CREATIVITY is just not something you think about, it is something you DO.

Tina Seelig

Pada materi Innovation Engine 2 dibahas tentang External Engine (engine yang berada di luar diri manusia) yang terdiri dari:

  1. Habitat
  2. Recources
  3. Cultures

PENDAHULUAN

Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:

  1. Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
  2. Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
  3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.

HABITAT

  1. Space
  2. Constraints
  3. Incentives
  4. Team Dynamics

1. Space

Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Oleh karena itu, Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku Anda.

Di bawah ini terdapat beberapa gambar yang mengilustrasikan Space sebagai tempat bekerja. Kita mulai dari tempat belajar di sekolah pada umumnya.

Jika kita flashback ke masa anak-anak, ruang sekolah kita adalah tempat dengan banyak permainan dan dihias warna-warni sedemikian rupa.

Ruangan ditata sehingga memiliki ruang gerak yang leluasa untuk anak-anak bergerak. Terdapat area tempat duduk di kursi atau di latai dan juga peralatan-peralatan lain yang membuat suasana menjadi terasa cerah menyenangkan.

Ketika memasuki jenjang lebih tinggi yaitu Sekolah Dasar, konsep Space di Taman Kanak-Kanak berangsur berubah, sedikit lebih kaku. Hiasan-hiasan yang membuat ruangan lebih menyenangkan menjadi hilang, digantikan susunan meja kursi berbanjar rapi, di depannya ada meja untuk guru.

Beranjak lagi hingga ke jenjang perguruan tinggi, kita bisa membayangkan konsep Space di tempat belajar pada mahasiswa.

Setelah pendidikan selesai, kita masuk ke dunia kerja. Mayoritas konsep ruang kerja masih mengikuti bentuk kubikel-kubikel untuk tiap pekerja, meski saat ini ruang kerja di startup-startup sudah mulai merubah konsep lama ini.

Mari kita bandingkan dengan gambar di bawah ini, siapa yang tidak ingin bekerja dengan konsep sekitar adalah pemandangan laut yang biru? 🙂

Beberapa contoh meja kerja dan konsep interior yang menarik dapat dilihat pada Gambar 7 dan Gambar 8.

Dengan adanya perkembangan kebutuhan kerja saat ini, co-working space menjadi tempat temporer para pekerja yang menyediakan segala fasilitas yang mendukungnya bekerja. Para pekerja, terutama anak muda yang tidak terikat tempat, dapat bekerja dengan menyewa tempat yang disebut co-working space. Ilustrasinya dapat dilihat pada Gambar 9 dan Gambar 10, sebuah co-working space di Bali bernama Hub Ubud.

Gambar 9: Hub Ubud 1
Gambar 10: Hub Ubud 2

Dari perjalanan terkait belajar dan bekerja sejak usia dini hingga dewasa, terkhusus di Indonesia, kita bisa melihat perubahan konsep Space yang kita tempati setiap hari, terkhusus ruang kelas dan ruang kerja di kantor. Semakin beranjak dewasa, konsep “cerah, menyenangkan, leluasa bergerak dan bekreasi”, lama kelamaan semakin memudah. Apakah hal tersebut karena faktor semakin banyaknya tantangan pekerjaan yang harus dihadapi atau sekolah/perusahaan memang mengkonsep demikian?

Terlepas dari itu, Space sangat mempengaruhi suasana dan pikiran. Saat Anda memasuki ruang mana pun, Anda tenggelam dan menyatu dengan suasana di dalamnya. Contohnya, bagaimana perasaan dan tindakan Anda ketika Anda masuk ke ruang kuliah, kamar hotel, terminal bandara, kantor dokter, ruang konser, atau taman bermain?

Setiap ruang memaksa Anda untuk merespons secara berbeda.

  • Kemungkinan besar, Anda berharap menjadi pengamat pasif di ruang kuliah;
  • Anda berasumsi bahwa orang lain akan membersihkan ruangan setelah Anda menempati sebuah kamar hotel;
  • Anda mungkin akan merasa lepas kendali di bandara;
  • Anda tahu Anda harus menunggu untuk menemui dokter Anda;
  • Anda mengharapkan hiburan di konser;
  • dan Anda berharap untuk menghibur diri sendiri di taman bermain.

Oleh karena itu, jika Anda membuat kantor, ruang kelas, atau ruang keluarga di mana Anda ingin orang-orang menjadi kreatif, Anda harus ingat bahwa desain ruang (Space) itu sangat penting. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan.

Ketika merancang sebuah Habitat tempat tinggal dan bekerja, kita sering melupakan berbagai faktor yang membuat Space yang mempengaruhi perasaan dan tindakan kita. Contohnya memperhitungkan tinggi atap, sinar yang masuk ke ruangan, memperhatikan aspek suara atau aroma ruangan. Setiap faktor ini dapat mempengaruhi apapun yang kita lakukan, kita rasakan, cara kita bekerja, belajar dan bermain. Namun, arsitek sangat memperhatikan hal-hal ini ketika merancang sebuah bagunan. Salah satunya adalah Jeanne Gang, arsitek yang membuat Starlight Theater di Rockford, Illinois.

Jeanne dan timnya secara sadar merancang ruang kerja yang sedikit “di luar kendali”, diisi dengan banyak sekali objek yang merangsang imajinasi.
Ada benda-benda yang ditemukan dari seluruh dunia, seperti batu dan mineral, bahan bangunan, alat musik, kain, dan kerajinan yang menawarkan inspirasi untuk proyek yang mereka kerjakan.

Pada Gambar 15 kita dapat melihat suasana yang berbeda di Starligt Theater, di mana dalam ruangan pertunjukan dipadukan dengan konsep luar ruangan dengan kubah terbuka dan menunjukkan langit biru di sore hari.

Tidak ada variabel yang boleh dilupakan saat mendesain ruang kreatif, termasuk warna dinding atau musik yang diputar sebagai latar belakang.
Studi terbaru menunjukkan bahwa dinding merah membantu Anda memusatkan perhatian, sementara dinding biru menumbuhkan pemikiran kreatif, karena biru memunculkan bayangan langit dan dengan demikian membuka pikiran Anda.

Kita juga dipengaruhi tidak hanya oleh apa yang ada di ruang kita, tetapi oleh apa yang kita lihat di luar jendela kita. Apakah Anda sedang melihat dinding bangunan atau hamparan pepohonan secara dramatis memengaruhi perasaan Anda.

Sebuah studi tahun 1984 menunjukkan bahwa pasien rumah sakit pulih pada tingkat yang berbeda tergantung pada pemandangan di luar jendela mereka.

Gambar 16: Ilustrasi Ruang Pasien yang Menghadap Bangunan

Para peneliti di rumah sakit pinggiran kota Pennsylvania menemukan bahwa 23 pasien bedah yang memiliki kamar dengan jendela yang menghadap ke pemandangan alam memiliki masa tinggal di rumah sakit pasca operasi yang jauh lebih pendek dan mengambil lebih sedikit obat penghilang rasa sakit daripada 23 pasien serupa yang berada di kamar dengan jendela yang menghadap ke bangunan.

Selain pemandangan di sekitar, suara di sekeliling juga berdampak besar pada perasaan kita. Hidup kita diisi berbagai macam soundtrack musik seperti dalam sebuah film. Jika kita mengubah soundtrack, makan rasa terhadap adegan yang ditampilkan juga dapat berubah dramatis.

Space yang kreatif membawa kita kepada kerja kreatif. Pixar, sebuah perusahaan di balik film-film kreatif seperti Toy Story dan Finding Nemo dapat menjadi contoh tentang penciptaan Space kreatif ini. Karakter-karakter berukuran besar dari film-film yang dibuat Pixar akan menyambut Anda ketika masuk ke kantor mereka dan setiap designer diundang untuk membuat Space yang merefleksikan passion-nya. Sebagai hasil, terciptalah ruang kantor yang terlihat seperti rumah Gingerbread, yang lainnya didesain seperti kastil Lego, dan lain-lain. Desain-desain Space ini tidak dibuat hanya untuk bersenang-senang. Alasannya adalah tidak mungkin desainer di Pixar dapat menghasilkan produk-produk inovatif tanpa sebuah lingkungan yang kaya dan provokatif.

Beberapa Space dan konsep kreatif di kantor Pixar dapat kita lihat pada gambar-gambar di bawah ini.

Gambar 18: Memasuki Kantor Pixar
Gambar 19: Kartu Tamu yang Kreatif, perhatikan teksnya.
Gambar 20: Disambut Karakter Toy Story
Gambar 21: Karakter Besar Toy Story di Kantor Pixar
Gambar 22: Karakter Monster Inc
Gambar 23: Karakter Cars
Gambar 24: Karakter Inside Out di Ruang Santai
Gambar 25: Salah Satu Sudut Ruang Kerja
Gambar 26: Finding Nemo di Ruang Rapat
Gambar 27: Karakter The Incredibles Menyambut di Kantor Pixar

Space adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan.
Jika Anda tinggal dan bekerja di lingkungan yang merangsang kreativitas, pikiran Anda terbuka terhadap ide-ide baru dan segar. Namun, jika lingkungannya membosankan dan membatasi, kreativitas Anda akan terhambat. Maka jika Anda ingin menjadi kreatif, Anda perlu membangun Habitat fisik yang membuka kunci Imaginasi Anda.


