Materi sebelumnya:
Innovation Engine: Imagination


KNOWLEDGE

Richard Wiseman, dari Universitas Hertfordshire di Inggris melakukan Newspaper Experiment. Eksperimen ini berbicara tentang peluang atau kesempatan baik (opportunity). Orang yang beruntung (lucky people) secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung (unlucky people), tidak menemukan peluang.

Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen sederhana untuk mengetahui perbedaan lucky people dengan unlucky people dalam kemampuan mereka melihat peluang. Richard memberi sebuah koran kepada lucky people dengan unlucky people, kemudian meminta mereka untuk melihat-lihat dan memberi tahu Richard: berapa banyak foto di dalam koran tersebut.

Gambar 16 Newspaper Experiment

Rata-rata, unlucky people membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk menghitung foto-foto, sementara lucky people hanya membutuhkan beberapa detik. Mengapa? Karena pada halaman kedua dari koran terdapat pesan bertuliskan “Berhenti menghitung – Ada 43 foto di koran ini.” Pesan mengambil porsi setengah halaman koran dan ditulis dengan tinggi teks lebih dari dua inci. Teks ini tentu langsung tertangkap oleh mata, tetapi unlucky people cenderung melewatkannya dan orang-orang yang lucky people melihatnya dengan cepat.

Selanjutnya, Richard menempatkan pesan besar kedua di tengah-tengah koran. Yang mengumumkan: “Berhenti menghitung, beri tahu pembuat eksperimen bahwa Anda telah melihat pesan dan dan menangkan $ 250.” Sekali lagi, unlucky people melewatkan kesempatan karena mereka masih juga sibuk mencari foto.


Paying Attention

Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Eksperimen Richard ini menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi di lingkungan Anda, Anda kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.

Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda.
Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda.

David Friedberg, CEO of The Climate Corporation

Gambar 17 David Friedberg

Saat bekerja di Google, David melewati toko kecil tempat persewaan sepeda setiap hari saat dia berkendara ke tempat kerja. Seiring waktu dia melihat sebuah pola: setiap kali hujan, toko tersebut menutup bisnisnya.

Gambar 18 The Climate Corporation

Pengamatan ini memberi wawasan bagi David bahwa jutaan bisnis dipengaruhi oleh cuaca, termasuk pertanian, bioskop, dan resor ski. David kemudian memutuskan untuk meninggalkan Google dan memulai perusahaan yang menjual asuransi untuk melindungi bisnis dari kerugian terkait cuaca.

Paying attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge). Contoh di Indonesia adalah super app Gojek yang sangat membantu mobilisasi masyarakat di Indonesia untuk


TUGAS: Tuliskan kisah perjalanan Gojek lengkap dengan inspirasinya dalam mengembangkan aplikasi sejak awal hingga kini. Titik berat laporan Anda adalah pada aspek imajinasi, knowledge (paying attention). Hasil di-submit ke ecourse.del.ac.id.


Diperlukan banyak upaya untuk memusatkan perhatian lebih, terutama ketika kita berurusan dengan pengalaman yang sudah kita kenal. Misalnya, kita akan benar-benar mengabaikan perhatian ketika melakukan aktivitas berulang, seperti mengemudi atau berjalan di jalur rutin. Kita juga fokus terutama pada hal-hal yang sejajar dengan mata kita dibanding melihat sekeliling secara lebih luas.

Pengamatan yang sesungguhnya adalah pengalaman yang sangat aktif.
Pengalaman ini melibatkan fokus semua indra dan secara aktif terlibat dengan lingkungan Anda. Pengamatan ini perlu menangkap temuan Anda dalam bentuk kata-kata, gambar, foto dan rekaman. Latihlah keterampilan observasi Anda dan tingkatkan kekuatan perhatian Anda, mulai dengan rutinitas sehari-hari, misalnya saat berjalan ke kampus atau kantor. Cobalah berjalan dengan pandangan tidak hanya lurus ke depan, tetapi sambil melihat area sekeliling, sepanjang perjalanan Anda. Amati obyek-obyek yang selama ini mungkin luput dari perhatian Anda. Pasti ada hal menarik dan menambah pengetahuan diantaranya.


ATTITUDE

  1. Move Fast – Break Things
  2. Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!

Move Fast – Break Things

Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Seluruh hidup Anda adalah satu eksperimen besar, dari saat Anda dikandung, ketika dua sel unik bersatu untuk menciptakan Anda, hingga hari ini, di mana Anda bisa merancang setiap momen dalam hari Anda. Tidak ada yang memiliki naskah untuk hidup, setiap hari diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru untuk melihat apa yang terjadi.

Setiap eksperimen, apakah dia berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide. Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas. Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti. Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE.
Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen.

Setiap penemu dan wirausahawan yang sukses dapat menceritakan kisah tentang hasil yang mengejutkan dan jalur kegagalan atau penolakan yang mengarah ke kesuksesan terbaik mereka.

I have not failed. I’ve just found ten thousand ways that won’t work.

Thomas A. Edison

Mari kita melihat perjalanan kesuksesan Instagram.

Perjalanan Instagram dimulai dengan aplikasi bernama BURBN, yaitu aplikasi iPhone yang memungkinkan Anda berbagi lokasi dengan teman-teman Anda. Produk awal tidak sesukses yang mereka harapkan, jadi mereka terus menambahkan fitur demi fitur untuk melihat apakah ada di antara fitur tersebut yang akan meningkatkan popularitas produk.

Salah satu dari banyak eksperimen mereka adalah kemampuan mengambil foto, mengeditnya dengan cepat, dan mempostingnya secara instan agar dapat dilihat orang lain. Fitur ini sukses besar. Akibatnya, Kevin dan Mike memutuskan untuk membuang produk awal sama sekali dan fokus sepenuhnya pada berbagi foto, meluncurkan perusahaan baru bernama INSTAGRAM.

Kesuksesan Kevin dan Mike tidak akan pernah terjadi jika mereka tidak mau bereksperimen dan belajar dari semua hasil yang mengejutkan selama ini. Mereka tidak ingin eksperimen awal mereka gagal. Namun, kegagalan tersebut merupakan bagian penting dari proses pembelajaran mereka.

Kevin mengakui bahwa sangat sulit untuk membuang bagian produk yang tidak menarik bagi pelanggan, karena mereka telah bekerja keras untuk mengembangkannya. Namun, setiap percobaan awal dipandang sebagai penyubur untuk percobaan berikutnya. Ilustrasi perjalanan Instagram dapat dilihat pada Gambar 21.


Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!

PERCAYA bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Begitu banyak orang menyerah jauh sebelum mereka menemukan solusi untuk tantangan mereka, besar ataupun kecil, bahkan ketika mereka terlihat jelas, karena mereka tidak memiliki keyakinan bahwa masalah dapat diselesaikan. Pada dasarnya, JIKA ANDA PERCAYA SESUATU TIDAK MUNGKIN, MAKA BENAR TIDAK MUNGKIN TERJADI.

Salah satu cara untuk mengubah sikap Anda adalah dengan mengubah kosakata Anda. Di Facebook, Randi Zuckerberg memberi tahu timnya bahwa dia mengubah nama grup mereka dari Pemasaran Konsumen (Consumer Marketing) menjadi Pemasaran Kreatif (Creative Marketing).
Dalam beberapa hari, tim mengatur ulang ruang, membawa furnitur dan perlengkapan seni baru, dan merancang dinding media untuk memamerkan pencapaian kreatif mereka. Mereka mulai memunculkan ide yang lebih inovatif dan menyarankan proyek baru yang mencerminkan peran baru mereka di perusahaan.

Anda melihat apa yang ingin Anda lihat. Jika Anda memandang diri Anda sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika Anda mendefinisikan diri Anda sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan Anda mainkan.


If the people around you keep saying it won’t happen, it really won’t happen. But if the people around you say it can, then interestingly enough, things really do happen. Things can change based on how you think.

Still 17, 2018

Referensi

  • inGenius: A Crash Course on Creativity. Tina Seelig. 2012.
  • The Luck Factor, Richard Wiseman, http://richardwiseman.com/resources/The_Luck_Factor.pdf
  • Photo by Matt Ridley on Unsplash


68 thoughts on “Innovation Engine: Knowledge, Attitude

  1. Kreativitas adalah hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Tidak ada yang memiliki naskah untuk hidup, setiap hari diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru untuk melihat apa yang terjadi. Setiap eksperimen, apakah dia berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide. Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti.

