Tahun baru, masanya bersukacita bersama keluarga. Selain berkumpul di rumah, pasti ada agenda berwisata. Jika sedang berada di sekitar kawasan Danau Toba, maka Bakara di kecamatan Baktiraja, kabupaten Humbang Hasundutan, bisa menjadi pilihan wisata keluarga.

Dalam wilayah yang berdekatan, kita bisa menjangkau beberapa obyek wisata, dan bahkan bisa dicapai dalam satu hari perjalanan.

1. Pemandangan Lembah Bakara.

Lembah Bakara

2. Air Terjun Janji. Selain menikmati percikan airnya saat berfoto, kita bisa mandi di area pemandian dengan air yang segar.

Air Terjun Janji

3. Tipang Mas, restoran terapung dengan pemandangan perbukitan hijau dan Danau Toba berwarna toska. Kita bisa menikmati ikan nila, mujahir atau ikan mas bakar segar di tempat ini.

Tempat paling tenang, Tipang Mas

4. Istana Raja Sisingamangaraja. Kita dapat melihat makan Raja Sisingamangaraja X dan Raja Sisingamangaraja XI di lokasi ini, termasuk rumah adat Batak lengkap dengan gorga-nya yang mewah.

Istana Raja Sisingamangaraja
Rumah Batak di Istana Raja Sisingamangaraja

5. Mual Sitiotio yang airnya sangat jernih, berada di Siunong Julu, tak jauh dari Istana Raja Sisingamangaraja.

Mual Sitiotio

6. Aek Sipangolu.

7. Geopark Sipinsur. Pemandangan Danau Toba yang luar biasa bisa dinikmati di sini. Pada lokasi ini kta bisa memandang Pulau Sibandang, Muara, Balige dan Samosir di kejauhan. Di bawah jajaran pohon pinus, kita dapat bersantai menikmati udara sejuk dan segelas kopi Humbang.

Pemandangan Muara dari Geosite Sipinsur
Geosite Sipinsur
Geosite Sipinsur, Humbang Hasundutan
Hutan Pinus di Geosite Sipinsur

Bakara dapat diakses dengan mudah, dengan perjalanan sekitar 2 jam dari wilayah Tapanuli Utara, Samosir dan Toba Samosir. Selamat berwisata, kawan-kawan.

in frameĀ @belmori