2. Constraints

Selain menciptakan Space yang merangsang kreativitas, Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas. Marissa Mayer, pimpinan pengembang produk di Google mengatakan bahwa Kreativitas mencintai batasan-batasn. Salah satu batasan yang sangat powerful untuk memicu kreativitas adalah WAKTU.

Teresa Amabile, Constance Hadley dan Steve Kramer di Harvard Business School menunjukkan bagaimana tekanan secara umum mempengaruhi kreativitas, dalam matriks 2×2 (Creativity Under the Gun).

Gambaran ringkas dari matriks di atas dapat kita lihat di bawah ini.

Gambar 29: Creativity Matrix

Dalam Creativity Matrix di atas, terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan kaitannya dengan penciptaan kreativitas. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Tekanan rendah dan kreativitas tinggi. Pada kondisi ini, manusia merasa seolah-olah sedang melakukan ekspedisi karena mereka bebas untuk terlibat dalam eksplorasi peluang tanpa batas. Dalam situasi ini individu harus sangat termotivasi dan terinspirasi untuk menggunakan waktu bebas stres ini untuk usaha kreatif.
  2. Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah. Dalam kasus ini, individu merasa seolah-olah mereka menggunakan autopilot. Tidak ada insentif atau dorongan eksternal untuk menjadi kreatif, dan mereka sama-sama bosan dan tidak terinspirasi.
  3. Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah. Kondisi ini terjadi ketika tekanan tidak tidak henti-hentinya dan tidak fokus. Pekerjaan terasa tidak penting, dan tujuan terus berubah. Individu dalam situasi ini merasa seolah-olah mereka berada di atas treadmill yang tidak pernah berhenti.
  4. Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi. Kondisi ini membuat orang merasa seperti dalam sebuah misi. Dalam lingkungan ini, meski ada tekanan, ada tujuan yang jelas, fokus, dan penting, dan orang-orangnya sangat kreatif.

Salah satu contoh sederhana tentang tekanan yang membawa pada kreativitas adalah Twitter. Pada twitter, kita dituntut untuk dapat menuliskan sebuah informasi lengkap hanya dalam 140 karakter maksimal. Dampaknya? Para pengguna Twitter memicu diri untuk membuat jalan sehingga hal yang dituliskan bisa tersampaikan sesuai tujuan kepada yang membaca.

Setiap Habitat memiliki konstrain atau batasan masing-masing. Batasan ini dapat berupa kombinasi waktu, uang, ruang, orang-orang dan kompetisi. Batasan-batasan ini dapat mempertajam imajinasi Anda dan memperbanyak inovasi.


3. Incentives

Kita secara alami menyesuaikan diri dengan aturan dan dengan cepat mempelajari perbedaan halus antara berbagai ekspektasi di setiap Habitat.
Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan kreativitas Anda dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan Anda, Anda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Sama seperti Anda dapat memanipulasi Space Anda dan Constraints di lingkungan Anda untuk menyesuaikan Innovation Engine Anda, Anda juga dapat mengubah aturan dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas.

Salah satu contoh adalah studi tentang GAMIFICATION yang dilakukan oleh Tom Chatfield dari University of Bristol. Gamification terkait dengan kebutuhan untuk memberikan feedback yang akurat dan sering kepada individu tentang kemajuan mereka dalam permainan apa pun. Ini berarti memberikan data tentang kinerja secara sedikit demi sedikit.

Misalnya, di sebagian besar video game, pemain dapat melihat skor mereka setiap saat, memberi mereka feedback cepat tentang kapan mereka melakukannya dengan baik atau tertinggal. Poin bertambah dengan cepat untuk peningkatan kecil dan dengan begitu pemain dengan cepat mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak.

Gambar 30: Game Angry Birds

Kesuksesan besar game seperti Angry Birds, dapat kita jadikan sebagai contoh. Setiap putaran permainan hanya berdurasi beberapa detik dan memberikan feedback instan. Seorang pemain dapat dengan cepat dan mudah bereksperimen dengan pendekatan yang berbeda untuk mengembangkan strategi kemenangan.

Tugas: Mari pikirkan bagaimana powerful-nya ketika kita bisa mendapatkan feedback dengan cepat dalam setiap usaha yang kita capai. Maka biasakan untuk memberikan feedback cepat dan meningkatkan inovasi. Praktekkan hal ini dalam proyek yang saat ini sedang Anda kerjakan. Siapkan feedback untuk target jangka pendek dan jangka panjang. Setiap orang dalam kelompok harus diberi penghargaan terhadap solusi-solusi kecil terhadap masalah dalam proyek atau dalam strategi kerja kelompok. Anda dapat membuat pilihan apakah memberi penghargaan kepada yang mencapai target kerja atau memberi hukuman kepada anggota tim yang tidak aktif. Namun, perlu dicatat bahwa penting untuk memberi penghargaan atas effort yang dilakukan anggota tim dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan sukses. Strategi ini harus tergambar dalam rancangan kerja setiap kelompok, bagaimana cara memeriksa capaian kerja per orang dalam kelompok. Hal ini menjadi rules yang disusun dan disepakati semua anggota kelompok. Tuliskan rules ini dan submit di ecourse.del.ac.id. Rules ini dilengkapi dengan strategi tim berdasarkan The Six Thinking Hats yang dibahas pada bagian Team Dynamics. Tugas ini dilakukan oleh setiap orang, bukan berdiskusi dengan tim, sehingga nantinya dapat tergambar style dan harapan setiap orang dalam tim.

Selain memberi penghargaan dan feedback cepat, game juga ditingkatkan ketika ada keterlibatan sosial yang nyata. Dengan bekerja bersama, berbagi keberhasilan dan kegagalan, tim kreatif didorong melampaui batas yang melekat ketika bekerja sendiri. Anda dapat membuat semua jenis aktivitas menjadi lebih menarik dengan mengubahnya menjadi sebuah game. Game adalah cara yang baik untuk menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam peraturan berdampak besar pada perilaku kreatif. Contohnya adalah Fun Theory yang diciptakan oleh Volkswagen atau kampanye tentang persahabatan yang dibuat oleh Coca Cola.

Namun, terkait dengan aturan dan penghargaan ini, Anda harus sangat berhati-hati dalam membuat rancangannya. Jangan sampai aturan yang dibuat bukan meningkatkan kinerja dan kreativitas, tetapi sebaliknya membuat tim menjadi terlalu diatur dan mematikan kreativitas. Oleh karena itu, Anda harus sangat berhati-hati dan sensitif terhadap konsekuensi dari aturan yang Anda rancang. Rancanglah Habitat yang membuat Incentives selaras dengan tujuan, berikan feedback yang menujukkan kreativitas dihargai, buat permainan-permainan dengan aturan dan solusi yang baik.


4. Team Dynamics

Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun. Lalu, sering kali kita berpikir telah mengetahui apa yang kita inginkan dari anggota tim sampai kita diperhadapkan pada situasi dan kenyataan bahwa temperamen dan keterampilan yang diperlukan sangat berbeda.

Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats, dimana terdapat 6 role yang dimainkan dalam sebuah tim, masing-masing direpresentasikan oleh warna topi yang berbeda. Setiap orang pada dasarnya memiliki satu warna topi yang dominan dalam dirinya, dengan satu atau dua warna lain di belakangnya.

White HatSeseorang yang tertarik pada fakta-fakta dan sangat logis.
Green HatOrang yang paling nyaman menghasilkan ide-ide baru.
Red HatSeseorang yang menggunakan intuisi dalam membuat keputusan.
Blue HatOrang yang sangat teratur dan berorientasi pada proses.
Black HatSeorang “devil advocate”, yang mengungkap apa yang tidak akan berhasil.
Yellow HatSeseorang yang ingin membuat semua orang bahagia.

Anda dapat melihat ciri tiap tim dalam kelompok Anda dan membagi role berdasarkan ciri tersebut (sehingga Anda perlu saling mengenal karakter kuat dari tiap anggota tim).

Pada Gambar 33 dan Gambar 34 ditunjukkan perbedaan cara berpikir masing-masing orang dengan Hat yang berbeda.

Dalam menerapkan konsep Six Thinking Hats ini, tidak serta merta sepanjang proses pengerjaan satu proyek, tiap anggota tim hanya menggunakan satu Hat saja, lalu menutup mata tidak peduli jika sebuah pekerjaan bukan merupakan bagian dari role-nya. Contoh penggunaannya misalnya, sebuah tim dapat secara eksplisit menyatakan di awal sesi brainstorming bahwa mereka semua harus mengenakan Green Hat untuk menghasilkan ide. Ini terutama penting bagi mereka yang biasanya tidak memakai Green Hat dan lebih nyaman mengevaluasi ide setelah ide tersebut dibuat. Nanti dalam prosesnya, Anda dapat secara eksplisit menyatakan bahwa Anda semua akan mengenakan Blue Hat untuk merencanakan langkah proyek selanjutnya. Dan selama sesi penilaian risiko, setiap orang diundang untuk memakai Black Hat untuk melihat semua tempat di mana ada yang salah.

Dinamika dalam sebuah tim terdiri dari berbagai jenis, dimana maing-maing akan memberikan luaran yang berbeda. Malcolm Gladwell dalam artikel “The Bakeoff” menjelaskan eksperimen menarik yang dirancang untuk melihat jenis tim apa yang paling kreatif.

