  53. Nama : Kevin Yoyada Tambunan
    NIM : 11419033
    Kelas : 41 Trpl 1

    Error
    1. Human Error dapat di defenisikan sebagai peritstiwa yang dimana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencaptai hasil yang diinginkan.
    Jenis-jenis error:
    =>Slips & Lapses.
    Slip adalah kegagalan dalam eksekusi dan lapse adalah kegagalan pada memori.
    =>Mistakes
    Mistakes adalah kesalahan dalam menggunakan prosedur demi mencapai tujuan. Mistakes merupakan error pada perilaku rule-based atau knowledge-based.
    2. Error Prevention, cara menghindari error, yakni :
    – Menghindari capture error:
    -> Hindari urutan dengan awalan yang identic
    -> Hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip
    -> Jauhkan perintah-perintah yang berbahaya dari perintah-perintah yang umum.
    – Menghindari Mode error :
    -> Menghilangkan mode sebisa mungkin. Namun jika diperlukan, mode itu harus terlihat.
    -> Membuat temporary mode.
    – Confirmation Dialog
    User diberikan pilihan untuk mengembalikan ke kondisi sebelumnya sebelum melanjutkan .
    – Error Massages
    Sebaiknya error massages (pesan error ) harus sopan, mudah dipahami, dan menyarankan solusi.

  54. Nama : Jovan Imanuel Sigalingging
    Kelas : 42 TRPL 1
    NIM : 11419021

    — Human Error
    Pada umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja

    Jenis error dapat dibedakan menjadi: Slips & lapses dan mistakes.
    — Slips & Lapses
    1. Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar.
    2. Slip adalah kegagalan dalam eksekusi, lapse adalah kegagalan pada memori.
    3. Biasanya ditemukan pada /skilled behavior.

    — Mistakes
    1. Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.
    2. Biasanya ditemukan pada rule-based behavior atau problem-solving behavior.

    — Error Prevention yaitu cara menghindari kesalahan pada berbagai jenis error.
    1. Hindari urutan dengan awalan yang identik serta aksi dengan deskripsin yang mirip.
    2. Usahakan menghilangkan mode dan membuat temporary mode atau spring-loaded
    3. Jika error tidak dapat dihindari, pesan atas error yang terjadi disampaikan dengan bahasa yang dapat dimengerti user, tidak membuat panik dan dapat membantu user memperbaiki kesalahan yang dihadapi.

    — Error Messages
    Error Messages harus tepat dan mudah dipahami user agar user tidak bingung, menyarankan alasan dan solusi agar error dapat segera diatasi,
    dan bersikap rapi dan hindari terlalu banyak pesan.

  55. Nama : Sarah O.Y Simorangkir
    NIM : 11419017
    Kelas : 42TRPL1

    Safety/Error

    1.Human Error, peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan,dan saat kegagalan ini tidak dapat dikaitkan pada intervensi
    dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    Error dibedakan menjadi 2 yaitu:
    -Slips dan lapses
    Slips & Lapses adalah error dalam kategori keterampilan (skilled-based), biasanya terjadi pada situasi rutin namun tindakan yang diambil tidak sesuai prosedur. hal ini berhubungan pada kesalahan pada saat pengamatan/observasi
    -Mistakes
    Mistakes adalah error karena menggunakan prosedur yang salah dalam mencapai satu tujuan.

    2. Error prevention
    pada interface komputer :
    -Menghindari Capture Errors
    -Menghindari Mode Errors
    -Membuat Confirmation Dialog ( contoh: konfirmasi penghapusan suatu data)

    3.Error Messages
    dalam penulisannya, pesan error harus mudah dipahami dan tepat sasaran, dan disertai dengan alasan dan solusi, dan juga hindari pesan yang terlalu banyak atau bertele-tele
    dan gunakanlah bahasa yang sopan.

    Terima kasih~

  56. Nama : Michael Binsar Tua Sinaga
    NIM : 11419012
    Kelas : 42 TRPL 1

    1. Human Error
    -> Human error umumnya didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.

    JENIS-JENIS ERROR :
    – slips
    Jenis error ini berhubungan dengan observasi dimana biasanya akan terjadi kesalahan pengamatan atau persepsi.
    -lapses
    Jenis error ini disebabkan oleh kondisi yang lebih pada internal seseorang, yakni berhubungan dengan memori atau ingatannya yang menyebabkan jenis errors yang “tak disengaja” karena “lupa” tentang sesuatu atau tindakan
    -Mistakes
    Error pada perilaku rule-based atau knowledge-based, misalnya menerapkan aturan dalam situasi yang seharusnya tidak boleh diterapkan, atau menggunakan alasan yang salah.
    -Mode Error
    Mode error terjadi ketika user mencoba memanggil sebuah aksi yang tidak memiliki efek yang diinginkan pada mode saat ini.

    2. Error Prevention
    – Safety from mode Errors -> Hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip, jauhkan perintah-perintah yang berbahaya dari perintah-perintah yang umum.
    – Confirmation Dialogs -> Confirmation dialog muncul setiap kali user menghapus sesuatu, memakssa user untuk melakukan dua penekanan tombol untuk setiap proses penghapusan, bukan satu.