    Setiap penemu dan wirausahawan yang sukses dapat menceritakan kisah tentang hasil yang mengejutkan dan jalur kegagalan atau penolakan yang mengarah ke kesuksesan terbaik mereka.

    Gambar 20 Kevin Systrom dan Mike Krieger
    Perjalanan Instagram dimulai dengan aplikasi bernama BURBN, yaitu aplikasi iPhone yang memungkinkan Anda berbagi lokasi dengan teman-teman Anda. Produk awal tidak sesukses yang mereka harapkan, jadi mereka terus menambahkan fitur demi fitur untuk melihat apakah ada di antara fitur tersebut yang akan meningkatkan popularitas produk. Kesuksesan Kevin dan Mike tidak akan pernah terjadi jika mereka tidak mau bereksperimen dan belajar dari semua hasil yang mengejutkan selama ini. Kevin mengakui bahwa sangat sulit untuk membuang bagian produk yang tidak menarik bagi pelanggan, karena mereka telah bekerja keras untuk mengembangkannya.

    Gambar 21 Bagaimana Instagram Diawali
    PERCAYA bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Pada dasarnya, JIKA ANDA PERCAYA SESUATU TIDAK MUNGKIN, MAKA BENAR TIDAK MUNGKIN TERJADI. Salah satu cara untuk mengubah sikap Anda adalah dengan mengubah kosakata Anda. Mereka mulai memunculkan ide yang lebih inovatif dan menyarankan proyek baru yang mencerminkan peran baru mereka di perusahaan.

    “Anda melihat apa yang ingin Anda lihat. Jika Anda memandang diri Anda sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika Anda mendefinisikan diri Anda sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan Anda mainkan.”

  2. Knowledge.
    Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen untuk mengetahui perbedaan lucky people & unlucky people dalam kemampuan melihat peluang. Orang yang beruntung secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung, tidak menemukan peluang. Pengamatan yang teliti adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda. Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda.
    Attitude
    Begitu banyak orang menyerah jauh sebelum mereka menemukan solusi untuk tantangan mereka, besar ataupun kecil, bahkan ketika mereka terlihat jelas, karena mereka tidak memiliki keyakinan bahwa masalah dapat diselesaikan. Pada dasarnya, jika anda percaya sesuatu tidak mungkin, maka benar tidak mungkin terjadi.

    Salah satu cara untuk mengubah sikap Anda adalah dengan mengubah kosakata Anda. Jika Anda memandang diri Anda sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika Anda mendefinisikan diri Anda sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan Anda mainkan.

  3. 1. Knowledge merupakan pengetahuan atau kemampuan dimana dapat dengan cepat dan tepat menemukan sebuah peluang dengan konsisten. Pengetahuan dapat mendorong kita untuk berpikir dan menuju pandangan yang lebih rasional.
    Paying Attention:
    Memberikan pehatian terhadap lingkungan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan. Mengabaikan informasi dilingkungan sekitar, akan kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah. Diperlukan banyak upaya untuk memusatkan perhatian lebih, terutama ketika berurusan dengan pengalaman yang sudah dikenal.
    2. Attitude
    a. Move fast -break things
    Kreativitas adalah dimana kita melakukan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Eksperimen berhubungan dengan innovation engine attitude dan culture, eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di organisasi yang dapat meningkatkan kreativitas dengan mencoba hal baru.
    b. Believe
    Percaya adalah langkah penting untuk menemukan solusi. Keyakinan bahwa masalah dapat diselesaikan akan membawa kita untuk menemukan solusi dari berbagai tantangan atau masalah.

  4. Knowledge (Paying Attention), Attitude
    Knowlwdge (Paying attention)
    Paying attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge).Pengamatan yang sesungguhnya adalah pengalaman yang sangat aktif. Pengalaman ini melibatkan fokus semua indra dan secara aktif terlibat dengan lingkungan Anda. Pengamatan ini perlu menangkap temuan Anda dalam bentuk kata-kata, gambar, foto dan rekaman.

    Attitude
    1. Move Fast – Break Things
    Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen. Setiap penemu dan wirausahawan yang sukses dapat menceritakan kisah tentang hasil yang mengejutkan dan jalur kegagalan atau penolakan yang mengarah ke kesuksesan terbaik mereka.

    2. Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya.

  5. Knowledge, Attitude
    Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen sederhana untuk megetahui perbedaan lucky people dengan unlucky people dalam kemampuan mereka melihat peluang. Dalam percobaab ini dia memberikan sebuah Koran kepada lucky people dengan unlucky people, kemudian meminta mereka untuk melihat-lihat dan memberi tahu Richard. Pada percobaab ini rata-rata unlucky people membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk menghitung foto-foto, sementara lucky people hanya membutuhkan beberapa detik.Maka dapat di simpulkan bahwa Knowledge merupakan kesadaran dan pemahaman akan fakta, kebenaran atau informasi yang diperoleh melalui pengalaman atau pembelajaran dan melalui introspeksi. Melalui eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda dan perlunya pengamatan yang teliti menjadi kunci dari pengetahuan.
    Attitude
    Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunikasi. Individu yang meningkatkan kreativitasna perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah dilakukan.Dan memiliki yang dinamakan Attitude yaitu sikap atau perilaku seseorang dalam melakukan interaksi dengan orang lain berdasarkan sikap.

  6. Definisi invention adalah mendapatkan sesuatu Ada sebelumnya merupakan temuan yang merupakan hasil percobaan. Invention dapat berupa penemuan proses Menemukan sesuatu. Invention adalah mengubah pemikiran atau gagasan baru menjadi sesuatu yang nyata.
    Definisi Innovation adalah atau pengenalan hal-hal yang baru atau penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada Atau yang sudah ada dikenal sebelumnya gagasan metode atau alat Innovation lebih ke arah memperkenalkan ide-ide kepada pemakai atau konsumen akhir. Innovation Bisa juga disebut memperkenalkan akan menciptakan sesuatu yang baru atau bisa saja mengambil satu penemuan dan memperbaikinya.
    Definisi Creativity Adalah kemampuan untuk menciptakan yang berdasarkan keterampilan yang digunakan selama proses inovasi dalam berbagai cara untuk mencapai keberhasilan Menciptakan sesuatu yang baru.
    Divergent approach Adalah pendekatan yang ditunjukkan pecahkan persoalan yang ada sehingga mendapatkan stimulus untuk mengembangkan lebih lanjut.
    Convergent approach adalah Kumpulan fakta dan data akan menjawab pertanyaan kita dengan baik

  7. Knowledge memberikan bahan bakar untuk imajinasi.
    Paying attention adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia sekitar.
    Attitude :
    1. Move Fast – Break Things
    Kreativitas adalah seperti penelitian iliah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Setiap eksperimen yang berfungsi sesuai harapan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide.
    2. Believe – If Anything Can Go Wrong, Fix it!
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah adalah langkah penting untuk menemukan solusinya. Jangan pernah menyerah sebelum mencoba untuk menemukan solusi dari tantangan yang dihadapi, karena masalah dapat diselesaikan.

  8. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen sederhana untuk mengetahui perbedaan lucky people dengan unlucky people dalam kemampuan mereka melihat peluang. Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Eksperimen ini menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi pada lingkungan, akan kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.
    Attitude terbagi dalam 2 yaitu: move fast-break things, dan believe: if anything can go wrong fix it!
    Move fast- break things
    Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE. Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen.

    Believe: if anything can go wrong fix it!
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya.

  9. Knowledge adalah pengetahuan yang berhubungan dengan pay attention dimana pay attention ini adalah memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan atau knowledge. Pengamatan yang teliti, tajam ataupun cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia disekitar anda. Dan pengetahuan inilah yang menjadi bahan bakar untuk menciptakan imajinasi anda. Paying attention atau mmeberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan atau knowledge. Pengamatan yang sesungguhnya adalah pengalaman yang sangat aktif. Dimana pengalaman ini adalah pengalaman yang melibatkan fokus ke semua indra dan secara aktif terlibat dengan lingkungan anda. Pengamatan ini perlu menagkap temuan anda dalam bentuk kata,gambar,foto dan rekaman. Kemudian attitude terdiri dari dua bagian yaitu Move Fast-Break Things yang menjelaskan bahwa kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dan yang kedua Believe:If Anything Can Go Wrong, Fix It yang menjelaskan akan ada solusi dalam setiap masalah.

  10. Knowledge and Paying Attention
    Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda mengenai dunia. Tergantung bagaimana cara melihatnya, sehingga dibutuhkan pengamatan yang cermat yang merupakan keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda. Pengamatan yang sesungguhnya adalah pengalaman yang sangat aktif melibatkan fokus semua indra secara aktif terlibat dengan lingkungan.

    Attitude
    Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti. Percaya bahwa ada solusi untuk masalah adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Dan pandanganlah diri sendiri sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar kita mendapat ide-ide inovatif. Tetapi jika kita melihat diri kita sebagai orang yang biasa saja maka kita akan selalu memaikan peran tersebut.

  11. Knowledge merupakan suatu kemampuan dengan ide ide yang baru. Eksperimen Richard ini menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi di lingkungan maka kita kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah. Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar karena pengetahuan adalah bahan bakar untuk imajinasi.
    Attitude merupakan sebuah perilaku yang baik dan sopan baik dalam berpikir maupun melakukan tindakan. Eksperimen merupakan pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas. Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti. Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat yaitu Attitude dan Culture. Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen. Setiap manusia bebas bepikir dan melakukan apapun bahkan untuk menghasilkan dan membangun apa pun. Kesuksesan bukan ditandai dengan satu produk langsung berhasil namun dapat sukses dari produk yang salah sebelumnya. Munculnya ide baru diawali dengan apa yang kita lihat disekitar kita.

  12. Berbicara mengenai Paying Attention, Richard Wiseman, dari Universitas Hertfordshire di Inggris melakukan Newspaper Experiment tentang peluang (opportunity). Orang yang beruntung (lucky people) secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung (unlucky people), tidak menemukan peluang. Ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Yang mengabaikan informasi di lingkungan sekitar, akan kehilangan petunjuk penting untuk memecahkan masalah. Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan yang menjadi kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar kita, ini adalah bahan bakar untuk memiliki sebuah imajinasi.

    Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas yang ingin meningkatkan kreativitas untuk mencoba hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti. Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE.
    Mempercayai bahwa ada solusi untuk masalah adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Jika kita memandang diri sendiri sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar kita akan mendapatkan ide-ide inovatif.

  13. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    1. Knowledge
    Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen sederhana untuk mengetahui perbedaan lucky people dengan unlucky people dalam kemampuan mereka melihat peluang. Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Eksperimen ini menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi pada lingkungan, akan kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.
    2. Attitude
    Attitude terbagi dalam 2 yaitu:
    – Move fast-break things
    Move fast- break things
    Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE. Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen.

    – Believe: if anything can go wrong fix it!
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Menyerah bukan suatu alasan, namun berusaha mempunyai sebuah alasan.

  14. Innovation Engine
    Ada tiga bagian yaitu :
    Knowledge, pengetahuan memberikan bahan bakar untuk imajinasi. Paying attention pengamatan yang teliti/tajam/cermat adalah ketrampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar.
    Imajinasi adalah katalisator untuk transformasi pengetahuan menjadi ide baru. Reframing problem Untuk mengasah imajinasi kita harus menggunakan kosep ?+?=10, dengan hal ini kita dapat mencari solusi sebanyaknya untuk menjawab suatu permasalahan.
    Reframing problem adalah melihat sebuah kejadian dengan banyak sudut pandang. Setiap sudut pandang memberikan perspektif yang berbeda dan mengeluarkan wawasan dan ide baru. Empati dapat mengubah kerangka acuan dengan mengalihkan perspektif ke orang lain. Bertanya yang dimulai dengan mengapa untuk dapat membuka frame yang lebih jauh.
    Sikap atau attitude adalah percikan yang menggerakkan innovation engine.
    move fast-break things, setiap hari kita harus mengisinya dengan kesempatan untuk mencoba hal baru.
    Believe : if anything can go wrong, fix it! tidak ada yang tidak mungkin dan tidak mungkin tidak ada.

  15. Innovation Engine: Knowledge, Attitude

    Knowledge
    Saat bekerja di Google, David melewati toko kecil tempat persewaan sepeda setiap hari saat dia berkendara ke tempat kerja. Seiring waktu dia melihat sebuah pola: setiap kali hujan, toko tersebut menutup bisnisnya. Pengamatan ini memberi wawasan bagi David bahwa jutaan bisnis dipengaruhi oleh cuaca, termasuk pertanian, bioskop, dan resor ski. David kemudian memutuskan untuk meninggalkan Google dan memulai perusahaan yang menjual asuransi untuk melindungi bisnis dari kerugian terkait cuaca. Paying attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge).

    Attitude
    1. Move Fast – Break Things
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
    2. Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinya.

  16. Kreativitas, Sebuah Pengantar.
    Berpikir dan bertindak berbeda, tidaklah salah, kondisi ini justru menjadi titik awal dari kreativitas.
    Invention adalah penemuan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah ada. Sedangkan, Inovasi adalah perubahan yang dilakukan pada produk, ide, atau bidang yang sudah ada. Kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta, daya cipta, perihal berkreasi. Kreativitas adalah ketrampilan, inovasi adalah proses.
    Convergent & Divergent Thinking, beberapa ciri berpikir kreatif diantaranya adalah berpikir secara divergent, melihat segala kemungkinan, menggunakan intuisi, melibatkan otak kanan, subyektif dan penuh dengan spekulasi. Berpikir kritis dicirikan dengan berpikir secara convergent, melihat segala peluang, logis, melibatkan otak kiri, obyektif dan penuh dengan pertimbangan.
    • Pendekatan konvergen: penggunaan data dan data akan menjawab pertanyaan kita dengan baik.
    • Pendekatan divergen: memecah belah pertanyaan; akan ada stimulus untuk mendapatkan jawaban pertanyaan melalui hasil yang baru dan berbeda dibandingkan cara konvensional.

  17. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Knowledge adalah ilmu pengetahuan, yang dapat kita manfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan kita.
    Attitude, atau sikap, adalah kunci. Kemauan kerja keras, simpati dan empati pada teman dan bawahan, kemauan beradaptasi, optimism yang tinggi, semuanya berpengaruh terhadap kesuksesan kita.
    Attitude dibagi 2 yaitu move fast – Break Things dan believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    Move fast – Break Things adalah eksperimen relevan dalam innovation engine di dua tempat: attitude dan culture. Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen.
    Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It! adalah percaya bahwa adanya solusi untuk semua masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinya. Menyerah bukan suatu alasan, namun berusaha mempunyai sebuah alasan.

  18. Ringkasan:
    Pengamatan yang teliti/tajam/cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda. Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda.
    Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: attitude dan culture.

    Rangkuman:
    “Paying Attention”
    Eksperimen Richard menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi di lingkungan Anda, Anda kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.

    “Attitude”
    1. Move Fast – Break Things
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Setiap eksperimen, apakah berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide. Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas.
    2. Beliefe: If Anything Can Go Wrong, fix It!
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinya.

  19. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Pengamatan yang teliti/tajam/cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda. Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda.
    Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: attitude dan culture.

    Rangkuman:
    “Paying Attention”
    Eksperimen Richard menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi di lingkungan Anda, Anda kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.

    “Attitude”
    1. Move Fast – Break Things
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Setiap eksperimen, apakah berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide. Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas.
    2. Beliefe: If Anything Can Go Wrong, fix It!
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinya.

  20. Nama : Martin Simanjuntak
    NIM : 11418045
    Kelas : 43TRPL2

    INNOVATION ENGINE: KNOWLEDGE AND ATTITUDE

    KNOWLEDGE
    Pengamatan ini memberi wawasan bagi David bahwa jutaan bisnis dipengaruhi oleh cuaca, termasuk pertanian, bioskop,
    dan resor ski. David kemudian memutuskan untuk meninggalkan Google dan memulai perusahaan yang menjual asuransi
    untuk melindungi bisnis dari kerugian terkait cuaca.

    Paying attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara
    untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge). Contoh di Indonesia adalah super app Gojek yang sangat membantu mobilisasi
    masyarakat di Indonesia untuk

    ATTITUDE
    1. Move fast
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
    Seluruh hidup Anda adalah satu eksperimen besar, dari saat Anda dikandung, ketika dua sel unik bersatu untuk menciptakan
    Anda, hingga hari ini, di mana Anda bisa merancang setiap momen dalam hari Anda. Tidak ada yang memiliki naskah untuk hidup,
    setiap hari diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru untuk melihat apa yang terjadi.
    2. Believe: if Anything can go wrong, fix it
    Anda harus percaya bahwa setiap masalah yang dihadapi ada sebuah langkah yang akan menemukan solusi dari masalah anda.
    Anda melihat apa yang ingin Anda lihat. Jika Anda memandang diri Anda sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar Anda
    akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika Anda mendefinisikan diri Anda sebagai lebah pekerja yang hanya
    mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan Anda mainkan.

  21. Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: attitude dan culture
    Paying Attention:
    Eksperimen Richard menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi di lingkungan Anda, Anda kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.
    Attitude:
    1. Move Fast – Break Things
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Setiap eksperimen, apakah berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide. Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas.
    2. Beliefe: If Anything Can Go Wrong, fix It!
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah adalah langkah penting untuk menemukan solusinya.
    Pengamatan yang teliti/tajam/cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda. Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda.

  22. Richard Wiseman, dari Universitas Hertfordshire di Inggris melakukan Newspaper Experiment. Eksperimen ini berbicara tentang peluang atau kesempatan baik (opportunity). Orang yang beruntung (lucky people) secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung (unlucky people), tidak menemukan peluang.
    Eksperimen Richard menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi di lingkungan kita, kita kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.
    Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar kita
    Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi kita.
    Paying attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge).

  23. Knowledge
    Orang yang beruntung yaitu secara konsisten dalam menemukan peluang, orang yang tidak beruntung yaitu tidak menemukan peluang. Koran yang disebarkan Richard Wiseman, unlucky people membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk menghitung foto yang terlampir, sedangkan lucky people hanya membutuhkan beberapa detik. Lucky people melihatnya dengan cepat, sedangkan unlucky people cenderung melewatkannya.
    Attitude
    Move Fast – Break Things, eksperimen yaitu pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas. Individu meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal belum pernah dilakukan, walaupun hasilnya tidak pasti. Eksperimen ini relevan dalam Innovation Engine adalah Attitude dan Culture.
    Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!, banyak orang yang menyerah sebelum mereka menemukan solusi untuk memecahkannya bahkan mereka tidak memiliki keyakinan untuk menyelesaikannya. Hal ini didasarkan “jika percaya sesuatu tidak mungkin, maka benar tidak mungkin terjadi”. Memandang diri sendiri sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar akan mendapatkan ide-ide yang inovatif.

  24. Innovation Engine: Knowledge, Attitude.
    Knowledge, Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda. Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda.
    Attitude, Move Fast – Break Things, Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal- hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Setiap hari diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru. Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti.
    Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It! . Jika kita percaya sesuatu tidak mungkin, makan benar tidak mungkin terjadi. Jika kita memandang diri kita sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar kita akan mendapatkan ide ide inovatif.

  25. Pengamatan yang teliti adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar kita. Pengetahuan ini adalah suatu bahan bakar untuk imajinasi kita. Rata-rata, unlucky people membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk menghitung foto-foto, sementara lucky people hanya membutuhkan beberapa detik. Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Tidak ada yang memiliki naskah untuk hidup, setiap hari diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru untuk melihat apa yang terjadi. Setiap eksperimen, apakah dia berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan ide yang lebih menarik. Kita melihat apa yang ingin kita lihat. Jika kita memandang diri kita sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar kita akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika kita mendefinisikan diri kita sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan kita mainkan.

  26. Paying Attention merupakan eksperimen untuk menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sudut pandang yang berbeda. Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda. Dalam memusatkan perhatian pada hal-hal yang sudah kita kerjakan secara berulang perlu usaha lebih untuk bisa fokus. Pengamatan yang sesungguhnya adalah pengalaman yang sangat aktif. Pengalaman ini melibatkan fokus semua indra dan secara aktif terlibat dengan lingkungan. Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas. ketika kita memandang diri kita sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar kita akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika kita mendefinisikan diri kita sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan kita mainkan.

  27. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    KNOWLEDGE
    Ada 2 komponen untuk membantu mendapatkan Knowledge, yaitu:
    1.Menemukan peluang
    2.Paying Attention

    ATTITUDE
    Move Fast – Break Things
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
    Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas.
    Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE.
    Believe If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    percaya bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya.
    Anda melihat apa yang ingin Anda lihat. Jika Anda memandang diri Anda sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika Anda mendefinisikan diri Anda sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan Anda mainkan.

  28. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen sederhana untuk mengetahui perbedaan lucky people dengan unlucky people dalam kemampuan mereka melihat peluang. Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Eksperimen ini menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi pada lingkungan, akan kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.
    Paying attention : Experiment ini menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi dilingkungan sekitar, kita kehilangan petunjuk penting untuk memecahkan masalah.
    Attitude terbagi dalam 2 yaitu: move fast-break things, dan believe: if anything can go wrong fix it!
    Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE. Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen.

  29. Selanjutnya knowledge merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan, penciuman, rasa, dan raba. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang (overt behavior).
    Attitude dibagi menjadi 2 bagian yaitu:
    • Move Fast – Break Things: Setiap eksperimen, apakah dia berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide. Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti. .
    • Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It! : jangan menyerah sebelum menemukan solusi untuk tantangan yang kita hadapi. Pada dasarnya, jika anda percaya sesuatu tidak mungkin, maka benar tidak mungkin terjadi

  30. Pada materi tersebut sudah dibahas dapat diketahui bahwa invention itu adalah suatu hal yang benar-benar baru , yang belum pernah ada sebelumnya, benar-benar hasil kreasi manusia yang belum pernah dijumpai/ditemukan dan mengubah pemikiran atau gagasan baru menjadi sesuatu yang nyata . Sedangkan inovasi adalah sesuatu yang orisinal, baru, dan penting dalam bidang apa pun yang masuk ke pasar atau masyarakat. Inovasi diperoleh dari hasil invention dan exploitation. Kreativitas adalah keterampilan yang digunakan selama proses inovasi, dalam berbagai cara untuk mencapai keberhasilan menciptakan sesuatu yang baru. Untuk mendapatkan ide atau gagasan itu dapat dilakukan dengan cara berpikir secara kreatif yaitu divergent thing dan berpikir secara kritis yaitu convergent thinking. Berpikir secara divergent ketika menciptakan berbagai pilihan, akan ada stimulus untuk mendapatkan jawaban pertanyaan melalui hasil yang baru dan berbeda dan berpikir secara convergent ketika membuat/memutuskan pilihan dari sekian banyak pilihan-pilihan yang berhasil diciptakan dan bersifat obyektif.

  31. Brainstorming adalah suatu metode atau teknik kreativitas yang mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari anggota kelompok dengan bentuk semi-terstruktur. Brainstorming dapat membantu kita untuk menghasilkan ide dengan cepat, memperluas berbagai alternatif, membebaskan orang-orang agar tidak stuck, masukkan wawasan dari kelompok yang lebih luas, dan membangun antusiasme. Dalam melakukan brainstorming pertama menyiapkan alat tulis dan sticky notes, memperhatikan aturan brainstorming, mengajukan pertanyaan, ide yang diberikan harus dijelaskan, dan mampu menghasilkan ide yang banyak. Bentuk dan pengaturan ruangan juga perlu diperhatikan saat melakukan brainstorming seperti ruang untuk bekerja memungkinkan orang untuk bebas bergerak dan tempat menampung ide yaitu dapat menggunakan papan tulis atau flip chart. Proses brainstorming diharapkan mampu menghilangkan solusi paling jelas untuk menemukan ide-ide lebih kreatif dan mampu membangun ide orang lain. Semua ide yang sudah disampaikan dapat dipetakan ke dalam mindmapping ini akan membantu kita dalam mengatur ide-ide dan mempertimbangkan hubungan diantara mereka

  32. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Knowledge
    Knowledge atau Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang.
    Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen sederhana untuk mengetahui perbedaan lucky people dengan unlucky people dalam kemampuan mereka melihat peluang.
    Hasilnya Rata-rata, unlucky people membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk menghitung foto-foto, sementara lucky people hanya membutuhkan beberapa detik.
    ini dikarenakan unlucky biasanya bertindak tidak hati-hati sehingga dia tidak menyadari kesempatan yang lain yang dapat dia dapatkan berbeda dengan lucky people karena kehati hatiannya sehingga dia langsung mendapatkan kesempatan dengan lebih cepat.
    Experimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia berbeda beda .

    Attidude
    1. Bergerak Cepat – Istirahat
    2. Percaya: Jika Ada Yang Salah, Perbaiki!

    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Seluruh hidup Anda adalah satu eksperimen besar, dari saat Anda dikandung, ketika dua sel unik bersatu untuk menciptakan Anda, hingga hari ini, di mana Anda bisa merancang setiap momen dalam hari Anda. dengan berekperimen kita dapat mengetahui hasil yang sebenarnya dengan lebih detail setiap penemu yang sukses dapat menceritakan kisah yang mengejutkan dari jalur kegagalan yang dia dapatkan hingga dia mendapatkan kesuksesan dari hasil terbaik mereka.

    PERCAYA bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya.
    Jika orang-orang di sekitar Anda terus mengatakan itu tidak akan terjadi, itu benar-benar tidak akan terjadi. Tetapi jika orang-orang di sekitar Anda mengatakan bisa, menariknya, banyak hal benar-benar terjadi. Hal-hal dapat berubah berdasarkan cara Anda berpikir. Anda melihat apa yang ingin Anda lihat. Jika Anda memandang diri Anda sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika Anda mendefinisikan diri Anda sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan Anda mainkan.

  33. -Kreativitas-
    Inovasi dan penemuan adalah hasil kreativitas, yaitu hasil dari melihat apa yang semua orang bisa lihat tetapi berpikir dengan cara yang tidak orang lain pikirkan.
    kreativitas adalah tentang kemampuan untuk menjadi berbeda, yang dimulai dari pikiran. Kreativitas adalah dapat melihat sesuatu yang tak dapat dilihat oleh orang lain, termasuk di dalamnya peluang yang tak terpikir oleh orang kebanyakan. Kreativitas adalah keterampilan yang dalam proses penciptaan sesuatu yang baru, yang bermanfaat, yang menyelesaikan persoalan-persoalan di masyarakat. Kreativitas adalah keterampilan yang digunakan selama proses inovasi, dalam berbagai cara untuk mencapai keberhasilan menciptakan sesuatu yang baru.

    -CONVERGENT & DIVERGENT THINKING-

    Beberapa ciri berpikir kreatif diantaranya adalah berpikir secara divergent, melihat segala kemungkinan, menggunakan intuisi, melibatkan otak kanan, subyektif dan penuh dengan spekulasi .
    Ketika banyak ide telah tercipta, pergunakan cara berpikir kritis untuk secara obyektif dan penuh pertimbangan memilih ide yang tepat menjadi solusi terhadap persoalan.

    Keseragaman adalah lawan dari kreativitas, karena kreativitas adalah berani berpikir berbeda, yang dilanjutkan bertindak dengan cara yang berbeda. Kreativitas adalah penasaran dengan kondisi di luar yang sudah biasa, tidak suka dengan hanya satu pilihan, tidak langsung puas dengan kondisi yang mirip/sama dengan orang kebanyakan.

  34. Playing attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge).

    ATTITUDE
    1. Move Fast – Break Things : kita melakukan hal-hal yang belum pernah ada sebelumnya. Setiap hari hidup diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba yang baru untuk melihat apa yang terjadi. Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai dari semua organisasi dan komunitas.
    2. Believe : If Anything Can Go Wrong, fix it ! : Percaya bahwa ada solusi untuk setiap masalah, langkah terpenting untuk menemukan solusinya. Banyak yang menyerah sebelum mereka menemukan solusi untuk tantangannya, besar atau kecil bahkan ketika mereka melihat jelas karena mereka tidak memiliki keyakinan bahwa masalah itu dapat terselesaikan. Intinya , “Jika kita percaya sesuatu tidak mungkin, maka benar tidak akan mungkin terjadi”. Belajar untuk memandang diri sebagai orang yang kreatif akan besar kemungkinan akan mendapatkan ide yang inovatif.

  35. Week 2
    Rangkuman Kreativitas Sebuah Pengantar

    Gambaran di masa lalu akan terbukti di masa depan oleh karena itu penting adanya kreativitas karena kreativitas sangat mempengaruhi perubahan mulai dari cara berpikir, bertindak dan lain- lain. Kondisi ini justru menjadi titik awal dari kreativitas. Kreativitas mencakup penemuan ataupun inovasi, yang dimana kedua hal itu berbeda.
    Penemuan (invention) merupakan kemampuan untuk menemukan sesuatu yang baru ataupun sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, dapat bermanfaat dan dapat diproduksi.
    Sedangkan Inovasi merupakan kemampuan untuk mengembangkan penemuan yang dieksploitasi dan memberikan nilai daya jual.
    Contoh inovasi yaitu smartwatch, dimana bukan hanya mengetahui waktu saja namun jam ini memiliki fitur untuk kesehatan sepertii pengukuran detak jantun dan kadar oksigen.
    Oleh karena itu untuk menghasilkan kreativitas perlu adanya bagaimana cara berpikir kreatif yang dibagi menjadi 2 yaitu berpikir kreatif secara divergent dan berpikir kritis secara konvergen.
    Berpikir secara divergent yaitu menciptakan sebanyak-banyaknya ide dan berpikir secara convergent ketika menyaring/memutuskan pilihan dari sekian banyak pilihan-pilihan yang berhasil diciptakan.

    Week 3
    Idea Generation

    Cara berpikir kreatif meliputi metode brainstorming dan mindmapping.
    Brainstorming merupakan metode penciptaan ide sebanyak-banyaknya dalam tim dengan bentuk semi-terstruktur atau terarah.
    Tujuan brainstorming membantu kita dalam menghasilkan ide dengan cepat (mulai dari memecahkan masalah, dan mencari solusi yang tepat), memperluas berbagai alternative, membebaskan orang-orang agar tidak jalan ditempat, membangun antusiasme, dan menerima wawasan dari mitra yang terlibat.
    Brainstorming dilakukan secara terarah dengan mengikuti langkah-langkah, aturan dan pedoman brainstorming.
    Pedomannya mulai dari bentuk dan pengaturan ruangan, siapa yang berpatisipasi, menentukan topik brainstorming, proses brainstorming, menggenerate ide sebaik-baiknya, bagaimana ide dicatat, waktu untuk sesi brainstorming dan apa yang dilakukan setelah brainstorming.
    Kemudian hasil dari brainstorming yaitu ide baik berupa memecahkan masalah dan mencari solusi, diputuskan terlebih dahulu atau difilter kemudian disusun dengan mengidentifikasi hubungan ide, hal ini disebut dengan mindmapping.

  36. Mesin Inovasi : Pengetahuan dan Sikap
    Dalam menerapkan pengetahuan dalam berinovasi, salahsatu hal yang harus dilakukan adalah Paying Attention atau peduli terhadap sesuatu. Mengabaikan sebuah informasi dapat merugikan anda dikarenakan anda tidak tau seberapa penting sebuah informasi yang anda lewatkan. Menjadi teliti terhadap suatu hal dapat memberikan anda beberapa manfaat, contohnya anda dapat lebih mengerti terhadap suatu hal, kemudian anda dapat menjadi lebih kritis dalam bertanya, atau lebih jelas dalam menjawab.

    Kemudian adalah kegigihan, saat anda melakukan sesuatu dengan teratur dan diikuti prinsip bahwa hari anda diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru, maka anda dapat menemukan ide ide baru yang dapat anda kembangkan untuk mencapai sesuatu yang anda inginkan, atau mungkin sesuatu yang lebih dari anda inginkan.

  37. Week 2
    Rangkuman Kreativitas Sebuah Pengantar

    Gambaran di masa lalu akan terbukti di masa depan oleh karena itu penting adanya kreativitas karena kreativitas sangat mempengaruhi perubahan mulai dari cara berpikir, bertindak dan lain- lain. Kondisi ini justru menjadi titik awal dari kreativitas.

    Kreativitas mencakup penemuan ataupun inovasi, yang dimana kedua hal itu berbeda.
    Penemuan (invention) merupakan kemampuan untuk menemukan sesuatu yang baru ataupun sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, dapat bermanfaat dan dapat diproduksi. Sedangkan Inovasi merupakan kemampuan untuk mengembangkan penemuan yang dieksploitasi dan memberikan nilai daya jual.

    Contoh inovasi yaitu smartwatch, dimana bukan hanya mengetahui waktu saja namun jam ini memiliki fitur untuk kesehatan sepertii pengukuran detak jantun dan kadar oksigen.
    Oleh karena itu untuk menghasilkan kreativitas perlu adanya bagaimana cara berpikir kreatif yang dibagi menjadi 2 yaitu berpikir kreatif secara divergent dan berpikir kritis secara konvergen.
    Berpikir secara divergent yaitu menciptakan sebanyak-banyaknya ide dan berpikir secara convergent ketika menyaring/memutuskan pilihan dari sekian banyak pilihan-pilihan yang berhasil diciptakan.

  38. Week 3
    Idea Generation

    Cara berpikir kreatif meliputi metode brainstorming dan mindmapping.
    Brainstorming merupakan metode penciptaan ide sebanyak-banyaknya dalam tim dengan bentuk semi-terstruktur atau terarah.
    Tujuan brainstorming membantu kita dalam menghasilkan ide dengan cepat (mulai dari memecahkan masalah, dan mencari solusi yang tepat), memperluas berbagai alternative, membebaskan orang-orang agar tidak jalan ditempat, membangun antusiasme, dan menerima wawasan dari mitra yang terlibat.
    Brainstorming dilakukan secara terarah dengan mengikuti langkah-langkah, aturan dan pedoman brainstorming.
    Pedomannya mulai dari bentuk dan pengaturan ruangan, siapa yang berpatisipasi, menentukan topik brainstorming, proses brainstorming, menggenerate ide sebaik-baiknya, bagaimana ide dicatat, waktu untuk sesi brainstorming dan apa yang dilakukan setelah brainstorming.
    Kemudian hasil dari brainstorming yaitu ide baik berupa memecahkan masalah dan mencari solusi, diputuskan terlebih dahulu atau difilter kemudian disusun dengan mengidentifikasi hubungan ide, hal ini disebut dengan mindmapping.

  39. Paying Attention
    Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Eksperimen Richard ini menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi di lingkungan Anda, Anda kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.
    Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda.
    Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda
    paying attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge)
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Seluruh hidup Anda adalah satu eksperimen besar, dari saat Anda dikandung, ketika dua sel unik bersatu untuk menciptakan Anda, hingga hari ini, di mana Anda bisa merancang setiap momen dalam hari Anda.

  40. Innovation Engine : Knowledge, Attitude
    Knowledge :
    Paying Attention
    Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia.
    Attitude :
    a. Move Fast – Break Things
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Setiap eksperimen, apakah dia berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide. Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE.
    b. Believe : If Anything Can Go Wrong, Fix It !
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Salah satu cara untuk mengubah sikap adalah dengan mengubah kosakata. Mereka mulai memunculkan ide yang lebih inovatif dan menyarankan proyek baru yang mencerminkan peran baru

  41. Topik: Innovation Engine: Knowledge, Attitude

    Move Fast – Break Things
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah. Seperti melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Sangat penting untuk percaya bahwa ada solusi untuk setiap masalah merupakan langkah yang penting untuk menemukan solusinyanya. Tidak ada orang yang mengetahui jalan cerita hidup. Setiap detik, menit, jam, dan hari selalu dapat diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru.

    Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    Orang-orang cenderung untuk melihat apa yang ingin dilihat. Jika seseorang memandang dirinya sendiri sebagai seseorang yang kreatif, maka kemungkinan besar orang tersebut akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika mendefinisikan diri sebagai yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah yang akan selalu diperankan.

  42. KNOWLEDGE
    Paying Attention
    dengan mengabaikan informasi di lingkungan Anda, Anda kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.
    Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar kita.
    Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi kita. Diperlukan banyak upaya untuk memusatkan perhatian lebih, terutama ketika kita berurusan dengan pengalaman yang sudah kita kenal.
    ATTITUDE
    1. Move Fast – Break Things
    2. Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinya. Pada dasarnya, jika anda percaya sesuatu tidak mungkin, maka benar tidak mungkin terjadi.
    Kita melihat apa yang ingin kita lihat. Jika kita memandang diri kita sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar kita akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika kita mendefinisikan diri kita sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan kita mainkan.

  43. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda.
    Paying attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge).
    Attitude
    – Move Fast – Break Things : Tidak ada yang memiliki naskah untuk hidup, setiap hari diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru untuk melihat apa yang terjadi.
    – Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It! : PERCAYA bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Salah satu cara untuk mengubah sikap Anda adalah dengan mengubah kosakata Anda. Jika Anda memandang diri Anda sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika Anda mendefinisikan diri Anda sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan Anda mainkan.

  44. Kreativitas, Sebuah Pengantar.
    Innovation (Inovasi)
    Inovasi adalah penemuan hal baru yang berbeda, pembuatan ini dilakukan berdasarkan hal yang sudah ada sebelumnya, sehingga dapat dikatakan bahwa inovasi dilakukan dilakukan dengan dasar kebutuhan tertentu. Hal ini dilakukan agar setiap solusi yang lebih baik dapat diterapkan untuk memenuhi kebutuhan yang diartikulasikan atau kebutuhan pasar yang ada.
    Invention
    Invention dapat merujuk pada jenis komposisi musik, penemuan, atau produk imajinasi apa pun. Pengertian penemuan yang paling mungkin disalahartikan dengan inovasi adalah “perangkat, rancangan, atau proses yang dimulai setelah studi dan eksperimen,” biasanya sesuatu yang sebelumnya tidak pernah ada.
    Creativity
    Inovasi (innovation) dan penemuan (invention) adalah hasil kreativitas, yaitu hasil dari melihat apa yang semua orang bisa lihat tetapi berpikir dengan cara yang tidak orang lain pikirkan. Keseragaman tak selalu salah. Namun, kreativitas adalah tentang kemampuan untuk menjadi berbeda, yang dimulai dari pikiran. Kreativitas adalah mampu dan mau berpikir berbeda dari orang kebanyakan. Kreativitas adalah dapat melihat sesuatu yang tak dapat dilihat oleh orang lain, termasuk di dalamnya peluang yang tak terpikir oleh orang kebanyakan
    Convergent & Divergent Thinking, beberapa ciri berpikir kreatif diantaranya adalah berpikir secara divergent, melihat segala kemungkinan, menggunakan intuisi, melibatkan otak kanan, subyektif dan penuh dengan spekulasi. Berpikir kritis dicirikan dengan berpikir secara convergent, melihat segala peluang, logis, melibatkan otak kiri, obyektif dan penuh dengan pertimbangan.

  45. Topik : Knowledge, Attitude
    KNOWLEDGE
    Orang yang beruntung (lucky people) secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung (unlucky people), tidak menemukan peluang. Rata-rata, unlucky people membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk menghitung foto-foto, sementara lucky people hanya membutuhkan beberapa detik.
    Paying attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge)
    ATTITUDE
    Move Fast – Break Things
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Seluruh hidup adalah satu eksperimen besar, dari saat dikandung, ketika dua sel unik bersatu untuk menciptakan, hingga hari ini, di mana bisa merancang setiap momen dalam hari. Tidak ada yang memiliki naskah untuk hidup.
    Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    PERCAYA bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya.

  46. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    KNOWLEDGE
    Knowledge adalah hasil tahu dari manusia yang sekedar menjawab pertanyaan “What”. Pengetahuan merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan, penciuman, rasa, dan raba. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang (overt behavior).
    ATTITUDE
    1. Move Fast – Break Things
    2. Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    Move Fast – Break Things
    Dalam kreativitas kita harus memampukan diri untuk bersikap pantang menyerah terhadap sesuatu yang kita perjuangkan. Jangan pernah menganggap suatu kegagalan sebagi titik untuk berhenti dalam meraih suatu kesuksesan. Hidup harus dipenuhi dengan eksperimen buatan anda sendiri yang bertujuan untuk menemukan terobosan-terobosan baru dalam mencapai sesuatu.
    Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    PERCAYA bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Begitu banyak orang menyerah jauh sebelum mereka menemukan solusi untuk tantangan mereka, besar ataupun kecil, bahkan ketika mereka terlihat jelas, karena mereka tidak memiliki keyakinan bahwa masalah dapat diselesaikan.

  47. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Richard Wiseman, Iranian language Universitas county di Inggris melakukan Newspaper Experiment. Eksperimen ini berbicara tentang peluang atau kesempatan baik (opportunity).
    Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen sederhana untuk mengetahui perbedaan lucky individuals dengan unfortunate individuals dalam kemampuan mereka melihat peluang. Eksperimen ini menunjukkan bahwa orangutang melihat dunia dengan sangat berbeda. Pengamatan yang teliti/tajam/cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda. Saat bekerja di Google, David melewati toko kecil tempat persewaan sepeda setiap hari saat Defense Intelligence Agency berkendara ke tempat kerja. Focusing atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge). Diperlukan banyak upaya untuk memusatkan perhatian lebih, terutama ketika kita berurusan dengan pengalaman rule sudah kita kenal. Perjalanan Instagram dimulai dengan aplikasi bernama BURBN, yaitu aplikasi iPhone yang memungkinkan Anda berbagi lokasi dengan teman-teman Anda.