Malcolm Gladwell mengulas bagaimana Steve Gundrum, seorang food scientist, mengumpulkan tiga tim berbeda yang bekerja bersama selama enam bulan dengan tujuan menghasilkan kue baru yang sehat dan lezat.

  1. Tim PERTAMA terdiri dari kemitraan dua ahli pangan.
  2. Tim KEDUA besar dan hierarkis, dikelola oleh satu pemimpin yang jelas.
  3. Tim KETIGA terdiri dari sekumpulan besar pakar, yang dalam eksperimen ini dikenal sebagai “tim impian”. Tim terakhir ini didasarkan pada model open-source software design, tempat sekelompok besar pakar membangun ide satu sama lain.Oleh karena itu, ada antusiasme yang besar untuk apa yang akan mereka ciptakan.

Pemenang dari pertandingan ini adalah Tim KEDUA yang dikelola oleh seorang pemimpin. Ternyata, meskipun tim impian menghasilkan banyak ide, ada begitu banyak perselisihan dan konflik di antara para peserta sehingga pengalaman itu membuat stres bagi semua yang terlibat.
Menarik untuk mempertimbangkan betapa berbedanya hasilnya bagi tim impian jika mereka meluangkan waktu untuk membicarakan proses kreatif mereka sebelumnya, untuk memikirkan tentang peran yang dimainkan masing-masing dalam tim, dan untuk mendiskusikan kapan mereka harus berganti peran selama proses tersebut.

Kerja tim sangat penting saat Anda membangun organisasi yang mendorong inovasi. Anda memerlukan kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda, yang menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan. Tim yang hebat juga memiliki dosis permainan yang sehat dan memberikan umpan balik yang positif. Habitat dengan tim yang efektif mampu memanfaatkan semua faktor lain di lingkungan untuk meningkatkan kreativitas kelompok.


Materi selanjutnya
Innovation Engine: Resources, Cultures


Referensi

  • InGenius: a Crash Course on Creativity, Tina Seelig, 2012.
  • http://www.huffingtonpost.com/screencraft/discover-what-its-like-to_b_9099188.html
  • https://officesnapshots.com/2012/07/16/pixar-headquarters-and-the-legacy-of-steve-jobs/
  • https://officesnapshots.com/2007/07/16/pixar-hq/
  • http://www.insidethemagic.net/2017/05/photos-visit-pixars-headquarters-emeryville-california/
  • Photo by CoWomen on Unsplash


56 thoughts on “Innovation Engine: Habitat

  1. Terdapat tiga bagian luar Innovation Engine yaitu:
    – Habitat : lingkungan tempat kita berada.
    – Sumber daya adalah semua aset di komunitas anda.
    – Budaya adalah nilai perilaku kolektif lokal dalam komunitas.
    Habitat terdiri dari
    – space adalah tempat kita berada dalam melakukan kegiatan dalam kehidupan.
    Space sangat mempengaruhi suasana dan pikiran.
    Setiap ruang memaksa Anda untuk merespons secara berbeda.
    Kemungkinan besar, Anda berharap menjadi pengamat pasif di ruang kuliah;
    Anda berasumsi bahwa orang lain akan membersihkan ruangan setelah Anda menempati sebuah kamar hotel;
    Anda mungkin akan merasa lepas kendali di bandara;
    Anda tahu Anda harus menunggu untuk menemui dokter Anda;
    Anda mengharapkan hiburan di konser;
    dan Anda berharap untuk menghibur diri sendiri di taman bermain.
    Dengan demikian kita harus menata ruangan dengan baik dengan kreatif karena desain ruang itu sangat penting. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan

  2. Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    1. Habitat adalah lingkungan lokal, termasuk rumah, sekolah atau kantor.
    2. Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas.
    3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas.
    HABITAT
    a. Space
    Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan. Maka jika ingin menjadi kreatif, perlu membangun Habitat fisik yang membuka kunci Imaginasi.
    b. Constraints
    Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas. Salah satu batasan yang sangat powerful untuk memicu kreativitas adalah WAKTU.
    c. Incentives
    Kita secara alami menyesuaikan diri dengan aturan dan dengan cepat mempelajari perbedaan halus antara berbagai ekspektasi di setiap Habitat. Untuk meningkatkan kreativitas perlu diterapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi.
    d. Team Dynamics
    Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun.

  3. BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    • Habitat adalah lingkungan lokal Anda
    • Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
    • Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.
    HABITAT
    1. Space : ruang tempat Anda tinggal dan bekerja. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat
    2. Constraints: Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk untuk mengeluarkan kreativitas.
    Bagaimana tekanan secara umum mempengaruhi kreativitas :
    – Tekanan rendah dan kreativitas tinggi
    – Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas
    – Tekanan yang tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah
    – Tekanan tinggi yang membawa kepada pada kreativitas yang tinggi
    3. Incentives : mengubah aturan dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas
    4. Team Dynamics
    Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats : white hat, green hat, red hat, blue hat, black hat dan yellow hat.

  4. Ada3 bagian luar innovation engine yaitu:
    1. Habitat,lingkungan lokal anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor anda.
    Habitat terdiri dari
    • Space, faktor kunci di setiap habitat kita, karena mengkomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.
    • Constraints
    • Incentives, penghargaan yang mendorong inovasi
    • Team dynamics, memiliki konseo six thingking hats.
    Yaitu:
    – White hat: seseorang yang tertarik pada fakta dan sangat logis
    – Green hat: orang yang paling nyaman menghasilkan ide-ide baru
    – Red hat: yang menggunakan intuisi dalam mebuat keputusan
    – Blue hat: yang sangat teratur dan berorientasi pada proses
    – Black hat: yang mengungkap apa ang tidak akan berhasil
    – Yellow hat: yang ingin membuat semua orang bahagia.
    2. Sumber daya, semua asset di komunitas anda
    3. Budaya, kepercayaan, nilai dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas anda.

  5. Terdapat tiga bagian luar Innovation Engine yaitu:
    – Habitat : lingkungan tempat kita berada.
    – Sumber daya adalah semua aset di komunitas anda.
    – Budaya adalah nilai perilaku kolektif lokal dalam komunitas.
    Habitat terdiri dari
    – space adalah tempat kita berada dalam melakukan kegiatan dalam kehidupan. Ruang memaksa untuk merespon secara berbeda. desain ruang (Space) itu sangat penting. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan.
    – Constrains :Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas
    – Incentive :menyesuaikan diri dengan aturan dan dengan cepat mempelajari perbedaan halus antara berbagai ekspektasi di setiap Habitat
    – Team dynamics :setiap orang memiliki perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun.

  6. Innovation Engine: Habitat

    Habitab
    Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    1. Space
    Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan.
    2. Constraints
    Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    – Tekanan rendah dan kreativitas tinggi.
    – Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    – Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    – Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.
    3. Incentives
    Penghargaan yang di dapat untuk mendorong inovasi dan kreatifitas yang lebih.
    4. Team Dynamics
    Dengan karakter setiap orang yang berbeda, kita harus mengenali karakter teman2 kita dan coba memahaminya , karena setiap hasil dari pemikiran tidak selalu sama.

  7. Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu: habitat, sumber daya, dan budaya.
    Habitat ada 4 yaitu space, constraints, incentives, dan tim dynamics.
    1. Space
    Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Oleh karena itu, Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku Anda. Desain ruang (Space) itu sangat penting. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan. pace adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan.
    2. Constraints
    Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas. Salah satu batasan yang sangat powerful untuk memicu kreativitas adalah WAKTU.
    Terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan kaitannya dengan penciptaan kreativitas.
    1. Tekanan rendah dan kreativitas tinggi.
    2. Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    3. Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    4. Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.

    3. Incentives
    Jika Anda ingin meningkatkan kreativitas Anda dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan Anda, Anda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi.
    4. Team Dynamics
    Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun. Kerja tim sangat penting saat Anda membangun organisasi yang mendorong inovasi. Anda memerlukan kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda, yang menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan.

  8. Innovation Engine: Habitat
    Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda. Terdiri dari 4 bagian yaitu:
    Space
    1.Space sangat mempengaruhi suasana dan pikiran. Saat Anda memasuki ruang mana pun, Anda tenggelam dan menyatu dengan suasana di dalamnya.Space yang kreatif membawa kita kepada kerja kreatif. Space adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan.
    2.Constraints
    Batasan-batasan dapat mempertajam imajinasi Anda,memperbanyak inovasi dan mengeluarkan kreativitas.
    3.Incentives
    penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas.
    4.Team Dynamics
    Tim yang hebat juga memiliki dosis permainan yang sehat dan memberikan umpan balik yang positif. Habitat dengan tim yang efektif mampu memanfaatkan semua faktor lain di lingkungan untuk meningkatkan kreativitas kelompok.

  9. HABITAT
    1.Space
    2.Constraints
    3.Incentives
    4.Team Dynamics
    1. Space
    Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Oleh karena itu, Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku Anda.
    2. Constraints
    Selain menciptakan Space yang merangsang kreativitas, Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    3. Incentives
    Kita secara alami menyesuaikan diri dengan aturan dan dengan cepat mempelajari perbedaan halus antara berbagai ekspektasi di setiap Habitat.
    Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan kreativitas Anda dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan Anda, Anda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi.
    4. Team Dynamics
    Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun. Lalu, sering kali kita berpikir telah mengetahui apa yang kita inginkan dari anggota tim sampai kita diperhadapkan pada situasi dan kenyataan bahwa temperamen dan keterampilan yang diperlukan sangat berbeda.

  10. Nama : Rince Septriana Parhusip
    NIM : 11418056

    *Ringkasan*
    External Engine terdiri dari habitat, resources, dan cultures. Habitat dapat dilihat bedasarkan space, constraints, incentives, dan team dynamics.

    *Rangkuman*
    Terdapat tiga bagian luar Innovation Engine, yaitu:
    1. Habitat adalah lingkungan lokal, termasuk rumah, sekolah atau kantor.
    2. Sumber daya (Resource) adalah semua aset di komunitas.
    3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas.

    HABITAT
    1. Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Desain ruang (space) itu sangat penting. Space adalah salah satu faktor kunci di semua habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan.
    2. Constraints. Salah satu batasan yang sangat powerful untuk memicu kreativitas adalah WAKTU.
    3. Incentives. Penerapan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi dalam meningkatkan kreativitas.
    4. Team Dynamics. Kerja tim sangat penting saat Anda membangun organisasi yang mendorong inovasi.

  11. Nama : Saut Raja Marihot Tua Sihotang
    Nim : 11418055

    Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    1.Space  tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan, salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan
    Space sangat mempengaruhi suasana dan pikiran.
    Ketika merancang sebuah Habitat tempat tinggal dan bekerja, kita sering melupakan berbagai faktor yang membuat Space yang mempengaruhi perasaan dan tindakan kita.
    2. Constraints Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    – Tekanan rendah dan kreativitas tinggi
    – Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah
    – Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah
    – Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi
    3. Incentives  Jika ingin meningkatkan kreativitas , kperlu menerapkan aturan dan penghargaan (incentive) yang mendorong inovasi.
    Jangan sampai aturan yang dibuat bukan meningkatkan kinerja dan kreativitas, tetapi sebaliknya membuat tim menjadi terlalu diatur dan mematikan kreativitas.
    4. Team Dynamics  Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun.
    Kerja tim sangat penting saat membangun organisasi yang mendorong inovasi. Kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda, yang menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan. Tim yang hebat juga memiliki dosis permainan yang sehat dan memberikan umpan balik yang positif. Habitat dengan tim yang efektif mampu memanfaatkan semua faktor lain di lingkungan untuk meningkatkan kreativitas kelompok.

  12. Habitat ada 4 yaitu space, constraints, incentives, dan tim dynamics.
    1. Space
    Space itu sangat penting. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan. pace adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan.
    2. Constraints
    Constraint atau Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas. Salah satu batasan yang sangat powerful untuk memicu kreativitas adalah waktu.
    3. Incentives
    Jika ingin meningkatkan kreativitas Anda dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan Anda, Anda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi.
    4. Team Dynamics
    Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun. Kerja tim sangat penting saat Anda membangun organisasi yang mendorong inovasi.

  13. 1. Space
    Space adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan. Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku.Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan.

    2. Constraints
    Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi batasan-batasan, untuk mengeluarkan kreativitas.
    Dalam Creativity Matrix, terdapat 4 blok kondisi yaitu:
    1) Tekanan rendah dan kreativitas tinggi.
    2) Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    3) Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    4) Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.

    3. Incentives
    Jika ingin meningkatkan kreativitas, maka perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi.

    4. Team Dynamics
    Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun. Lalu, sering kali kita berpikir telah mengetahui apa yang kita inginkan dari anggota tim sampai kita diperhadapkan pada situasi dan kenyataan bahwa temperamen dan keterampilan yang diperlukan sangat berbeda.

  14. Habitat
    Ada 3 bagian luar innovation Engine, yaitu sebagai berikut
    • Habitat merupakan lingkungan lokal atau tempat termasuk rumah, sekolah atau kantor .
    • Sumber daya ( Resource) merupakan semua aset di komunitas
    • Budaya(Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunikasi.
    Habitat terbagi menjadi beberapa bagian yaitu
    1. Space atau ruang yang kita tempati dan meruupakan tempat untuk memainkan peran dalam kehidupan kita .Space adalah salah satu factor kunci di semua habitat, bersama aturan, penghargaan dan batasan-batasan.
    2. Constraints merupakan membuat tekanan yang kreatif dengan melakukan dan memberikan constraint atau batasan dalam berbagai bentuk untuk mengeluarkan kreativitas.
    3. Incentives merupakan cara untuk meningkatkan kreativitas dengan menerapkan aturan dan penghagaan yang mendorong inovasi.
    4. Team Dynamic yaitu membawa perspektif personal, gaya kerja atau tujuan kelompok.

  15. External engine terdiri dari habitat, resourses, dan cultures.
    Habibat: lingkungan local seperti rumah, sekolah, dan kantor.
    Habitat terdiri dari:
    1. Space: tempat tinggal dan bekerja untuk menjalankan peraan dalam kehidupan. Space merupakan factor kunci di habitat, karena jelas mengkomunikasikan apa yang harus dan yang tidak bisa dilakukan.
    2. Constraints: tekanan yang didapatkan didalam kelompok tentu dapat membangun dan tidak. Nmun dalam memberi tekanan dipastikan mempunyai batasan batasan dan bersifat membangun.
    3. Incentives: penghargaan untuk mendorong inovasi. Apabila ada anggota didalam kelompok yang memberikan ide atau feedback, walaupun solusi yang diberikan kecil,maka kita harus memberikan penghargaan atas effort yang dilakukan oleh anggota tim.
    4. Team Dynamics: Setiap orang memiliki gaya kerja dan tujuan yang berbeda. Demikian juga yang ada pada team, maka setiap anggota kelompok pastinya mempunyai role masing masing sesuai dengan keahliannya. Apabila role dari anggota masing masing kelompok digabungkan, mungkin akan mendapatkan sebuah ide yang bagus.

  16. Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:

    1. Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    2. Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
    3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.

    HABITAT
    1. Space
    Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan. Oleh karena itu, Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku.
    Space yang kreatif membawa kita kepada kerja kreatif. Space adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan.
    2. Constraints
    Selain menciptakan Space yang merangsang kreativitas, Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.Dalam Creativity Matrix di atas, terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan kaitannya dengan penciptaan kreativitas. Penjelasannya adalah sebagai berikut :
    1. Tekanan rendah dan kreativitas tinggi
    2. Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    3. Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    4. Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.
    3. Incentives
    Kita secara alami menyesuaikan diri dengan aturan dan dengan cepat mempelajari perbedaan halus antara berbagai ekspektasi di setiap Habitat.
    Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan kreativitas Anda dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan Anda, Anda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Rancanglah Habitat yang membuat Incentives selaras dengan tujuan, berikan feedback yang menujukkan kreativitas dihargai, buat permainan-permainan dengan aturan dan solusi yang baik.

    4. Team Dynamics
    Dinamika dalam sebuah tim terdiri dari berbagai jenis, dimana maing-maing akan memberikan luaran yang berbeda. Malcolm Gladwell dalam artikel “The Bakeoff” menjelaskan eksperimen menarik yang dirancang untuk melihat jenis tim apa yang paling kreatif. Kerja tim sangat penting saat Anda membangun organisasi yang mendorong inovasi. Anda memerlukan kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda, yang menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan. Tim yang hebat juga memiliki dosis permainan yang sehat dan memberikan umpan balik yang positif. Habitat dengan tim yang efektif mampu memanfaatkan semua faktor lain di lingkungan untuk meningkatkan kreativitas kelompok.

  17. Habitat adalah lingkungan local, termasuk rumah, sekolah atau kantor.
    1. Space adalah salah satu factor kunci di semua habitat, Bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan. Space dapat merangsang kretaivitas sehingga pikiran lebih terbuka terhadap ide-ide baru dan segar. Jika ingin menjadi kreatif, kia perlu membangun habitat fisik yang membuka kunci imaginasi kita.

    2. Constraints atau tekanan dibangun untuk mengeluarkan kreativitas dengan cara memberi batasan-batasan dalam berbagai bentuk. Batasan inidapat berupa kombinasi waktu, uang, ruang, orang-orang, dan kompetisi yang bertujuan untuk mempertajam imajinasi dan memperbanyak inovasi.

    3. Incentives (aturan dan penghargaan) sangat membantu untuk meningkatkan kinerja dan kreativitas tim. Tetapi kita harus berhati-hati dalam merancang aturan agar tim tidak merasa terlalu diatur dan mematikan kreativitas.

    4. Team Dynamics atau perspektif yang berbeda dalam tim sangat diperlukan untuk meningkatkan kreativitas kelompok. Tentunya segala perbedaan dalam kelompok harus dihargai agar memberi feedback positif dalam mendorong inovasi.

  18. Pada materi Innovation Engine dibahas tentang External Engine yang terdiri dari: Habitat, Recources, dan Cultures. Pada kesempatan ini dibahas mengenai Habitat. Habitat merupakan lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda. Habitat terdiri atas 4 yaitu : Space, Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Oleh karena itu, Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku Anda. Constraints, membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas. Setiap Habitat memiliki konstrain atau batasan masing-masing. Batasan ini dapat berupa kombinasi waktu, uang, ruang, orang-orang dan kompetisi. Batasan-batasan ini dapat mempertajam imajinasi Anda dan memperbanyak inovasi. Incentives, utnk mendorong inovasi, yaitu mengubah aturan dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas. Team Dynamics, konsep Six Thinking Hats, dimana terdapat 6 role yang dimainkan dalam sebuah tim, masing-masing direpresentasikan oleh warna topi yang berbeda.

  19. 1. Space atau ruang adalah tempat untuk memainkan peran dalam kehidupan. Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku. Space bisa menggambarkan kegunaan sebuah tempat itu atau untuk siapa tempat itu digunakan dan sangat mempengaruhi suasana, pikiran dan memaksa untuk merespon secara berbeda. Sebab, space menjadi salah satu faktor kunci disemua habitat
    2. Constraints adalah batasan dalam berbagai bentuk untuk mengeluarkan kreativitas. Dalam creativity matrix tedapat: tekanan rendah dan kreativitas tinggi, tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah, tekanan tinggi yang membawa kreativitad yang rendah, dan tekanan tinggi pada kreativitas yang tinggi.
    3. Incentives adalah aturan dan penghargaan yang mendorong inovasi. Terkait dengan aturan dang penghargaan, harus sangat berhati-hati dalam membuat rancangannya dan sensitif terhadap konsekuensi dari aturan yang dirancang.
    4. Team dynamics adalah setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang berbeda ke kelompok manapun. Kerja tim sangat penting saat membangun organisasi yang mendorong inovasi

  20. Innovation Engine: Habitat
    1. Space
    Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan. Space yang kreatif membawa kita kepada kerja kreatif
    2. Constraints
    Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    3. Incentives
    Perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Sama seperti saat mendapat memanipulasi Space dan Constraints di lingkungan untuk menyesuaikan Innovation Engine, juga dapat mengubah aturan dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas.
    4. Team Dynamics
    Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun. Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats. Dalam menerapkan konsep Six Thinking Hats ini, tidak serta merta sepanjang proses pengerjaan satu proyek, lalu menutup mata tidak peduli jika sebuah pekerjaan bukan merupakan bagian dari role-nya.

  21. Innovation Engine-Habitat
    Habitat merupakan lingkungan lokal yang berada di sekitar kita, misalnya rumah, sekolah, atau kantor. Habitat terdiri dari beberapa bagian adalah sebagai berikut.
    1. Space merupakan ruang tempat dimana kita tinggal dan bekerja dalam memainkan peran dalam kehidupan. Sehingga, Space memberi dampak besar bagi pikiran dan perilaku bagi kita sendiri. Space juga salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan.
    2. Constraints merupakan rupaan dari habitat artinya tekanan-tekanan yang dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi, namun tekanan kreatif yang memberi constrain atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk untuk mengeluarkan kreativitas.
    3. Incentives merupakan penghargaan yang mendorong inovasi. Meningkatkan kretivitas tentunya kita menerapkan incetive yang dapat mengubah aturan dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas.
    4. Team Dynamics, Six Thinking Hats terdiri dari White Hat, Green Hat, Red Hat, Blue Hat, Black Hat, dan Yellow Hat.

  22. Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    – Habitat adalah lingkungan lokal yang termasuk rumah, sekolah atau kantor.
    Habitat mempunyai 4 bagian yaitu :
    = space merupakan sebuah wadah atau tempat dimana kita memerankan bagian kita
    = constrait merupakan tekanan yang dapat menjadi sumber kreativitas.
    Dalam Creativity Matrix di atas, terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan kaitannya dengan penciptaan kreativitas :
    – Tekanan rendah dan kreativitas tinggi.
    – Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    – Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    – Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.
    = incentives merupakan cara untuk menyesuaikan diri dengan aturan dengan cepat mempelajari perbedaan halus antara ekspektasi disetiap habitat.
    Oleh karena itu, jika ingin meningkatkan kreativitas dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja
    perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi.
    = team dynamics merupakan kumpulan orang yang membawa perpektif personal, gaya kerja dan tujuan yang
    sangat berbeda ke kelompok mana pun. Menurut Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats, dimana terdapat 6 role yang dimainkan dalam sebuah tim,
    masing-masing direpresentasikan oleh warna topi yang berbeda. Setiap orang pada dasarnya memiliki satu warna topi yang dominan dalam dirinya, dengan
    satu atau dua warna lain di belakangnya. Dalam menerapkan konsep Six Thinking Hats ini, tidak serta merta sepanjang proses pengerjaan satu proyek,
    tiap anggota tim hanya menggunakan satu Hat saja, lalu menutup mata tidak peduli jika sebuah pekerjaan bukan merupakan bagian dari role-nya.
    Menurut Malcolm Gladwell mengulas bagaimana Steve Gundrum, seorang food scientist, mengumpulkan tiga tim berbeda yang bekerja bersama selama
    enam bulan dengan tujuan menghasilkan kue baru yang sehat dan lezat.
    Maka dapat disimpulkan Kerja tim sangat penting saat membangun organisasi yang mendorong inovasi .
    Yang diperlukan kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda,
    yang menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan.
    Tim yang hebat juga memiliki dosis permainan yang sehat dan memberikan umpan balik yang positif.
    Habitat dengan tim yang efektif mampu memanfaatkan semua faktor lain di lingkungan untuk meningkatkan kreativitas kelompok.
    Kerjasama kelompok menjadi hal yang paling penting untuk mendapatkan ide ide yang luar biasa.
    – Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas.
    – Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas.

  23. Innovation Engine: Habitat
    3 bagian luar innovation engine:
    – Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor.
    – Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas.
    – Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas.

    Habitat dibagi menjadi 4
    – Space : tempat memainkan peran
    – Constraints: tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi, melainkan tekanan dapat menjadi sumber kreativitas
    – Incentives : diperlukan aturan dan penghargaan yang akan menjadi pendorong inovasi
    – Team Dynamics : kerja tim sangat penting saat membangun organisasi yang mendorong inovasi.
    Habitat dengan tim yang efektif mampu memanfaatkan semua factor lain di lingkungan untuk meningkatkan kreativitas kelompok.

  24. Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    1. Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    2. Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
    3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.

    HABITAT
    1. Space
    Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Space sangat mempengaruhi suasana dan pikiran.
    2. Constraints
    Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    3. Incentives
    Jika ingin meningkatkan kreativitas Anda dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan Anda, Anda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Sama seperti Anda dapat memanipulasi Space Anda dan Constraints di lingkungan Anda untuk menyesuaikan Innovation Engine Anda.
    4. Team Dynamics
    Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats, dimana terdapat 6 role yang dimainkan dalam sebuah tim sebagai berikut.
    • White Hat : Seseorang yang tertarik pada fakta-fakta dan sangat logis.
    • Green Hat : Orang yang paling nyaman menghasilkan ide-ide baru.
    • Red Hat : Seseorang yang menggunakan intuisi dalam membuat keputusan.
    • Blue Hat : Orang yang sangat teratur dan berorientasi pada proses.
    • Black Hat : Seorang “devil advocate”, yang mengungkap apa yang tidak akan berhasil.
    • Yellow Hat : Seseorang yang ingin membuat semua orang bahagia.

  25. Habitat adalah lingkungan lokal kita biasa melakukan kegiatan kita misalnya rumah, sekolah, dan lain-lain. Bagian-bagian dari habitat ada space, constraints, incentives, team dynamics. Space adalah ruang atau tempat kita untuk melakukan aktivitas kita atau peran kita dalam kehidupan ini. Space sangat mempengaruhi terhadap suasana atau keadaan kita. Untuk bisa berpikir tenang dan lebih kreatif dibutuhkan space yang kreatif dan mendukung kita untuk berpikir lebih kreatif. Constraints adalah batasan dalam berbagai bentuk untuk memberikan tekanan kreatif kepada kita agar kita bisa mengeluarkan kreativitas kita. terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan kaitannya dengan penciptaan kreativitas yaitu: Tekanan rendah dan kreativitas tinggi, Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah, Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah, Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi. Incentives adalah aturan atau penghargaan untuk mendorong kreativitas kita. Team dynamis adalah perspektif personal, tujuan, dan gaya kerja orang yang berbeda dalam sebuah tim.

  26. Terdapat 3 bagian External Innovation Engine yaitu:
    • Habitat lingkungan/tempat tinggal yang berada di sekitar kita, seperti rumah, kampus, sekolah dan lainnya
    • Sumber Daya (Resources) adalah semua aset yang berada di komunitas kita
    • Budaya (Cultures) adalah suatu cara hidup yang berkembang yang berada di dalam komunitas/ lingkungan kita, seperti kepercayaan, nilai, dan perilaku

    Habitat terbagi menjadi 4 bagian yaitu:
    • Space atau ruang dimana kita tinggal atau bekerja adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan yang kita lalui. Space mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh untuk dilakukan.
    • Constraint diperoleh dari tekanan yang kreatif sehingga mampu mengeluarkan kreativitas. Terdapat 4 kondisi yang menggambarkan dengan penciptaan kreativitas yaitu:
    • Incentives atau penghargaan dapat mendorong inovasi. Kita dapat mengubah aturan dan penghargaan(incentives) untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas
    • Team Dynamics sangat penting disaat membangun organisasi yang mendorong inovasi. Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats, yang artinya terdapat 6 role yang dimainkan dalam sebuah tim

  27. Topik:Innovation Engine: Habitat
    1.Habitat adalah lingkungan lokal termasuk rumah, sekolah atau kantor.
    2.Sumber daya adalah semua aset di komunitas.
    3.Budaya adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas.
    Space
    Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan. Sehingga, Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku.