    3. Error Messages
    – Menuliskan pesan Error -> Pesan error adalah bukti keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas pada bagian sebuah sistem, kegagalan untuk mencegah sebuah error atau menyerapnya tanpa kelihat.

  57. Nama : Martuani Sitohang
    Kelas :42 TRPL 2
    NIM : 11419051

    Human Error adalah suatu penyimpangan dari standar performansi yang telah ditentukan sebelumnya sehingga menyebabkan adanya penundaan akibat dari kesulitan, masalah, insiden, dan kegagalan.

    Error prevention merupakan bentuk pencegahan kesalahan yang mungkin saja dilakukan oleh user. Error prevention disini merupakan pencegahan kesalahan yang dilakukan pada sistem. Dengan adanya error prevention ini maka akan memperkecil kemungkinan kesalahan oleh user pemula hingga expert. Karena pengguna yang sudah ahli sekalipun mungkin untuk melakukan kesalahan (human error).

    Error message adalah suatu pesan yang diberikan sistem kepada user untuk memberitahu terjadinya error dan agar user segera memperbaiki error tersebut. Dalam error message, kadang terdapat beberapa error message yang salah atau sulit dimengerti oleh user.

  58. Nama: Timothy
    Kelas : 42TRPL2
    NIM : 11419053
    Safety

    Human Error didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental
    atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan ,ketika kegagalan
    ini dapat dikaitkan dengan intervensi beberapa aksi yang tidak disengaja(Reason 1990)

    Jenis-jenis Error :
    1)Slips & Lapses
    -Kegagalan menjalankan prosedur dengan benar
    -Slip adalah Kegagalan dalam eksekusi dan Lapse adalah kegagalan pada memori
    2)Mistakes
    -Menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan
    -Ditemukan pada rule-based behavior atau problem solving behavior

    Error Prevention
    Cara untuk menghindari kesalahan pada berbagai jenis Error:
    -Hindari urutan dengan awalan yang identik
    -Hindari aksi dengan deskripsi yang sangat mirip
    -Jauhkan perintah-perintah berbahaya dari perintah-perintah yang umum

    Error Messages, adalah suatu informasi mengenai kesalahan kita.
    Dalam menulis pesan error seharusnya tepat dan mudah dipahami,
    memberi alasan dan solusi, bersikap sopan, menghindari pesan terlalu banyak

  59. Nama : Daniel Napitupulu
    NIM : 11419044

    Sistem sebaiknya menangani eror atau bug pada sistem dengan memberikan pesan eror dalam bentuk desain. Dengan menggunakan prinsip nomor satu (visibility of system status) user memahami apa yang terjadi pada sistem

  60. Nama : Danuri Nainggolan
    NIM : 11419043
    Kelas : 42TRPL2

    1. Human Error adalah keadaan saat urutan kegiatan yang direncanakan gagal dalam mencapai hasil yang diinginkan.
    Jenis error adalah sebagai berikut :
    – Slips & Lapses adalah kegagalan dalam eksekusi dan lapse adalah kegagalan pada memori.
    – Mistakes adalah kesalahan dalam menggunakan prosedur demi mencapai tujuan. Mistakes merupakan error pada perilaku rule-based atau knowledge-based.

    2. Error Prevention
    adalah mencegah kesalahan yang mungkin dilakukan user. Ada 3 cara yang dapat menghindari Error Prevention antara lain :
    – Mengkonfirmasi dialog, dapat mengurangi efisiensi interface.
    – Menghindari error mode. Untuk menghindari error mode dapat membuat temporary mode/spring-loaded.
    – Menghindari capture error. Capture error dapat diatasi dengan menghindari aksi yang mirip dan menghindari perintah yang berbahaya dari perintah umum.

    3. Error Messages
    Error Messages harus disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami user, tidak membuat panik, dan dapat membantu user memperbaiki kesalahan yang dihadapi.

  61. Nama : Gahasa Timothius B.P Purba
    NIM : 11419048
    Prodi : 42TRPL2

    Human error didefinisikan sebagai peristiwa-peristiwa di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Error prevention merupakan bentuk pencegahan kesalahan yang mungkin saja dilakukan oleh user. Error prevention disini merupakan pencegahan kesalahan yang dilakukan pada sistem. Dengan adanya error prevention ini maka akan memperkecil kemungkinan kesalahan oleh user pemula hingga expert.
    Error Messages adalah tampilan informasi yang menunjukkan informasi mengenai error yang terjadi, sehingga kita mampu mendapatkan solusi untuk menghindari error ataupun menyelesaikan error.