  48. Kreativitas, Sebuah Pengantar
    kita tidak selalu harus seragam dengan orang kebanyakan. Berpikir dan bertindak berbeda, tidaklah salah, kondisi ini justru menjadi titik awal dari kreativitas. Invention adalah bisa disebut sebagai sebuah penemuan yang belum perenah ada dan Inovasi adalah perubahan yang dilakukan dari ivention tersebut, ide, atau bidang yang sudah ada, bisa disebut juga penerapan solusi yang lebih baik. Kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta, daya cipta, perihal berkreasi. Kreativitas adalah ketrampilan, inovasi adalah proses.
    Convergent & Divergent Thinking, beberapa ciri berpikir kreatif diantaranya adalah berpikir secara divergent, melihat segala kemungkinan, menggunakan intuisi, melibatkan otak kanan, subyektif dan penuh dengan spekulasi. akan ada stimulus untuk mendapatkan jawaban pertanyaan melalui hasil yang baru dan berbeda dibandingkan cara konvensional.

  49. Idea Generation
    Idea Generation
    Brainstorming adalah metode penciptaan ide dalam tim dengan bentuk semi-terstruktur. Brainstorming adalah alat yang berharga bagi organisasi karena membantu:
    Menghasilkan ide dengan cepat
    Memperluas berbagai alternatif
    Membebaskan orang-orang agar tidak stuck
    Masukkan wawasan dari kelompok yang lebih luas
    Membangun antusiasme
    Brainstorming adalah cara yang baik untuk menghasilkan banyak ide yang tidak dapat Anda hasilkan hanya dengan duduk sendiri bersama pena dan kertas
    Langkah-Langkah Brainstorming
    Beberapa langkah brainstorming adalah:

    Bagikan alat tulis dan post-it (sticky notes) kepada semua orang dan siapkan selembar kertas besar/ dinding/ papan tulis untuk menempelkannya.
    Review aturan brainstorming sebelum mulai bekerja.
    Aturan-aturan brainstorming pada perusahaan desain IDEO menjadi acuan pada tulisan ini, yaitu:

    Defer judgement
    Encourage wild ideas
    Build on the ideas of others
    Stay focused on the topic
    One conversation at a time
    Be visual
    Go for quantity
    Pedoman brainstorming yang dibahas mencakup:

    Bentuk dan pengaturan ruangan

  50. Knowledge atau pengetahuan tidak hanya didapat dari belajar. Terkadang, hanya dengan memberikan perhatian lebih terhadap sesuai yang tidak semua orang mungkin perhatikan atau bahkan belum pernah orang lain pikirkan sebelumnya dapat memberikan kita pengetahuan yang lebih. Memberikan perhatian terhadap hal-hal sederhana justru dapat memberikan kesempatakan kepada kita untuk dapat berpikir kreatif dengan mangamati obyek-obyek yang kurang atau mungkin belum pernah kita perhatikan sebelumnya.
    Kreativitas dapat diibaratkan sebagai experiment dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dimana ketika kita mencoba hal yang baru meski itu gagal atau berhasil kita mendapatkan hasil lain yang dapat membawa kita menuju ide-ide lain yang lebih baik. Selain hal tersebut, ketika kita menemukan masalah, tentu kita tahu bahwa setiap masalah pasti ada solusi, mari kita mencoba untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Dimana kita perlu menentukan langkah untuk memecahkan permasalahan itu dan percaya bahwa permasalahan tersebut memiliki solusi.

  51. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Knowledge.
    Yaiu memanfatkan pengetahuan dengan se detail mungkin, dan tidak merasa tidak perduli dengan persoalan persoalan yang bahkan sangat kecil sedikit pun.
    Playing Attention: memberi perhatian terhadap lingkungan lingkungan sekitar sebagai cara untuk mendapatkan pengetahuan (knowledge).
    Attitude
    Ada dua yaitu Move Fast – Break Things danBelieve: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    1. Move fast – Break things
    Yaitu dengan bekerja cepat dan memecahkan segala sesuatu. Melakukan setiap eksperimen, baik itu berfungsi dengan baik atupun tidak, dan memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan terobosan ide. Setaip hari diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru untuk melihat apa yang terjadi.
    Eksperimen itu senidiri merupakan pola piker pribadi.
    2. Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    Apabila mendapatkan sebuah tantangan, maka harus yakin bahwa akan ditemukan sebuah solusi, besar ataupun kecil. Jangan mudah untuk merasa tidak dapat mengerjakan sesuatu, padahal belum sama sekali mencobanya. Pandang diri sendiri sebagai orang yang kreatif maka akan menghasilkan ide ide yang inovatif.

  52. Knowledge, Attitude
    KNOWLEDGE
    Knowledge adalah tentang pengetahuan dan selalu berhubugan dengan “what”. Orang yang beruntung (lucky people) secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung (unlucky people), tidak menemukan peluang.
    Paying Attention
    Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda.
    Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda
    ATTITUDE
    Jangan pernah menganggap suatu kegagalan sebagi titik untuk berhenti dalam meraih suatu kesuksesan. Hidup harus dipenuhi dengan eksperimen buatan anda sendiri yang bertujuan untuk menemukan terobosan-terobosan baru dalam mencapai sesuatu.
    Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    Salah satu cara untuk mengubah sikap Anda adalah dengan mengubah kosakata Anda. Di Facebook, Randi Zuckerberg memberi tahu timnya bahwa dia mengubah nama grup mereka dari Pemasaran Konsumen (Consumer Marketing) menjadi Pemasaran Kreatif (Creative Marketing). Anda melihat apa yang ingin Anda lihat. Jika Anda memandang diri Anda sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ide-ide inovatif

  53. Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen sederhana untuk mengetahui perbedaan lucky people dengan unlucky people dalam kemampuan mereka melihat peluang. Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Eksperimen ini menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi pada lingkungan, akan kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.
    Attitude terbagi dalam 2 yaitu: move fast-break things, dan believe
    Move fast- break things
    Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE. Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen.

  54. Knowledge dan attidue merupakan engine berada di internal ingine.
    Dengan Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat merupakan keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar. Knowledge memiliki cakupan Paying Attention adalah orang melihat dunia dengan sangat berbeda contoh : super app Gojek membantu mobilisasi masyarakat di Indonesia.
    Sedangkan Attidue merupakan percikan yang menggerakan innovation engine, terdiri dari 2 yaitu: Move Fast-Break Things dimana setiap hari diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru untuk melihat apa yang terjadi. Contoh: Perjalanan Instagram dengan aplikasi bernama BURBM, yang tidak sesukses mereka harapkan, tetapi terus berusaha menambahkan fitur demi fitur. Kesuksesan Kevin dan Mike tidak akan pernah terjadi jika mereka tidak mau bereksperimen dan belajar dari semua hasil yang mengejutkan selama ini.
    Believe: yaitu dimana ada solusi untuk setiap masalah. Seperti Randi Zuck di Zuckerberg memberi tahu timnya bahwa dia mengubah nama grup mereka dari Consumer Marketing menjadi Creative Marketing.

  55. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Knowledge
    Knowledge adalah tentang pengetahuan dan selalu berhubungan dengan “what”. Orang yang beruntung secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung, tidak menemukan peluang.
    – Paying Attention
    Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda. Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda.
    Attitude
    – Move Fast – Break Things
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jangan pernah menganggap suatu kegagalan sebagai titik untuk berhenti dalam meraih suatu kesuksesan. Hidup harus dipenuhi dengan eksperimen buatan anda sendiri yang bertujuan untuk menemukan terobosan-terobosan baru dalam mencapai sesuatu.
    – Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinya. Karena pada dasarnya, jika anda percaya sesuatu tidak mungkin, maka benar tidak mungkin terjadi.

  56. Richard Wiseman, dari Universitas Hertfordshire di Inggris melakukan Newspaper Experiment. Eksperimen ini berbicara tentang Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen sederhana untuk mengetahui perbedaan lucky people dengan unlucky people dalam kemampuan mereka melihat peluang. Paying Attention Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Paying attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge). Contoh di Indonesia adalah super app Gojek yang sangat membantu mobilisasi masyarakat di Indonesia. Pengamatan yang sesungguhnya adalah pengalaman yang sangat aktif. Amati obyek-obyek yang selama ini mungkin luput dari perhatian Anda. Pasti ada hal menarik dan menambah pengetahuan diantaranya. Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas. Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE.