    Constraints
    Terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan penciptaan kreativitas
    1.Tekanan rendah dan kreativitas tinggi.
    2.Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    3.Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    4.Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.
    Setiap Habitat memiliki konstrain atau batasan masing-masing. Batasan ini dapat berupa kombinasi waktu,ruanng,orang-orang dan kompetisi.

    Incentives
    jika ingin meningkatkan kreativitas kita perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi.

    Team Dynamics
    Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats, dimana terdapat 6 role yang dimainkan dalam tim:
    White Hat
    Green Hat
    Red Hat
    Blue Hat
    Black Hat
    Yellow Hat

  28. Innovation Engine : Habitat
    a. Space
    Jika tinggal dan bekerja di lingkungan yang merangsang kreativitas, pikiran terbuka terhadap ide-ide baru dan segar. Namun, jika lingkungannya membosankan dan membatasi, kreativitas akan terhambat.

    b. Constraints
    Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas. Salah satu batasan yang sangat powerful untuk memicu kreativitas adalah waktu

    c. Incentives
    jika ingin meningkatkan kreativitas yang tinggal dan bekerja dengan Anda, perlu menerapkan aturan dan penghargaan yang mendorong inovasi.
    harus sangat berhati-hati dan sensitif terhadap konsekuensi dari aturan yang Anda rancang.
    .
    d. Team Dynamics
    Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun.
    Pentingnya kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda, yang menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan

  29. Innovation Engine: Habitat
    Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    1.Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    2.Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
    3.Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.

    Habitat terdiri dari 4 yaitu
    1.Space merupakan ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan.
    2.Constraints, dengan Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas
    3.Incentives, jika Anda ingin meningkatkan kreativitas Anda dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan Anda, Anda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi.
    4.Team Dynamics, Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun.

  30. Habitat adalah lingkungan lokal, termasuk rumah, sekolah atau kantor. Habitat dibagi menjadi:
    1. Space : ruang tempat tinggal atau tempat bekerja untuk melakukan peran dalam kehidupan. Space adalah salah satu faktor kunci di semua habitat bersama dengan aturan, penghargaan dan batasan dan space memengaruhi perasaan dan tindakan kita.
    2. Constraints : habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas, tekanan yang dimaksud dilakukan dengan memberi constraint atau batasan dalam berbagai bentuk untuk mengeluarkan kreativitas. Ada 4 blok kondisi yang menggambarkan penciptaan kreativitas yaitu tekanan rendah dan kreativitas tinggi, tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah, tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah dan tekanan tinggi yang membawa ke kreativitas yang tinggi.
    3. Incentives(aturan dan penghargaan) sangat penting untuk mendorong inovasi. Kita dapat mengubah aturan dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas.
    4. Team Dynamic dinamika dalam sebuah tim terdiri dari berbagai jenis dimana masing-masing akan memberikan output yang berbeda.

  31. Topik : Innovation Engine: Habitat

    1. Space
    Space merupakan suatu ruang tempat tinggal dan bekerja, yang akan memberikan tempat untuk memainkan peran dalam kehidupan.
    Space adalah faktor kunci di setiap Habitat, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.
    2. Constraints
    Selain menciptakan Space yang merangsang kreativitas, Habitat berupa tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi constraint atau batasan dalam berbagai bentuk, yang bertujuan untuk mengeluarkan kreativitas.
    3. Incentives
    Untuk meningkatkan kreativitas, perlu untuk menerapkan aturan dan penghargaan (incentives) yang akan dapat mendorong inovasi. Namun, perlu dperhaitkan dan berjaga-jaga atas konsekuensi dari aturan yang dirancang. Rancanglah Habitat yang membuat Incentives selaras dengan tujuan, dan sangat perlu untuk memberikan feedback yang menujukkan kreativitas dihargai.
    4. Team Dynamics
    Setiap anggota tim akan membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke dalam suatu kelompok. Hal tersebut sangat baik untuk penyelesaian masalah, ataupun untuk brainstorming.

  32. Habitat adalah lingkungan lokal Anda.Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda
    1. Space
    Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan
    2. Constraints
    Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    3. Incentives
    Untuk meningkatkan kreativitas Anda dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan Anda, Anda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Anda juga dapat mengubah aturan dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas.
    4.Team Dynamics
    Kerja tim sangat penting saat Anda membangun organisasi yang mendorong inovasi dengan kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda maka kita akan bisa menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan

  33. Habitat merupakan salah satu innovation engine yang berada diluar diri manusia. terdiri dari 4, diantaranya:
    Pertama Space: merupakan tempat seseorang memainkan peran dalam kehidupan. Space sangat mempengaruhi suasana dan pikiran. saat memasuki ruang mana pun, akan tenggelam dan menyatu dengan suasana di dalamnya. Contohnya, bagaimana perasaan dan tindakan ketika masuk ke ruang kuliah, kamar hotel, terminal bandara, kantor dokter, ruang konser, atau taman bermain. Space yang kreatif membawa kita kepada kerja kreatif.
    kedua constraints : Setiap Habitat memiliki konstrain atau batasan masing-masing. Batasan ini dapat berupa kombinasi waktu, uang, ruang, orang-orang dan kompetisi. Batasan-batasan ini dapat mempertajam imajinasi dan memperbanyak inovasi.
    ketiga Incentives : merupakan aturan dan penghargaan yang mendorong seseorang untuk inovasi. contoh: GAMIFICATION yang dilakukan oleh Tom Chatfield dari University of Bristol
    keempat Team Dynamics: Kerja tim sangat penting untuk membangun organisasi yang mendorong inovasi. Tim yang hebat memberikan umpan balik yang positif dilingkungan untuk meningkatkan kreativitas kelompok.

  34. Ada 3 lapisan terluar dari innovation engne:
    1.Habitat adalah lingkungan lokal termasuk rumah, sekolah atau kantor.
    2.Sumber daya adalah semua aset di komunitas.
    3.Budaya adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas.
    Terdapat 4 aspek penting pada habitat
    Space
    Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan dimana ini memberi kita ruang yang leluarsa untuk melulakukan sesuatu hal.Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku.Space adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan

    Constraints
    Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas
    Dalam Creativity Matrix di atas, terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan kaitannya dengan penciptaan kreativitas :
    1.Tekanan rendah dan kreativitas tinggi.
    2.Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    3.Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    4.Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.
    Incentives
    jika ingin meningkatkan kreativitas kita perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi.
    Team Dynamics
    Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats, dimana terdapat 6 role yang dimainkan dalam tim:
    White Hat,Green Hat,Red Hat,Blue Hat,Black Hat,Yellow Hat

  35. Habitat, merupakan lingkungan tempat makhluk hidup tinggal. Terdapat 4 aspek habitat, pertama adalah Space atau Ruang, merupakan tempat yang dapat dipakai untuk beraktifitas, sebagai ilustrasi pada ruang pekerjaan, tempat anda dapat bergerak bebas dapat juga disebut sebagai Space. kedua adalah Constraints
    Selain menciptakan Space yang merangsang kreativitas, Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Incentives
    Kita secara alami menyesuaikan diri dengan aturan dan dengan cepat mempelajari perbedaan halus antara berbagai ekspektasi di setiap Habitat.
    Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan kreativitas Anda dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan Anda, Anda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Team Dynamics
    Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun.

  36. Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    1. Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    2. Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
    3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.
    HABITAT
    1. Space
    2. Constraints
    3. Incentives
    4. Team Dynamics
    1. Space
    Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupanSpace memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku Anda.
    2. Constraints
    Selain menciptakan Space yang merangsang kreativitas, Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas.
    3. Incentives
    Kita secara alami menyesuaikan diri dengan aturan dan dengan cepat mempelajari perbedaan halus antara berbagai ekspektasi di setiap Habitat.
    4. Team Dynamics
    Kerja tim sangat penting saat Anda membangun organisasi yang mendorong inovasi. Anda memerlukan kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda, menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan.

  37. Habitat
    1. Habitat adalah lingkungan lokal Anda, rumah, sekolah atau kantor.
    2. Sumber daya adalah semua aset di komunitas.
    3. Budaya adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas.
    1. Space
    Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan.
    2. Constraints
    terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan kaitannya dengan penciptaan kreativitas
    – Tekanan rendah dan kreativitas tinggi
    – Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah
    – Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah
    – Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi
    3. Incentives
    Kita secara alami menyesuaikan diri dengan aturan dan dengan cepat mempelajari perbedaan halus antara berbagai ekspektasi di setiap Habitat
    4. Team Dynamics
    Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats, dimana terdapat 6 role yang dimainkan :
    – White Hat
    – Green Hat
    – Red Hat
    – Blue Hat
    – Black Hat
    – Yellow

  38. Innovation Engine: Habitat
    Habitat adalah lingkugan local kita. Terdapat 4 komponen habitat yang pertama adalah space. Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan. Space adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh kita lakukan. Komponen yang kedua adalah constraints, membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas. Komponen ketiga adalah Incentives, jika ingin meningkatkan kreativitas kita dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan kita, kita perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Komponen yang terakhir adalah team dynamics. Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun.