  62. Nama : Timothy J F Henan
    NIM : 114190128
    Kelas : 42TRPL1

    – HUMAN ERROR => Human error merupakan peristiwa, yang di mana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan, dan ketika kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    – Mistake => Kesalahan yang terjadi ketika user berpikir bahwa sudah melakukan hal yang benar, namun sebenarnya yang terjadi adalah user sedang melakukan kesalahan.
    – Slip => Kesalahan yang terjadi akibat kesalahan di luar keinginan atau kehendak user. Yang sebenarnya user tahu hal yang benar, namun tidak sengaja salah dibeberapa tahap.
    – Lapse => Kesalahan yang terjadi secara tidak sengaja yang disebabkan kemungkinan karena user lupa akan langkah langkah pengerjaannya.
    – ERROR PREVENTION => Hal ini bertujuan untuk mencegah kesalahan user sehingga skala kesalahan user dapat diminimalisir agar tidak terjadi error yang lebih fatal di suatu sistem.
    – ERROR MESSAGES => Bukti dari keterbatasan atau kurangnya fleksibilitas yang dimiliki sistem.

  63. Nama : Mario Wira Pratama Purba
    NIM : 11419050
    Kelas : 42TRPL2

    Safety
    1. Human Error= Merupakan suatu kegiatan mental/fisik yang dapat dibuat gagal untuk mencapai target yang ingin dicapai. Kegagalan tidak ada hubungannya dengan intervensi beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Beberapa Jenis Error , yaitu:
    a.(Slips & Lapes)
    Slips = berhubungan dengan observasi,sedangkan
    Lapse = kegagalan pada suatu memori.
    b. (Mistakes) Merupakan suatu cara untuk mencapai suatu tujuan, namun memakai prosedur yang salah.

    2. Error Prevention
    a. Menghindari urutan yang identik.
    b. Menghindari deskripsi yang sangat mirip.
    c. Menghindari perintah/arahan berbahaya.

    3. Error Messages
    a. Pesan yang baik dan mudah dipahami.
    b. Menyarankan alasan, solusi agar dapat menemukan masalah
    c. Bersikap lebih sopan
    d. Menghindari Spam pesan/ kebanyakan pesan.

  64. Nama : Josua Simbolon
    NIm : 11419032
    D4TRPL 1
    Human Error adalah kesalahan yang diakibatkan oleh lalainya sumber daya manusia baik secara sengaja maupun tidak sengaja. berjalan tidak seperti apa yang kita inginkan sehingga kita gagal mencapai target yang diharapkan.
    1.slips & lapses

    Slips merupakan kegagalan yang berhubungan dengan observasi pada saat eksekusi.
    Jenis slips error yaitu : capture error (tidak melakukan serangkaian aksi secara berurutan), Description error (salah melakukan aksi lain yang mirip) dan , Mode error (melakukan aksi yang tidak diinginkan secara tidak sadar).
    lapses merupakan kondisi dimana seseorang melakukan kegagalan dibagian memori.
    2. Lapse, terjadi secara tidak sengaja, ada part yang missing. kesalahan dilakukan oleh orang yang punya skill
    3. Mistakes, kesalahan ini terjadi ketika user berpikir bahwa sudah melakukan hal yang benar, namun sebenarnya yang terjadi adalah user sedang melakukan kesalahan. Contoh yang sering terjadi adalah user membuka file yang doesn’t exist dan user salah mengartikan suatu icon atau menu.

  65. 11419005 Michael Joseph Christian Situmorang says:

    Nama: Michael Situmorang
    NIM: 11419005
    Kelas: 42 TRPL 1

    Human Error diartikan sebagai peristiwa dimana urutan kegiatan mental atau fisik yang direncanakan gagal untuk mencapai hasil yang diinginkan dan kegagalan ini tidak dapat dikaitkan dengan intervensi dari beberapa aksi yang tidak sengaja.
    Jenis error dibedakan menjadi :
    1. Slips & Lapses(Skill-based Errors): Slips kegagalan menjalankan eksekusi, Lapses adalah kegagalan pada memori.
    2. Mistakes: menggunakan prosedur yang salah untuk mencapai tujuan.

    Suatu framework untuk mengklarifikasikan perilaku kognitif membagi perilaku menjadi:
    1. Berbasis keterampilan
    2. Berbasis aturan
    3. Berbasis Pengetahuan

    Error prevention, adalah cara pencegahan error
    Berikut beberapa cara mencegah terjadinya error:
    1. Menghindari Capture Errors: menghindari tindakan yang sama namun dilakuakan dengan cara yang berbeda.
    2. Menghindari Mode Errors: membuat rangkaian perintah menjadi lebih sedikit.
    3. Membuat Confirmation Dialog: ada aksi ketika user ingin melakuakan sesuatu. Semisal menghapus akan ada konfirmasi atau alert.

    Error Messages, adalah menuliskan pesan error

    Beberapa error tidak perlu menampilkan pesan error, contoh:
    1. Ketika user mengetikkan sesuatu dalam menentukan ukuran fontsize, tidak perlu diberikan pesan error.
    2. Jika menggeser scroll bar terlalu jauh tidak perlu diberikan pesan error.

    Pesan error mudah dipahami, dimana bahasa berisi bahasa user dan berisi alasan.
    Berikan alasan dan juga solusi agar user tahu apa yang harus dilakukan dalam menghadapi error tersebut, dan juga gunakan bahasa yang sopan serta menghindari pesan yang bertele tele atau terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *