Dari Sumba Barat Daya ke Sumba Barat, dan lanjut ke Sumba Timur. Pada hari ketiga trip di Sumba, saya melalui tiga kabupaten.

  1. Kampung adat Praijing, Sumba Barat
  2. Air terjun Lapopu, Sumba Barat
  3. Bukit Mau Hau (Bukit Persaudaraan), Sumba Timur
  4. Pantai Walakiri, Sumba Timur

Berangkat dari Tambolaka di Sumba Barat Daya, perjalanan menuju Sumba Barat. Praijing adalah perkampungan dengan jajaran rumah adat tradisional Sumba. Kampung ini berada di Desa Tebara, Kecamatan Waikabubak, Sumba Barat.

Selepas dari Kampung adat Praijing, saya selanjutnya menuju air terjun Lapopu dengan perjalanan kurang lebih 1 jam.

Puas dengan air yang dingin, saya melanjutkan perjalanan ke daerah Waingapu di Sumba Timur. Perjalanan di tempuh sekitar 3 jam. Tempat pertama yang saya singgahi adalah Bukit Mau Hau atau Bukit Persaudaraan. Kontras sekali antara bukit tempat saya berdiri dengan lembah di bawahnya yang hijau dengan persawahan dan pohon kelapa.

Sekitar 30 menit perjalanan dari Bukit Persaudaraan, saya akhirnya tiba di Pantai Walakiri. Sunsettt… ya sunset… Saya senang sekali dengan sunset. Puji Tuhan, hari ini saya berjodoh dan mengabadikan sunset di Walakiri.

Saya merasakan perbedaan yang cukup kontras antara kabupaten Sumba Barat Daya ke Sumba Barat ke Sumba Timur. Di Sumba Timur kita bisa menyaksikan peradaban dan perkembangan kota yang jauh lebih maju, baik tata kota, bangunan rumah dan juga penataan ladang dan kebun.