  39. Innovation Engine: Habitat
    Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    1. Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    2. Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
    3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.
    HABITAT
    1. Space
    Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Oleh karena itu, Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku Anda.
    2. Constraints
    Selain menciptakan Space yang merangsang kreativitas, Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    3. Incentives
    nda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Sama seperti Anda dapat memanipulasi Space Anda dan Constraints di lingkungan Anda untuk menyesuaikan Innovation Engine Anda, Anda juga dapat mengubah aturan dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas.
    4. Team Dynamics
    Dalam melakukan pekerjaan berkelompok atau dapat dikatakan bekerja dalam kelompok kita harus mengenali masing-masing anggota kelompok. Kemampuan yang dimaksud dapat ditemukan dengan menerapkan konsep Six Thinking Hats oleh Edward de Bono.

  40. Tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    1. Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    2. Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
    3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.

    HABITAT:
    1. Space
    Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan sehingga space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku manusia. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan. Space yang kreatif membawa kita kepada kerja kreatif. Space adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan. Jika Anda ingin menjadi kreatif, Anda perlu membangun Habitat fisik yang membuka kunci Imaginasi Anda.

    2. Constraints
    Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    Terdapat 4 blok kondisi tekanan yaitu:
    1. Tekanan rendah dan kreativitas tinggi yaitu individu termotivasi dan terinspirasi untuk menggunakan waktu bebas stress untuk usaha kreatif.
    2. Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah yaitu, individu merasa menggunkaan autopilot atau tidak ada dorongan untuk menjadi kreatif.
    3. Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah yaitu, individu dalam situasi tidak focus.
    4. Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi yaitu, individu merasa focus dan menjadi kreatif.

    3. Incentives
    Incentives atau penghargaan perlu diterapkan untuk mendorong inovasi dan menginspirasi lebih banyak kreativitas. Incentives harus selaras dengan tujuan, berikan feedback yang menujukkan kreativitas dihargai, buat permainan-permainan dengan aturan dan solusi yang baik.

    4. Team Dynamics
    Kerja tim sangat penting saat membangun organisasi yang mendorong inovasi dan memerlukan kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda, yang menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan.

  41. 1. Space
    Tempat atau ruang, dimana space memiliki pengaruh besar terhadap cara berpikir. Dimana ruang memiliki pola untuk mendukung berpikir kreatif, dimulai dari susunan bangku, arah, intensitas cahaya, jenis lampu dll.
    2. Constraints
    Tekanan dimana tekanan yang dimaksud bukan untuk memberi beban mental melainkan untuk mengeluarkan kreatifitas. Baik beban yang diberikan secara waktu maupun lain lain. Hal ini guna untuk memaksa pikiran mengeluarkan ide lebih cepat dan tepat.

    3. Incentive
    Adanya feedback yang muncul di setiap hasil kerja dengan contoh gamification dimana setiap langkah memiliki poin. Hal ini tentu saja harus diawasi betul betul, sehingga tim atau kelompok menjadi tidak teratur dan malah mematikan kreativitas.

    4. Team Dynamics
    Setiap orang membawa pemikiran masing masing dengan perspektif masing masing, sehingga kita mendapat perspektif yang berbeda, memiliki contoh yaitu konsep 6 thinking hat, dimana setiap hat memiliki peranan masing masing dengan mengabaikan role yang dimilkinya

  42. Ada 3 bagian luar dari innovation engine, yaitu Habitat yang merupakan lingkungan lokal, sumber daya (resources) yang merupakan semua aset di komunitas, dan budaya (cultures) yang merupakan kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas. Space atau ruang adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan yang dapat memberikan dampak besar pada pikiran dan perilaku individu. Space sangat mempengaruhi suasana dan pikiran. Space yang kreatif membawa kita kepada kerja kreatif. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas. Salah satu batasan yang sangat powerful untuk memicu kreativitas adalah waktu. Setiap Habitat memiliki konstrain atau batasan masing-masing. Batasan ini dapat berupa kombinasi waktu, uang, ruang, orang-orang dan kompetisi.Incentive dapat eningkatkan kreativitass dengan mendorong motivasi yang dapat memanipulasi Space dan Constraints di lingkungan untuk menyesuaikan Innovation Engine.Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun.

  43. N Innovation Engine 2 dibahas tentang External Engine (engine yang berada di luar diri manusia) yang terdiri dari:
    Habitat
    Recources
    Cultures
    HABITAT: Space,Constraints,Incentives,Team Dynamics

    -Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Oleh karena itu, Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku Anda.Anda harus ingat bahwa desain ruang (Space) itu sangat penting. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan.
    Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas
    Anda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Sama seperti Anda dapat memanipulasi Space Anda dan Constraints di lingkungan Anda untuk menyesuaikan Innovation Engine Anda, Anda juga dapat mengubah aturan dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas.Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats, dimana terdapat 6 role yang dimainkan dalam sebuah tim, masing-masing direpresentasikan oleh warna topi yang berbeda. Setiap orang pada dasarnya memiliki satu warna topi yang dominan dalam dirinya, dengan satu atau dua warna lain di belakangnya

  44. Ada tiga Bagian luar dari Innovation Engine, yaitu: Habitat, Sumber daya (Resources) dan Budaya (Cultures)
    Habitat terdiri atas
    1. Ruang
    Ruang adalah tempat kita untuk memainkan peran dalam kehidupan untuk memberikan dampak besar pada pikiran dan perilaku serta merespons secara berbeda beda.

    2.Kendala
    Membuat tekanan kreatif yang dilakukan dengan memberi kontras atau batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas. Salah satu batasan yang sangat kuat untuk kreativitas adalah Waktu.

    Dalam Kreativitas Matriks terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan kreativitas:
    * Tekanan rendah dan kreativitas tinggi. Dalam situasi ini individu harus sangat termotivasi dan terinspirasi dalam menggunakan waktu bebas stres untuk usaha kreatif.
    * Tekanan rendah yang membawa kreativitas yang rendah. Dalam kasus ini, seolah-olah kita menggunakan autopilot.

    * Tekanan tinggi yang membawa kreativitas yang rendah. Kondisi ini terjadi ketika tekanan tidak ada henti-hentinya dan tidak fokus.

    * Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi. Kondisi ini membuat orang merasa seperti dalam sebuah misi.

    3. Insentif
    jika kita ingin meningkatkan kreativitas kita perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Namun, kita juga harus sangat berhati-hati dalam membuat rancangan terkait dengan aturan dan penghargaan. Jangan sampai aturan yang dibuat membuat tim menjadi diatur dan mematikan kreativitas. Rancanglah Habitat yang membuat Incentives selaras dengan tujuan, memberikan umpan balik yang menujukkan persediaan.

    4. Dinamika Tim
    Dinamika dalam sebuah tim terdiri dari berbagai jenis, dimana masing-masing akan memberikan luaran yang berbeda. Habitat dengan tim yang efektif mampu memanfaatkan semua faktor lain di lingkungan untuk meningkatkan kelompok.

  45. 3 bagian luar innovation engine:
    1. Habitat : Lingkungan local seperti rumah ataupun sekolah
    – Space (Ruang) : space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku. Misalnya kita berada di space sekolah dengan banyak mainan dan warna-warni, maka kita akan dapat flashback ke masa anak-anak.
    – Constraints : Selain menciptakan space, membuat constraints(tekanan) yang kreatif dapat dilakukan untuk mengeluarkan kreativitas.
    Dalam creativity matrix, terdapat 4 kondisi yang menggambarkan tekanan dan kreativitas:
    1. Tekanan rendah dan kreatif tinggi
    2. Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas rendah
    3. Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah
    4. Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi
    – Incentives : Jika ingin meningkatkan kreativitas, kita perlu menerapkan aturan dan penghargaan(incentive) yang dapat mendorong inovasi.
    – Team Dynamics : Setiap orang membawa perspektif, gaya kerja dan tujuan yang berbeda ke kelompok manapun.

  46. Topik:Innovation Engine: Habitat
    -Habitat adalah lingkungan lokal (lingkungan sekitar, tempat tinggal) termasuk rumah, sekolah atau kantor.
    -Sumber daya adalah semua aset di komunitas atau suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan.
    -Budaya adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas dan berkaitan dengan budi, dan akal manusia.

    Space
    Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan. Sehingga, Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku.

    Constraints
    Terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan penciptaan kreativitas
    -Tekanan rendah dan kreativitas tinggi.
    -Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    -Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    -Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.

    Setiap Habitat memiliki konstrain atau batasan masing-masing. Batasan ini dapat berupa kombinasi waktu,ruanng,orang-orang dan kompetisi.

    Incentives
    jika ingin meningkatkan kreativitas kita perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi.

    Team Dynamics
    Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats, dimana terdapat 6 role yang dimainkan dalam tim:
    -White Hat
    -Green Hat
    -Red Hat
    -Blue Hat
    -Black Hat
    -Yellow Hat

  47. Nama : Martin Simanjuntak
    Nim : 11418045

    Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
    Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.
    HABITAT
    Space
    Constraints
    Incentives
    Team Dynamics

  48. Innovation Engine: Habitat

    1. Space adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan. Desain ruang (Space) itu sangat penting, karena space juga merupakan salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan.

    2. Constraints
    Membuat Dalam habitat diperlukan juga tekanan yang dapat menjadi sumber kreativitas dan bukan malah membuat frustasi.
    Blok kondisi dalam Creativity Matrix:
    1) Tekanan rendah dan kreativitas tinggi.
    2) Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    3) Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    4) Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.