  57. Richard Wiseman, dari Universitas Hertfordshire di Inggris melakukan Newspaper Experiment. Eksperimen ini berbicara tentang peluang atau kesempatan baik (opportunity).
    1. Pengetahuan (Knowledge) Anda memberikan bahan bakar untuk imajinasi Anda.
    Paying Attention, Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda.
    Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda.
    2. Sikap (Attitude) Anda adalah percikan yang menggerakkan Innovation Engine.
    a. Move Fast – Break Things
    Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti. Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE.
    b. Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    PERCAYA bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Anda melihat apa yang ingin Anda lihat, maka itulah peran yang akan dimainkan.

  58. Richard Wiseman, dari Universitas Hertfordshire di Inggris melakukan Newspaper Experiment. Eksperimen ini berbicara tentang peluang atau kesempatan baik (opportunity). Orang yang beruntung (lucky people) secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung (unlucky people), tidak menemukan peluang.
    Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas. Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti. Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE.
    Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen.

  59. Knowledge
    Konsep ini menjelaskan tentang peluang atau kesempatan baik (opportunity). Orang yang beruntung (lucky people) secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung (unlucky people) tidak menemukan peluang
    Paying Attention
    Konsep ini menjelaskan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Pengamatan yang teliti /tajam/cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia disekitar anda.
    Attitude
    Konsep ini menjelaskan tentang 2 hal yaitu :
    Move Fast – Break Things
    Kreativitas diibaratkan seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Seluruh hidup anda adalah satu eksperimen besar dari saat anda dikandung hingga hari ini, dimana anda bisa merancang setiap momen dalam hari anda.

    Believe : If Anything Can Go Wrong, Fix It!
    Percaya bahwa ada solusi untuk masalah anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinya. Jika anda percaya sesuatu tidak mungkin maka benar tidak mungkin terjadi maka ubahlah cara berpikir anda bahwa sesuatu itu mungkin.

  60. Kreativitas adalah hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Tidak ada yang memiliki naskah untuk hidup, setiap hari diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru untuk melihat apa yang terjadi. Setiap eksperimen, apakah dia berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide.
    Gambar 20 Kevin Systrom dan Mike Krieger
    Perjalanan Instagram dimulai dengan aplikasi bernama BURBN, yaitu aplikasi iPhone yang memungkinkan Anda berbagi lokasi dengan teman-teman Anda. Produk awal tidak sesukses yang mereka harapkan, jadi mereka terus menambahkan fitur demi fitur untuk melihat apakah ada di antara fitur tersebut yang akan meningkatkan popularitas produk. Kesuksesan Kevin dan Mike tidak akan pernah terjadi jika mereka tidak mau bereksperimen dan belajar dari semua hasil yang mengejutkan selama ini. Kevin mengakui bahwa sangat sulit untuk membuang bagian produk yang tidak menarik bagi pelanggan, karena mereka telah bekerja keras untuk mengembangkannya.

    Gambar 21 Bagaimana Instagram Diawali
    PERCAYA bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Pada dasarnya, JIKA ANDA PERCAYA SESUATU TIDAK MUNGKIN, MAKA BENAR TIDAK MUNGKIN TERJADI. Salah satu cara untuk mengubah sikap Anda adalah dengan mengubah kosakata Anda. Mereka mulai memunculkan ide yang lebih inovatif dan menyarankan proyek baru yang mencerminkan peran baru mereka di perusahaan.

    “Anda melihat apa yang ingin Anda lihat. Jika Anda memandang diri Anda sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika Anda mendefinisikan diri Anda sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan Anda mainkan.”

  61. Paying Attention atau memberi perhatian/pengamatan adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan. Pengamatan yang sesungguhnya adalah pengalaman yang sangat aktif yang melibatkan focus dan terlibat dengan lingkungan. Kreativitas adalah penelitian ilmiah dimaan kita melakukan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Eksperimen adalah pola piker pribadi dan nilai di semua organisasi maupun komunitas. Individu yang ingin meningkatkan kreativitsnya perlu terbuka dalam mencoba hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya walaupun hasilnya nanti tidak pasti. Jika kita memandang diri kita sebagai orang yang kreatif, kita dapat memampukan diri kita untuk menangkap ide – ide yang lebih inovatif. Namun apabila kita memandang diri kita sebagai lebah pekerja yang mengambil ide ataupun gagasan orang lain maka itulah yang akan kita lakukan untuk seterusnya tanpa mengasah kreativitas yang ada dalam diri kita sendiri.

  62. Innovation Engine: Imagination
    Innovation Engine, yang menggambarkan hal-hal yang dapat menjadi pemicu penciptaan inovasi. Tiga engine berada di internal manusia (internal ingine), yaitu imagination, knowledge dan attitude. Tiga engine lain berada di luar diri manusia (external engine), yaitu resources, culture dan habitat
    Terdapat tiga BAGIAN DALAM Innovation Engine, yaitu:
    Pengetahuan (Knowledge) Anda memberikan bahan bakar untuk imajinasi Anda.
    Imajinasi (Imagination) Anda adalah katalisator untuk transformasi pengetahuan menjadi ide-ide baru.
    Sikap (Attitude) Anda adalah percikan yang menggerakkan Innovation Engine.
    Salah satu jalan untuk membentuk imajinasi adalah dengan menghubungkan dan menggabungkan obyek-obyek dan konsep-konsep yang di permukaan terlihat tidak berhubungan.
    Cara yang baik untuk bereksperimen dengan koneksi sehari-hari adalah dengan menggunakan metafora dan analogi. Dengan membandingkan satu hal dengan hal lainnya, Anda akan menemukan persamaan menarik yang membuka dunia ide-ide baru.

  63. Week 4
    Innovation Engine: Knowledge, Attitude

    Knowledge memberikan bahan bakar untuk imajinasi. Knowledge merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan, penciuman, rasa, dan raba. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang (overt behavior). Pengamatan sangat penting untuk menangkap temuan baik dalam bentuk kata-kata, gambar, foto dan rekaman.
    Attitude dibagi menjadi 2 bagian yaitu
    1. Move Fast – Break Things yaitu setiap eksperimen, apakah dia berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide. Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti. .
    2. Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It! yaitu percaya dan jangan menyerah sebelum menemukan solusi untuk tantangan yang kita hadapi. Pada dasarnya, jika anda percaya sesuatu tidak mungkin, maka benar tidak mungkin terjadi. Semuanya tergantung dari diri sendiri.Semuanya butuh proses. Ganbatte.

  64. Richard Wiseman, dari Universitas Hertfordshire di Inggris melakukan Newspaper Experiment. Eksperimen ini berbicara tentang peluang atau kesempatan baik (opportunity). Orang yang beruntung (lucky people) secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung (unlucky people), tidak menemukan peluang.
    Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
    Setiap eksperimen, apakah dia berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide. Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas. Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE.
    Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen.
    Setiap penemu dan wirausahawan yang sukses dapat menceritakan kisah tentang hasil yang mengejutkan dan jalur kegagalan atau penolakan yang mengarah ke kesuksesan terbaik mereka.

  65. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Eksperimen Richard menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi di lingkungan kita, kita mungkin kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah. jadi Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitarkita. Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi kita.

    Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, tetapi tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.
    Attitude adalah sikap dan perilak kita sehari-hari. Cara kita berbicara, bertindak, memperlakukan orang lain, semua itu adalah cerminan dari apa yang kita pikirkan. Pada dasarnya Atitutde yang kita miliki akan mempengaruhi kesuksesan kita seseorang.
    Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti. Kuncinya adalah berani untuk mencoba dan melakukan ekspirasi.

  66. Innovation Engine: Knowledge, Attitude
    Imajinasi adalah daya pikir untuk membayangkan atau menciptakan gambar kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang secara umum. Istilah ini secara teknis dipakai dalam psikologi sebagai proses membangun kembali persepsi dari suatu benda yang terlebih dahulu diberi persepsi pengertian.
    Reframning problems adalah melihat sebuah kejadian dari banyak sudut pandang, melakukan framing dan reframing kejadian tersebut. Dengan reframing problems, Anda mencoba untuk melihat setiap situasi dari sudut pandang individu yang berbeda, seperti:
    1. Bagaimana seorang anak atau senior melihat sebuah situasi?
    2. Bagaimana dengan pakar pemula, atau penduduk lokal versus pengunjung? Orang kaya atau miskin?
    3. Orang yang tinggi atau pendek?
    4. Setiap sudut memberikan perspektif yang berbeda dan mengeluarkan wawasan dan ide baru.

    Dengan mengabaikan informasi di lingkungan Anda, Anda kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah. Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar kita. Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi kita.

Comments are closed.