Nama: Riyanthi Angrainy Sianturi
LinkedIn: @riyanthisianturi
PENDIDIKAN
- Institut Teknologi Bandung, Magister Desain, 2015
Desain Komunikasi Visual, Desitination Branding - Universitas Sumatera Utara, Sarjana Komunikasi, 2010
Ilmu Komunikasi - Politeknik Informatika Del, Diploma Sistem Informasi, 2006
Software Engineering, Web App Development
PENGALAMAN KERJA
- Institut Teknologi Del (IT Del)
- Dekan Fakultas Vokasi IT Del, November 2021 – sekarang
- Kepala Divisi Inovasi dan Kewirausahaan IT Del, Juli 2020 – Juli 2022
- Kepala Pusat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni IT Del, 2017 – Februari 2021
- Dosen bidang UI/UX, Human-Computer Interaction, Technopreneurship, 2011 – sekarang
Dosen di program studi Diploma 4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak. Bidang keahlian pada keilmuan human-computer interaction, pengembangan wirausaha, pemecahan masalah dengan design thinking dan penerapan user experience design.
- USAID Decentralized Basic Education 1, Junior Data & Information Specialist, 2008 – 2010
- Bekerja dengan international non-governmental organization dalam proyek Decentralized Basic Education 1 (DBE1).
- Bertanggungjawab dalam pengelolaan data di area provinsi Sumatera Utara, menyelenggarakan pelatihan dalam penggunaan aplikasi yang dikembangkan DBE1.
- Malteser International, Junior Programmer & Trainer, 2006 – 2008
- Bekerja dengan international non-governmental organization dalam mengembangkan Sistem Informasi Puskesmas di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
- Melatih staf dan dokter di Banda Aceh, Aceh Besar, Bireun, Aceh Utara, Lhokseumawe, Langsa and Aceh Tamiang dalam penggunaan Sistem Informasi Puskesmas.
KEAHLIAN
- User Experience Design: user research, prototyping, user testing, heuristic evaluation.
- User Interface Design: design system, prototype.
- Branding: visual branding, destination branding.
- Photography: landscape, event.
- Adobe Photoshop, Adobe Experience Design: photo editing, prototyping.
PENELITIAN
- Desain Arsitektur Virtualisasi Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Sampah Rumah Tangga pada Bank Sampah Berbasis Container Docker, https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/2405, Jurnal Sebatik
- Analysis and The Preliminary Design for Backend Technology of Disaster Management Information System, https://ieeexplore.ieee.org/document/10291181, 2023 IEEE International Conference on Data and Software Engineering (ICoDSE), 7-8 September 2023
- Development of Signer Portal for Digital Products by Using Iterative Model at PT RST, https://ieeexplore.ieee.org/document/10007002, 2022 Seventh International Conference on Informatics and Computing (ICIC), 8-9 Desember 2022
- Development of Tourist Village Website to Increase Tourism in Lake Toba, https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/ijics/article/view/4043, The IJICS (International Journal of Informatics and Computer Science)
- Perancangan Pengujian Fungsional dan Non Fungsional Aplikasi SIAPPARA di Kabupaten Humbang Hasundutan, https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jicon/article/view/4706, J-Icon : Jurnal Komputer dan Informatika Universitas Nusa Cendana
- Perancangan Aplikasi “SIAPPARA” untuk Pelaporan Setoran Retribusi Pasar Kabupaten Humbang Hasundutan, https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jicon/article/view/5256, J-Icon : Jurnal Komputer dan Informatika Universitas Nusa Cendana
- Komersialisasi e-Marketplace Berbasis Lokal: Aplikasi Web tobazone.com Pengembangan e-Marketplace berbasis lokal untuk UMKM pariwisata di Kawasan Danau Toba.
- Literasi Media Digital Pada Komunitas Pariwisata di Kawasan Danau Toba, https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/76040, Jurnal Magister Pariwisata (JUMPA) Universitas Udayana
- Pengembangan Aplikasi Gamifikasi untuk Pendidikan Anak Usia Dini
Pengembangan aplikasi mobile untuk pendukung pembelajaran anak usia dini dengan gamifikasi. - Penerapan User Experience Design dalam Pengembangan Aplikasi Mobile Markopi, https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/2840, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Universitas Brawijaya
- Applying User Centered design to Mobile Application for Children, https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1175/1/012094, Journal of Physics: Conference Series
- Kajian Identitas Branding Samosir (Studi Kasus: Visit Samosir Year 2014),
Kajian visual branding pariwisata kabupaten Samosir. - Pelaksanaan Rencana Operasional Branding Samosir, https://ojs.unikom.ac.id/index.php/visualita/article/view/1085
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Program Peningkatan Kapasitas Kewirausahaan Pemuda dengan Tema “Pemuda Berdaya, Menuju Berdikari: Meningkatkan Kapasitas dan Kemandirian Wirausaha Pemuda di Kawasan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba”, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Friedrich Ebert Stiftung (FES) Indonesia dan Institut Teknologi Del, 2024
Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Teknologi, Matching Fund Vokasi 2023, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi
- Tim penilai pengajuan proposal PKM mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk kategori PKM 5 bidang dan PKM Karya Tulis.
