User Interface Design

DESKRIPSI

Pada perkuliahan ini kita akan mereposisi diri untuk berpikir tentang teknik informatika bukan hanya dalam hal kinerja algoritmik dan kecanggihan teknis, tetapi dalam hal bagaimana teknologi dapat dirasakan, digunakan dan diadopsi oleh manusia. Manusia ditempatkan pada pusat fokus desain. Misalnya, ada banyak cara untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi yang berhadapan dengan pengguna, lalu bagaimana kita mengetahui cara yang benar serta metode dan pedoman yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan peluang bahwa desain yang dibuat adalah yang paling berguna, bermanfaat dan memuaskan pengguna.

Pada perkuliahan ini, mahasiswa akan belajar untuk membentuk pengertian, kritik, prototipe, evaluasi terhadap desain dan memperbaiki interaksi, antarmuka dan aplikasi untuk manusia. Mahasiswa diharapkan memiliki sense terhadap usability, pengetahuan tentang kemampuan manusia, prinsip desain untuk usability yang baik; proses membangun antarmuka yang usable; membuat prototipe sederhana/murah dan mendapatkan feedback lebih cepat dari user; dan desain iteratif.


CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Mampu menjelaskan konsep dasar usability dan beberapa komponennya yang disertai dengan contoh nyata.
  2. Mampu menjelaskan konsep-konsep desain visual untuk diimplementasikan pada sebuah antarmuka yang disertai dengan contoh nyata.
  3. Mampu menjelaskan konsep-konsep pengujian dengan user dan tanpa user untuk evaluasi sebuah antarmuka dalam bentuk yang terukur.
  4. Mampu melaksanakan proses analisis untuk pembangunan sistem informasi berbentuk prototipe interaktif dengan menerapkan yang berpusat pada kebutuhan pengguna.
  5. Mampu melaksanakan proses perancangan prototipe dengan menerapkan konsep desain visual.
  6. Mampu merencanakan dan melaksanakan evaluasi terhadap prototipe interaktif dalam setiap iterasi kerja dengan memperhatikan komponen-komponen usability sebagai ukuran evaluasi.
  7. Mampu bekerja bersama dalam tim untuk mengerjakan proyek pembuatan sistem informasi berbentuk prototipe interaktif yang ditunjukkan dalam laporan kerja minggu dan laporan akhir kelompok.

MATERI

  1. Foundation
  2. Designing Interaction
  3. User-Centered Design and Testing

PROYEK


REFERENSI

  1. User Interface Design and Implementation. Massachusetts Institute of Technology Open Courseware.
  2. Introduction to Human-Computer Interaction. University of Maryland.
  3. Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction (Sixth Edition). Ben Shneiderman, Catherine Plaisant, Maxine Cohen, Steven Jacobs, Niklas Elmqvist, Nicholas Diakopoulos. Pearson. 2016.
  4. The Design of Everyday Things (Revised & Expanded Edition). Don Norman. Basic Books. New York. 2013.