Creativity & Innovation

Innovation Engine: Knowledge, Attitude

Materi sebelumnya:
Innovation Engine: Imagination


KNOWLEDGE

Richard Wiseman, dari Universitas Hertfordshire di Inggris melakukan Newspaper Experiment. Eksperimen ini berbicara tentang peluang atau kesempatan baik (opportunity). Orang yang beruntung (lucky people) secara konsisten menemukan peluang, sedangkan orang yang tidak beruntung (unlucky people), tidak menemukan peluang.

Richard Wiseman melakukan sebuah eksperimen sederhana untuk mengetahui perbedaan lucky people dengan unlucky people dalam kemampuan mereka melihat peluang. Richard memberi sebuah koran kepada lucky people dengan unlucky people, kemudian meminta mereka untuk melihat-lihat dan memberi tahu Richard: berapa banyak foto di dalam koran tersebut.

Gambar 16 Newspaper Experiment

Rata-rata, unlucky people membutuhkan waktu sekitar dua menit untuk menghitung foto-foto, sementara lucky people hanya membutuhkan beberapa detik. Mengapa? Karena pada halaman kedua dari koran terdapat pesan bertuliskan “Berhenti menghitung – Ada 43 foto di koran ini.” Pesan mengambil porsi setengah halaman koran dan ditulis dengan tinggi teks lebih dari dua inci. Teks ini tentu langsung tertangkap oleh mata, tetapi unlucky people cenderung melewatkannya dan orang-orang yang lucky people melihatnya dengan cepat.

Selanjutnya, Richard menempatkan pesan besar kedua di tengah-tengah koran. Yang mengumumkan: “Berhenti menghitung, beri tahu pembuat eksperimen bahwa Anda telah melihat pesan dan dan menangkan $ 250.” Sekali lagi, unlucky people melewatkan kesempatan karena mereka masih juga sibuk mencari foto.


Paying Attention

Eksperimen ini menunjukkan bahwa orang melihat dunia dengan sangat berbeda. Eksperimen Richard ini menunjukkan bahwa dengan mengabaikan informasi di lingkungan Anda, Anda kehilangan petunjuk penting yang merupakan kunci untuk memecahkan masalah.

Pengamatan yang teliti/ tajam/ cermat adalah keterampilan kunci untuk mendapatkan pengetahuan berharga tentang dunia di sekitar Anda.
Pengetahuan ini adalah bahan bakar untuk imajinasi Anda.

David Friedberg, CEO of The Climate Corporation

Gambar 17 David Friedberg

Saat bekerja di Google, David melewati toko kecil tempat persewaan sepeda setiap hari saat dia berkendara ke tempat kerja. Seiring waktu dia melihat sebuah pola: setiap kali hujan, toko tersebut menutup bisnisnya.

Gambar 18 The Climate Corporation

Pengamatan ini memberi wawasan bagi David bahwa jutaan bisnis dipengaruhi oleh cuaca, termasuk pertanian, bioskop, dan resor ski. David kemudian memutuskan untuk meninggalkan Google dan memulai perusahaan yang menjual asuransi untuk melindungi bisnis dari kerugian terkait cuaca.

Paying attention atau memberi perhatian misalnya terhadap lingkungan sekitar, perilaku-perilaku adalah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan (Knowledge). Contoh di Indonesia adalah super app Gojek yang sangat membantu mobilisasi masyarakat di Indonesia untuk


TUGAS: Tuliskan kisah perjalanan Gojek lengkap dengan inspirasinya dalam mengembangkan aplikasi sejak awal hingga kini. Titik berat laporan Anda adalah pada aspek imajinasi, knowledge (paying attention). Hasil di-submit ke ecourse.del.ac.id.


Diperlukan banyak upaya untuk memusatkan perhatian lebih, terutama ketika kita berurusan dengan pengalaman yang sudah kita kenal. Misalnya, kita akan benar-benar mengabaikan perhatian ketika melakukan aktivitas berulang, seperti mengemudi atau berjalan di jalur rutin. Kita juga fokus terutama pada hal-hal yang sejajar dengan mata kita dibanding melihat sekeliling secara lebih luas.

Pengamatan yang sesungguhnya adalah pengalaman yang sangat aktif.
Pengalaman ini melibatkan fokus semua indra dan secara aktif terlibat dengan lingkungan Anda. Pengamatan ini perlu menangkap temuan Anda dalam bentuk kata-kata, gambar, foto dan rekaman. Latihlah keterampilan observasi Anda dan tingkatkan kekuatan perhatian Anda, mulai dengan rutinitas sehari-hari, misalnya saat berjalan ke kampus atau kantor. Cobalah berjalan dengan pandangan tidak hanya lurus ke depan, tetapi sambil melihat area sekeliling, sepanjang perjalanan Anda. Amati obyek-obyek yang selama ini mungkin luput dari perhatian Anda. Pasti ada hal menarik dan menambah pengetahuan diantaranya.