- Ketua Pelaksana program kreativitas mahasiswa di Institut Teknologi Del.
- Dosen pendamping mahasiswa penerima hibah PKM.
Aplikasi Rumah Kreatif Toba, Matching Fund Vokasi 2022, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi
http://kreatif.tobakab.go.id, Playstore (Android), App Store (iOS)
Kajian Quality Tourism Wilayah Sumatera
Institut Teknologi Del, 2021
Penyusunan Revisi RIPARKAB (Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten) Kabupaten Pakpak Bharat
Institut Teknologi Del & Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat, 2021
Penyusunan Master Plan DED (Detail Engineering Design) Pembangunan Obyek Wisata Kabupaten Pakpak Bharat
Institut Teknologi Del & Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pakpak Bharat, 2021
Pembangunan Website Geopark Kaldera Toba
Institut Teknologi Del & Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba, 2021
Pembagunan website berisi informasi terkait Kaldera Toba yang merupakan UNESCO Global Geoparks (UGGp) di Indonesia. Website ini dikelola oleh Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba bersama dengan tim Institut Teknologi Del. Produk website dapat diakses pada Website Geopark Kaldera Toba.
Digitalisasi untuk Mendukung Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas Danau Toba
Institut Teknologi Del & Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, 2020 – 2021
Pembangunan 19 website desa wisata di seluruh Kawasan Danau Toba. Kegiatan mencakup pengumpulan kebutuhan, pembangunan website, pengisian konten, pendampingan perwakilan desa wisata untuk pengelolaan dan maintenance website.
Berita tentang pembangunan website desa wisata:
- Fasilitasi Wisatawan, Website Desa Wisata Danau Toba Segera di Launching
- Kemenparekraf gelar FGD Pengembangan Website Desa Wisata di Danau Toba
- Website Desa Wisata Rilis, IT Del Gelar Pelatihan Bagi Pelaku Wisata di Kawasan Danau Toba
Sistem Informasi Pemungutan dan Penatausahaan Retribusi Pasar (SIAPPARA) di Kabupaten Humbang Hasundutan
Institut Teknologi Del & Dinas Koperasi, Perdagangan dan Industri Kabupaten Humbang Hasundutan, 2020
Pengembangan sistem informasi mencakup pemungutan retribusi pasar rakyat se-Kabupaten Humbang Hasundutan, pelaporan retribusi.
Produk dapat diakses di: http://siappara.humbanghasundutankab.go.id
Berita tentang SIAPPARA: Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Bekali Petugas Pasar Dengan Aplikasi Siappara
Kajian Digitalisasi Pariwisata di Kawasan Danau Toba
Yayasan Del & Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, 2019 – 2020
Pemberdayaan Komunitas Masyarakat dalam Digitalisasi Pariwisata Kawasan Danau Toba. Kegiatan yang dilaksanakan, yaitu:
- Melakukan investarisasi dan identifikasi potensi sumberdaya wisata
Kawasan Danau Toba. - Pembuatan database potensi sumberdaya wisata Toba.
- Melakukan pendampingan terhadap masyarakat lokal, untuk meningkatkan kesiapan pengembangan pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat.
- Digitalisasi data kepariwisataan dan promosi wisata Kawasan Danau Toba.
- Bekerjasama dengan pemerintah daerah (Dinas Pariwisata) sehingga
program yang dilaksanakan tetap selaras dengan kebijakan pemerintah daerah.
Aplikasi Mobile Markopi
Institu Teknologi Del, 2018
Aplikasi mobile Android untuk budidaya kopi bagi petani. Tersedia di Playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.markopi.markopi_mobile
HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL
Sistem Retribusi Elektronik Pasar Daerah
Hak Cipta: Program Komputer
Tobazone
Hak Cipta: Program Komputer
PENGALAMAN PENDUKUNG
Huawei Summer Camp 2023 (China)
25 Juni – 25 Juli 2023
Short course topik Leadership, Huawei’s Growth, Cloud Computing, ICT Network, Cybersecurity, 5G Network, and Artificial Intelligence di 4 kota headquarter Huawei di China: Shenzhen, Guiyang, Hangzhou, Beijing.
Reviewer Nasional Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
2019 – sekarang
Reviewer LPDP Business Competition, 2023, tingkat wilayah
Fasilitator 1000 Startup Digital Kominfo untuk Area Medan
2020
Memfasilitasi para peserta Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada fase Hacksprint. Fasilitator memandu jalannya kegiatan design sprint.
Reviewer Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK)
2020
Tim penilai babak penyisihan untuk kompetisi pada kategori Kompetisi Perencanaan Bisnis Dengan Aspek SDG (Sustainable Development Goals).
Views: 1912