    3. Incentives merupakan bentuk penghargaan yang dapat meningkatkan kreativitas.

    4. Team Dynamics
    Setiap orang membawa perspektif personal, gaya kerja dan tujuan yang sangat berbeda ke kelompok mana pun. Lalu, sering kali kita berpikir telah mengetahui apa yang kita inginkan dari anggota tim sampai kita diperhadapkan pada situasi dan kenyataan bahwa temperamen dan keterampilan yang diperlukan sangat berbeda.

  49. Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    1. Habitat
    2. Sumber daya (Resources)
    3. Budaya (Cultures)
    HABITAT
    1. Space
    Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Oleh karena itu, Space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku Anda.
    2. Constraints
    Selain menciptakan Space yang merangsang kreativitas, Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    3. Incentives
    nda perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi. Sama seperti Anda dapat memanipulasi Space Anda dan Constraints di lingkungan Anda untuk menyesuaikan Innovation Engine Anda, Anda juga dapat mengubah aturan dan penghargaan untuk menginspirasi lebih banyak kreativitas.
    4. Team Dynamics
    Dalam melakukan pekerjaan berkelompok atau dapat dikatakan bekerja dalam kelompok kita harus mengenali masing-masing anggota kelompok. Kemampuan yang dimaksud dapat ditemukan dengan menerapkan konsep Six Thinking Hats oleh Edward de Bono.

  50. Innovation Engine: Habitat

    HABITAT
    Ada 4 bagian yang mempengaruhi Habitat yaitu:
    1. Space
    Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah lokasi atau tempat memainkan peran dalam kehidupan sehingga space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku manusia. Space salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan. Space yang kreatif membawa kita kepada kerja kreatif. Space adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan. Jika Anda ingin menjadi kreatif, Anda perlu membangun Habitat fisik yang membuka kunci Imaginasi Anda.

    2. Constraints
    Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    Terdapat 4 blok kondisi tekanan yaitu:
    – Tekanan rendah dan kreativitas tinggi yaitu individu termotivasi dan terinspirasi untuk menggunakan waktu bebas stress untuk usaha kreatif.
    – Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah yaitu, individu merasa menggunkaan autopilot atau tidak ada dorongan untuk menjadi kreatif.
    – Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah yaitu, individu dalam situasi tidak focus.
    – Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi yaitu, individu merasa focus dan menjadi kreatif.

    3. Incentives
    Incentives atau penghargaan perlu diterapkan untuk mendorong inovasi dan menginspirasi lebih banyak kreativitas. Incentives harus selaras dengan tujuan, berikan feedback yang menujukkan kreativitas dihargai, buat permainan-permainan dengan aturan dan solusi yang baik.

    4. Team Dynamics
    Kerja tim sangat penting saat membangun organisasi yang mendorong inovasi dan memerlukan kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda, yang menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan.

  51. “CREATIVITY is just not something you think about, it is something you DO”

    Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:

    1. Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    2. Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
    3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.

    Space adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan. Selain menciptakan Space yang merangsang kreativitas, Habitat berupa tekanan-tekanan dapat menjadi sumber kreativitas. Tekanan yang dimaksud dibangun bukan untuk membuat frustasi. Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas. Salah satu contoh sederhana tentang tekanan yang membawa pada kreativitas adalah Twitter. Pada twitter, kita dituntut untuk dapat menuliskan sebuah informasi lengkap hanya dalam 140 karakter maksimal. Dampaknya? Para pengguna Twitter memicu diri untuk membuat jalan sehingga hal yang dituliskan bisa tersampaikan sesuai tujuan kepada yang membaca.

  52. Ada tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    1. Habitat adalah lingkungan lokal Anda, termasuk rumah, sekolah atau kantor Anda.
    2. Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Anda.
    3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Anda.

    HABITAT
    Habitat ada 4 yaitu:
    1. Space
    2. Constraints
    3. Incentives
    4. Team Dynamics

    1. Space
    Space atau ruang tempat tinggal dan bekerja adalah tempat memainkan peran dalam kehidupan sehingga space memberi dampak besar pada pikiran dan perilaku manusia.
    Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan. Space yang kreatif membawa kita kepada kerja kreatif.
    Space adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan. Jika Anda ingin menjadi kreatif, Anda perlu membangun Habitat fisik yang membuka kunci Imaginasi Anda.
    Space adalah faktor kunci di setiap Habitat kita, karena dengan jelas mengomunikasikan apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan.
    2. Constraints
    Membuat tekanan yang kreatif dilakukan dengan memberi contraint atau batasan-batasan dalam berbagai bentuk, untuk mengeluarkan kreativitas.
    Terdapat 4 blok kondisi tekanan yaitu:
    1. Tekanan rendah dan kreativitas tinggi yaitu individu termotivasi dan terinspirasi untuk menggunakan waktu bebas stress untuk usaha kreatif.
    2. Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah yaitu, individu merasa menggunkaan autopilot atau tidak ada dorongan untuk menjadi kreatif.
    3. Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah yaitu, individu dalam situasi tidak focus.
    4. Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi yaitu, individu merasa focus dan menjadi kreatif.
    3. Incentives
    Incentives atau penghargaan perlu diterapkan untuk mendorong inovasi dan menginspirasi lebih banyak kreativitas. Incentives harus selaras dengan tujuan, berikan feedback yang menujukkan kreativitas dihargai, buat permainan-permainan dengan aturan dan solusi yang baik.
    4. Team Dynamics
    Kerja tim sangat penting saat membangun organisasi yang mendorong inovasi dan memerlukan kelompok yang terdiri dari individu-individu yang membawa perspektif berbeda, yang menghormati gaya kerja yang berbeda, dan yang menyelesaikan konflik di sepanjang jalan.

  53. Terdapat tiga BAGIAN LUAR Innovation Engine, yaitu:
    1. Habitat adalah lingkungan lokal Kita, termasuk rumah, sekolah atau kantor Kita.
    2. Sumber daya (Resources) adalah semua aset di komunitas Kita.
    3. Budaya (Cultures) adalah kepercayaan, nilai, dan perilaku kolektif lokal dalam komunitas Kita.

    Constraints
    Terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan kaitannya dengan penciptaan kreativitas yakni Tekanan rendah dan kreativitas tinggi, Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah, Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah, Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi

    Incentives
    jika Kita ingin meningkatkan kreativitas Kita dan kreativitas mereka yang tinggal dan bekerja dengan Kita, Kita perlu menerapkan aturan dan penghargaan (Incentive) yang mendorong inovasi

    White Hat, Seseorang yang tertarik pada fakta dan sangat logis.
    Green Hat, Orang yang nyaman menghasilkan ide-ide baru.
    Red Hat, Seseorang yang menggunakan intuisi dalam membuat keputusan.
    Blue Hat, Orang yang sangat teratur dan berorientasi pada proses.
    Black Hat, Seorang yang mengungkap apa yang tidak akan berhasil.
    Yellow Hat, Seseorang yang ingin membuat semua orang bahagia.

  54. Innovation Engine: Habitat
    1. space adalah ruang yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya dengan cara kolaborasi antar sesama anggota grup baik.
    Ruang yang baik adalah ruang yang ditata supaya kita dapat bergerak secara leluasa untuk lebih produktif. desain ruang (Space) itu sangat penting. Space adalah salah satu faktor kunci di semua Habitat, bersama dengan aturan, penghargaan, dan batasan-batasan.
    2. Constraints adalah batasan kita dalam mengerjakan proyek ,dengan adanya batasan ini akan membuat kita fokus dan tidak lari dari inti dari apa yang kita kerjakan.
    4 blok kondisi yang menggambarkan kaitannya dengan penciptaan kreativitas:
    -Tekanan rendah dan kreativitas tinggi.
    -Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    -Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    -Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.

    3. Incentives adalah motivator luar yang menghadiahkan tindakan yang melebihi hasil dari yang telah diharapkan. Efektif atau tidaknya insentif berubah seiring dengan perubahan anggota.
    4. Team Dynamics adalah perbedaan perspektif antar anggota tim dalam sebuah kelompok kerjam. Hal ini adalah hal yang positif karena akan menciptakan kolaborasi sempurna dalam pengerjaan proyek tim.

  55. Innovation Engine: Habitat
    1. Space
    Space atau ruang tempat Anda tinggal dan bekerja adalah tempat Anda memainkan peran dalam kehidupan. Space yang kreatif membawa kita kepada kerja kreatif
    2. Constraints
    terdapat 4 blok kondisi yang menggambarkan kaitannya dengan penciptaan kreativitas. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
    a. Tekanan rendah dan kreativitas tinggi.
    b. Tekanan rendah yang membawa kepada kreativitas yang rendah.
    c. Tekanan tinggi yang membawa kepada kreativitas yang rendah
    d. Tekanan tinggi yang membawa pada kreativitas yang tinggi.

    3. Incentives
    Game adalah cara yang baik untuk menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam peraturan berdampak besar pada perilaku kreatif. Kita secara alami menyesuaikan diri dengan aturan dan dengan cepat mempelajari perbedaan halus antara berbagai ekspektasi di setiap Habitat.
    4. Team Dynamics
    Edward de Bono menggagas konsep Six Thinking Hats, dimana terdapat 6 role yang dimainkan dalam sebuah tim, masing-masing direpresentasikan oleh warna topi yang berbeda.
    White Hat
    Green Hat
    Red Hat
    Blue Hat

Comments are closed.