ATTITUDE

  1. Move Fast – Break Things
  2. Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!

Move Fast – Break Things

Kreativitas adalah seperti penelitian ilmiah dimana kita melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Seluruh hidup Anda adalah satu eksperimen besar, dari saat Anda dikandung, ketika dua sel unik bersatu untuk menciptakan Anda, hingga hari ini, di mana Anda bisa merancang setiap momen dalam hari Anda. Tidak ada yang memiliki naskah untuk hidup, setiap hari diisi dengan kesempatan tanpa akhir untuk mencoba sesuatu yang baru untuk melihat apa yang terjadi.

Setiap eksperimen, apakah dia berfungsi seperti yang diharapkan atau tidak, memberikan masukan yang berharga untuk jalan menuju terobosan-terobosan ide. Eksperimen adalah pola pikir pribadi dan nilai di semua organisasi dan komunitas. Individu yang ingin meningkatkan kreativitasnya perlu terbuka untuk mencoba hal-hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, meskipun hasilnya tidak pasti. Eksperimen relevan dalam Innovation Engine di dua tempat: ATTITUDE dan CULTURE.
Setiap komunitas harus dirancang untuk mendorong eksperimen dan setiap individu perlu merasa bebas untuk bereksperimen.

Setiap penemu dan wirausahawan yang sukses dapat menceritakan kisah tentang hasil yang mengejutkan dan jalur kegagalan atau penolakan yang mengarah ke kesuksesan terbaik mereka.

I have not failed. I’ve just found ten thousand ways that won’t work.

Thomas A. Edison

Mari kita melihat perjalanan kesuksesan Instagram.

Perjalanan Instagram dimulai dengan aplikasi bernama BURBN, yaitu aplikasi iPhone yang memungkinkan Anda berbagi lokasi dengan teman-teman Anda. Produk awal tidak sesukses yang mereka harapkan, jadi mereka terus menambahkan fitur demi fitur untuk melihat apakah ada di antara fitur tersebut yang akan meningkatkan popularitas produk.

Salah satu dari banyak eksperimen mereka adalah kemampuan mengambil foto, mengeditnya dengan cepat, dan mempostingnya secara instan agar dapat dilihat orang lain. Fitur ini sukses besar. Akibatnya, Kevin dan Mike memutuskan untuk membuang produk awal sama sekali dan fokus sepenuhnya pada berbagi foto, meluncurkan perusahaan baru bernama INSTAGRAM.

Kesuksesan Kevin dan Mike tidak akan pernah terjadi jika mereka tidak mau bereksperimen dan belajar dari semua hasil yang mengejutkan selama ini. Mereka tidak ingin eksperimen awal mereka gagal. Namun, kegagalan tersebut merupakan bagian penting dari proses pembelajaran mereka.

Kevin mengakui bahwa sangat sulit untuk membuang bagian produk yang tidak menarik bagi pelanggan, karena mereka telah bekerja keras untuk mengembangkannya. Namun, setiap percobaan awal dipandang sebagai penyubur untuk percobaan berikutnya. Ilustrasi perjalanan Instagram dapat dilihat pada Gambar 21.


Believe: If Anything Can Go Wrong, Fix It!

PERCAYA bahwa ada solusi untuk masalah Anda adalah langkah penting untuk menemukan solusinyanya. Begitu banyak orang menyerah jauh sebelum mereka menemukan solusi untuk tantangan mereka, besar ataupun kecil, bahkan ketika mereka terlihat jelas, karena mereka tidak memiliki keyakinan bahwa masalah dapat diselesaikan. Pada dasarnya, JIKA ANDA PERCAYA SESUATU TIDAK MUNGKIN, MAKA BENAR TIDAK MUNGKIN TERJADI.

Salah satu cara untuk mengubah sikap Anda adalah dengan mengubah kosakata Anda. Di Facebook, Randi Zuckerberg memberi tahu timnya bahwa dia mengubah nama grup mereka dari Pemasaran Konsumen (Consumer Marketing) menjadi Pemasaran Kreatif (Creative Marketing).
Dalam beberapa hari, tim mengatur ulang ruang, membawa furnitur dan perlengkapan seni baru, dan merancang dinding media untuk memamerkan pencapaian kreatif mereka. Mereka mulai memunculkan ide yang lebih inovatif dan menyarankan proyek baru yang mencerminkan peran baru mereka di perusahaan.

Anda melihat apa yang ingin Anda lihat. Jika Anda memandang diri Anda sebagai orang yang kreatif, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ide-ide inovatif. Tetapi jika Anda mendefinisikan diri Anda sebagai lebah pekerja yang hanya mengimplementasikan gagasan orang lain, maka itulah peran yang akan Anda mainkan.


If the people around you keep saying it won’t happen, it really won’t happen. But if the people around you say it can, then interestingly enough, things really do happen. Things can change based on how you think.

Still 17, 2018

Referensi

  • inGenius: A Crash Course on Creativity. Tina Seelig. 2012.
  • The Luck Factor, Richard Wiseman, http://richardwiseman.com/resources/The_Luck_Factor.pdf
  • Photo by Matt Ridley on Unsplash


Hits: 1112